Ini Dia 5 Cara Mudah untuk Cek Mutasi Rekening BRI

Mutasi Rekening BRI via Teller

Bagi para nasabah baru BRI yang ingin mengetahui riwayat transaksi di rekeningnya, pertanyaan yang kerap muncul adalah bagaimana cara cek mutasi rekening BRI. BRI menyediakan lima cara mudah bagi nasabahnya untuk mengecek mutasi rekening secara mudah dan praktis. Salah satu cara yang pertama adalah melalui teller di kantor cabang BRI terdekat. Meskipun cara ini membutuhkan waktu dan harus pergi ke kantor cabang, namun ini adalah cara yang efektif untuk mengetahui riwayat transaksi rekening lebih dari satu bulan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek mutasi rekening BRI lewat teller:

1. Datangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor).
2. Ambil nomor antrean untuk bagian teller.
3. Ketika giliranmu tiba, sampaikan kepada petugas bahwa kamu ingin mengecek mutasi rekening. Serahkan buku tabungan dan KTP.
4. Tunggu hingga proses selesai. Mutasi rekening akan langsung dicetak di buku tabungan.

Dengan menggunakan cara ini, nasabah dapat dengan mudah mengetahui riwayat transaksi di rekening BRI mereka.

Mutasi Rekening BRI via ATM

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek mutasi rekening BRI adalah melalui mesin ATM. Metode ini lebih praktis karena nasabah tidak perlu antre terlalu lama. Namun, cara ini memiliki kekurangan yaitu hanya dapat mengetahui lima transaksi terakhir yang dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek mutasi rekening BRI lewat ATM:

1. Datangi ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM debit atau kredit.
2. Masukkan kartu ATM, pilih bahasa, dan masukkan 6 digit PIN.
3. Pilih opsi “Transaksi Lain” dan pilih “Mutasi Rekening”.
4. Tunggu hingga struk mutasi keluar. Setelah itu, ambil struk dan kartu ATM.

BACA JUGA :  Aplikasi Investasi Saham, Trik Jitu Optimalkan Portofolio

Pada struk mutasi tersebut, nasabah dapat melihat data transaksi dengan kode D yang berarti transaksi masuk dan kode K yang berarti transaksi keluar. Meskipun hanya menampilkan lima transaksi terakhir, namun ini adalah cara yang praktis untuk mengecek mutasi rekening BRI.

Mutasi Rekening BRI via SMS Banking

Selain melalui teller dan ATM, nasabah juga dapat mengecek mutasi rekening BRI melalui layanan SMS banking. Cara ini termasuk salah satu yang praktis karena nasabah tidak perlu keluar rumah. Namun, metode ini hanya dapat menampilkan lima transaksi terakhir dan hanya berlaku bagi nasabah yang sudah terdaftar di layanan SMS banking. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek mutasi rekening BRI lewat SMS:

1. Buka aplikasi pengiriman pesan di ponsel.
2. Kirim pesan dengan format sebagai berikut: INFO MUTASI PIN dari SMS banking.
3. Kirim SMS ke 3300.
4. Tunggu hingga menerima SMS berisi mutasi lima transaksi terakhir yang telah dilakukan.

Dengan menggunakan cara ini, nasabah dapat dengan mudah mengecek lima transaksi terakhir yang terjadi di rekening BRI mereka.

Mutasi Rekening BRI via Internet Banking

Alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengecek mutasi rekening BRI adalah melalui layanan internet banking. Layanan ini cukup praktis dan sering digunakan oleh nasabah BRI. Cukup dengan koneksi internet stabil dan perangkat seperti smartphone, laptop, atau komputer, nasabah dapat dengan mudah mengecek mutasi rekening mereka. Namun, sebelum dapat menggunakan layanan ini, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar di kantor cabang. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek mutasi rekening BRI lewat internet banking:

1. Kunjungi laman BRI internet banking di https://ib.bri.co.id.
2. Masukkan user ID, password, dan kode validasi. Klik “Login”.
3. Klik ikon garis berwarna oranye di pojok kiri atas laman internet banking BRI untuk menampilkan menu.
4. Pilih opsi “Rekening” dan pilih “Mutasi Rekening”.
5. Tentukan tanggal dan bulan yang ingin dicek mutasinya.
6. Klik “Tampilkan” dan riwayat transaksi pada periode yang telah dipilih akan langsung ditampilkan.

BACA JUGA :  Edabu BPJS Kesehatan: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftarnya

Dengan menggunakan layanan internet banking BRI, nasabah dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi di rekening mereka.

Mutasi Rekening BRI via BRImo

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mengecek mutasi rekening BRI adalah melalui layanan mobile banking BRI, yaitu BRImo. Untuk menggunakan layanan ini, nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dapat dilakukan melalui aplikasi BRImo. Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk mengecek mutasi rekening BRI lewat BRImo:

1. Buka aplikasi BRImo.
2. Masukkan username dan password untuk login. Nasabah juga dapat menggunakan pemindai sidik jari jika sebelumnya sudah diatur.
3. Klik opsi “Mutasi” dan pilih rekening yang ingin dicek mutasinya.
4. Tentukan periode mutasi pada opsi “Pilih Tanggal”.
5. Klik “Cari” dan riwayat transaksi akan langsung ditampilkan di layar.

Dengan menggunakan layanan BRImo, nasabah dapat dengan mudah mengecek mutasi rekening BRI mereka.

Dalam rangka memudahkan nasabah untuk mengecek mutasi rekening BRI, bank ini menyediakan berbagai macam cara yang praktis dan efektif. Nasabah dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dari cara-cara tersebut, nasabah dapat dengan mudah mengetahui riwayat transaksi di rekening BRI mereka. Penting bagi nasabah untuk secara rutin mengecek mutasi rekening mereka agar dapat memastikan keamanan dan kelancaran transaksi keuangan mereka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *