Jangan Telat Bayar, Ini Cara Cek Tagihan Air Secara Online

Cara cek tagihan air

Cek tagihan PDAM secara online bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemudahan yang kamu inginkan.

Cara cek tagihan air lewat aplikasi

Cara pertama bisa dilakukan lewat aplikasi, yaitu aplikasi informasi pelanggan PDAM. Cek tagihan air menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

1. Download aplikasinya via Play Store pada smartphone Android kamu.
2. Pilih “Info Tagihan” di menu utama.
3. Masukkan data seperti nama pelanggan, nomor sambung, serta tempat kamu tinggal.
4. Pilihlah instansi PDAM yang sesuai dengan kota tempat tinggal, lalu klik Simpan.

Kamu akan melihat jumlah tagihan air yang dikenakan. Selain untuk mengecek tagihan PDAM, aplikasi ini juga bisa melayani keluhan jika terjadi sesuatu pada aliran air kamu. Praktis, bukan?

Cara cek tagihan air lewat website pengelola

Cara cek tagihan PDAM online lainnya bisa dilakukan lewat website resmi pengelola. Namun, setiap daerah memiliki website yang berbeda pula. Sebagai langkah pertama, pastikan kamu menemukan website pengelola yang sesuai dengan daerah tempat tinggal kamu. Sebagai contoh, untuk kamu yang tinggal di Kota Bogor, kamu bisa membuka situs pdamkotabogor.go.id. Setelah itu, ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka situs tersebut, lalu klik “Pelanggan” dan “Simulasi Perhitungan Rekening Air”.
2. Pada kolom simulasi, pilih “Golongan Tarif”.
3. Isi jumlah stand meter pada bulan ini dan bulan sebelumnya.
4. Klik “Proses”.
5. Tunggu beberapa saat, lalu rincian tagihan air yang harus dibayarkan akan keluar.

Sumber : Detik

Cara cek tagihan air lewat ATM

Selain lewat website dan aplikasi, cek tagihan air juga bisa dilakukan di ATM. Tentunya, langkah-langkah yang dilewati berbeda, tergantung dari bank yang digunakan. Untuk contoh, kami akan menggunakan bank Mandiri untuk pengecekan tagihan air. Pada ATM Mandiri, pilih menu Bayar/beli.

1. Pilih “PAM”, kemudian akan muncul empat pilihan, yakni PDAM Kota, PAM Palyja, Aerta, dan PAM lainnya. Jika PAM kamu tidak tercantum, tekan 04.
2. Kemudian, tekan “Ya” untuk melihat daftar kode. Carilah kode yang sesuai dengan PDAM kota kamu. Setelah itu, masukkan kodenya dan tekan benar.
3. Ketika nomor pelanggan, lalu tekan benar.
4. Setelah itu, akan muncul rincian pembayaran kamu. Tekan “Ya” jika sudah sesuai, maka akan muncul konfirmasi pembayaran dan biaya administrasi. Tekan “Ya” untuk menyelesaikan pembayaran
5. Jika kamu menggunakan bank lain, proses cek tagihan PDAM tidak jauh berbeda. Intinya, kamu perlu memilih kode PAM atau PDAM yang sesuai dengan kota tempat tinggal, masukkan nomor pelanggan, setelah itu akan ada rincian tagihan yang perlu dibayar.

BACA JUGA :  Ini Cara Kerja Deposito dan Contoh Lengkapnya

Cara cek tagihan air lewat sobatcloud.com

Cek dan bayar tagihan air lewat sobatcloud.com tentu akan lebih mudah lagi. Bagi yang sudah memiliki aplikasinya, kamu tinggal membukanya dan pilih menu tagihan PDAM. Untuk kamu yang belum punya aplikasi sobatcloud.com, kamu tinggal download dengan klik tautan ini. Buka aplikasi sobatcloud.com, lalu pilih menu tagihan PDAM. Sama seperti langkah pada poin-poin sebelumnya, kamu perlu memilih wilayah PDAM yang sesuai dengan tempat tinggal, kemudian masukkan data diri seperti nomor pelanggan. Setelah itu, klik Tagihan/bayar, dan pilih metode pembayaran untuk melunasi tagihan.

Bayar PDAM lebih hemat pakai sobatcloud.com

Cek tagihan PDAM sudah semakin dimudahkan dengan adanya sistem online. Jika kamu menggunakan platform yang tepat, pembayaran PDAM juga bisa lebih hemat! Misalnya bayar PDAM pakai sobatcloud.com. Cek tagihan dan bayar PDAM lewat sobatcloud.com bisa dilakukan dengan biaya admin yang sangat minim, yakni hanya Rp500. Pastikan juga kamu membayarkan tagihan air tepat waktu agar terhindar dari denda dan kerugian lainnya, ya!

sobatcloud.com dapat melakukan lebih dari cek tagihan air, lho. Sebab, sobatcloud.com juga punya layanan lain yang membuat segala transaksi jadi lebih praktis dan hemat, seperti pembelian token listrik, membayar tagihan listrik, isi pulsa, hingga transfer antarbank dan antarnegara. Yuk, download aplikasi sobatcloud.com sekarang juga dan nikmati kemudahan pembayaran dengan sobatcloud.com!

Sekarang berbagai keperluan sudah bisa diselesaikan secara praktis karena bisa dilakukan secara online, salah satunya cek tagihan air. Tidak perlu lagi ke kantor PDAM di daerah kamu, cek tagihan air kini bisa dilakukan dengan aplikasi, website, ATM, atau bahkan lewat sobatcloud.com! Pembayaran via online tentu semakin memudahkan kamu dalam membayar tagihan air. Karena itu, jangan sampai kamu telat melakukan pembayaran. Pasalnya, hal ini akan mempersulit operasional perusahaan, bahkan bisa berujung pada pemberhentian aliran air ke rumah kamu.

Cek tagihan PDAM secara online bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemudahan yang kamu inginkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi informasi pelanggan PDAM. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mengakses informasi mengenai tagihan air kamu. Caranya pun cukup sederhana. Pertama, kamu perlu mendownload aplikasi tersebut melalui Play Store pada smartphone Android kamu. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih menu “Info Tagihan”. Selanjutnya, masukkan data seperti nama pelanggan, nomor sambung, serta tempat tinggal kamu. Setelah itu, pilihlah instansi PDAM yang sesuai dengan kota tempat tinggal kamu, lalu klik “Simpan”. Dengan begitu, kamu akan dapat melihat jumlah tagihan air yang dikenakan. Selain untuk mengecek tagihan PDAM, aplikasi ini juga bisa melayani keluhan jika terjadi sesuatu pada aliran air kamu.

BACA JUGA :  Contoh Form Laporan Keuangan Rumah Tangga Excel

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa melakukan cek tagihan PDAM secara online melalui website resmi pengelola. Namun, perlu diingat bahwa setiap daerah memiliki website yang berbeda-beda. Sebagai langkah pertama, pastikan kamu menemukan website pengelola yang sesuai dengan daerah tempat tinggal kamu. Sebagai contoh, untuk kamu yang tinggal di Kota Bogor, kamu bisa membuka situs pdamkotabogor.go.id. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang tersedia di website tersebut. Biasanya, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah membuka menu “Pelanggan” dan “Simulasi Perhitungan Rekening Air”. Setelah itu, pada kolom simulasi, pilihlah “Golongan Tarif” yang sesuai dengan kategori tarif yang kamu gunakan. Selanjutnya, isi jumlah stand meter pada bulan ini dan bulan sebelumnya. Setelah itu, klik “Proses”. Kemudian, tunggu beberapa saat, rincian tagihan air yang harus dibayarkan akan keluar.

Selain melalui aplikasi dan website, cek tagihan air juga bisa dilakukan melalui ATM. Namun, langkah-langkah yang perlu dilakukan berbeda-beda tergantung dari bank yang kamu gunakan. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan bank Mandiri, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama, pilih menu “Bayar/beli” pada ATM Mandiri. Setelah itu, pilih “PAM”. Kemudian, akan muncul empat pilihan, yaitu PDAM Kota, PAM Palyja, Aerta, dan PAM lainnya. Jika PAM kamu tidak tercantum, kamu bisa menekan 04. Selanjutnya, tekan “Ya” untuk melihat daftar kode. Carilah kode yang sesuai dengan PDAM kota kamu. Setelah itu, masukkan kode tersebut dan tekan benar. Kemudian, masukkan nomor pelanggan dan tekan benar. Setelah itu, akan muncul rincian pembayaran kamu. Jika sudah sesuai, tekan “Ya” untuk melanjutkan pembayaran. Setelah itu, akan muncul konfirmasi pembayaran dan biaya administrasi. Tekan “Ya” untuk menyelesaikan pembayaran. Jika kamu menggunakan bank lain, proses cek tagihan PDAM tidak jauh berbeda. Intinya, kamu perlu memilih kode PAM atau PDAM yang sesuai dengan kota tempat tinggal kamu, masukkan nomor pelanggan, setelah itu akan ada rincian tagihan yang perlu dibayar.

BACA JUGA :  Cara Cek Paspor dengan NIK, Apakah Bisa? Ini Panduannya!

Selain melalui aplikasi, website, dan ATM, cek tagihan air juga bisa dilakukan melalui sobatcloud.com. sobatcloud.com adalah sebuah aplikasi yang memudahkan kamu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, termasuk cek dan bayar tagihan air. Bagi yang sudah memiliki aplikasi sobatcloud.com, kamu tinggal membukanya dan pilih menu tagihan PDAM. Sedangkan bagi yang belum memiliki aplikasi sobatcloud.com, kamu bisa mendownloadnya melalui tautan yang disediakan. Setelah itu, buka aplikasi sobatcloud.com dan pilih menu tagihan PDAM. Sama seperti langkah pada poin-poin sebelumnya, kamu perlu memilih wilayah PDAM yang sesuai dengan tempat tinggal kamu. Setelah itu, masukkan data diri seperti nomor pelanggan. Setelah itu, klik Tagihan/bayar, dan pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan untuk melunasi tagihan.

Dalam melakukan pembayaran tagihan air, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu pembayaran. Jangan sampai kamu telat melakukan pembayaran, karena hal ini akan mempersulit operasional perusahaan PDAM, bahkan bisa berujung pada pemberhentian aliran air ke rumah kamu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membayar tagihan air tepat waktu agar terhindar dari denda dan kerugian lainnya.

Selain kemudahan dalam cek tagihan air, menggunakan aplikasi sobatcloud.com juga bisa memberikan keuntungan lain, yaitu hemat biaya. Dalam melakukan pembayaran tagihan air melalui sobatcloud.com, kamu hanya akan dikenakan biaya admin sebesar Rp500. Dengan biaya admin yang sangat minim ini, kamu bisa lebih hemat dalam membayar tagihan air. Namun, perlu diingat bahwa hemat biaya bukanlah satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih platform pembayaran tagihan air. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan platform yang terpercaya dan aman seperti sobatcloud.com.

Selain cek tagihan air, sobatcloud.com juga menyediakan berbagai layanan transaksi keuangan lainnya yang bisa memudahkan kamu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan sobatcloud.com untuk pembelian token listrik, membayar tagihan listrik, isi pulsa, hingga transfer antarbank dan antarnegara. Dengan menggunakan sobatcloud.com, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke tempat pembayaran atau mengantre di ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi sobatcloud.com yang telah terintegrasi dengan berbagai layanan pembayaran. Yuk, download aplikasi sobatcloud.com sekarang juga dan nikmati kemudahan pembayaran dengan sobatcloud.com!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *