Info Kuliah, Biaya, & Prospek Karier Sekolah Bisnis IPB

Belakangan ini, tren menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur lagi nge-hype banget, ya. Bayangan hidup sebagai seorang bos dengan cuan terus mengalir pasti bikin tergiur banget, deh. 

Sampai anak-anak sekolah aja udah banyak banget yang memulai bisnisnya sendiri. 

Elo pasti pernah kan, punya teman yang suka jualan di sekolah? Nah, teman elo ini sebenarnya bisa dibilang sebagai pebisnis, lho. Kalau elo gimana? Elo termasuk orang yang suka berdagang nggak, nih? Atau malah sedang menjalani bisnis sendiri? Wuih kalau iya, hebat banget nih, elo bisa mulai bisnis sejak masih muda. 

Tapi, berbisnis bukan sekadar menjual barang aja, lho. Proses membangun bisnis dari nol itu nggak sesederhana yang banyak orang kira. Kadang kita cuma ngeliat enaknya aja karena cuma terpaku sama pebisnis-pebisnis yang udah sukses. Pas rugi, jarang yang mau mengekspos, kan.

Nah, buat elo yang tertarik kuliah buat dapetin ilmu berwirausaha, gue mau kenalin Jurusan Bisnis yang ada di Sekolah Bisnis IPB (SB IPB). Jurusan bisnis di SB-IPB agak sedikit berbeda nih, dengan Jurusan Bisnis di kampus lainnya. 

Kira-kira apa ya, perbedaannya? Yuk, ikuti terus sampai selesai!

Mengenal Sekolah Bisnis IPB

Pasti ada nih, yang masih belum tahu kalau IPB mempunyai Jurusan Bisnis. Soalnya, IPB memang lebih tenar karena jurusan-jurusannya yang mempelajari ilmu pertanian.

Sebenarnya, Sekolah Bisnis IPB sudah lama ada, lho. Tapi, dulu baru ada program studi S2 dan S3 aja, jadi belum ada tuh Jurusan Bisnis S1.

BACA JUGA :  4 Contoh Teks Negosiasi Sehari-hari di Berbagai Tempat

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB) berawal dari Program Magister Manajemen Agribisnis (MMA-IPB) yang didirikan pada tanggal 25 September 1991. 

Saat itu, program studi yang ditawarkan hanyalah program magister (S2) bidang manajemen agribisnis. Kemudian, karena adanya tambahan program doktor (S3), MMA-IPB berubah nama menjadi Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB (MB-IPB) pada tanggal 9 April 2005

Nama Sekolah Bisnis IPB (SP IPB) baru dipakai kemudian pada tahun 2015. Nah, pada tahun yang sama jugalah program studi sarjana (S1) dibuka, guys

Jurusan S1 Bisnis di Sekolah Bisnis IPB

Seperti yang gue katakan di awal, Jurusan Bisnis Institut Pertanian Bogor sedikit berbeda dengan Jurusan Bisnis di kampus lainnya. Kenapa? Karena, Sekolah Bisnis IPB termasuk ke dalam rumpun Saintek

Makanya, ketika elo memilih kelompok ujian nanti, jangan sampai salah ya, guys. Soalnya, masih banyak banget nih, yang mempertanyakan tentang Jurusan Bisnis IPB itu IPA atau IPS. Makanya, gue kasih tahu di awal, supaya elo nggak ikutan keliru. 

Sesuai dengan jurusannya, di Jurusan Bisnis sudah pasti elo akan belajar menjadi seorang pebisnis. Tapi, yang spesial dari SB IPB yaitu elo akan fokus belajar bisnis pada sektor pertanian, kelautan, dan bio-sains tropika. 

Sebagai contoh, perusahaan Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang bergerak di bisnis kelapa sawit, PT. Sari Cakalang yang bergerak di bisnis pengolahan ikan, PT. Maya Food Industries yang bergerak di bisnis pengalengan ikan. 

Oh iya, kalau kuliah di Jurusan Bisnis IPB, elo juga akan diajarkan mendirikan dan menjalankan bisnis secara riil, lho. Seru banget, kan? Nggak perlu nunggu lulus dulu buat praktik langsung.

Nah, buat dapetin semua keterampilan sebagai pebisnis ulung, tentunya berhubungan juga sama mata kuliah yang bakal elo pelajari. Nih, gue kasih bocoran beberapa mata kuliahnya.

  1. Analisis Peluang Bisnis
  2. Statistika
  3. Pemasaran
  4. Riset Bisnis
  5. Ekonomi
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

Akreditasi Sekolah Bisnis IPB

Lalu, bagaimana nih, dengan akreditasi Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB)? Nah, karena masih tergolong jurusan baru, untuk program studi S1 Bisnis SB IPB masih mendapat akreditasi B oleh BAN-PT. 

BACA JUGA :  Mengenal Unsur Kimia: Pengertian, Klasifikasi dan Lambang Unsur – Materi Kimia Kelas 10

Meski begitu, elo nggak perlu ragu ya, untuk masuk ke jurusan ini. Soalnya, kalau bicara kualitas, Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia. 

Gelar Sarjana Sekolah Bisnis IPB

 Gelar Sarjana Sekolah Bisnis IPB
Gelar Sarjana Sekolah Bisnis IPB. (Arsip sobatcloud.com)

Hayoo, coba tebak kira-kira gelar apa sih, yang bakal elo sandang kalau sudah lulus dari Sekolah Bisnis IPB? 

Begitu perkuliahan elo di Sekolah Bisnis IPB rampung, elo akan menyandang gelar gelar Sarjana Bisnis (S.Bns.). 

Sekarang coba bayangkan deh, kalau di belakang nama elo ada tambahan gelar S.Bns. Wuihh, pasti keren banget, kan? 

Selain keren, gue yakin orang tua elo juga bakal bangga, nih. Makanya, yuk semangat meraih gelar sarjana impian elo!

Daya Tampung Sekolah Bisnis IPB

Sekarang elo pasti sudah nggak sabar kan, mau kuliah di Jurusan Bisnis IPB? Tenang, elo punya masih kesempatan.

Sekolah Bisnis IPB membuka 7 jalur masuk untuk calon mahasiswa baru, nih daftar selengkapnya:

  1. SNMPTN (jalur undangan)
  2. UTBK SBMPTN (ujian tertulis)
  3. Seleksi Masuk IPB (SM-IPB)
  4. Beasiswa Utusan Daerah (BUD)
  5. Prestasi Internasional-Nasional (PIN)
  6. Jalur Ketua Osis
  7. SMM PTN-BARAT

Pada tahun 2021, peminat Sekolah Bisnis IPB jalur UTBK SBMPTN mencapai 810 orang. Makanya, penting banget nih, untuk mengetahui daya tampung Sekolah Bisnis IPB tahun ini. Dengan begitu, elo bisa mempersiapkan strategi yang tepat supaya nggak kalah saing dengan peserta lainnya. 

Gue udah siapin info daya tampung untuk jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, Seleksi Mandiri IPB. 

Daya Tampung Sekolah Bisnis IPB
Daya Tampung Sekolah Bisnis IPB. (Arsip sobatcloud.com)

Oh iya, bicara mengenai passing grade Sekolah Bisnis IPB, gue belum bisa kasih tau informasinya, ya. Soalnya, yang tau berapa passing grade suatu jurusan hanyalah pihak penyelenggara ujian. Jadi, ngga ada yang tahu deh, berapa persis passing grade Sekolah Bisnis IPB. 

BACA JUGA :  Tujuan dan Cara Reproduksi Makhluk Hidup – Materi Kelas 9

Tapi, kalau elo penasaran sebenernya passing grade tuh apa, bisa baca artikel “Cara Menghitung Skor UTBK dengan sobatcloud.com Rasionalisasiini, ya. 

Biaya Sekolah Bisnis IPB

Udah tau seluk beluk perkuliahan dan cara masuk Sekolah Bisnis IPB, ada info yang sama pentingnya: berapa biaya yang harus elo keluarkan kalau mau daftar di jurusan ini? 

Nggak perlu penasaran lagi dengan biaya Sekolah Bisnis IPB. Gue udah siapin info lengkapnya buat elo, nih. 

Biaya Sekolah Bisnis IPB
Biaya Sekolah Bisnis IPB. (Arsip sobatcloud.com)

Prospek Kerja Sekolah Bisnis IPB

Kalau ngomongin prospek kerja Sekolah Bisnis IPB, nggak usah diragukan, deh. Soalnya, selain bisa berwirausaha, elo juga bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, risk manager, marketing, project manager, dan masih banyak lagi. 

Pokoknya banyak banget deh, peluang kerja sarjana bisnis. Jadi, elo nggak usah takut akan susah dapat pekerjaan, ya.

Oke deh, segitu dulu ya, informasi tentang Sekolah Bisnis IPB yang bisa gue kasih. Semoga setelah membaca artikel ini, elo jadi semangat untuk mempersiapkan diri di ujian masuk SB IPB. 

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanan UTBK 2022 gelombang 2, semangat berjuang! Gue tahu elo punya banyak alasan buat overthinking. Tapi, tenang! Kalau elo udah yakin sama persiapan elo, kerjain soal-soalnya dengan percaya diri aja. 

Elo juga masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah sobatcloud.com siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Nah, biar persiapan elo lebih matang lagi, yuk ikutan sobatcloud.com Ultima Bootcamp. Info selengkapnya bisa klik banner di bawah ini, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Sb IPB – sb.ipb.ac.id

Admisi IPB – admisi.ipb.ac.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *