Info Perkuliahan dan Jurusan di Fakultas Pertanian UB

Tertarik kuliah di Fakultas Pertanian UB (UNBRAW)? Yuk, simak info lengkap jurusan di Fakultas Pertanian UB, gelar sarjana, prospek kerja, hingga akreditasi.

pembaca sobatcloud.com, tertarik untuk masuk ke Fakultas Pertanian UB? Kalau iya, topik kali ini cocok banget nih, untuk elo yang berniat memilih jurusan di Universitas Brawijaya (UNBRAW atau UB) saat pendaftaran ujian masuk universitas. 

Soalnya, di artikel ini, gue akan kasih tau elo informasi terkait jurusan di Fakultas Pertanian UB, mulai dari daya tampung, mata kuliah, hingga prospek kariernya. 

Ngomongin tentang prospek karier, Jurusan Pertanian sering banget dipandang sebelah mata nih, sama kebanyakan orang. Padahal, peluang karier lulusan pertanian itu sangat menjanjikan, lho.

Nggak percaya? Coba aja deh elo bayangin, negara kita merupakan negara agraris yang hasil pertaniannya melimpah. Sudah pasti lulusan sarjana pertanian akan banyak dicari. Jadi, elo nggak perlu meragukan lagi nih, kalau mau masuk Fakultas Pertanian.

Makanya, gue mau kenalin ke elo salah satu Fakultas Pertanian terbaik di Indonesia. Penasaran gimana sih perkuliahan di kampus yang berada di Kota Malang ini? Yuk, simak sampai selesai!

Mengenal Fakultas Pertanian UB atau UNBRAW

Fakultas Pertanian UB (UNBRAW) merupakan salah satu Fakultas Pertanian di Indonesia yang umurnya cukup tua, lho. Bagaimana, nggak? Fakultas Pertanian UB sudah berdiri sejak 10 November 1960. Jika, dihitung-hitung sudah lebih dari 60 tahun Fakultas Pertanian UB berdiri. 

BACA JUGA :  Pembahasan Soal Ujian Nasional SMK

Hingga saat ini, jurusan di Fakultas Pertanian UB sendiri sudah ada tiga pilihan jenjang pendidikannya, yaitu S1, S2, dan S3. Tapi, kali ini gue akan fokus bahas S1 aja ya, guys

Program Studi S1 di Fakultas Pertanian UB terbagi menjadi tiga, yaitu Agribisnis, Agroekoteknologi, dan Kehutanan. Seperti apa detailnya? Yuk, lanjut!

Jurusan di Fakultas Pertanian UB

Jurusan di Fakultas Pertanian UB (Universitas Brawijaya)
Jurusan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB atau UNBRAW). (Arsip sobatcloud.com)

1. Jurusan S1 Agribisnis

Elo suka dengan pelajaran IPA dan IPS sekaligus? Nah, mungkin elo cocok masuk ke jurusan ini. Kenapa gue bisa bilang begitu? Soalnya, di jurusan ini elo akan mendapat mata kuliah Biologi dan Ekonomi sekaligus. 

Di jurusan ini, elo akan belajar tentang bisnis pertanian yang mana merupakan perpaduan kedua ilmu tadi. Mulai dari proses bercocok tanam, proses memanen, hingga cara menjual hasil panen tersebut. Menarik banget, kan?

Terus gimana sama peluang kerjanya? Apakah gampang nyari kerja pas lulus nanti?

Tenang aja, guys, elo nggak perlu khawatir. Karena lulusan sarjana agribisnis bisa bekerja di banyak bidang seperti konsultan pertanian, peneliti pertanian, wirausaha, dan lainnya. 

2. Jurusan S1 Agroekoteknologi

Kalau sebelumnya di Jurusan Agribisnis belajar tentang bisnis pertanian. Kalau di Jurusan Agroekoteknologi, elo akan banyak belajar tentang teknologi pengelolaan pertanian, nih. Seperti cara mengelola ekosistem, tanah, hama dan penyakit, budidaya pertanian, dan sebagainya.

Jadi, kalau masuk ke jurusan ini, elo akan belajar gimana sih, cara mengembangkan sektor pertanian menjadi lebih baik.

Prospek kariernya juga nggak main-main, lho. Elo bisa bekerja di perusahaan BUMN, konsultan pertanian, pengusaha pertanian, dan masih banyak lagi.

3. Jurusan S1 Kehutanan

Lanjut, ke jurusan yang ketiga, yaitu Jurusan Kehutanan UB. Jurusan Kehutanan di Fakultas Pertanian UB sendiri masih tergolong baru, nih. Jurusan ini baru berdiri sekitar dua tahunan, tepatnya sejak tahun 2020. 

BACA JUGA :  Sudah Siapkah Menerapkan Kurikulum Merdeka? – Zenius untuk Guru

Di jurusan ini, elo akan belajar tentang cara mengelola kawasan hutan dan nonhutan. Nggak cuma itu aja, elo juga akan belajar bagaimana caranya memanfaatkan hasil hutan sekaligus melindungi hutan. Buat elo yang pencinta alam, masuk ke jurusan ini bisa elo pertimbangkan, nih. 

Lalu, peluang kerjanya gimana? Lulusan sarjana kehutanan bisa bekerja di instansi pemerintah, lembaga penelitian, konsultan kehutanan, wirausaha, dan lainnya. 

Daya Tampung Fakultas Pertanian UB

Setelah melihat ketiga jurusan di atas, kira-kira ada nggak nih, yang cocok sama elo? Kalau ada, gue mau kasih tau informasi mengenai cara masuk ke Fakultas Pertanian UB. 

Untuk masuk ke Fakultas Pertanian UB, terdapat tiga jalur yang bisa elo ikuti yaitu SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan SMUB (Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya). 

Daya tampung penerimaan Fakultas Pertanian UB untuk jalur UTBK SBMPTN juga udah gue rangkum melalui gambar di bawah ini, ya! 

Daya tampung Fakultas Pertanian UB (Universitas Brawijaya)
Daya tampung Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. (Arsip sobatcloud.com)

Akreditasi Fakultas Pertanian UB

Akreditasi kampus seringkali menjadi pertimbangan mahasiswa baru dalam memilih jurusan. Nah, kira-kira jurusan di Fakultas Pertanian UB akreditasinya apa, ya?

Akreditasi Fakultas Pertanian UB sendiri berbeda-beda nih, setiap jurusannya. Ini perinciannya:

  • Akreditasi Unggul untuk Jurusan Agribisnis
  • Akreditasi A untuk Jurusan Agroekoteknologi
  • Akreditasi Baik untuk Jurusan Kehutanan

Gelar Sarjana di Fakultas Pertanian UB (UNBRAW)

gelar Sarjana Pertanian S1 Fakultas Pertanian UB
Gelar dari Fakultas Pertanian UB. (Arsip sobatcloud.com)

Sekarang elo pasti penasaran kan, gelar apa yang akan disandang ketika lulus S1 dari Fakultas Pertanian UNBRAW? Nah, untuk gelarnya sendiri itu disesuaikan dengan jurusan yang elo pilih: 

  • Sarjana Pertanian (S.P) untuk lulusan S1 Agribisnis 
  • Sarjana Pertanian (S.P) untuk lulusan S1 Agroekoteknologi 
  • Sarjana Kehutanan (S.Hut) untuk lulusan S1 Kehutanan 

Oke, sekian dulu ya, informasi tentang jurusan di Fakultas Pertanian UB. Semoga info yang gue kasih ini bisa membantu elo dalam memilih jurusan tepat. 

BACA JUGA :  Tips Try Out Online Biar Makin Siap Lolos UTBK SBMPTN!

Nah, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, langsung tonton aja video pembelajaran yang ada di sobatcloud.com melalui link di bawah ini.

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Kalau nonton video pembelajaran aja sepertinya nggak cukup, nih. Yuk, cobain fitur try out ala sobatcloud.com dengan cara klik banner di bawah ini!

Fakultas Pertanian UB (UNBRAW)

Referensi:

Selma UB – selma.ub.ac.id

Fakultas Pertanian – fp.ub.ac.id

PDDikti – pddikti.kemdikbud.go.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *