Ini Lho Keuntungan Bayar Listrik Secara Online, Yuk Simak!

5 Keuntungan Bayar Listrik Secara Online

1. Bisa menghemat waktu dan tenaga

Salah satu keuntungan utama dari pembayaran tagihan listrik secara online adalah dapat menghemat waktu dan tenaga. Dulu, untuk membayar tagihan listrik, kita harus pergi ke kantor PLN langsung, minimarket, atau ATM. Namun, dengan adanya pembayaran online, kita bisa membayar tagihan listrik kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan smartphone. Tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah dan berjalan-jalan hanya untuk membayar tagihan listrik.

2. Menghemat biaya pengeluaran

Selain menghemat waktu dan tenaga, pembayaran tagihan listrik secara online juga dapat membantu menghemat biaya pengeluaran. Beberapa platform yang menyediakan layanan pembayaran listrik seringkali memberikan potongan biaya administrasi. Meskipun potongannya tidak begitu besar, namun jika kita membayar tagihan listrik secara online setiap bulannya, potongan tersebut bisa kita kumpulkan dan digunakan untuk membayar tagihan lainnya. Dengan begitu, kita bisa mengurangi beban pengeluaran bulanan.

3. Meminimalkan potensi telat bayar

Pada beberapa platform online untuk membayar tagihan listrik, terdapat fitur auto debit yang sangat berguna. Fitur ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jadwal padat dan seringkali lupa untuk membayar tagihan listrik tepat waktu. Dengan fitur auto debit, tagihan listrik kita akan terbayar secara otomatis asalkan saldo yang kita miliki mencukupi. Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu khawatir lagi akan terkena denda karena telat membayar tagihan listrik.

BACA JUGA :  Mau Buka Rekening BRI? Ini Syarat dan Jumlah Setoran Awal BRI

4. Bukti transaksi bisa diakses kapan saja

Dengan membayar tagihan listrik secara online, kita juga dapat dengan mudah mengakses bukti transaksi kapan saja. Riwayat pembayaran tersebut akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem platform yang kita gunakan. Jadi, jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bukti pembayaran tersebut, kita hanya perlu membuka platform tersebut dan mencarinya di riwayat transaksi. Dengan adanya bukti transaksi yang mudah diakses ini, kita bisa lebih mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan.

5. Bisa sekaligus mengecek tagihan

Selain dapat membayar tagihan listrik secara online, kita juga bisa sekaligus mengecek tagihan listrik kita. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui berapa dana yang harus kita siapkan untuk membayar tagihan listrik. Setiap bulan, biaya tagihan listrik bisa berbeda-beda tergantung dari besar kecilnya daya yang kita gunakan. Dengan adanya fitur ini, kita dapat lebih mudah dalam melakukan perencanaan keuangan.

3 Cara Bayar Listrik Secara Online

1. Layanan perbankan online

Salah satu cara untuk membayar tagihan listrik secara online adalah melalui layanan perbankan online. Layanan ini dapat diakses melalui internet banking atau mobile banking. Untuk menggunakan layanan ini, kita perlu melakukan registrasi dan aktivasi finansial terlebih dahulu ke kantor cabang bank yang kita gunakan. Setelah itu, kita dapat dengan mudah melakukan pembayaran tagihan listrik melalui layanan internet banking atau mobile banking tersebut.

2. Marketplace

Selain layanan perbankan online, kita juga dapat membayar tagihan listrik secara online melalui marketplace. Beberapa platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik bulanan. Cara pembayarannya pun mudah, kita hanya perlu memiliki akun di platform marketplace pilihan kita, kemudian masuk ke akun tersebut dan pilih opsi “Top-Up & Tagihan”. Selanjutnya, kita dapat memilih “Listrik PLN” dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan kita. Setelah itu, kita tinggal memilih metode pembayaran yang kita inginkan dan melakukan pembayaran.

BACA JUGA :  Simak Cara Bayar PDAM Online Terbaru, Gampang Banget!

3. Platform keuangan digital

Selain marketplace, kita juga dapat membayar tagihan listrik secara online melalui platform keuangan digital atau fintech. Beberapa platform fintech yang populer di Indonesia seperti DANA, OVO, sobatcloud.com, dan GoPay juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik. Cara pembayarannya hampir sama dengan layanan perbankan online dan marketplace. Kita perlu memiliki akun di platform fintech yang kita pilih, kemudian masuk ke akun tersebut dan pilih opsi “Listrik” atau “Tagihan Listrik”. Setelah itu, kita tinggal mengisi nomor meter atau ID pelanggan kita, memilih metode pembayaran, dan melakukan pembayaran.

Begitu banyaknya pilihan platform online untuk membayar tagihan listrik, kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. Dengan membayar tagihan listrik secara online, kita dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya pengeluaran. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah mengakses bukti transaksi dan mengecek tagihan listrik kita. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai bayar tagihan listrik secara online sekarang juga!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *