Kemampuan Bahasa Inggris Guru sebagai Bekal Mengajar di Era Digital

Kapan terakhir kali Bapak/Ibu guru mengasah kemampuan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi? Kalau Bapak/Ibu guru mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris pasti sering ya berbicara dan berinteraksi dengan bahasa tersebut. 

Bapak/Ibu guru pasti juga sudah tahu kalau Bahasa Inggris jadi salah satu bahasa yang penting karena merupakan bahasa internasional. Seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi, komunikasi jadi salah satu hal yang mendasar. Nah, di sinilah peran Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi yang global.

Selain sebagai alat komunikasi, Bahasa Inggris juga bisa mendukung kegiatan belajar mengajar guru di era digital ini. Maka dari itu, Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang wajib sejak sekolah dasar bahkan taman kanak-kanak. Bukan hanya siswa, para guru pun harus siap menerima dan mendapatkan informasi melalui Bahasa Inggris, begitu juga menerapkan kemampuan Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran. 

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris bagi Seorang Guru

bahasa inggris
Kemampuan Bahasa Inggris mendukung kegiatan belajar mengajar guru. (Foto dari Pexels)

Ada banyak banget manfaat dari menguasai kemampuan Bahasa Inggris yang mungkin belum Bapak/Ibu guru tahu atau sadari. Di era digital seperti saat ini, hal yang paling penting untuk dimiliki adalah informasi. Nah, informasi itu bisa didapatkan dengan lebih mudah dengan adanya Bahasa Inggris. Bahasa ini bisa memberikan akses ke berbagai sumber informasi yang ada. Sekarang bisa dilihat banyak artikel atau jurnal yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Informasi yang ada di dalamnya pun biasanya lebih lengkap dan mendalam.

Tidak hanya itu, ada keuntungan lainnya dari memiliki kemampuan Bahasa Inggris, terutama bagi Bapak/Ibu guru. 

BACA JUGA :  Apaan sih Itu Demokrasi, Liberal, Kapitalis, Komunis, dan Lain-Lain?

1. Menambah pengetahuan

Tidak dapat dipungkiri, informasi di dunia banyak disajikan dalam Bahasa Inggris. Jika menguasai bahasa tersebut, Bapak/Ibu guru tentu akan memperoleh pengetahuan lebih karena mengerti isi dan maksud dari informasi yang disampaikan. Belum lagi banyak sumber literatur berbahasa Inggris yang dapat menambah wawasan Bapak/Ibu guru, baik dalam hal mengajar atau pengembangan diri. 

2. Memperkaya materi ajar

Referensi dan sumber bahan ajar bisa banyak ditemukan di internet. Tapi, belum tentu semua materi yang ada itu berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Bapak/Ibu guru. Di sini, kemampuan Bahasa Inggris bisa jadi salah satu alat yang membantu guru dalam mencari bahan ajar yang berbobot. Bapak/Ibu guru juga bisa selalu tingkatkan kualitas mengajar dengan mengunduh bahan mengajar atau menggunakan situ-situs berbahasa Inggris di internet.

3. Berpikir rasional

Pada kenyataannya, salah satu keuntungan memiliki kemampuan Bahasa Inggris di era globalisasi adalah menciptakan sikap rasional. Hal ini dikarenakan mereka yang memiliki keahlian dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dapat mempertimbangkan aspek dan menganalisa informasi berdasarkan suatu kejadian, berupa fakta, opini, maupun data. Dengan menguasai dua bahasa secara langsung, logika akan terasah dan mudah dalam mengambil keputusan. 

4. Meningkatkan kemampuan diri

Sudah jelas ya Bapak/Ibu guru, dengan kemampuan Bahasa Inggris, kemampuan diri juga akan meningkat. Banyak yang mengatakan mempelajari dan menguasai kemampuan Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Karena itu, guru yang pandai berbahasa Inggris akan dinilai mempunyai kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang baik.

5. Menguasai teknologi

Dengan kemampuan Bahasa Inggris, seseorang bisa menguasai teknologi dengan lebih mudah. Bahasa Inggris dapat membantu mengetahui bagaimana cara mengoperasikan teknologi-teknologi yang ada saat ini, contohnya komputer, smartphone, internet, atau alat lainnya yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

BACA JUGA :  Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya NATO – Materi Sejarah Kelas 12

Bagaimana Cara Menguasai Bahasa Inggris?

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Bapak/Ibu guru bisa mengikuti pelatihan, kelas daring, atau kegiatan lain yang mendukung bertambahnya skill tersebut. Selain itu, ada beberapa hal lagi nih yang bisa Bapak/Ibu guru lakukan untuk menambah keahlian berbahasa Inggris.

kemampuan bahasa inggris
Menonton film berbahasa Inggris bisa bantu meningkatkan kemampuan. (Foto dari Pexels)
  • Mulai bangun niat dan biasakan diri untuk selalu berbahasa Inggris. Bapak/Ibu guru bisa coba berkomunikasi ke sesama rekan guru menggunakan Bahasa Inggris, lalu minta mereka untuk memberikan masukan dan saran dari bahasa yang digunakan. Dengan begitu, Bapak/Ibu guru bisa belajar dan menerapkan kemampuan Bahasa Inggris bersama serta saling mengingatkan.
  • Selain latihan berbicara, Bapak/Ibu guru juga bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggris lewat bacaan. Perbanyaklah membaca dan mencari bahan ajar berbahasa Inggris di internet agar membiasakan Bapak/Ibu guru dalam memahami kosakata dan tata bahasanya.
  • Menonton film dan mendengarkan lagu Bahasa Inggris juga bisa menambah kemampuan Bahasa Inggris Bapak/Ibu guru. Selain sebagai hiburan, film dan lagu juga bisa mengajarkan tata bahasa, kosakata, pelafalan, dan penggunaan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. 

Satu hal lagi yang bisa membantu mengasah kemampuan berbahasa Inggris guru adalah dengan membuat kelompok atau bergabung di komunitas guru-guru yang memiliki minat untuk berbahasa Inggris secara rutin. Lewat komunitas tersebut, Bapak/Ibu guru bisa saling berdiskusi dan belajar untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. 

Nah, salah satu komunitas yang bisa Bapak/Ibu guru ikuti adalah komunitas sobatcloud.com untuk Guru. Tak hanya berbagi informasi seputar metode belajar mengajar, Bapak/Ibu guru bisa mendapatkan update tentang acara-acara menarik dari sobatcloud.com untuk Guru yang bisa menambah wawasan Bapak/Ibu guru dalam mengajar.

Baca Juga Artikel Lainnya

Inquiry-Based Learning: Siswa Belajar Mandiri

BACA JUGA :  Hari Ayah Nasional, Kenapa 12 November?

Blended Learning: Jenis dan Penerapannya

sobatcloud.com untuk Guru: Memudahkan Proses Belajar Mengajar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *