Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik

Sejarah Singkat

Stanford University, atau yang bernama resmi Leland Stanford Junior University, merupakan salah satu universitas swasta bergengsi di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1885 dan mengambil nama dari putra satu-satunya pasangan Leland dan Jane Stanford yang meninggal karena penyakit tifus pada usia 16 tahun.

Meskipun pembangunannya dimulai pada tahun 1885, universitas ini baru menerima mahasiswa pada 1 Oktober 1891 dengan jumlah awal mahasiswa sebanyak 559 orang. David Jordan menjadi presiden pertama universitas ini. Motto universitas ini diambil dari bahasa Jerman, yaitu “Die Luft Freiheit Weht” yang berarti “Angin kebebasan berembus”.

Kampus

Stanford University terletak di Santa Clara Valley, California, sekitar 60 km dari San Fransisco. Dengan luas lahan 33,1 km2, kampus ini merupakan salah satu yang terluas di Amerika Serikat. Kampus utamanya terletak di Palo Alto, sementara kampus lainnya tersebar di beberapa titik. Arsitektur kampus ini didominasi oleh gaya Romawi dan Baroque yang memberikan kesan megah dan indah.

Jurusan Unik di Stanford University

Selain beberapa jurusan terbaik di Stanford University seperti politik, ekonomi, teknologi, dan sains, universitas ini juga memiliki beberapa jurusan yang unik dan jarang ditemui di universitas lain. Beberapa di antaranya adalah:

Aeronautics and Astronautics

Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang dirgantara atau aeronautika. Jurusan ini bertujuan untuk membekali mahasiswanya dengan prinsip dan teknik yang dibutuhkan dalam konsep, desain, implementasi, dan operasional yang terkait dengan bidang kedirgantaraan. Prospek kerjanya sangat luas, mulai dari industri pesawat terbang dan pesawat ruang angkasa, kemiliteran, penelitian, komunikasi berbasis udara dan ruang angkasa, serta bidang ilmu terkait lainnya.

BACA JUGA :  Biar Nggak Kudet, Beli Kuota Telkomsel dengan Cara Berikut!

Atmosphere/Energy

Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan isu-isu lingkungan seperti perubahan iklim dan pencemaran udara. Jurusan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswanya dalam memahami permasalahan iklim, pencemaran udara, serta permasalahan energi yang dihadapi dunia saat ini. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Classic

Jurusan classic sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang sejarah dan budaya klasik. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari budaya Yunani, Roma, dan Mediterania pada era klasik yang meliputi sejarah, bahasa, seni, filsafat, dan arkeologi. Mahasiswa juga akan diajak untuk mempelajari keterhubungan budaya masa kini dengan budaya klasik dari perspektif hukum, sains, dan papyrology.

Comparative Studies in Race and Ethnicity

Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan isu-isu multikulturalisme dan keragaman masyarakat. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari permasalahan keragaman di berbagai kelompok masyarakat di dunia, bukan hanya di Amerika Serikat. Mereka juga akan mempelajari bagaimana mengatasi permasalahan tersebut dan menjaga keharmonisan antar-etnis dan budaya.

Creative Writing

Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki bakat dan minat dalam menulis. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar menulis fiksi, puisi, feature, dan berbagai jenis tulisan lainnya. Jurusan ini juga akan membekali mahasiswanya dengan pengetahuan tentang industri penulisan dan membantu mereka dalam merintis karier sebagai penulis fiksi, kolumnis, kritikus, atau reporter.

Feminist, Gender, and Sexuality Studies

Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan isu-isu gender dan seksualitas. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari isu-isu tersebut dengan mempertimbangkan perspektif ras, kelas, etnis, dan disabilitas. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat membawa nilai-nilai kesetaraan gender dalam berbagai bidang tempat mereka bekerja.

BACA JUGA :  Tertarik Kuliah di Malaysia? Baca Dahulu Hal-Hal Penting Berikut!

Beasiswa

Setelah mengetahui beberapa jurusan unik di Stanford University, pertimbangkan juga masalah biaya kuliah. Namun, jangan khawatir karena universitas ini menyediakan berbagai beasiswa bagi para mahasiswa yang berprestasi. Beberapa beasiswa yang sebaiknya kamu coba adalah:

1. Beasiswa Knight-Hennessy Scholars (KHS)

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa program S2 dan S3 di Stanford University. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya transportasi, dan uang saku akademik. Jadi, jika kamu memiliki prestasi akademik yang memadai, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan beasiswa ini.

2. LPDP

LPDP merupakan program beasiswa dari Kementerian Keuangan RI yang ditawarkan untuk mahasiswa S2 dan S3. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, transportasi, asuransi, dan tunjangan keluarga bagi mahasiswa S3. Jadi, jika kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di Stanford University, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan beasiswa ini. Kuliah di luar negeri, terutama di universitas bergengsi seperti Stanford University, tentunya menjadi kebangaan tersendiri. Namun, biaya kuliah yang mahal seringkali menjadi kendala bagi banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari informasi tentang berbagai beasiswa yang tersedia dan mencoba untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan mendapatkan beasiswa, kamu dapat mengurangi beban biaya kuliah dan lebih fokus dalam mengejar impianmu.

Conclusion

Stanford University merupakan salah satu universitas swasta bergengsi di Amerika Serikat. Dengan sejarah yang panjang dan prestasi yang gemilang, tidak heran jika universitas ini menjadi incaran banyak orang. Selain memiliki jurusan-jurusan terbaik di bidang politik, ekonomi, teknologi, dan sains, Stanford University juga memiliki beberapa jurusan yang unik dan jarang ditemui di universitas lain.

Beberapa di antaranya adalah Aeronautics and Astronautics, Atmosphere/Energy, Classic, Comparative Studies in Race and Ethnicity, Creative Writing, dan Feminist, Gender, and Sexuality Studies. Bagi mereka yang memiliki minat dan bakat dalam bidang-bidang tersebut, Stanford University menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan. Meskipun biaya kuliah di universitas ini cukup tinggi, namun ada berbagai beasiswa yang dapat membantu para mahasiswa dalam membiayai kuliah mereka. Beasiswa seperti Knight-Hennessy Scholars dan LPDP merupakan beberapa contoh beasiswa yang dapat dipertimbangkan.

BACA JUGA :  Gampang Banget! Ini Dia Cara Memasukkan Voucher Axis

Dengan mendapatkan pendidikan di Stanford University, para mahasiswa memiliki peluang yang baik untuk mengembangkan diri dan meraih kesuksesan di masa depan. Universitas ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga menyediakan fasilitas lengkap dan lingkungan belajar yang kondusif. Jadi, bagi mereka yang bercita-cita untuk meraih prestasi gemilang, Stanford University adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan impian tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *