Kode BIC Bank: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Apa Itu Kode BIC Bank?

Pengertian Kode BIC Bank

Business Identifier Code atau Bank Identification Code (Kode Pengenal Bank), yang biasa disebut sebagai BIC, merupakan kode yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tertentu ketika melakukan transaksi internasional. BIC code terdiri dari 8 sampai 11 karakter angka yang memiliki fungsi mirip dengan kode pos, yaitu untuk memastikan uang yang dikirimkan sampai ke alamat yang benar.

Fungsi Kode BIC Bank

Sebagai format standar untuk kode identifikasi bisnis, BIC memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasi bank dan lembaga keuangan secara global. Dengan menggunakan kode ini, kita dapat mengetahui dengan pasti di mana bank atau lembaga terkait berada. Selain itu, BIC code juga digunakan untuk memudahkan proses pengiriman dana dari dan menuju luar negeri.

Perbedaan antara Kode BIC dan Kode SWIFT

Banyak orang beranggapan bahwa BIC code dan SWIFT itu sama saja. Meskipun dari segi peran, keduanya memang memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengidentifikasi bank dan lembaga keuangan secara internasional. Namun, BIC merupakan kode gabungan yang terdiri dari kode kliring dan kode cabang bank yang tertera.

Contoh bank yang menggunakan BIC code adalah Bank BCA. Bank BCA memiliki kode kliring 014 dan kode cabang banknya adalah 0283. Dengan demikian, kode BIC untuk Bank BCA adalah 0140283. Kode BIC ini berguna untuk memudahkan proses pengiriman dana dari dan menuju luar negeri.

BACA JUGA :  Daftar Lengkap Limit Transfer BNI untuk Berbagai Kartu dan Metode

Pentingnya Kode BIC dalam Transaksi Internasional

Ketika melakukan transaksi internasional, penting untuk memasukkan kode BIC bank tujuan agar proses pengiriman dana dapat berjalan lancar. Jika kode BIC tidak disertakan, maka transaksi bisa saja berhasil namun uang yang dikirimkan akan diterima oleh bank pusat. Oleh karena itu, perlu diingat untuk selalu menyertakan kode BIC bank tujuan dalam setiap transaksi internasional yang dilakukan.

Contoh Kode BIC Bank di Indonesia

Kode BIC Bank di Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai bank yang memiliki kode BIC atau SWIFT yang digunakan dalam transaksi internasional. Berikut adalah beberapa contoh kode BIC atau SWIFT dari bank-bank terkenal di Indonesia:

– Bank Rakyat Indonesia (BRI): BRINIDJA
– Bank Central Asia (BCA): CENAIDJA
– Bank Mega: MEGAIDJA
– Bank Negara Indonesia (BNI): BNINIDJA
– Bank Mandiri: BMRIIDJA
– Bank Bukopin: BBUKIDJA
– Bank Danamon: BDINIDJA
– Bank Niaga: BNIAIDJA
– Bank Bumi Arta Indonesia: BBAIIDJA
– Bank CIC International (sebelumnya bernama Bank Century Intervest Corp): CICTIDJA
– Bank Internasional Indonesia (BII): IBBKIDJA
– Bank Bumiputera Indonesia: BUMIIDJA
– Bank NISP: NISPIDJA
– Bank Chinatrust Indonesia: CTCBIDJA
– Bank Ekspor Indonesia: BEXIIDJA
– Bank Commonwealth: BICNIDJA
– Bank Buana Indonesia: BBIJIDJA
– Bank BNP Paribas Indonesia: BNPAIDJA

Dengan mengetahui kode BIC atau SWIFT bank tujuan, proses pengiriman dana ke luar negeri akan menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya terkait kode BIC atau SWIFT bank dengan mengunjungi situs resmi bank terkait.

Kelebihan Kode BIC Bank

Kode BIC bank memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama dalam transaksi internasional. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

BACA JUGA :  Permatanet: Nikmati 120 Jenis Layanan Untuk Transaksi Perbankanmu!

1. Keakuratan Identifikasi Bank

Dengan menggunakan kode BIC, kita dapat mengidentifikasi bank secara akurat dan memastikan bahwa uang yang dikirimkan akan sampai ke bank yang benar. Kode BIC terdiri dari kombinasi kode bank, kode negara, kode lokasi kantor pusat bank, dan kode cabang bank jika diperlukan. Dengan informasi ini, kita dapat mengetahui dengan pasti di mana bank tersebut berada.

2. Standardisasi Global

Kode BIC bank merupakan format standar yang digunakan secara global dalam mengidentifikasi bank dan lembaga keuangan. Hal ini memudahkan proses pengiriman dana antar negara karena semua pihak yang terlibat dalam transaksi internasional menggunakan sistem yang sama.

3. Proses Transaksi yang Cepat

Dengan menggunakan kode BIC, proses pengiriman dana dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Kode BIC bank memungkinkan sistem perpesanan secara keseluruhan untuk mengenali bank tujuan dan memproses transaksi dengan lebih efektif. Hal ini mengurangi risiko kesalahan atau penundaan dalam proses transaksi.

4. Keamanan Transaksi

Dengan adanya kode BIC bank, transaksi internasional menjadi lebih aman. Kode BIC berguna untuk memastikan bahwa uang yang dikirimkan akan diterima oleh bank yang benar dan tidak jatuh ke tangan yang salah. Selain itu, kode BIC juga dapat digunakan sebagai sarana verifikasi dalam proses transaksi.

5. Kemudahan dalam Penggunaan

Kode BIC bank relatif mudah digunakan dan dipahami oleh para pengguna. Kode tersebut terdiri dari karakter angka yang dapat diingat dengan mudah. Selain itu, banyak bank dan lembaga keuangan yang menyediakan informasi terkait kode BIC mereka secara lengkap dan terperinci.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, tidak heran jika kode BIC bank menjadi salah satu hal yang penting dalam transaksi internasional. Kode ini memudahkan proses pengiriman dana ke luar negeri dan menjaga keamanan transaksi yang dilakukan.

BACA JUGA :  Swift Code Bank BNI: Begini Cara Mudah Kirim Uang ke Berbagai Negara

Kesimpulan

Dalam transaksi internasional, kode BIC bank sangat penting untuk memastikan uang yang dikirimkan sampai ke alamat yang benar. Kode BIC bank digunakan untuk mengidentifikasi bank tertentu dan memudahkan proses pengiriman dana dari dan menuju luar negeri. Kode ini memiliki fungsi yang mirip dengan kode pos dalam memastikan keakuratan pengiriman. Meskipun ada perbedaan antara BIC code dan SWIFT, namun keduanya memiliki peran yang sama dalam mengidentifikasi bank dan lembaga keuangan secara internasional.

Di Indonesia, terdapat banyak bank yang memiliki kode BIC atau SWIFT yang digunakan dalam transaksi internasional. Dengan mengetahui kode BIC bank tujuan, proses pengiriman dana ke luar negeri akan menjadi lebih mudah dan cepat. Kode BIC bank memiliki beberapa kelebihan, seperti keakuratan identifikasi bank, standardisasi global, proses transaksi yang cepat, keamanan transaksi, dan kemudahan penggunaan.

Dalam era globalisasi ini, transaksi internasional semakin meningkat. Oleh karena itu, pemahaman mengenai kode BIC bank sangat penting bagi siapa saja yang melakukan transaksi internasional. Dengan menggunakan kode BIC bank, kita dapat memastikan bahwa uang yang dikirimkan akan sampai ke bank yang benar dan proses transaksi dapat berjalan dengan lancar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *