Berminat Belajar Ilmu Kesehatan? Jurusan di Istanbul University Ini Pilihannya

Sejarah Istanbul University

Istanbul University adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki. Didirikan pada tanggal 30 Mei 1453 oleh Sultan Mehmed II, perguruan tinggi ini awalnya bernama Darülfünûn. Pada masa itu, sedang terjadi Perang Salib dan Sultan Mehmed II ingin mendirikan sebuah institusi pendidikan yang dapat menjadi pusat pembelajaran filsafat, kedokteran, hukum, dan sastra. Pada tahun 1933, perguruan tinggi ini mengubah namanya menjadi Istanbul University.

Pada awalnya, Istanbul University merupakan sebuah madrasah yang didirikan oleh Sultan Mehmed II. Namun, pada tahun 1924, madrasah ini resmi menjadi perguruan tinggi negeri dan mendapatkan statusnya sebagai institusi pendidikan tinggi yang terakreditasi. Sejak saat itu, perguruan tinggi ini terus berkembang dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki.

Kampus Istanbul University

Kampus Istanbul University terletak di wilayah Lapangan Beyazit. Bangunan utama kampus ini awalnya bernama Forum Tauri dan didirikan oleh Konstantinus Agung. Pada masa pemerintahan Romawi, bangunan ini diperbesar dan diganti namanya menjadi Forum of Theodosius. Kampus ini memiliki sejarah yang kaya, dengan banyak sisa-sisa bangunan dari zaman Romawi dan Bizantium yang masih ada hingga saat ini.

Kampus Istanbul University juga memiliki ikon tersendiri, yaitu gerbang marka tanah. Gerbang ini merupakan bekas markas Kementerian Perang pada masa Kekaisaran Ottoman. Bangunan ini begitu penting sehingga diabadikan dalam uang kertas 500 lira tahun 1971–1984. Selain itu, kampus ini juga memiliki berbagai bangunan peninggalan sejarah lainnya yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

BACA JUGA :  Cek Kuota IM3

Jurusan di Istanbul University di Bidang Kesehatan

Istanbul University menawarkan berbagai jurusan di bidang kesehatan melalui empat fakultas yang ada di kampusnya. Jurusan-jurusan ini merupakan salah satu yang terbaik di Istanbul University dan menempati peringkat atas dalam bidangnya.

Faculty of Medicine adalah salah satu fakultas di Istanbul University yang menawarkan jurusan kedokteran. Fakultas ini memiliki misi menjadi perguruan tinggi pionir yang mendidik dokter dan ilmuwan dengan standar universal. Mereka juga berkomitmen untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi negara dan kemanusiaan serta menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas.

Faculty of Pharmacy adalah fakultas yang menawarkan jurusan farmasi. Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam ilmu kimia dan ingin mempelajari cara meracik, menganalisis, dan menghasilkan obat sesuai standar. Prospek kerja di bidang ini juga luas, tidak hanya sebagai apoteker, tetapi juga di bidang kecantikan, pakan ternak, dan vaksin.

Faculty of Dentistry adalah fakultas yang menawarkan jurusan kedokteran gigi. Selain mempelajari tentang perawatan gigi dan mulut, mahasiswa di fakultas ini juga dididik untuk mempromosikan kesehatan gigi dan mulut serta menciptakan senyum yang indah. Lulusan fakultas ini bisa bekerja sebagai dokter gigi, peneliti, analis, konsultan, atau teknisi gigi.

Faculty of Nursing adalah fakultas yang menawarkan jurusan keperawatan. Fakultas ini memiliki misi untuk melindungi, mengembangkan, dan mengelola kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Lulusan fakultas ini bisa bekerja sebagai perawat atau bahkan sebagai medical representative.

Kisaran Biaya Kuliah di Istanbul University

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Istanbul University, ada dua pilihan yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta. Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri umumnya lebih terjangkau daripada perguruan tinggi swasta. Namun, biaya kuliah di Istanbul University sendiri lebih murah dibandingkan dengan kampus-kampus di Eropa dan Amerika.

BACA JUGA :  Ini Kode Virtual Account OVO Terlengkap, Isi Saldo Makin Mudah

Kisaran biaya kuliah di Istanbul University bervariasi, tergantung pada jurusan yang kamu pilih. Biasanya, biaya kuliah untuk mahasiswa internasional berkisar antara 100 hingga 4,000 EUR per tahun. Namun, jurusan teknik dan kedokteran mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Selain biaya kuliah, ada juga biaya lain-lain yang perlu kamu pertimbangkan, seperti biaya buku, bahan praktikum, dan alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Untuk meringankan biaya studi, kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia untuk jurusan S-1 maupun jurusan S2 di Istanbul University. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu tetap membutuhkan biaya tambahan. Dalam hal ini, kamu bisa meminta bantuan dari keluarga di tanah air.

Namun, transfer dan kurs seringkali menjadi kendala ketika mengirim uang ke luar negeri. Untungnya, sekarang ada aplikasi sobatcloud.com yang dapat membantu kamu dalam proses transfer uang ke luar negeri. sobatcloud.com meluncurkan fitur sobatcloud.com Globe yang memudahkan transfer uang ke 48 negara, termasuk Turki. Dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com, kamu dapat mengirim uang dengan biaya yang terjangkau dan tanpa ribet.

Conclusion:

Istanbul University adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki dengan sejarah yang panjang. Didirikan pada tahun 1453 oleh Sultan Mehmed II, perguruan tinggi ini awalnya bernama Darülfünûn dan kemudian diubah namanya menjadi Istanbul University pada tahun 1933. Kampus Istanbul University terletak di wilayah Lapangan Beyazit dan memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah dari masa Romawi dan Bizantium.

Di bidang kesehatan, Istanbul University menawarkan beberapa jurusan yang terbaik di Turki melalui empat fakultas yang ada di kampusnya. Jurusan-jurusan ini meliputi kedokteran, farmasi, kedokteran gigi, dan keperawatan. Biaya kuliah di Istanbul University bervariasi tergantung pada jurusan yang dipilih, namun secara umum lebih terjangkau dibandingkan dengan kampus-kampus di Eropa dan Amerika.

BACA JUGA :  Sering Jadi Lokasi Syuting Drakor, Ini Jurusan di Yonsei University

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Istanbul University, kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia untuk jurusan S-1 maupun S-2.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *