Pahami Kegunaan Swift Code BRI dan Nomornya

Fungsi SWIFT Code BRI

SWIFT Code BRI memiliki fungsi yang sangat penting dalam transaksi keuangan internasional. SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. SWIFT Code BRI merupakan sebuah kode khusus yang menjadi identitas suatu bank dalam kegiatan transaksi dana mancanegara. Fungsi SWIFT Code mirip dengan kode pos atau kode negara yang digunakan dalam nomor telepon.

Dalam melakukan transaksi keuangan internasional, SWIFT Code BRI digunakan sebagai kode pengaman agar transaksi dapat sampai ke rekening tujuan tanpa hambatan. Tanpa menggunakan SWIFT Code BRI saat bertransaksi dengan rekening luar negeri, maka transaksi pun tidak akan bisa diproses. Kalaupun bisa, besar risikonya dana tidak masuk ke rekening tujuan karena tidak punya kode yang jelas.

SWIFT Code BRI juga berfungsi sebagai identitas bank dalam jaringan bank di seluruh dunia. Dengan adanya SWIFT Code, transaksi internasional dapat distandarkan. Setiap bank memiliki SWIFT Code yang berbeda, sehingga dengan mengetahui SWIFT Code BRI, kamu dapat mengidentifikasi bank tersebut dalam transaksi keuangan internasional.

Cara Kerja SWIFT Code

SWIFT Code BRI bekerja sebagai kode pengenal bank dalam jaringan SWIFT. SWIFT adalah jaringan bank di seluruh dunia yang memungkinkan transaksi keuangan internasional dapat dilakukan dengan aman dan cepat. SWIFT Code BRI merupakan identitas yang digunakan sebagai pengenal bank dalam jaringan tersebut.

Dalam transaksi keuangan internasional, SWIFT Code BRI digunakan sebagai kode pengaman agar dana dapat sampai ke rekening tujuan dengan aman. Ketika kamu melakukan transfer ke rekening luar negeri, SWIFT Code BRI akan digunakan untuk mengidentifikasi bank yang akan menerima dana tersebut. Dengan adanya SWIFT Code, transaksi keuangan internasional dapat dilakukan dengan lebih efisien dan terstandarisasi.

BACA JUGA :  Cara Ganti Password WiFi MNC Play: Panduan Praktis

SWIFT Code BRI juga berfungsi sebagai jaminan keamanan dalam proses transfer dana ke luar negeri. Dengan menggunakan SWIFT Code BRI, maka transaksi keuangan internasional dapat diproses dengan lebih cepat dan akurat. SWIFT Code BRI menjadi penting dalam transaksi keuangan internasional karena tanpa adanya kode ini, transaksi tidak dapat diproses dengan lancar dan dana dapat tersesat atau tidak masuk ke rekening tujuan.

Daftar Nomor SWIFT BRI di Berbagai Kota

Berikut adalah daftar nomor SWIFT BRI di beberapa kota:

1. Jakarta

– Kantor Cabang Kustodian BRI: BRINDJACUS
– Kantor Cabang Jakarta Kota: BRINDJA019
– Kantor Cabang Fatmawati: BRINDJA330
– Kantor Cabang Kebayoran Baru: BRINDJA193
– Kantor Cabang Khusus KCK: BRINDJA206

2. Bandung

– Kantor Cabang Dewi Sartika: BRINDJA286
– Kantor Cabang Asia-Afrika: BRINDJA005

3. Surabaya

– Kantor Cabang Pahlawan: BRINDJA211
– Kantor Cabang Rajawali: BRINDJA172
– Kantor Cabang Tanjung Perak: BRINDJA328
– Kantor Cabang Kaliasin: BRINDJA096

4. Tangerang

– Kantor Cabang Tangerang: BRINDJA120

5. Makassar

– Kantor Cabang Somba Opu: BRINDJA343
– Kantor Cabang Achmad Yani: BRINDJA050

Daftar nomor SWIFT BRI di berbagai kota tersebut penting untuk diketahui jika kamu melakukan transaksi keuangan internasional melalui rekening BRI. Dengan mengetahui nomor SWIFT BRI yang sesuai dengan kantor cabang tempat rekeningmu terdaftar, kamu dapat memastikan bahwa dana yang kamu kirimkan akan sampai dengan aman ke rekening tujuan.

Cara Mengetahui Kode Swift Bank BRI

Untuk mengetahui SWIFT Code BRI, kamu dapat menggunakan beberapa cara berikut:

1. Laporan aktivitas perbankan

Jika kamu melupakan SWIFT Code BRI sebelum bertransaksi, tak perlu panik. Coba cek kembali laporan aktivitas perbankan atau e-statement. Buat kamu yang menggunakan mobile atau internet banking, bisa langsung membuka menu statement atau mutasi. Dari data transaksi sebelumnya, akan terlihat SWIFT Code yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Catat kode tersebut dan cantumkan pada kolom yang diminta.

BACA JUGA :  Cek, Ini Daftar Harga Paket XL Terbaru

2. Website resmi BRI

BRI juga sudah menyediakan informasi seputar SWIFT Code dan cara menggunakannya. Kamu cukup mengakses website resmi BRI di bri.co.id. Bisa juga melalui halaman transaksi mobile atau internet banking. Biasanya, sistem sudah menyimpan data SWIFT Code bank yang dituju.

3. Mesin pencarian

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan SWIFT Code BRI yang benar. Caranya pun mudah, cukup ketikkan kata kunci “SWIFT BRI” atau “SWIFT Code BRI”. Mesin pencari akan menampilkan halaman website yang mencantumkan informasi seputar SWIFT Code. Namun, kamu harus teliti saat menggunakan mesin pencari. Sebab, ada kemungkinan website menampilkan informasi yang kurang akurat atau tidak update.

Dengan mengetahui SWIFT Code BRI, kamu dapat melakukan transaksi keuangan internasional dengan lebih lancar dan aman. SWIFT Code BRI menjadi penting dalam memastikan dana yang kamu kirimkan atau terima dari luar negeri dapat sampai ke rekening tujuan dengan tepat. Jadi, pastikan untuk selalu mencantumkan SWIFT Code BRI yang benar dalam setiap transaksi keuangan internasional yang kamu lakukan.

Dengan adanya nomor SWIFT BRI, kamu bisa menerima uang dari luar negeri dan sebaliknya dengan lebih lancar. Namun, jika menggunakan aplikasi sobatcloud.com, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari apalagi menghafalkan kode SWIFT bank mana pun. Didukung fitur sobatcloud.com Globe, kamu bisa transfer dana ke luar negeri tanpa harus menggunakan kode khusus. Prosesnya pun jauh lebih praktis dan simpel, bahkan tanpa berpindah aplikasi. Bagaimana dengan biayanya? Kamu tidak perlu khawatir karena biaya administrasi sobatcloud.com Globe terjangkau!

Nah, tunggu apa lagi? Lebih leluasa transfer dana ke luar negeri, tanpa perlu menghafal SWIFT Code BRI dengan aplikasi sobatcloud.com. Bisa kamu download gratis di App Store dan Google Play Store!

BACA JUGA :  Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri dari Indonesia Beserta Estimasi Biayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *