Belajar Mengolah Bahan Pangan dalam Jurusan Teknologi Pangan

pembaca sobatcloud.com, elo pernah beli ikan sarden kaleng? Ikan sarden kaleng itu menarik banget. Ikan ini bisa awet lebih dari setahun di dalam kaleng. Makanan kemasan ini juga nggak perlu disimpan di dalam kulkas, lho.

Kok bisa ikan laut yang umumnya nggak tahan lama jadi awet berbulan-bulan di dalam kaleng, ya? Semua ini mungkin dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi pengolahan bahan pangan.

Nah, dalam artikel ini gue akan membahas tentang Jurusan Teknologi Pangan.

Gue akan membahas sekilas tentang pembelajaran di jurusan teknologi pangan, mata kuliah jurusan teknologi pangan, universitas yang punya jurusan teknologi pangan, serta prospek karir dari lulusan jurusan teknologi pangan.

pembaca sobatcloud.com, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca juga:

Info Kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian di UGM

Apa Itu Jurusan Teknologi Pangan?

pembaca sobatcloud.com, dari contoh yang gue sampaikan di atas, apa elo udah kebayang tentang jurusan teknologi pangan?

Jurusan teknologi pangan adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengolahan bahan baku pangan untuk berbagai tujuan. Proses pengolahan bahan pangan di jurusan ini menggunakan prinsip-prinsip teknika atau teknologi.

mengenal jurusan teknologi pangan
Mengenal Jurusan Teknologi Pangan (Arsip sobatcloud.com)

Penggunaan teknologi dalam pengolahan bahan baku pangan ini inovasi yang penting banget. Dengan teknologi, kita jadi bisa mengukur dengan tepat kandungan setiap bahan pangan, bahkan memasukan nutrisi tambahan ke dalam makanan.

Kita juga jadi bisa mencapai banyak hal dengan bantuan teknologi. Kita buat membuat makanan kemasan yang lebih tahan lama, bisa membuat frozen food yang nggak perlu dimasak lama, hingga olahan ready to eat yang cukup dipanaskan.

Belajar Karakter Bahan Pangan dan Proses Produksinya

Untuk bisa mengelola setiap bahan yang berbeda, tentu kita perlu kenal dengan karakteristik setiap bahan pangan. Makanya, di jurusan teknologi pangan elo juga akan belajar tentang karakter bahan pangan serta proses produksi pangan.

Menariknya, elo juga akan belajar tentang komponen pangan khas Indonesia seperti rempah-rempah dan berbagai bahan pangan pokok di Indonesia. Ini semua dipelajari supaya makanan yang elo produksi nantinya bisa sesuai juga dengan cita rasa rakyat Indonesia.

BACA JUGA :  Persiapan Belajar UN SMA Bahasa Indonesia 2019

Selain itu, di jurusan teknologi pangan elo juga akan belajar tentang sustainability atau aspek keberlanjutan dan ketersediaan bahan baku pangan. Gimana cara pelestariannya supaya bahan baku pangan yang berkualitas selalu tersedia dan cukup untuk semua orang.

Jadi, kalau elo masuk jurusan teknologi pangan, elo akan belajar semua hal tentang pangan. Mulai dari menyediakan pangan yang berkualitas dan sesuai dengan cita rasa masyarakat, hingga menciptakan inovasi baru di bidang pangan.

Menarik dan relevan banget dengan kehidupan masyarakat kekinian, ya!

Baca juga:

Belajar Serba-Serbi Pertanian di Faperta IPB

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

pembaca sobatcloud.com, supaya elo lebih kebayang dengan jurusan teknologi pangan, coba kita lihat beberapa mata kuliah di jurusan ini.

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan
Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan (Arsip sobatcloud.com)

Pada tahun pertama kuliah elo akan belajar berbagai mata kuliah dasar seperti Fisika, Kimia, dan Biologi dengan materi yang berkaitan dengan pangan. Selain itu, elo juga akan belajar Sifat Bahan Pangan dan Hasil Pertanian, Mikrobiologi Pangan, serta Regulasi Pangan.

Nah, mata kuliah di tahun pertama ini penting banget untuk jadi dasar supaya elo bisa memahami mata kuliah di tahun-tahun berikutnya yang lebih kompleks. So, kalau elo jadi mahasiswa jurusan teknologi pangan, pastikan elo menguasai semua materi ini, ya!

Memasuki tahun berikutnya, elo akan ketemu dengan mata kuliah yang lebih advance dan jadi “nyawa” jurusan teknologi pangan. Beberapa mata kuliah itu adalah Teknologi Fermentasi Pangan, Formulasi dan Fortifikasi Gizi, Rekayasa Proses Pangan, serta Teknologi Pengawetan.

Supaya elo lebih tau materi apa aja yang akan dipelajari di setiap mata kuliah itu, kita bahas beberapa mata kuliah jurusan teknologi pangan dengan lebih jauh, ya.

Mikrobiologi Pangan

Ada beragam bahan pangan yang tercipta dengan bantuan mikroorganisme. Nah, mata kuliah ini akan membahas lebih jauh peran mikroorganisme dalam pengolahan bahan pangan.

Elo akan belajar gimana menggunakan mikroorganisme dalam pangan, cara mengelola kualitas mikrobiologis dalam produk pangan, dan juga potensi patogen serta penyakit yang mungkin dihasilkan oleh mikroorganisme.

Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan Pangan

pembaca sobatcloud.com, menurut elo apa fungsi dari kemasan pangan? Estetika, keamanan, kebersihan? Yup, semuanya bisa! Di dalam mata kuliah ini elo akan belajar berbagai jenis kemasan yang digunakan dalam industri pangan. 

Elo akan belajar pengaruh jenis kemasan terhadap kualitas dan umur simpan produk dan berbagai teknik pengemasan dalam industri pangan, prediksi kualitas produk, dan faktor penyimpanan yang memengaruhi produk dan bahan baku pangan.

BACA JUGA :  Kehidupan Masyarakat pada Zaman Praaksara – Materi Sejarah Kelas 10

Mata kuliah ini penting banget untuk dikuasai, apalagi kalau elo ingin bekerja di industri pengolahan pangan setelah lulus. Karena, pengemasan dan penyimpanan produk berpengaruh pada keberhasilan rantai pasok pangan, mulai dari produksi hingga konsumsi.

Baca juga:

Kuliah di Jurusan Gizi Itu Belajar Apa?

Teknologi Fermentasi Pangan

pembaca sobatcloud.com, elo pasti udah pernah mengonsumsi produk-produk fermentasi, kan?

Dalam mata kuliah ini, elo akan belajar tentang konsep penting dan teknik dalam bioteknologi, gimana mikroorganisme dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah pada produk pangan.

Elo akan belajar prinsip-prinsip dasar bioteknologi, eksplorasi teknik fermentasi, dan aplikasi teknologi fermentasi dalam industri pangan, seperti fermentasi alkohol, fermentasi asam asetat, fermentasi asam laktat, dan fermentasi biomassa.

Rekayasa Proses Pangan

Rekayasa produk pangan adalah proses pengembangan produk pangan dengan menerapkan ilmu, teknologi, dan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta memastikan kualitas, keamanan, dan keberlanjutan produk.

Nah, dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar prinsip rekayasa dalam industri pangan. Elo akan belajar rekayasa industri pangan dengan proses termal dan non-termal, seperti iradiasi, pulsed electric field (PEF), dan high-pressure processing (HPP).

Baca juga:

Jurusan Tata Boga Hanya Belajar Memasak?

Universitas yang Memiliki Jurusan Teknologi Pangan

Beberapa Universitas yang Memiliki Jurusan Teknologi Pangan
Beberapa Universitas yang Memiliki Jurusan Teknologi Pangan (Arsip sobatcloud.com)

Baca juga:

Info Kuliah di Sekolah Farmasi ITB

Prospek Karir Jurusan Teknologi Pangan

Setelah lulus dari jurusan teknologi pangan, ada banyak banget karir yang bisa elo capai. Elo bisa bekerja di industri pengolahan bahan pangan, berkontribusi dalam dunia penelitian dan pendidikan, atau bahkan membuka usaha sendiri.

Berikut adalah beberapa karir yang bisa elo capai sebagai lulusan jurusan teknologi pangan.

Prospek Karir Jurusan Teknologi Pangan
Prospek Karir Jurusan Teknologi Pangan (Arsip sobatcloud.com)

Food Scientist

Sebagai lulusan jurusan teknologi pangan, karir utama yang bisa elo raih adalah sebagai food scientist. Food scientist bertugas untuk meneliti, mengembangkan, dan melakukan inovasi produk pangan.

Elo akan merancang produk yang memenuhi standar keamanan dan kualitas. Elo juga bisa mengembangan teknologi produksi yang efisien dan berkelanjutan, eksplorasi bahan baku alternatif, dan meningkatan proses pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah produk.

Intinya, peran food scientist ini penting banget dalam menciptakan produk pangan inovatif, sehat, dan berkualitas. Nantinya elo bisa bekerja di perusahaan-perusahaan produsen pangan.

Microbiology Analyst

pembaca sobatcloud.com, saat ini ada banyak banget produk makanan yang menggunakan mikroorganisme dalam proses pembuatannya, seperti yogurt, keju, kimchi, dan tempe.

BACA JUGA :  Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Nah, penggunaan mikroorganisme ini disupervisi oleh microbiology analyst agar kualitas dan keamanannya selalu terjaga. Elo bertugas mengambil sampel produk, mengisolasi organisme, dan menjaga produk dari kontaminasi bakteri, jamur, dan patogen lainnya.

Di dalam produksi pangan, elo juga bertugas untuk memberikan rekomendasi perbaikan proses produksi dan berkolaborasi dengan tim kualitas pangan untuk menjaga keamanan produk sepanjang rantai produksi pangan.

Baca juga:

Jurusan Peternakan Punya Prospek Kerja Apa, Ya?

Food Quality Assurance

Quality assurance juga ada di bidang pangan, pembaca sobatcloud.com. Food quality assurance bertugas memastikan produk pangan yang dihasilkan memenuhi standar kualitas dan keamanan ditetapkan oleh perusahaan dan pemerintah.

Selain itu, quality assurance juga bertugas menyusun standar kualitas, melakukan audit internal, dan memastikan perusahaan mematuhi regulasi pangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Oh iya, pekerjaan ini pasti selalu ada di perusahaan-perusahaan yang melakukan produksi pangan masal. Jadi, kalau elo memilih karir ini, ada banyak lapangan kerja yang bisa elo kejar!

Wirausaha

pembaca sobatcloud.com, ketika elo kuliah di teknologi pangan, elo akan belajar pengolahan produk pangan dari bahan baku hingga tiba di tangan konsumen. Dengan pengetahuan yang elo dapat, elo bisa banget membuka usaha sendiri.

Kalau elo paham cara mengawetkan dan mengemas produk setengah matang, elo bisa menjadi wirausaha produk pangan setengah jadi. Elo juga bisa menjadi konsultan menu dalam pengembangan suatu restoran.

Itu aja? Nggak! Kalau elo paham tentang regulasi kualitas dan keamanan produk, elo bisa membuka jasa konsultasi keamanan pangan. Brand juga bisa menyewa jasa elo jika ingin melakukan inovasi produk. Banyak banget usaha yang bisa elo lakukan!

Baca juga:

Belajar tentang Ekosistem di Jurusan Kehutanan

Pangan itu kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Dengan pertumbuhan jumlah penduduk di dunia, tentu infrastruktur dan akses pangan juga perlu semakin baik. Itulah makanya ada banyak banget pekerjaan yang terbuka untuk lulusan jurusan teknologi pangan.

Yang penting, selama kuliah nanti, jangan lupa kembangkan berbagai soft skill. Misalnya, biasakan diri untuk bekerja sama di dalam kelompok, miliki kemampuan komunikasi yang baik, dan bangun relasi yang baik dengan banyak orang.

Apa Ini Jurusan yang Tepat untuk Elo?

pembaca sobatcloud.com, gimana pendapat elo setelah baca penjelasan tentang jurusan teknologi pangan? Apa elo merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untuk elo?

Atau elo masih ingin explore pilihan jurusan yang lain?

Nggak masalah, pembaca sobatcloud.com! sobatcloud.com akan terus membantu elo sampe elo punya tujuan. Elo bisa cari tau dan explore berbagai jurusan kuliah dengan Kampus 101 dari sobatcloud.com.

Klik banner di bawah ini untuk download Kampus 101 gratis!

Kampus 101 Update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *