Inilah Kisaran Bunga Pinjaman Bank Mandiri

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK)

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian negara ini. Bank Mandiri hadir dengan berbagai layanan untuk menjawab kebutuhan para nasabahnya, termasuk fasilitas pinjaman yang bisa menjadi jalan keluar bagi mereka yang membutuhkan dana cepat. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai suku bunga pinjaman yang dikenakan oleh Bank Mandiri.

Salah satu istilah yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK). SBDK atau Suku Bunga Dasar Kredit merupakan dasar yang digunakan oleh bank untuk menetapkan suku bunga kredit yang akan dikenakan kepada nasabah. Dalam SBDK, komponen estimasi premi risiko belum diperhitungkan. Besarnya estimasi premi risiko tersebut tergantung pada penilaian bank terhadap masing-masing debitur. Oleh karena itu, SBDK belum tentu sama dengan suku bunga kredit yang dibebankan kepada debitur.

Untuk mengetahui SBDK Bank Mandiri, kita bisa melihat publikasi di setiap cabang atau dengan mengunjungi website resmi Bank Mandiri. Berikut adalah besaran SBDK (efektif % per tahun) yang dilansir dari situs resmi Bank Mandiri yang terakhir diperbarui pada tanggal 30 September 2022:

– Kredit Korporasi: 8,00%
– Kredit Ritel: 8,25%
– Kredit Mikro: 11,25%
– Kredit Konsumsi KPR: 7,25%
– Kredit Konsumsi Non KPR: 8,75%

BACA JUGA :  Cara Ganti Password WiFi First Media Dengan Mudah!

Dengan mengetahui besaran SBDK tersebut, kita dapat memiliki gambaran awal mengenai suku bunga pinjaman Bank Mandiri. Namun, perlu diingat bahwa suku bunga pinjaman umumnya berubah setiap periode waktu tertentu, sehingga penting untuk selalu memperbarui informasi mengenai suku bunga yang berlaku.

Daftar Produk Pinjaman Bank Mandiri beserta Bunganya

Setelah mengetahui mengenai SBDK Bank Mandiri, kita juga perlu mengetahui produk pinjaman apa saja yang disediakan oleh Bank Mandiri beserta suku bunga yang dikenakan. Berikut ini adalah beberapa produk pinjaman Bank Mandiri beserta suku bunga yang berlaku:

1. Kredit Serbaguna Mandiri (KSM)

Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) merupakan salah satu produk pinjaman Bank Mandiri yang dapat menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan dana untuk berbagai keperluan, seperti renovasi rumah, hajatan, atau keperluan lainnya. KSM ditujukan bagi pegawai berpenghasilan tetap untuk memenuhi beragam kebutuhan. Dengan KSM, kamu dapat mengajukan pinjaman dengan limit kredit hingga 1 miliar rupiah dan tenor hingga 15 tahun. Bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KSM periode 1 Januari-31 Desember 2022 besarnya mulai dari 10,50% efektif per tahun.

2. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Bagi kamu yang ingin memiliki motor atau mobil baru tetapi belum memiliki cukup dana, Mandiri KKB dapat menjadi solusi. KKB adalah layanan pinjaman dari Bank Mandiri yang diperuntukkan bagi nasabah perseorangan untuk pembiayaan kendaraan bermotor. Bank Mandiri saat ini juga mengadakan promo kredit kendaraan bermotor dengan suku bunga yang menarik. Adapun suku bunga tersebut adalah sebagai berikut:

– Tenor 1 tahun = 2,24%
– Tenor 2 tahun = 2,40%
– Tenor 3 tahun = 2,75%
– Tenor 4 tahun = 3,40%
– Tenor 5 tahun = 4,75%

Bunga pinjaman Bank Mandiri untuk kredit kendaraan bermotor di atas bersifat flat rate. Promo tersebut berlaku mulai dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2022.

BACA JUGA :  Simpel! Begini Cara Bayar Tagihan PDAM Tirta Raharja

3. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu produk pinjaman Bank Mandiri yang ditujukan bagi perseorangan untuk membeli rumah, ruko, rukan, atau apartemen, baik melalui pengembang maupun non pengembang. Bank Mandiri menyediakan berbagai pilihan suku bunga untuk KPR, antara lain:

Bunga Kredit Pemilikan Rumah Spesial HUT Bank Mandiri Ke-24

– 2,40% fixed 1 tahun dengan minimum tenor 5 tahun
– 3,24% fixed 3 tahun dengan minimum tenor 10 tahun
– 4,24% fixed 5 tahun dengan minimum tenor 15 tahun

Spesial Tengah Tahun 2022

– 4,18% fixed 3 tahun dengan minimum tenor 8 tahun
– 3,88% fixed 3 tahun dengan minimum tenor 12 tahun
– 4,88% fixed 5 tahun dengan minimum tenor 15 tahun

Angsuran Tetap Fixed 10 Tahun

– 8,5% fixed 10 tahun dengan minimum tenor 10 tahun

Suku Bunga Fixed

– Berjenjang 10 Tahun Spesial Akhir Tahun 2022 (Minimum Tenor 12 Tahun)
– 3,95% fixed tahun pertama sampai dengan tahun ke-3
– Kemudian, 8,55% fixed tahun ke-4 sampai dengan ke-6
– Kemudian, 9,55% fixed tahun ke-7 sampai dengan ke-10

4. Kredit Usaha Mikro (KUM)

Kredit Usaha Mikro (KUM) merupakan kredit yang ditujukan kepada pebisnis mikro untuk keperluan modal kerja atau investasi. Bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KUM besarnya mulai dari 0,90% flat per bulan.

5. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit yang diperuntukkan bagi UMKM yang masih feasible tetapi belum bankable. Bank Mandiri menawarkan lima jenis kredit usaha rakyat, antara lain: KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR penempatan TKI, dan KUR Khusus. Suku bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KUR adalah 6% efektif per tahun.

BACA JUGA :  Intip Bagaimana Pendidikan di 6 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Demikianlah beberapa produk pinjaman Bank Mandiri beserta suku bunga yang berlaku. Namun, perlu diingat bahwa suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan bank. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui informasi mengenai suku bunga yang berlaku.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *