Inilah Biaya Transfer BCA ke Bank Lain

Biaya Transfer BCA ke Bank Lain

Transfer ke sesama rekening BCA bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya. Akan tetapi, bank yang digunakan setiap orang tentu tidak selalu sama. Dengan begitu, adakalanya kita perlu melakukan transfer beda bank. Lantas, berapa biaya transfer BCA ke bank lain? Berikut penjelasannya.

1. Tarif transfer BCA ke bank lain

Tarif transfer BCA ke bank lain adalah Rp6.500, baik melalui ATM, mobile banking, maupun internet banking. Pun, transfer dari BCA ke Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan sebagainya, memiliki tarif yang sama, yaitu sebesar Rp6.500.

Selain melalui cara transfer yang disebutkan sebelumnya, ada juga metode transfer lain, yaitu melalui LLG dan RTGS. Biaya transfer BCA ke bank lain melalui LLG adalah Rp2.900, baik melalui cabang BCA maupun internet banking. Sementara itu, jika kamu memilih RTGS, tarifnya senilai Rp30.000 apabila melalui cabang BCA dan Rp25.000 via internet banking.

LLG atau Lalu Lintas Giro sendiri merupakan metode transfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring. Sedangkan RTGS atau Real Time Gross Settlement adalah jenis transfer antar bank menggunakan real time agar proses transfer bisa berlangsung lebih cepat.

Dari sisi nominal, RTGS dapat digunakan untuk mentransfer uang dalam jumlah yang lebih besar. RTGS digunakan untuk transaksi dengan nilai nominal lebih besar dari 100 juta rupiah (>Rp100 juta). Sedangkan untuk LLG, limit transaksinya adalah kurang dari atau sama dengan satu miliar rupiah (<=Rp1 M).

BACA JUGA :  Mengenal Bea Cukai yang Ditetapkan pada Barang Ekspor Impor

2. Biaya Transfer BCA ke Bank Lain Via BI FAST

Selain melalui transfer biasa, transfer BCA ke bank lain juga dapat dilakukan melalui Bank Indonesia Fast Payment atau BI FAST. Berbeda dengan transfer biasa yang dikenai biaya Rp.6500, kita hanya perlu membayar Rp2500 saja jika melakukan transfer dari BCA ke bank lain lewat BI FAST.

BI FAST merupakan layanan yang disediakan Bank Indonesia sebagai prasarana untuk memberikan fasilitas pembayaran ritel nasional yang lebih tepat guna, aman, berlangsung saat itu juga, dan beroperasi sepanjang waktu 24 jam/7 hari. Kamu bisa menikmati layanan BI FAST melalui ATM BCA, BCA Mobile, myBCA baik versi web maupun aplikasi mobile, Klik BCA, dan Klik BCA Bisnis.

Untuk limit transaksi, jumlah dana yang bisa kamu transfer adalah paling sedikit Rp10.000 dan paling banyak Rp250 juta. Namun bagi pengguna BCA Mobile, maksimal dana yang dapat ditransfer sesuai limit kartu.

Hati-hati Penipuan Kenaikan Tarif Transaksi Antar Bank

Gambar : [Biaya Transfer BCA ke Bank Lain](https://storage.googleapis.com/flip-prod-mktg-strapi/media-library/Biaya_Transfer_BCA_ke_Bank_Lain_2_48324c5b30/Biaya_Transfer_BCA_ke_Bank_Lain_2_48324c5b30.jpg)

Sumber : Katadata

Belum lama ini, marak beredar hoaks “Surat Resmi Kenaikan Tarif Transaksi” mengatasnamakan BCA yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Kabar bohong tersebut banyak disebarkan di berbagai platform seperti e-mail, media sosial, hingga WhatsApp.

Dalam surat hoaks tersebut, tertulis bahwa biaya transfer antar bank akan dinaikkan dari Rp6.500 menjadi Rp150.000 per transaksinya dan akan di- auto debet setiap bulan. Jika nasabah tidak mengkonfirmasi melalui link yang tertera, ia akan dianggap menyetujui tarif baru dan autodebet tersebut.

Surat yang beredar itu bukanlah surat resmi BCA, melainkan aksi penipuan yang mengatasnamakan BCA. Jadi, kamu jangan percaya dengan surat tersebut meski tampilannya menyerupai surat resmi. Jika nasabah mengklik link yang diberikan, ia kemudian akan diminta untuk mengisi data-data pribadi ke dalam form yang disediakan. Dengan data-data sensitif tersebut, para penipu itu dapat mengakses akun milik nasabah dan mencuri uang yang ada di dalamnya.

BACA JUGA :  Daftar Harga Paket Smartfren Internet

Jika kamu mendapatkan surat hoax tersebut, kamu harus berhati-hati dan jangan pernah mengklik link yang diberikan, apalagi sampai mengisi form dengan data sensitif. Ingatkan juga orang-orang terdekatmu apabila mereka mendapatkan kiriman serupa.

sobatcloud.com, Solusi Transfer BCA ke Bank Lain Hemat Biaya

Jika menggunakan transfer biasa, kamu akan dikenakan tarif Rp6.500 setiap melakukan transaksi dari BCA ke bank lain. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan layanan BI FAST supaya tarifnya lebih murah, yaitu Rp2.500 saja per transaksi. Masih mau lebih hemat lagi? Tentu bisa dan sobatcloud.com adalah solusinya.

Dengan aplikasi sobatcloud.com, transfer dari BCA ke bank lain bisa kamu lakukan tanpa biaya admin sama sekali. Kamu bisa melakukan transfer secara gratis ke bank lain selama jumlah dana yang ditransfer tidak lebih dari Rp5 juta per hari. Sedangkan jika lebih itu, kamu hanya akan dikenakan tarif Rp 2000 dengan jumlah transfer maksimal Rp50 juta per transaksi tanpa batasan berapa kali transaksi dilakukan per hari.

Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena sobatcloud.com sudah mempunyai lisensi dari Bank Indonesia. sobatcloud.com menjamin bahwa semua proses transaksi yang terjadi di aplikasi berada dalam pengawasan Bank Indonesia. Tidak hanya itu, keamanan ganda juga diterapkan demi melindungi data pribadi pengguna.

Demikianlah penjelasan tentang biaya transfer BCA ke bank lain. Kini transfer beda bank tidak lagi harus mahal, malah bisa gratis* jika menggunakan sobatcloud.com. Yuk, instal aplikasi sobatcloud.com sekarang!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Gambar : [Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat](https://storage.googleapis.com/flip-prod-mktg-strapi/media-library/Kirim_uang_banner_blog_ad21e0b94b/Kirim_uang_banner_blog_ad21e0b94b.png)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *