Ini Cara Mendapatkan Nomor EFIN Pajak, Tak Perlu ke Kantor Pajak!

Apa Itu EFIN Pajak?

Batas akhir waktu pelaporan SPT pajak tahunan makin dekat. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah EFIN pajak sebagai pintu awal melakukan pelaporan. Berita baiknya, kini Anda bisa mendapatkan nomor EFIN pajak tanpa harus mengantre di KPP, baik untuk pribadi maupun perusahaan.

Electronic Filing Identification Number alias EFIN Pajak adalah sederet angka yang merupakan nomor identitas tiap wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti pembuatan kode billing maupun e-Filing. Identitas ini hanya diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

EFIN pajak mulai muncul beberapa tahun lalu saat DJP mulai menerapkan digitalisasi pajak. Inovasi ini memungkinkan wajib pajak memenuhi kewajiban mereka secara online sehingga lebih mudah, ringkas, dan cepat. Adapun fungsi penting dari EFIN adalah memberi keamanan pada aktivitas perpajakan online yang Anda lakukan. Di tengah maraknya risiko kejahatan siber—apalagi berkaitan dengan transaksi keuangan dan pajak—EFIN menjadi alat autentifikasi sehingga tiap transaksi online yang Anda lakukan saat melakukan pelaporan pajak akan terenkripsi dan terjamin kerahasiaannya.

Serangkaian kode unik ini tidak akan berubah. Artinya, Anda hanya cukup mengajukan permohonan EFIN sekali dan dapat menggunakannya selamanya (kecuali ada aturan baru yang berubah nantinya). Anda pun memerlukan EFIN untuk melakukan reset email maupun password di situs DJP Online. Maka dari itu, simpan baik-baik kode EFIN yang diperoleh.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak

Wajib pajak dapat berupa perorangan maupun perusahaan. Oleh sebab itu, syarat mendapatkan EFIN antara perorangan dan perusahaan pun berbeda. Selengkapnya, berikut adalah syarat dan cara mendapatkan EFIN pajak bagi masing-masing kategori wajib pajak.

BACA JUGA :  Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting

Untuk Pribadi

Syarat untuk memperoleh EFIN yang utama bagi perorangan adalah individu yang memang sudah termasuk dalam kelompok wajib pajak dengan ketentuan sebagai berikut.

Wajib Pajak Dalam Negeri

Wajib pajak dalam negeri adalah individu yang:

  1. Menetap atau bertempat tinggal di Indonesia
  2. Berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam 12 bulan, atau
  3. Berada di Indonesia dalam suatu tahun pajak dan berniat menetap di Indonesia

Wajib Pajak Luar Negeri

Wajib pajak luar negeri adalah individu yang:

  1. bertempat tinggal tidak di Indonesia atau tidak berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam 12 bulan, tetapi melakukan kegiatan usaha di Indonesia
  2. bertempat tinggal tidak di Indonesia atau tidak berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam 12 bulan, tetapi mendapatkan penghasilan dari Indonesia

Adapun cara untuk memperoleh EFIN pajak secara online adalah sebagai berikut.

  1. Unduh formulir pendaftaran EFIN pajak online di situs resmi DJP Online
  2. Isi formulir dengan data sebenar-benarnya
  3. Lakukan swafoto dengan memegang KTP dan NPWP asli bersamaan
  4. Kirim permohonan EFIN pajak melalui email dengan menyertakan foto formulir yang sudah diisi dengan lengkap dan benar (atau bisa di-scan) dan swafoto dengan KTP dan NPWP ke alamat email KPP setempat dengan subjek PERMOHONAN EFIN
  5. DJP akan memproses permohonan dan mengirim EFIN ke email

Untuk Badan Kantor Pusat

Syarat mendapatkan EFIN bagi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *