5 Jurusan Kuliah di Harvard University Paling Banyak Diincar

Sekilas Tentang Ivy League

Ivy League adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari delapan universitas terkemuka di Amerika Serikat. Istilah “Ivy League” memiliki makna kesempurnaan dan elitisme akademik. Universitas yang menjadi anggota Ivy League juga sering disebut sebagai “Ancient Eight”. Keanggotaan dalam Ivy League mencerminkan reputasi dan kualitas akademik yang tinggi. Beberapa kesamaan perguruan tinggi Ivy League antara lain:

1. Termasuk dalam universitas yang prestisius di Amerika Serikat.
2. Berada di peringkat teratas perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat.
3. Memiliki pendapatan keuangan paling besar secara global.
4. Menjadi tempat riset yang melahirkan teknologi yang berkembang saat ini.
5. Ilmuwan di dalamnya banyak meraih nobel di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Dengan kriteria seperti ini, sudah sangat jelas mengapa Harvard University dianggap sebagai salah satu universitas terbaik dan menjadi incaran calon mahasiswa dari seluruh dunia.

Jurusan di Harvard University

Ilmu Sosial

Salah satu jurusan yang paling diminati di Harvard University adalah jurusan Ilmu Sosial. Jurusan ini meliputi bidang seperti ekonomi, antropologi, ilmu politik, psikologi, dan sosiologi. Di Harvard, para mahasiswa Ilmu Sosial akan mempelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait masyarakat di masa lalu dan masa sekarang, menginvestigasi berbagai fenomena di dalamnya, dan sebagainya. Jurusan Ilmu Sosial di Harvard menempati peringkat ke-42 untuk program sarjana, ke-22 untuk program magister, dan ke-2 untuk program doktoral.

Biologi

Jurusan Biologi di Harvard University juga sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa. Jurusan ini menawarkan berbagai bidang keahlian, mulai dari sarjana hingga doktoral. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari ilmu pengetahuan alam, seperti sel, fungsi dan struktur organ, genetika, genomik, biologi molekuler, ekologi, hingga neurobiologi dan perilaku. Jurusan Biologi di Harvard menempati peringkat ke-49 untuk program sarjana, ke-12 untuk program magister, dan ke-1 untuk program doktoral.

BACA JUGA :  Apa Itu Eksportir, Jenis-Jenisnya, dan Peluang Bisnisnya

Matematika

Jurusan Matematika di Harvard University juga tidak kalah populer. Matematika di Harvard telah hadir sejak abad ke-18 dan menjadi salah satu pusat riset matematika terkemuka di dunia. Menurut data QS World University Ranking by Subject 2021, Harvard menempati posisi ketiga terbaik untuk jurusan matematika di seluruh dunia, setelah MIT dan Stanford. Jurusan Matematika di Harvard menempati peringkat ke-89 untuk program sarjana, ke-235 untuk program magister, dan ke-44 untuk program doktoral.

Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer di Harvard University semakin populer dan diminati oleh banyak calon mahasiswa. Jurusan ini merupakan bagian dari Harvard School of Engineering dan fokus pada pengembangan ilmu komputer dan interaksi antara komputasi dengan dunia. Di jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan untuk menjadi ilmuwan yang mengembangkan algoritma baru dan menemukan sistem maupun teori baru. Jurusan Ilmu Komputer di Harvard menempati peringkat ke-115 untuk program sarjana, ke-100 untuk program magister, dan ke-40 untuk program doktoral.

Sejarah

Jurusan Sejarah di Harvard University juga menjadi salah satu yang paling diminati. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari seluruh dimensi interaksi manusia di masa lalu, mulai dari keadaan ekonomi, pemikiran, kehidupan sosial, dan lain-lain. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan mengeksplorasi asal muasal dan perkembangan dunia kontemporer. Jurusan Sejarah di Harvard menempati peringkat ke-6 untuk program sarjana, ke-10 untuk program magister, dan ke-5 untuk program doktoral.

Itulah lima jurusan kuliah di Harvard University yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa. Meskipun persaingan untuk masuk ke Harvard sangat ketat, kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga besar Harvard tetap terbuka selama kita terus berusaha.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *