Untung dan Rugi Menggunakan FOB Destination Point

Keuntungan FOB Destination Point

Penjualan produk secara internasional melibatkan berbagai aspek dan proses yang harus diperhatikan dengan seksama. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah metode pengiriman yang digunakan. Salah satu metode yang sering digunakan dalam perdagangan internasional adalah FOB (Free On Board) destination point.

FOB destination point adalah istilah yang digunakan dalam perdagangan internasional untuk menunjukkan bahwa penjual bertanggung jawab atas barang-barang yang akan dikirim hingga sampai di tujuan akhir. Dalam konteks ini, pembeli hanya perlu menerima barang dan membayar harga produk serta biaya pengiriman. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh baik oleh penjual maupun pembeli dalam menggunakan metode pengiriman ini.

Pembeli Tinggal Terima Barang
Salah satu keuntungan paling jelas dari FOB destination point adalah pembeli hanya perlu menerima barang yang telah dikirimkan oleh penjual. Setelah memesan produk, pembeli tidak perlu repot-repot mengurus logistik pengiriman. Semua proses pengiriman barang menjadi tanggung jawab penjual. Pembeli hanya perlu membayar harga produk serta biaya pengiriman yang telah disepakati.

Risiko Ditanggung Penjual
Dalam FOB destination point, penjual bertanggung jawab atas risiko yang terjadi selama proses pengiriman. Jika barang rusak atau hilang selama perjalanan, penjual harus bertanggung jawab dan mengganti kerugian yang dialami oleh pembeli. Selain itu, jika barang terlambat tiba di tujuan dan menyebabkan kerugian bagi pembeli, penjual juga harus memberikan kompensasi yang sesuai.

Penggunaan FOB destination point juga memberikan keuntungan bagi penjual. Dengan menggunakan metode ini, penjual memiliki kendali yang lebih besar atas proses pengiriman. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih perusahaan logistik dan jasa penting lainnya yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam bernegosiasi harga dengan perusahaan pengangkutan atau ekspedisi, penjual juga memiliki posisi yang lebih kuat. Mereka bisa menawarkan harga yang lebih efisien tanpa harus tergantung pada permintaan pembeli.

BACA JUGA :  Cara Mudah Melihat dan Download Mutasi Rekening BCA

Kerugian FOB Destination Point

Meskipun memiliki banyak keuntungan, FOB destination point juga memiliki beberapa kerugian yang perlu diperhatikan. Salah satu kerugian yang paling jelas adalah biaya yang harus ditanggung oleh penjual. Karena penjual bertanggung jawab atas pengiriman barang hingga sampai di tujuan, biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Selain itu, penjual juga tidak dapat mencatat transaksi penjualan tersebut sebelum barang benar-benar diterima oleh pembeli. Hal ini dapat mengganggu proses pencatatan transaksi dan rekaman inventori penjual.

Pembeli juga dapat mengalami kerugian dalam penggunaan FOB destination point. Karena penjual memiliki wewenang lebih dalam menentukan layanan pengangkutan yang akan digunakan, pembeli mungkin kesulitan menemukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengatur logistik pengiriman barang.

Persyaratan FOB Destination Point

Untuk menggunakan metode pengiriman FOB destination point, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan antara lain:

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Sebagai penjual, Anda harus menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk pengiriman barang ke kapal. Pastikan semua surat dan dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Masukkan ke Dalam Catatan Pembukuan secara Akurat
Dalam catatan pembukuan dan inventori, tandai transaksi pengiriman barang dengan kode FOB destination point. Pastikan juga untuk mencatat persyaratan khusus yang mungkin ada, seperti persyaratan pembayaran lunas minimal 30 hari.

Pastikan Ada Kejelasan tentang Sistem Asuransi atau Penggantian Kerugian
Sebagai penjual, Anda harus memastikan bahwa ada kesepakatan yang jelas dengan pembeli mengenai sistem asuransi atau penggantian kerugian. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman, Anda harus dapat menunjukkan bukti tanggung jawab dan memberikan kompensasi yang sesuai.

BACA JUGA :  Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Cara Menghitung FOB Destination Point

Bagi penjual, menghitung biaya menggunakan metode FOB destination point dapat dilakukan dengan menambahkan harga jual final produk dengan biaya penanganan peti kemas, biaya pengiriman, pengemasan, dokumen, serta berbagai izin masuk dan biaya cukai.

Jika barang yang akan dikirim membutuhkan penggunaan kontainer, penjual juga harus mengeluarkan biaya penanganan peti kemas yang disebut Terminal Handling Charge (THC). Biaya ini ditentukan berdasarkan ukuran kontainer dan kebijakan yang berlaku di pelabuhan peti kemas. Sebagai penjual, pastikan untuk menghubungi rekan ekspedisi dan pihak pelabuhan peti kemas untuk mendapatkan informasi mengenai harga yang berlaku.

Contoh FOB Destination Point

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah dua contoh penggunaan FOB destination point:

Contoh pertama, perusahaan A memesan 100 unit produk dari perusahaan B untuk dijual di toko ritel mereka. Pesanan dilakukan pada tanggal 1 Januari 2022. Perusahaan B mengirimkan produk tersebut pada tanggal 5 Januari 2022 dan menanggung semua biaya pengiriman. Perusahaan B mencatat transaksi selesai pada tanggal 20 Januari 2022 ketika barang-barang tersebut telah diterima oleh perusahaan A.

Bayangkan skenario yang serupa, tetapi dengan sedikit perbedaan. Kapal yang membawa produk tersebut mengalami kecelakaan dan produk-produk tersebut rusak atau hilang. Karena menggunakan metode FOB destination point, perusahaan B bertanggung jawab atas penggantian atau kompensasi yang harus diberikan kepada perusahaan A.

Untuk memudahkan proses transaksi menggunakan FOB destination point, Anda dapat menggunakan layanan sobatcloud.com for Business. Dengan layanan ini, Anda dapat mengirimkan produk hingga ke 20.000 tujuan atau melakukan transfer uang ke luar negeri dalam hitungan menit. sobatcloud.com merupakan rekan yang sempurna untuk menerapkan metode FOB destination point dalam bisnis Anda. Prosesnya yang mudah dan aman cocok untuk bisnis kecil atau perusahaan yang sedang berkembang.

BACA JUGA :  IBAN Mandiri, Pilihan Tepat untuk Transfer ke Luar Negeri

Untuk menggunakan layanan sobatcloud.com, Anda dapat mengunduh aplikasinya di smartphone Anda. Dengan menggunakan layanan sobatcloud.com, Anda dapat mengoptimalkan proses pengiriman barang dan pembayaran internasional dalam bisnis Anda.

Dalam perdagangan internasional, penggunaan metode pengiriman yang tepat sangat penting untuk memastikan kelancaran proses bisnis. FOB destination point adalah salah satu metode yang dapat memberikan keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Dengan memahami persyaratan dan cara menghitung biaya menggunakan metode ini, Anda dapat mengoptimalkan proses pengiriman barang internasional dalam bisnis Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *