Ini 5 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis yang Bisa Dicoba

Syarat dan Ketentuan Mendapatkan Token Listrik Gratis

Sejak tahun 2020, pemerintah telah mengeluarkan program bantuan sosial berupa subsidi listrik. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi COVID-19 agar dapat meringankan beban listrik mereka. Kabar baiknya, program pemberian token listrik gratis ini akan tetap berlanjut hingga tahun 2023. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan token listrik gratis ini.

Kategori Pelanggan yang Berhak Mendapatkan Token Listrik Gratis

Subsidi listrik ini tidak diberikan kepada semua pelanggan PLN, melainkan hanya kepada pelanggan dengan daya listrik 450 VA dan sebagian 900 VA. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020. Pelanggan dengan daya listrik 900 VA yang berhak mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen adalah yang memiliki kode R1. Sedangkan pelanggan dengan kode R1M tidak berhak mendapatkan subsidi karena dianggap mampu. Pembagian kategori ini didasarkan pada data yang telah ditetapkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan token listrik gratis. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai cara-cara tersebut.

1. Melalui Website PLN

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan mengunjungi laman resmi PLN di www.pln.co.id. Setelah membuka situs tersebut, pilih menu stimulus COVID-19, token gratis, atau diskon. Kemudian masukkan nomor ID pelanggan di kolom pencarian. Isi juga kode captcha yang muncul, dan klik menu cari. Setelah itu, nomor token listrik gratis atau potongan sebesar 50 persen akan muncul di layar. Simpan nomor tersebut dan masukkan ke kWh Meter sesuai dengan ID pelanggan.

BACA JUGA :  Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk Pelaku Bisnis

2. Melalui Aplikasi PLN Mobile

Selain melalui website resmi PLN, kamu juga bisa mendapatkan token listrik gratis melalui aplikasi PLN Mobile. Caranya adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store dan memastikan telah terinstal di smartphone kamu. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu “Info & Promo.” Jika ada pilihan “PLN peduli COVID-19,” klik pada bagian tersebut. Selanjutnya, masukkan nomor meter atau ID pelanggan kamu.

3. Melalui WhatsApp PLN

Jika kamu tidak ingin mendownload dan menginstall aplikasi PLN Mobile, kamu masih bisa mendapatkan token listrik gratis melalui WhatsApp. Caranya adalah dengan mengirim pesan berupa nomor ID pelanggan ke nomor 08122123123 dan tunggu sampai kamu mendapatkan balasan otomatis dari PLN yang berisi langkah selanjutnya. Ikuti instruksi tersebut, pilih info listrik gratis/diskon, masukkan nomor ID pelanggan, dan kode token listrik gratis/diskon akan langsung muncul. Kamu bisa langsung memasukkannya ke meteran listrik di tempatmu.

4. Melalui Call Center PLN

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi nomor 123 atau Call Center PLN melalui telepon rumah atau smartphone. Setelah terhubung dengan salah satu agen CS PLN, sampaikan bahwa kamu ingin mendapatkan token listrik gratis. Ikuti langkah-langkah yang diberikan, dan pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup karena layanan ini dikenakan tarif.

5. Melalui Kantor PLN Terdekat

Selain cara online, kamu juga bisa mendatangi kantor PLN atau aparat desa terdekat dengan lokasimu. Apapun tujuan yang kamu pilih, pastikan kamu membawa salinan atau mengingat nomor meteran listrik/ID pelanggan karena kamu akan diminta untuk menyebutkannya. Tunggu proses verifikasi oleh petugas setempat selesai, dan kamu akan mendapatkan nomor token listrik gratis yang bisa digunakan.

BACA JUGA :  Apa Itu BI Fast? Kenali Tujuan, Manfaat, dan Bedanya dengan Realtime Online

Dengan mengetahui cara-cara di atas, kamu bisa dengan mudah mendapatkan token listrik gratis. Namun, penting untuk diingat bahwa informasi mengenai token listrik harus didapatkan melalui channel resmi PLN, seperti call center atau WhatsApp, dan bukan dari iklan-iklan yang bertebaran di internet. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan dan pencurian data. Jadi, pastikan kamu hanya mendapatkan informasi resmi dari PLN.

Jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih aman dan praktis, kamu bisa mencoba aplikasi sobatcloud.com. Aplikasi ini menyediakan fitur pembelian token listrik yang mudah digunakan. Kamu hanya perlu memasukkan nomor ID pelanggan dan memilih nominal saldo sebelum melanjutkan ke tahap verifikasi. Dengan menggunakan cara ini, proses pembayaran atau pembelian token listrik menjadi lebih cepat dan praktis.

Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan kemudahan ini dengan segera mengunduh aplikasi sobatcloud.com sekarang juga!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *