Investasi Adalah Hal Penting yang Perlu Anda Miliki, Berikut Manfaatnya!

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Fitz Gerald

Menurut Fitz Gerald, investasi merupakan sebuah kegiatan yang ada hubungannya dengan upaya menarik berbagai dana yang digunakan untuk mewujudkan modal berupa barang dan bisa memberi keuntungan di masa mendatang. Dalam hal ini, investasi dapat dilakukan dengan menempatkan dana pada berbagai jenis aset seperti saham, properti, emas, atau produk keuangan lainnya yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Jogiyanto

Menurut Jogiyanto, investasi merupakan menunda kebutuhan yang ingin dikonsumsi saat ini untuk dialihkan menjadi bentuk aktiva produktif pada masa waktu tertentu. Dalam hal ini, individu yang melakukan investasi akan mengalihkan sebagian dana yang dimiliki untuk diinvestasikan dalam aset yang memiliki potensi pertumbuhan nilai di masa depan. Tujuan dari investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan tambahan yang dapat digunakan di kemudian hari.

Gitman dan Joehnk

Menurut Gitman dan Joehnk, investasi adalah sarana yang menempatkan dana dengan tujuan untuk bisa mendapatkan hasil positif atau meningkatkan nilai dana tersebut. Dalam hal ini, investasi dilakukan dengan mengalokasikan sejumlah dana pada aset yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan di masa depan. Tujuan dari investasi adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan individu atau entitas yang melakukan investasi.

Dari pengertian yang disampaikan oleh para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa investasi adalah usaha untuk mengamankan uang dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi dilakukan dengan menempatkan dana pada berbagai jenis aset atau produk keuangan yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Melalui investasi, individu atau entitas dapat menumbuhkan kekayaan dan mempersiapkan keuangan di masa depan.

Manfaat Melakukan Investasi

Financial Freedom

Salah satu manfaat utama dari melakukan investasi adalah dapat mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. Financial freedom merupakan kondisi di mana seseorang bebas dari beban finansial karena pendapatan atau aset yang dimiliki sudah cukup untuk menutupi segala macam kebutuhan hidup tanpa harus bekerja. Dengan melakukan investasi yang tepat, individu dapat menghasilkan penghasilan pasif yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa depan.

BACA JUGA :  Kode BIC Bank: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Menghindari Inflasi

Investasi juga memiliki manfaat dalam menghindari inflasi. Inflasi adalah peningkatan secara umum dan terus menerus dalam harga barang dan jasa di suatu negara. Jika uang hanya disimpan dalam bentuk tunai atau di bank yang suku bunganya rendah, nilai uang tersebut akan tergerus oleh inflasi. Namun, dengan melakukan investasi yang menghasilkan return yang lebih tinggi dari inflasi, nilai uang dapat bertumbuh seiring waktu dan terhindari dari inflasi.

Menyiapkan Dana Pensiun

Investasi juga penting dalam menyiapkan dana pensiun. Tidak ada yang ingin bekerja hingga usia senja, oleh karena itu penting untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Melalui investasi yang tepat, individu dapat mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk diinvestasikan dalam aset yang memiliki potensi pertumbuhan nilai. Dengan demikian, di masa pensiun nanti, individu tidak akan terganggu dengan masalah finansial dan tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dari beberapa manfaat yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa melakukan investasi memiliki peranan yang penting dalam mencapai keamanan finansial di masa depan. Investasi dapat membantu individu untuk menumbuhkan kekayaan, menghindari inflasi, dan mempersiapkan dana pensiun. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mempertimbangkan dan melibatkan diri dalam kegiatan investasi.

Cara Mengetahui Profil Risiko

Profil risiko merupakan indikator untuk mengetahui tingkat toleransi individu terhadap risiko yang akan dihadapinya ketika berinvestasi. Profil risiko dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu konservatif, sedang, dan agresif. Mengetahui profil risiko adalah penting agar individu dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk mengetahui profil risiko:

Tentukan Risk Appetite yang Sesuai

Besaran risiko yang dapat ditanggung oleh individu akan selalu berbeda sesuai dengan tujuan masing-masing investor. Untuk menentukan risk appetite atau selera risiko yang sesuai, individu perlu mempertimbangkan tujuan finansial jangka pendek dan jangka panjang mereka, serta penghasilan dan tanggung jawab yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, individu dapat menentukan besaran risiko yang dapat mereka tanggung untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Ketahui Faktor yang Bisa Mempengaruhi Keputusan

Dalam berinvestasi, seringkali individu terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keputusan mereka. Oleh karena itu, penting bagi individu untuk mempelajari dan memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan investasi mereka. Hal ini termasuk perubahan pasar, perubahan prioritas keuangan, dan perubahan sumber pendapatan. Dengan memahami faktor-faktor ini, individu dapat menghindari keputusan yang impulsif dan menjaga profil risiko mereka tetap aman.

BACA JUGA :  Tips Berinvestasi yang Sesuai dengan Hukum Saham dalam Islam

Memiliki Pengetahuan Tentang Investasi

Pengetahuan tentang investasi adalah hal yang penting untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Melakukan investasi tanpa pengetahuan yang cukup dapat menyebabkan kerugian finansial. Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi, individu perlu belajar dan memahami tentang berbagai jenis instrumen investasi, cara kerjanya, serta risiko dan potensi keuntungannya. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, individu dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan mengurangi risiko kerugian.

Dari tips-tips di atas, individu dapat mengetahui profil risiko mereka dan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Melalui pemahaman yang baik tentang profil risiko dan pengetahuan tentang investasi, individu dapat meningkatkan peluang keberhasilan dan menghindari risiko yang tidak diinginkan dalam berinvestasi.

Macam-macam Instrumen Investasi

Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis instrumen investasi yang dapat dipilih oleh individu sesuai dengan tujuan dan profil risiko mereka. Berikut adalah beberapa jenis instrumen investasi yang populer:

Emas

Investasi emas adalah salah satu bentuk investasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Harga emas cenderung naik seiring waktu, sehingga investasi emas dapat memberikan keuntungan yang tinggi di masa depan. Untuk melakukan investasi emas, individu dapat membeli emas dalam bentuk batangan atau perhiasan.

Properti

Investasi properti juga menjadi pilihan yang populer bagi banyak individu. Properti seperti rumah, apartemen, atau tanah cenderung meningkat nilainya seiring waktu. Dengan membeli properti, individu dapat menghasilkan penghasilan pasif dari sewa atau menjualnya di masa depan dengan harga yang lebih tinggi.

Obligasi

Obligasi merupakan instrumen investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah. Obligasi adalah surat hutang yang memberikan pembayaran bunga kepada investor dalam jangka waktu tertentu. Investasi obligasi lebih stabil dan memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan saham.

Reksa Dana

Reksa dana adalah instrumen investasi yang dihasilkan dari pengumpulan dana dari berbagai investor dan dikelola oleh perusahaan manajemen investasi. Dana tersebut kemudian diinvestasikan ke dalam berbagai instrumen seperti saham, obligasi, atau pasar uang. Reksa dana cocok untuk individu yang tidak memiliki pengetahuan dan waktu yang cukup untuk mengelola investasi secara mandiri.

Saham

Investasi saham adalah bentuk investasi yang mengharuskan individu untuk membeli saham perusahaan. Dengan memiliki saham, individu menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut dan berhak mendapatkan dividen atau keuntungan dari kenaikan harga saham. Investasi saham memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, namun juga memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi.

BACA JUGA :  Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui Swift Code BCA!

Dari beberapa jenis instrumen investasi di atas, individu dapat memilih yang paling sesuai dengan tujuan dan profil risiko mereka. Penting bagi individu untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum melakukan investasi dan melakukan riset yang cukup untuk memahami instrumen investasi yang dipilih. Dengan memilih instrumen investasi yang tepat, individu dapat mencapai tujuan keuangan mereka dan menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Tips Menghindari Investasi Bodong

Investasi bodong adalah investasi yang ilegal dan berpotensi menipu individu untuk mendapatkan keuntungan yang tidak realistis atau bahkan merugikan mereka. Untuk menghindari investasi bodong, individu perlu berhati-hati dan memperhatikan beberapa tips berikut:

  1. Cek apakah perusahaan ada di daftar OJK
  2. Sebelum melakukan investasi, individu perlu melakukan pengecekan apakah perusahaan atau platform investasi tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengatur perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, termasuk investasi.

  3. Cari investasi yang paling tepat
  4. Sebelum melakukan investasi, individu perlu mempelajari dan mencari tahu tentang jenis investasi yang paling sesuai dengan tujuan dan profil risiko mereka. Dengan memilih investasi yang tepat, individu dapat menghindari investasi bodong yang seringkali menawarkan keuntungan yang terlalu tinggi atau tidak realistis.

  5. Teliti cara pemasaran investasi tersebut
  6. Investasi bodong seringkali menggunakan cara pemasaran yang agresif dan menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Individu perlu waspada terhadap investasi yang menjanjikan return atau keuntungan yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang singkat. Perusahaan investasi yang terpercaya biasanya memberikan informasi yang jelas dan transparan tentang risiko dan potensi keuntungan investasi.

  7. Waspadai iming-iming mendapat return dan keuntungan tinggi dalam jangka pendek
  8. Investasi bodong seringkali menjanjikan return atau keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu yang singkat. Individu perlu berhati-hati terhadap investasi yang menawarkan keuntungan yang terlalu tinggi dan tidak realistis. Keuntungan yang tinggi biasanya diiringi dengan risiko yang tinggi pula. Oleh karena itu, individu perlu mempertimbangkan risiko yang ada sebelum melakukan investasi.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, individu dapat menghindari investasi bodong yang berpotensi merugikan mereka. Penting bagi individu untuk melakukan riset dan berhati-hati sebelum melakukan investasi. Melalui pemilihan investasi yang tepat, individu dapat melindungi keuangan mereka dan mencapai tujuan investasi yang diharapkan. Investasi yang aman dan terpercaya akan memberikan keuntungan yang berkelanjutan dan membantu individu dalam mencapai keuangan yang lebih baik di masa depan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *