Begini Transfer Uang Antar Negara dengan Menggunakan Paypal

Kenal Lebih Dekat dengan PayPal

1. Apa itu PayPal?

PayPal adalah sebuah aplikasi rekening virtual yang memfasilitasi transaksi keuangan baik transfer uang maupun pembayaran produk tertentu secara online. Dengan menggunakan PayPal, semua transaksi dapat dilakukan secara mudah dan cepat melalui jaringan internet. Kelebihan utama dari PayPal adalah kamu tidak perlu repot mengetahui kode IBAN atau kode swift untuk mentransfer dana ke luar negeri. Kamu hanya perlu membuat akun pribadi di PayPal dan menghubungkannya langsung ke kartu kredit atau rekening giro kamu.

2. Sejarah PayPal

PayPal pertama kali dibuat pada tahun 1998 oleh Max Levchin, Peter Thiel, dan Luke Nosek sebagai perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak keamanan untuk perangkat genggam bernama Confinity. Namun, mode bisnis tersebut tidak berhasil dan mereka beralih ke bisnis dompet digital. Pada tahun 1999, versi pertama dari sistem pembayaran PayPal diluncurkan. Pada Maret 2000, Confinity bergabung dengan perusahaan jasa keuangan online milik Elon Musk, x.com. Setelah itu, Confinity berganti nama menjadi PayPal pada Juni 2001 dan menjadi perusahaan publik satu tahun setelahnya. Nama PayPal mulai dikenal secara luas ketika situs jual beli terbesar di Amerika Serikat, eBay, mengakuisisi perusahaan tersebut. Sejak saat itu, PayPal semakin banyak digunakan oleh penjual dan pembeli online di seluruh dunia. Pada tahun 2006, PayPal resmi menambahkan 10 mata uang ke platformnya, termasuk Franc Swiss. Kemudian, pada tahun 2007, PayPal mendapatkan lisensi perbankan Uni Eropa sehingga bisa memberikan akses yang lebih luas kepada pengguna di Eropa. Dalam kurun waktu tahun 2008 hingga 2018, PayPal terus mengalami perkembangan pesat. Berbagai jenis mata uang pun ditambahkan ke dalam platform ini. Bahkan, aplikasi PayPal dapat diakses oleh pengguna android dan iPhone. Pada tahun 2015, PayPal memutuskan untuk berpisah dari eBay, namun tetap melanjutkan perkembangannya dengan mengakuisisi beberapa startup keuangan internasional untuk memperbaiki kualitas platformnya.

BACA JUGA :  Begini Cara Cek Tagihan Indihome dengan Gampang

3. Keuntungan Menggunakan PayPal

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan PayPal untuk bertransaksi keuangan, antara lain:

a. Kecepatan

Fungsi utama dari PayPal adalah untuk memfasilitasi transaksi keuangan antar negara. Oleh karena itu, kecepatan transaksi menjadi salah satu jaminan dari aplikasi ini. Proses transfer dana antara sesama pengguna PayPal atau ke pemilik rekening pribadi di negara lain hanya memakan waktu kurang dari 24 jam. Hal ini sangat memudahkan dan menghemat waktu kamu dalam melakukan transaksi keuangan.

b. Biaya Administrasi yang Murah

Biaya administrasi yang dikenakan oleh PayPal tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya transfer antar bank. Bahkan, untuk mengirim uang ke sesama pengguna PayPal, kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran kamu dalam melakukan transaksi keuangan.

c. Kemudahan Berbelanja

Salah satu kelebihan lain dari PayPal adalah kemampuannya untuk digunakan sebagai metode pembayaran di situs e-Commerce berbagai negara. Dengan menggunakan PayPal, kamu bisa langsung berbelanja di situs-situs tersebut tanpa perlu repot-repot lagi mengisi data kartu kredit atau rekening bank. Kelebihan ini akan sangat memudahkan kamu dalam melakukan pembelian produk yang diinginkan secara online.

4. Kekurangan Menggunakan PayPal

Meskipun memiliki banyak kelebihan, PayPal juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan aplikasi ini, antara lain:

a. Rawan Disalahgunakan

Keterbukaan dan kemudahan penggunaan PayPal dapat menjadi celah untuk terjadinya tindak kriminal atau penipuan. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang simpel dan cepat. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan PayPal agar tidak menjadi korban dari tindak kejahatan atau penipuan.

BACA JUGA :  Perbedaan dan Cara Daftar LinkAja Akun Basic dan dan Full Service

b. Sulit untuk Melakukan Komplain

Hingga saat ini, PayPal di Indonesia belum memiliki layanan aduan. Jika kamu mengalami masalah atau ingin melakukan komplain terkait transaksi yang dilakukan melalui PayPal, kamu harus menghubungi kantor layanan PayPal di Singapura. Hal ini tentunya menjadi merepotkan karena kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menghubungi call center di luar negeri.

c. Tidak Melayani Semua Mata Uang

Meskipun diklaim sebagai platform pembayaran terbaik, PayPal belum dapat melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee dari India. Hal ini dapat menyulitkan jika kamu memiliki bisnis atau ingin melakukan transaksi dengan orang dari negara-negara yang mata uangnya tidak didukung oleh PayPal.

d. Biaya Transaksi ke Non Pengguna Mahal

Jika kamu ingin melakukan transaksi dari akun PayPal ke rekening non-PayPal, kamu akan dikenakan biaya transaksi yang cukup besar. Biaya administrasi yang dikenakan adalah sebesar 3 persen dari jumlah total transaksi ditambah 0,3 dollar Amerika Serikat. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum melakukan transaksi ke rekening non-PayPal.

e. Proses Pembekuan Akun yang Lama

Jika akun PayPal kamu disalahgunakan, proses pembekuan akun tersebut memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa berbulan-bulan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas finansial kamu dan menyebabkan kerugian yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

PayPal adalah sebuah aplikasi rekening virtual yang memudahkan kamu dalam melakukan transaksi keuangan baik transfer uang maupun pembayaran produk secara online. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, seperti kecepatan transaksi, biaya administrasi yang murah, kemudahan berbelanja, dan masih banyak lagi. Namun, PayPal juga memiliki beberapa kekurangan, seperti rawan disalahgunakan, sulitnya melakukan komplain, tidak melayani semua mata uang, biaya transaksi yang mahal ke non pengguna, dan proses pembekuan akun yang lama. Oleh karena itu, sebelum menggunakan PayPal, kamu perlu mempertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangannya agar dapat memanfaatkannya dengan bijak.

BACA JUGA :  Apa Itu Pajak Barang Ekspor? Berikut Definisi Serta Detail Tarif Pajak Ekspor yang Berlaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *