Kenali Transferable LC, Jenis Pembayaran untuk Transaksi Internasional

Memahami Transferable Letter of Credit

Transferable Letter of Credit (LC) adalah sebuah instrumen pembayaran yang memungkinkan penerima pertama atau asli untuk mentransfer hak pembayaran ke penerima lain. Dengan kata lain, penerima pertama dapat memindahtangankan keseluruhan atau sebagian dari surat kredit transferable ini. Jenis surat kredit ini umumnya digunakan untuk penjaminan kepada pemasok atau produsen dalam perdagangan internasional.

Transferable LC juga sering digunakan sebagai alternatif pembayaran di muka. Dalam surat kredit ini, terdapat beberapa pihak yang terlibat, yaitu importir sebagai pemohon, perantara sebagai penerima pertama, dan eksportir sebagai penerima kedua.

Karakteristik Transferable LC

Ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam transferable LC, antara lain:

  • Persetujuan LC harus menyatakan secara gamblang bahwa isinya mencakup ketentuan kredit yang dapat dipindahtangankan.
  • Pentransferan kredit dapat disetujui sebagian atau keseluruhan.
  • Penerima tidak dapat meminta ketentuan transfer kredit. Hanya pemohon yang dapat melakukannya.
  • Setiap biaya tambahan, seperti asuransi dan biaya bank, harus dibayarkan oleh pemohon.
  • Bank penerbit hanya dapat mentransfer kredit sesuai dengan limit yang telah disepakati dalam LC.

Cara Kerja Transferable LC

Saat Anda mengajukan permohonan untuk transferable LC, instrumen ini harus dirancang oleh bank penerbit secara spesifik dan sesuai dengan permintaan Anda. Dalam hal ini, spesifik berarti bahwa nama penerima harus ditentukan dengan jelas.

Pada umumnya, bank hanya menjamin pembayaran untuk satu penerima. Namun, dengan menggunakan transferable LC, penerima pertama dapat memindahtangankan LC kepada pihak lain, yang disebut sebagai penerima kedua. Setelah ditetapkan sebagai penerima, penerima kedua memiliki hak yang sama dengan penerima pertama. Setiap penerima diizinkan untuk meminta bank untuk mentransfer sebagian atau keseluruhan LC kepada penerima lain.

Seringkali, penerima menjadi pihak tengah yang tidak memiliki barang ketika LC diterbitkan. Namun, penerima dapat memanfaatkan LC untuk membeli barang-barang yang diperlukan.

Bagaimana Cara Memperolehnya?

Untuk memperoleh transferable LC, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Yakinkan eksportir dan bank penanggung jawab bahwa bank penerbit Anda memiliki kelayakan kredit. Jika eksportir sudah setuju, mereka akan melengkapi perjanjian penjualan. Setelah itu, ajukan permohonan untuk penerbitan LC kepada bank Anda.
  2. Bank akan menyusun LC berdasarkan syarat dan ketentuan yang tercantum dalam kontrak penjualan. Setelah disusun, bank di pihak eksportir akan meninjau ulang LC dan mengirimkannya ke eksportir.
  3. Eksportir akan mengirimkan barang yang diminta dan menyerahkan dokumen-dokumen terkait pengiriman ke bank.
  4. Bank di pihak eksportir akan meninjau kembali setiap dokumen untuk memastikan bahwa isinya sesuai dengan persyaratan dan ketentuan LC. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian, dokumen harus diperbaiki dan disetorkan ulang. Setelah dokumen lulus pemeriksaan, bank di pihak eksportir akan meneruskannya ke bank Anda.
  5. Terakhir, bank Anda harus membayarkan uang ke bank eksportir, dan baru setelah itu barang impor dapat diklaim.

Keunggulan dan Kelemahan Transferable LC

Keunggulan

  • Aman: Transferable LC memiliki tingkat keamanan yang baik dan dapat diandalkan dalam berbisnis. Dengan menggunakan instrumen ini, Anda tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kerugian saat bertransaksi dengan pihak kedua.
  • Berguna untuk negosiasi: Pihak importir dapat merundingkan harga terbaik dalam kontrak perdagangan saat menggunakan transferable LC.
  • Dapat melancarkan pembiayaan: Dengan transferable LC, penjual dapat menyetujui transfer uang ke pihak pemasok bahan baku secara praktis.
  • Bisa melancarkan penyelesaian pesanan: Transferable LC berfungsi sebagai pihak tengah dalam perdagangan modern untuk menyelesaikan pesanan importir dengan cepat. Keunggulan ini berbeda dengan back to back LC, yang jarang disetujui oleh bank karena berisiko memperoleh pihak tengah yang tidak tepercaya dan tidak memiliki jalur kredit dengan bank penerbit.
  • Bisa diatur sesuai keinginan importir: Dalam transferable LC, importir memiliki kendali dalam penetapan syarat dan tanggal transfer kredit.

Kelemahan

  • Ketidakakuratan bisa menyebabkan penundaan dan biaya tambahan: Pihak importir sebaiknya menggunakan jasa profesional untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam penerbitan transferable LC. Hal ini karena transferable LC mencakup informasi-informasi detail yang berpotensi keliru atau tidak sesuai. Kesalahan tersebut dapat menyebabkan penundaan proses dan biaya tambahan.
  • Mahal dan memakan banyak waktu: Transferable LC direkomendasikan untuk transaksi berisiko tinggi karena proses perolehannya cenderung mahal dan memakan waktu. Pembuatan LC biasanya mahal karena dikenakan biaya oleh bank.
  • Peraturannya ketat: Transferable LC sering kali memiliki jadwal pembayaran dan persyaratan yang ketat dibandingkan dengan jenis dokumen kredit lainnya.
  • Membebani importir: Jika terdapat perubahan tambahan, importir harus menanggung sebagian besar atau seluruh biaya perubahan tersebut.

Transferable LC adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari instrumen pembayaran aman. Metode ini juga cocok untuk proses transaksi yang kompleks tanpa harus membuat surat kredit baru di setiap transaksi. Semoga informasi ini bermanfaat dan meningkatkan wawasan Anda!

Selain letter of credit, Anda juga dapat melakukan pembayaran bisnis internasional dengan menggunakan International Transfer dari sobatcloud.com for Business. Layanan ini memfasilitasi pengiriman uang ke lebih dari 50 negara tanpa biaya tersembun

BACA JUGA :  Apa itu Rekening Perusahaan: Ciri Khas, Manfaat Pembuatan, dan Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *