19 Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya

Dalam artikel kali ini, sobatcloud.com blog membahas mengenai jenis-jenis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Sebagai seorang pelajar, teks menjadi pelajaran yang kita dalami sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah. Teks memiliki banyak bentuk dan jenis yang dapat digunakan dalam berbagai keseharian. Tentu kamu perlu mempelajarinya agar dapat membuat teks dengan baik dan benar.

Sebelum belajar ada apa saja jenis teks, mari kita pahami dulu arti teks. Menurut KBBI, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang, kutipan dari kitab suci untuk pangkal ajaran atau alasan, atau bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya. Teks menjadi hal penting untuk memberikan maksud dari apa yang kita sampaikan.

Ada apa aja saja jenis teks? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Iklan

Iklan adalah jenis teks yang dapat membujuk khalayak secara halus dengan memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak dan suara. Iklan dapat kita lihat di media cetak ataupun media elektronik. Adapun syarat-syarat, unsur, ciri-ciri dan jenis-jenis iklan dapat kamu baca selengkapnya di sini.

Materi Bahasa Indonesia: Iklan

2. Biografi

biografi
Berbagai contoh teks biografi tokoh terkenal bisa kamu baca di sobatcloud.com Blog!

Biografi adalah jenis teks mengenai perjalanan atau riwayat hidup seseorang yang ditulis atau dibuat oleh orang lain. Biografi menceritakan kisah hidup orang sukses atau orang yang berpengaruh bagi banyak orang. Teks ini memiliki bentuk, ciri-ciri dan rincian lainnya yang dapat kamu pelajari di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Biografi, baca artikel berikut: Pengertian dan Contoh Teks Biografi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10.

3. Autobiografi

Bedanya dengan teks biografi, teks autobiografi adalah jenis teks mengenai perjalanan atau riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri. Autobiografi menceritakan kisah hidup seseorang dari masa kecil hingga saat ini, atau saat masa-masa kegagalannya hingga saat ini. Untuk struktur dan ciri-ciri teks autobiografi dapat kamu pelajari disini. 

Materi Bahasa Indonesia: Autobiografi

4. Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah laporan pertanggungjawaban setelah melakukan perjalanan atau kunjungan ke suatu tempat yang biasanya dilakukan sebuah lembaga atau institusi. Agar kamu dapat membuat laporan perjalanan yang sesuai dengan struktur dan ciri-cirinya, simak penjelasannya di sini.

BACA JUGA :  Nobel Kimia Tahun Ini Diberikan Kepada Tiga Ilmuwan Pengembang Baterai Lithium-Ion

Materi Bahasa Indonesia: Laporan Perjalanan

5. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi langkah pengerjaan agar dapat melakukan atau membuat sesuatu dengan benar. Terdapat struktur dan kaidah kebahasaan yang harus kamu pelajari sebelum membuat teks prosedur yang dapat kamu baca di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Prosedur, baca artikel berikut: Teks Prosedur – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11.

6. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah salah satu jenis dari teks prosedur yang memiliki lebih banyak dan rumit langkah dibandingkan teks prosedur sederhana. Terdapat beberapa ciri-ciri, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks yang dapat kamu pelajari d isini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Prosedur Kompleks, baca artikel berikut: Teks Prosedur – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11.

7. Teks Narasi

teks narasi untuk buku dan kacamata
Teks narasi adalah salah satu bentuk teks populer yang sering kamu jumpai di materi Bahasa Indonesia.

Teks narasi adalah jenis teks yang berisi tentang cerita suatu peristiwa atau kejadian sesuai dengan urutan waktunya. Teks narasi memiliki ciri-ciri, unsur-unsur, jenis-jenis dan struktur teks yang dapat kamu pelajari di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Narasi, baca artikel berikut: Teks Narasi – Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Unsur.

8. Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentnag mengapa dan bagaimana dari sebuah topik berupa fenomena sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Teks eksplanasi memiliki banyak ciri-ciri dan struktur yang dapat kamu pelajari di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Eksplanasi, baca artikel berikut: Pembahasan Lengkap Teks Eksplanasi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11.

9. Teks Wacana

Teks wacana adalah teks yang berisi rancangan usulan (proposisi) yang satu dengan yang lainnya. Terdapat unsur kohesi, unsur koherensi, syarat-syarat dan perbedaan jenis teks wacana yang dapat kamu pelajari di sini.

Materi Bahasa Indonesia: Teks Wacana

10. Teks Argumentasi

Teks argumentasi adalah teks yang menjelaskan berupa pendapat berdasarkan bukti, alasan, serta contoh dari fakta yang terjadi untuk mempengaruhi, meyakinkan, percaya dan sependapat dengan pemikiran penulis. Secara umum, teks argumentasi memiliki struktur dan ciri-ciri yang dapat kamu baca di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Argumentasi, baca artikel berikut: Paragraf Argumentasi – Paragraf untuk Sampaikan Argumenmu.

11. Teks Observasi

Teks observasi adalah teks yang memberikan informasi dan pengetahuan sesuai dengan pengamatan terhadap suatu objek. Adapun ciri-ciri, struktur teks dan cara melakukan observasi dapat kamu pelajari lebih lanjut di sini.

BACA JUGA :  Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan Manusia – Materi Biologi Kelas 11

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Observasi, baca artikel berikut: Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi.

12. Teks Deskripsi

teks deskripsi untuk gambar pegunungan di atas awan
Bayangkan ada pemandangan seindah ini. Bisakah kamu membuatnya dalam sebuah teks deskripsi?

Teks deskripsi adalah teks yang mendeskripsikan atau menggambarkan sejelas-jelasnya suatu objek, gagasan, tempat atau peristiwa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan. Adapun jenis dan ciri-ciri teks deskripsi dapat kamu pelajari lebih lanjut di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Deskripsi, baca artikel berikut: Teks Deskripsi – Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya.

13. Teks Sejarah

Dalam menulis teks sejarah, kita harus memperhatikan kaidah kebahasaan karena teks sejarah ditulis berdasarkan kejadian nyata yang terjadi pada masa lampau. Kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan meliputi kata ganti, kata kerja, kata keterangan, kata penghubung dan kalimat lampau yang dapat kamu pelajari beserta contohnya di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Sejarah, baca artikel berikut: Teks Cerita Sejarah, Konsep Struktur dan Ciri Kebahasaan! – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12.

14. Teks Pidato

Sebelum berpidato, alangkah baiknya kita persiapkan dengan baik dimulai dari mengetahui struktur berpidato, bahasa yang seharusnya digunakan dan metode apa saja yang dapat digunakan agar maksud dari pidato tersampaikan. Untuk mengetahui unsur, metode dan ciri-ciri pidato yang baik dapat kamu pelajari di sini.

Materi Bahasa Indonesia: Teks Pidato

15. Teks Ceramah

teks ceramah ilustrasi bapak-bapak khutbah salat jumat
Terkadang, berceramah yang baik itu perlu menyiapkan teksnya juga, lho.

Teks ceramah memiliki kaidah kebahasaan yang berbeda dari teks lain karena ia berfungsi untuk menyampaikan informasi berupa pengetahuan, meyakinkan dan mengajak para pendengar. Adapun struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah dapat kamu pelajari di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Ceramah, baca artikel berikut: Materi Bahasa Indonesia Kelas 11: Konsep dan Struktur Teks Ceramah.

16. Karya Ilmiah

Sebagai seornag pelajar, kita akan memiliki tugas untuk membuat karya ilmiah. Karya ilmiah adalah laporan tertulis berupa hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Dalam menulis karya ilmiah, ada beberapa bentuk penyajian dan struktur penting yang dapat kamu pahami di sini.

Materi Bahasa Indonesia: Karya Ilmiah

17. Tajuk Rencana atau Teks Editorial

Tajuk rencana atau yang biasa disebut teks editorial adalah jenis teks yang mengulas secara pokok maupun menyeluruh mengenai isu yang sedang hangat dibicarakan. Tajuk rencana mengajak pembaca untuk berpikir kritis dan menanggapi isu tersebut. Teks ini biasa terdapat di surat kabar. Untuk mengetahui struktur dan ciri-ciri dari tajuk rencana, kamu dapat mempelajarinya di sini.

BACA JUGA :  Peristiwa Pasang Surut Air Laut, Jenis, Manfaat, dan Faktor Terjadinya – Materi Geografi Kelas 10

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Tajuk Rencana atau Teks Editorial, baca artikel berikut: Materi Teks Editorial atau Tajuk Rencana – Bahasa Indonesia Kelas 12.

18. Teks Laporan

Teks laporan adalah jenis teks yang memaparkan hasil pengamatan atau penelitian dengan data-data valid yang telah dikumpulkan. Teks laporan memiliki empat langkah, struktur dan ciri-ciri yang dapat kamu pelajari di sini.

Pelajari lebih lanjut
Untuk memperdalam materi tentang Teks Laporan, baca artikel berikut: Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi.

19. Teks Berita

Dalam media cetak, televisi ataupun media online, tentu kita sering mendengar berita. Menurut KBBI, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita memiliki unsur penting yang disingkat menjadi ADIKSIMBA. Untuk mengetahui apa saja unsur, syarat dan struktur dari berita kamu dapat mempelajarinya disini.

Materi Bahasa Indonesia: Teks Berita


Agar kamu lebih menguasai jenis-jenis teks di atas, yuk kita latihan soal di bawah ini!

Mahatma Gandhi dilahirkan pada tanggal 2 Oktober 1869 di Porbandar, Gujarat, India Britania dan meninggal pada tanggal 30 Januari 1948 di New Delhi, India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi adalah Mohandas Karamchand Gandhi. Beliau adalah pemimpin rohani di balik kemerdekaan India. Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajahan Inggris atas India. Gandhi memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi, perdamaian, dan kemerdekaan. Gandhi dipenjara beberapa kali dan sempat hampir mati karena kelaparan. Namun, dengan tekad yang kuat, akhirnya beliau berhasil meraih apa yang dicita-citakannya.

Keteladanan yang dapat dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi dalam kutipan tersebut adalah ….

(A) seorang pemimpin rohani yang pemberani

(B) rela dipenjara demi menegakkan kebenaran

(C) berjuang melawan penjajahan Inggris

(D) pemimpin perang sejati meraih kemerdekaan

(E) berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan

Untuk pembahasan soal dati teks biografi diatas, kamu dapat menyimaknya di sini.

Jawaban Soal Teks Biografi

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan memahami konsep dari masing-masing jenis teks. Semoga artikel ini membantumu mengakses ribuan pelajaran di sobatcloud.com.net dan berhasil mendapat nilai terbaik saat ujian!

Catatan Editor

Buat kamu yang mau nanya lebih lanjut seputar Bahasa Indonesia, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Mau cek seberapa jago kemampuan berbahasa dan logikamu? Nih, kenalin Zencore! Dengan fitur adaptive learning dan soal dari CorePractice, kamu bisa tahu seberapa jago skill fundamentalmu sekaligus asah otak biar cerdas beneran! Ketuk banner di bawah buat cobain.

cerdas beneran bareng zencore

Lihat Juga Proses Belajar Ala sobatcloud.com di Video Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *