Jurusan Akuntansi – Prospek Kerja dan Seluk-beluknya

pembaca sobatcloud.com, apakah elo termasuk orang yang suka menghitung dan bermain dengan angka? Kalau iya, jurusan yang satu ini mungkin akan cocok buat elo. Jurusan apakah itu? Yap! Jurusan Akuntansi.

Jurusan Akuntansi adalah jurusan pada bidang Sosial Humaniora (Soshum) yang sangat populer saat ini. Hal ini terbukti pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, jumlah peminat jurusan ini di Universitas Indonesia saja mencapai 2.307 orang dengan daya tampung yang hanya 60 kursi. 

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan survei dari CNBC Indeed Jurusan Akuntansi berada pada peringkat ke 4  jurusan yang paling dibutuhkan di masa depan. Wah, nggak heran kalau kemudian banyak orang yang tertarik untuk memilih jurusan ini. Apakah elo termasuk orang yang ini berkuliah di jurusan ini?  Nah pas banget, kali ini gue akan ngajak elo kenalan lebih dalam dengan jurusan ini mulai dari mata kuliah, peluang karier, hingga besaran gaji untuk lulusan jurusan akuntansi sob! 

Supaya elo ga makin penasaran, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Jurusan Akuntansi itu Belajar Apa Saja?

Jurusan Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari metode pencatatan, penggolongan, dan penyusunan laporan transaksi keuangan yang berguna membantu para pemangku kepentingan dalam proses pengambilan sebuah keputusan. Mahasiswa Jurusan Akuntansi sering berhadapan dengan invisible money, menghitung uang hingga ratusan miliar tetapi cuma di kertas doang. hehe.

Mungkin bakal terbesit di benak elo “emang kalo masuk jurusan ini bakal ketemu hitung-hitungan terus ya?” Jawabannya iya, memang seperti itu sob! Jurusan ini memang penuh dengan hitung-hitungan. Tapi di Jurusan Akuntansi nggak  semata-mata ngitung uang saja ya sob, ada banyak hal lain yang akan di pelajari di jurusan ini.

Di jurusan ini elo akan mempelajari segala hal tentang laporan keuangan, mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dari masing-masing perusahaan, menganalisis laporan keuangan, sampai menilai prospek di masa depan. Dalam menganalisis laporan keuangan tersebut, elo harus lebih teliti dan sangat detail dalam melihat apa yang disajikan laporan keuangan. Selain mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan, jurusan ini juga akan belajar perpajakan, investasi, dan kebijakan keuangan.

BACA JUGA :  Klasifikasi Tumbuhan Paku Pteridophyta, Ciri-Ciri & Contohnya

Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Supaya tergambar nyata tentang belajar apa aja di jurusan akuntansi, gue akan kasih contoh tabel mata kuliah di prodi akuntansi Universitas Brawijaya. Berikut gambar distribusi mata kuliah akuntansi UB.

Jurusan Akuntansi - Prospek Kerja dan Seluk-beluknya 25
(Distribusi Mata Kuliah Prodi Akuntansi Universitas Brawijaya)
Nb. Zoom gambar jika tidak terlihat dengan jelas

Pada semester awal, elo akan belajar materi pengantar akuntansi. Isinya adalah dasar-dasar ilmu akuntansi secara umum. Elo juga bakal belajar membuat laporan keuangan untuk perusahaan dagang dan jasa. Semester selanjutnya elo bakal mempelajari materi yang lebih advance lagi, salah satunya adalah Akuntansi keuangan. Pada saat itu elo akan belajar terkait transaksi obligasi sampai perlakuan terhadap modal saham perusahaan. 

Pada tingkat berikutnya elo akan belajar buat nyusun laporan keuangan yang lebih spesifik lagi yaitu pada matkul Akuntansi Lanjutan. Nah beberapa mata kuliah yang akan elo temui di semester menengah sampai akhir yaitu: Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Syariah, Akuntansi Manajemen Strategis, Perpajakan hingga Audit Keuangan.

Konsentrasi Jurusan Akuntansi

Setelah melihat alur distribusi mata kuliah tadi, mungkin beberapa dari elo ada yang terbesit gini “wah ternyata pelajaran akuntansi ga cuma akuntansi perusahaan dagang dan jasa, tapi banyak jenisnya” Nah, itu bener sob! Jadi  Akuntansi sendiri terbagi ke beberapa bidang konsentrasi. Berikut adalah jenis-jenis konsentrasi pada jurusan akuntansi:

  • Akuntansi Biaya (cost accounting)
  • Akuntansi Keuangan (financial accounting)
  • Akuntansi Manajemen (management accounting)
  • Akuntansi Pajak (tax accounting)
  • Akuntansi Sektor Publik (government accounting)
  • Akuntansi Lembaga Nirlaba (non-profit accounting)
  • Akuntansi Internasional (international accounting)
  • Sistem Akuntansi (accounting system)

Pengetahuan dan keahlian yang Diperlukan Oleh Mahasiswa Akuntansi

Dari beberapa mata kuliah yang sudah disebutkan diatas, kamu udah bisa sedikit menebak apa saja pengetahuan dan keahlian yang akan dimiliki oleh seorang lulusan Akuntansi. Berikut beberapa poinnya.

  • Kemampuan dalam menyajikan laporan keuangan
  • Kemampuan dalam menganalisis laporan keuangan
  • Kemampuan dalam mengelola keuangan
  • Kemampuan dalam mengevaluasi anggaran
  • Kemampuan dalam memberikan rekomendasi
  • Pengetahuan dalam dunia perpajakan
  • Teliti dalam perhitungan, dll

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi bisa kerja apa? Nah, untuk prospek kerja untuk lulusan jurusan akuntansi terbilang sangat luas, hampir seluruh sektor perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi. Peluang karier terbesar yang dimiliki para lulusan Jurusan Akuntansi sudah pasti untuk menjadi seorang akuntan. Tak hanya itu, elo pun berpeluang menjadi seorang auditor, konsultan pajak, pekerja bagian keuangan (finance), dan pegawai bank (account officer).

BACA JUGA :  Keuntungan Mekanis Tuas

Berikut penjelasan beberapa pilihan pekerjaan untuk lulusan akuntansi: 

Akuntan

Akuntan bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan, lembaga pemerintahan, atau organisasi tertentu. Seorang akuntan akan memberikan rekomendasi cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. 

Auditor Internal

Auditor internal bertugas untuk memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan sesuai dengan kenyataan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen dalam melakukan usaha secara efisien. Seorang auditor internal akan memastikan tidak terjadi penyimpangan di dalam suatu perusahaan.

Konsultan Pajak

Konsultan pajak bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak, mulai dari perusahaan maupun perorangan. Selain itu, seorang konsultan pajak juga bisa memberikan jasa pengurusan hak dan kewajiban perpajakan, termasuk dalam penyelesaian sengketa pajak.

Financial Planner

Financial planner bertugas untuk menyusun perencanaan keuangan dan memberikan saran seputar pengelolaan keuangan. Seorang perencana keuangan biasanya tidak mendapat gaji bulanan, tetapi penghasilan yang didapatkan bergantung pada jasa konsultasi yang diberikan.

Financial Analyst

Financial analyst bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi acuan pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis hingga pembuatan strategi bisnis. Profesi ini akan mengontrol perputaran keuangan agar tidak melebihi budget dan sesuai dengan target perusahaan.

Ahli Keuangan Pemerintahan

Profesi ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena membuka peluang mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Contoh instansi pemerintah yang banyak membutuhkan seseorang berlatar belakang Akuntansi adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dosen Akuntansi

Lulusan akuntansi juga dapat menjadi seorang dosen atau guru. Dengan profesi ini elo nggak hanya mendapatkan penghasilan tetapi juga berbagi ilmu dengan orang lain. Selain itu, elo juga dapat menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar.

Berkarier di Industri non-keuangan juga patut dipertimbangkan sob, lulusan akuntansi bisa bekerja di pemerintahan dan lembaga nirlaba. Selain pada sektor umum, kini banyak juga dibutuhkan seorang lulusan akuntansi yang spesifik memahami keuangan syariah (berdasarkan prinsip islam), bahkan beberapa perguruan tinggi juga memiliki jurusan akuntansi syariah untuk program sarjananya.

Berapa Gaji Untuk Lulusan Jurusan Akuntansi?

Besarnya gaji yang akan diterima lulusan Jurusan Akuntansi saat bekerja di perusahaan tak bisa dibilang kecil. Apalagi jika elo bekerja sebagai konsultan pajak, gaji yang akan diterima terbilang tinggi. Berdasarkan data dari CNN besaran gaji seorang konsultan pajak berkisar Rp 180 Juta per tahun.

BACA JUGA :  7 Cara Membuat Kesimpulan yang Baik dan Tepat

Bagaimana untuk seorang fresh graduate? Secara umum, untuk seorang lulusan jurusan akuntansi rata-rata gaji awal yang diterima berada pada kisaran Rp 4.000.000, dengan pekerjaan sebagai staf bidang akuntansi. Tetapi kembali lagi, untuk besaran gaji tersebut sangat bergantung pada kemampuan, tingkat jabatan, area tempat bekerja dan pengalam yang dimiliki.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

  • Prospek kerja yang sangat luas, bisa dikatakan hampir seluruh sektor membutuhkan lulusan Akuntansi
  • Jenjang karier yang ditawarkan cukup menjanjikan
  • Cocok untuk elo yang ingin terjun di dunia bisnis
  • Elo juga bisa mendirikan kantor sendiri, seperti Kantor Akuntan Publik dan Kantor Konsultan Pajak

Universitas Dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Jurusan akuntansi bisa dibilang primadona bagi para calon mahasiswa, karena jurusan ini sering masuk ke posisi 5 besar sebagai jurusan yang paling diminati di SBMPTN untuk bidang Soshum. Buat elo yang tertarik untuk masuk jurusan ini tenang aja sob, hampir semua universitas di Indonesia sudah menyediakan jurusan ini, sehingga ada banyak sekali pilihan. Beberapa kampus yang patut elo pertimbangkan seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Diponegoro.

Untuk kampus swasta gimana? Nah, untuk kampus swasta elo tinggal pilih aja, ada banyak kampus swasta dengan jurusan akuntansi yang gak kalah berkualitas, seperti BINUS, Trisakti, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Sanata Dharma, dan masih banyak lagi. So, jangan pusing milih ya, Sobat! Kalo elo masih bingung mau kuliah jurusan akuntansi di mana, elo bisa cobain kuis sobatcloud.com di bawah buat nentuin kampus mana yang cocok berdasarkan kepribadian lo. Langsung coba sekarang, ya!

Jurusan Akuntansi - Prospek Kerja dan Seluk-beluknya 26

Nah, buat elo yang ngambis banget masuk PTN impian, nggak ada salahnya kalau elo coba ikutan bimbel online dan menjadikan bimbel online sebagai senjata elo dalam belajar menghadapi SNBT (UTBK) 2023.

Salah satu bimbel online yang sudah terbukti efektif buat persiapan UTBK adalah bimbel pake aplikasi sobatcloud.com. Di sobatcloud.com elo bakal belajar video pembelajaran untuk persiapan UTBK di 2023. Salah satu paket yang gue rekomendasiin buat elo beli adalah paket Aktiva Sekolah sobatcloud.com. Lewat paket belajar tersebut, elo berkesempatan ikut ujian try out sekolah, sesi live class per minggu, dan mendapatkan akses rekaman live class. Nggak hanya itu elo juga bakal dapat akses ribuan latihan soal serta pembahasan di dalamnya.

Klik banner di bawah ini buat berlangganan sekarang juga, ya!

Jurusan Akuntansi - Prospek Kerja dan Seluk-beluknya 27

Originally Published: Bella Octavia (06 Februari 2020)

==========CATATAN EDITOR===========

Menentukan jurusan kuliah itu bisa jadi ngeri-ngeri sedap. Intinya, kenali lebih dulu dan kalau bisa tuh secara mendalam mengenai jurusan yang kamu incar. Kalau bisa, Jangan sampai ada penyesalan karena merasa salah ambil jurusan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *