Berencana Kuliah di New Zealand? Intip Info Pentingnya di Sini!

Kisaran Biaya Kuliah di New Zealand

Selandia Baru, atau yang lebih dikenal dengan sebutan New Zealand, merupakan salah satu destinasi pendidikan favorit banyak orang. Negara yang terletak di dekat Australia ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dan terbilang ramah di kantong. Biaya hidup di Selandia Baru juga tidak semahal negara-negara lain sehingga tidak terlalu memberatkan para pelajar. Namun, sebelum mendaftar ke kampus di New Zealand, ada beberapa informasi penting yang perlu diketahui terlebih dahulu, terutama mengenai kisaran biaya kuliah di negara ini.

Biaya pendidikan tinggi di New Zealand bisa bervariasi tergantung pada perguruan tinggi dan jurusan yang dipilih oleh calon mahasiswa. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah kisaran biaya kuliah tahunan di New Zealand:

S1 (Sarjana)

– Program studi teknik dan sains memerlukan biaya tahunan sekitar 32.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp290 juta).
– Program studi ilmu sosial dan seni membutuhkan biaya sekitar 22.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp200 juta) per tahun.
– Program studi kedokteran dan kedokteran gigi memakan biaya tahunan sekitar 36.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp330 juta).

S2 (Pascasarjana)

Program pascasarjana di New Zealand umumnya lebih mahal dibandingkan program sarjana. Pada program S2, jurusan seni dan ilmu sosial biasanya memerlukan biaya yang paling rendah, sedangkan jurusan kedokteran biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi. Jika dikira-kira, calon mahasiswa perlu membayar sekitar 26.000–77.000 dolar Selandia Baru (kurang lebih Rp230–700 juta) per tahun.

Dalam hal biaya kuliah, penting bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan anggaran mereka dan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Selain itu, ada juga beberapa pilihan beasiswa yang bisa menjadi solusi untuk mengurangi beban biaya kuliah.

Rekomendasi Beasiswa Kuliah di New Zealand

Memiliki impian untuk kuliah di New Zealand namun belum memiliki cukup dana? Jangan khawatir, ada beberapa program beasiswa yang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan bantuan dana. Beasiswa ini ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi di New Zealand dan juga oleh pemerintah Selandia Baru. Berikut adalah beberapa rekomendasi beasiswa kuliah di New Zealand:

BACA JUGA :  4 Cara Mudah Mengisi GoPay, Nomor 4 Lebih Hemat Biaya!

Beasiswa dari University of Otago

University of Otago menyediakan dua program beasiswa, yaitu University of Otago’s Master’s Coursework Scholarship untuk studi pascasarjana dan Vice-Chancellor’s Scholarship untuk pelajar internasional yang ingin mengambil studi sarjana. Total beasiswa yang diberikan oleh masing-masing program ini adalah 10.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp90 juta). Satu pelajar hanya dapat memperoleh beasiswa ini sekali seumur hidup.

Beasiswa dari University of Canterbury

Bagi calon mahasiswa yang berminat mengambil jurusan teknik atau sains, beasiswa yang ditawarkan oleh University of Canterbury bisa menjadi pilihan tepat. University of Canterbury memberikan beasiswa sebesar 15.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp136 juta) kepada 7–25 orang selama setahun. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan beasiswa.

New Zealand Government Scholarship

Pemerintah Selandia Baru juga menyediakan program beasiswa untuk calon mahasiswa internasional yang ingin mengambil studi sarjana dan pascasarjana di negara ini. Beasiswa ini sangat menggiurkan karena biaya perkuliahan, akomodasi, biaya hidup, biaya perjalanan, dan asuransi kesehatan akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang sebesar 491 dolar Selandia Baru (sekitar Rp4,5 juta) setiap minggu untuk biaya hidup.

Dengan adanya beasiswa-beasiswa ini, diharapkan calon mahasiswa dapat memperoleh bantuan dana yang cukup untuk menunjang biaya kuliah dan biaya hidup selama di New Zealand. Namun, perlu diingat bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat, sehingga calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Jurusan Pilihan Kuliah di New Zealand

New Zealand menawarkan berbagai macam jurusan yang menarik untuk dipelajari. Berikut adalah beberapa jurusan populer yang bisa menjadi pilihan saat kuliah di New Zealand:

– Teknik Sipil: Jurusan ini merupakan salah satu yang paling diminati di New Zealand. Program studi ini menawarkan pembelajaran tentang perencanaan, perancangan, dan konstruksi infrastruktur sipil seperti jalan, jembatan, dan gedung.
– Ilmu Data Bisnis: Jurusan ini membahas tentang pengolahan dan analisis data dalam konteks bisnis. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.
– Ilmu Arsitektur: Jurusan ini cocok bagi calon mahasiswa yang memiliki minat dalam mendesain dan merancang bangunan. Program studi ini melibatkan pembelajaran tentang perencanaan tata kota, desain arsitektur, dan konstruksi bangunan.
– Sistem Informasi Bisnis: Jurusan ini fokus pada pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam konteks bisnis. Mahasiswa akan mempelajari tentang penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.
– Psikologi Terapan: Jurusan ini melibatkan studi tentang teori dan praktik psikologi yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti pendidikan, organisasi, dan kesehatan mental.
– Teknik Komputer dan Elektronika: Jurusan ini mempelajari tentang pengembangan dan perancangan sistem komputer dan elektronika. Mahasiswa akan mempelajari tentang pemrograman komputer, jaringan, dan teknologi elektronika.
– Manajemen Proyek Teknik: Jurusan ini mengajarkan tentang pengelolaan proyek konstruksi dan teknik. Mahasiswa akan mempelajari tentang perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian proyek untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA :  Cara Bikin BPJS Ketenagakerjaan Online Bagi Freelancer, Mudah Lho!

Pilihan jurusan kuliah di New Zealand sangat beragam, dan calon mahasiswa bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Selain itu, jurusan-jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik di masa depan.

Cara Kuliah di New Zealand

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di New Zealand, berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan sebelum menempuh pendidikan tinggi di negara ini:

1. Pilih program studi dan perguruan tinggi yang diminati. Calon mahasiswa dapat mencari informasi mengenai program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di New Zealand dan memilih yang sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka.
2. Rencanakan anggaran untuk biaya hidup, biaya kuliah, dan akomodasi. Calon mahasiswa perlu mempertimbangkan biaya hidup di New Zealand, seperti biaya makan, transportasi, dan akomodasi. Selain itu, juga perlu memperhatikan biaya kuliah yang harus dibayarkan setiap tahun.
3. Daftar ke kampus dan jurusan yang telah dipilih. Setelah memilih program studi dan perguruan tinggi, calon mahasiswa perlu mendaftar secara online melalui situs web perguruan tinggi yang bersangkutan. Biasanya, calon mahasiswa perlu mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti transkrip nilai dan sertifikat bahasa Inggris.
4. Setelah lolos seleksi, ajukan pembuatan visa pelajar Selandia Baru. Calon mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi di New Zealand perlu mengajukan pembuatan visa pelajar untuk dapat tinggal dan belajar di negara ini. Untuk mengajukan visa pelajar, calon mahasiswa perlu melengkapi dokumen-dokumen yang diminta, seperti paspor, surat penerimaan dari perguruan tinggi, dan bukti dana yang mencukupi.
5. Jika visa pelajar sudah jadi, calon mahasiswa bisa berangkat ke New Zealand sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi. Setibanya di New Zealand, calon mahasiswa perlu melaporkan diri ke perguruan tinggi dan mengikuti proses orientasi untuk mahasiswa baru.

BACA JUGA :  Simak Cara Top Up LinkAja BCA di Sini!

Apa Saja Persyaratan Kuliah di New Zealand?

Untuk dapat kuliah di New Zealand, calon mahasiswa perlu memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dan pemerintah Selandia Baru. Berikut adalah beberapa persyaratan kuliah di New Zealand:

– Mengisi formulir pendaftaran. Calon mahasiswa perlu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh perguruan tinggi yang dituju. Formulir ini biasanya berisi informasi pribadi, pendidikan, dan pengalaman kerja calon mahasiswa.
– Menyetorkan bukti lolos tes IELTS atau TOEFL. Calon mahasiswa internasional perlu menyertakan bukti kemampuan berbahasa Inggris, seperti skor IELTS atau TOEFL yang memenuhi batas minimum yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.
– Menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan. Calon mahasiswa perlu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter yang ditunjuk oleh pemerintah Selandia Baru. Hasil pemeriksaan kesehatan ini perlu diserahkan bersama dengan dokumen pendaftaran.
– Memiliki visa pelajar. Calon mahasiswa internasional perlu mengajukan visa pelajar untuk dapat belajar di New Zealand. Untuk mengajukan visa pelajar, calon mahasiswa perlu melengkapi dokumen-dokumen yang diminta, seperti paspor, surat penerimaan dari perguruan tinggi, dan bukti dana yang mencukupi.

Dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, calon mahasiswa dapat mengikuti proses pendaftaran dan memulai perjalanan kuliah di New Zealand.

Kuliah di New Zealand merupakan impian bagi banyak orang. Negara ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga lingkungan yang aman dan ramah terhadap para pelajar internasional. Selain itu, New Zealand juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan budaya yang kaya. Dengan memilih New Zealand sebagai tujuan kuliah, calon mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan ilmu yang berharga untuk masa depan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *