Belajar Memahami Bumi dalam Jurusan Teknik Geologi

Kenapa gunung tinggi banget? Kenapa ada minyak di dalam bumi? Kenapa gempa bumi kencangnya beda-beda? Semua pertanyaan tadi bisa elo jawab kalau elo jadi mahasiswa Jurusan Teknik Geologi.

Di dalam artikel ini, gue akan mengajak elo untuk mengenal lebih jauh tentang jurusan Teknik Geologi. Gue akan kasih tau apa aja yang dipelajari di jurusan ini, mata kuliah yang akan dipelajari, universitas yang punya jurusan Teknik Geologi, serta prospek karir untuk lulusan dari jurusan Teknik Geologi.

Yuk, cek artikel ini sampai akhir!

Baca juga:

Jurusan Teknik Pertambangan: Kampus Unggulan Hingga Prospek Kerja

Jurusan Teknik Geologi? Apa, Tuh?

pembaca sobatcloud.com, ketika masuk jurusan Teknik Geologi, elo bakal jadi “detektif bumi” atau “penjelajah alam”. Maksudnya gimana? Yap, elo bakal diving deep into the secrets of our planet!

Di jurusan Teknik Geologi elo bakal belajar soal batuan. Nggak hanya jenis-jenisnya, tapi gimana cara membaca bumi lewat batuan. Misalnya, untuk nentuin umur bumi, kenapa pegunungan terbentuk, atau bahkan prediksi gempa bumi.

Terus, kalau elo suka petualangan, jurusan Teknik Geologi juga bakal bawa elo untuk eksplorasi gua, hutan, atau pantai buat cari petunjuk soal bumi. Elo bisa cari sumber daya alam yang berharga, seperti minyak, gas, atau mineral.

Nggak cuma itu, di jurusan Teknik Geologi ini elo juga bakal diajari cara mengurangi dampak buruk kegiatan manusia di bumi dan mencari cara alternatif buat energi dan sumber daya. Jadi, elo nggak cuma mengejar sumber daya, tapi juga ngurusin bumi ini. Menarik, ya!

Mata Kuliah Jurusan Teknik Geologi

mata kuliah jurusan teknik geologi
Mata kuliah jurusan Teknik Geologi. (Arsip sobatcloud.com)

Pada tahun pertama sebagai mahasiswa jurusan Teknik Geologi, elo akan belajar berbagai mata kuliah dasar, misalnya Geologi Dasar. Selain itu, elo juga akan dapat mata kuliah Matematika, Fisika, dan Kimia. Tentunya, materi matematika, fisika, dan kimia yang dipelajari di sini berkaitan dengan ilmu geologi, pembaca sobatcloud.com.

Elo perlu banget memahami mata kuliah dasar atau pengantar ini. Soalnya, mata kuliah dasar ini adalah langkah awal untuk elo memahami mata kuliah lanjutan yang akan elo dapatkan di semester-semester berikutnya. Kalau elo punya dasar yang solid, pasti langkah ke depan akan lebih lancar.

Nah, pada tahun berikutnya elo bakal ketemu materi yang lebih kompleks dan advance. Beberapa mata kuliah yang mungkin elo temui di tahun-tahun berikutnya adalah Bencana Geologi dan Mitigasi, Geologi Sejarah dan Perubahan Iklim, Geologi Indonesia dan Ekskursi Geologi Regional, dan Geologi Lingkungan dan Konservasi.

BACA JUGA :  Apa Itu Bencana dan Mengapa Bencana Dapat Terjadi?

Sekarang, gue mau mengajak elo untuk kenal lebih dalam dengan beberapa mata kuliah di jurusan Teknik Geologi. Dengan kenal beberapa mata kuliah ini, elo jadi bisa dapet gambaran lebih jelas tentang kuliah di jurusan Teknik Geologi.

Petrologi

Mata kuliah petrologi fokus mempelajari batuan dan material pembentuk kerak bumi. Dalam mata kuliah ini, elo bisa mempelajari segala jenis batuan, mulai dari yang terbentuk dari lava gunung berapi hingga yang terbentuk di bawah tekanan dan panas di dalam bumi.

Selain memahami jenis batuan, elo juga akan belajar komposisi batuan, teksturnya, serta bagaimana batuan-batuan ini terbentuk dan berevolusi selama jutaan tahun. Elo juga bisa menelusuri sejarah geologis daerah tertentu lewat studi batuannya.

Sedimentologi dan Stratigrafi

Dalam mata kuliah Sedimentologi dan Stratigrafi, elo akan mempelajari gimana sedimen, seperti pasir, lumpur, dan kerangka organik, terbentuk dan bergerak di lingkungan bumi. Materinya juga mencakup pemahaman tentang proses-proses fisika, kimia, dan biologis yang mengarah pada pembentukan lapisan sedimen di bawah permukaan bumi.

Kalau stratigrafi apa? Stratigrafi adalah studi tentang penyusunan dan hubungan lapisan batuan yang terbentuk selama sejarah geologis. Elo akan belajar gimana lapisan-lapisan ini terbentuk dan berkaitan satu sama lain. Menariknya, lapisan ini menyimpan data sejarah geologi, perubahan iklim, pergerakan lempeng tektonik, dan evolusi kehidupan di bumi.

Baca juga:

Jurusan Teknik Sipil, Belajar Apa Sih?

Hidrogeologi

Mata kuliah Hidrogeologi mempelajari tentang air di bawah permukaan bumi. Mulai dari pengkajian sumber, pergerakan, dan distribusi air tanah dalam akuifer (lapisan batuan yang menyimpan air), serta cara memanfaatkannya.

Elo juga akan belajar sifat-sifat hidrogeologi batuan dan tanah, siklus air bawah tanah, teknik pengeboran sumur, serta metode pemantauan dan pengambilan contoh air tanah.

Dalam hidrogeologi, elo juga akan belajar perlindungan sumber daya air bawah tanah dan pengelolaan air tanah secara berkelanjutan. Menariknya, mata kuliah ini juga berkaitan dengan pemahaman risiko banjir, peningkatan air tanah, dan pengelolaan sumber daya air di daerah perkotaan dan pedesaan.

Geoinformasi dan Manajemen Data

Ini salah satu mata kuliah di Teknik Geologi yang deket banget dengan teknologi, lho!

Dalam mata kuliah Geoinformasi dan Manajemen Data, elo akan belajar cara menggunakan teknologi informasi untuk mengelola, menganalisis, dan memahami data geografis. Elo akan belajar soal konsep dasar Sistem Informasi Geografis (SIG), teknik pengumpulan data geografis, penggunaan perangkat GPS, dan teknologi penginderaan jauh.

Nah, karena mata kuliah ini dekat dengan data, tentu dibutuhkan juga kemampuan untuk mengelola, mengindeks, dan menyimpan data. Selain itu, elo akan belajar cara memanfaatkan data geografis untuk berbagai konteks praktis, seperti perencanaan kota, pemantauan lingkungan, manajemen sumber daya alam, dan pemetaan geologi.

BACA JUGA :  Informasi Jalur Mandiri UNP (Universitas Negeri Padang) 2022

Mata kuliah ini penting banget, karena berkaitan dengan keterampilan yang penting dan dibutuhkan dalam dunia industri. Pemahaman tentang penggunaan tools dan data ini juga akan membantu dalam pengambilan keputusan yang berbasis data terkait lokasi. 

Universitas yang Punya Jurusan Teknik Geologi

Di berbagai universitas, jurusan Teknik Geologi biasanya tergabung di dalam Fakultas Teknik. Yuk, kita cari tahu lebih jauh tentang beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Geologi!

Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Geologi
Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Geologi. (Arsip sobatcloud.com)

Universitas Indonesia

Gue mau bahas sedikit tentang jurusan Geologi di Universitas Indonesia, ya, pembaca sobatcloud.com.

Di Universitas Indonesia, jurusan ini disebut Program Studi Geologi dan berada di bawah Fakultas MIPA. Karena berada di bawah naungan FMIPA, jurusan ini pun termasuk di dalam Rumpun Ilmu Alam. Ini berbeda dengan universitas-universitas lain yang memasukan jurusan ini ke dalam Rumpun Teknik.

Nah, pada pelaksanaan kuliah, tentu ada beberapa hal yang berbeda. Ada beberapa mata kuliah teknika yang nggak akan elo dapatkan, kalau elo masuk jurusan Geologi. Meskipun begitu, Asosiasi Program Studi Teknik Geologi (Asproditegi) menyatakan bahwa kompetensi lulusan sarjana (S1) Prodi Teknik Geologi dan Prodi Geologi adalah sama.

Kalau elo mau cari tahu lebih jauh tentang hal yang barusan gue omongin, elo bisa coba buka situs prodi Geologi UI di sini

Baca juga:

Info Kuliah di Fakultas Ilmu & Teknologi Kebumian ITB

Prospek Karir Jurusan Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi punya beragam prospek karir yang menarik. Apa aja? Yuk, kita lihat sama-sama!

prospek karir lulusan jurusan teknik geologi
Prospek karir lulusan jurusan Teknik Geologi. (Arsip sobatcloud.com)

Geolog

Geolog adalah karier utama yang bisa diambil oleh lulusan Teknik Geologi. Elo akan bekerja untuk mengeksplorasi dan menganalisis tanah, batuan, dan sumber daya alam.

Salah satu industri yang mempekerjakan geolog adalah industri minyak dan gas bumi. Di dalam industri ini, elo bertugas untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi sumber daya alam. Elo mungkin juga akan terlibat dalam perencanaan dan pengembangan lapangan minyak serta pengelolaan reservoir minyak dan gas.

Selain itu, geolog juga bisa bekerja di pengembangan energi terbarukan. Geolog bisa bekerja dalam proyek-proyek seperti pembangkit listrik tenaga angin, tenaga surya, atau geothermal untuk mengevaluasi lokasi yang paling cocok untuk menghasilkan energi terbarukan.

Konsultan Geoteknik

Zen, batuan dan air tanah, tuh, bakal berpengaruh ke konstruksi bangunan, nggak? Jelas, dong!

Nah, makanya ada orang-orang yang bertugas untuk menilai kekuatan tanah, pergerakan tanah, penilaian risiko gempa bumi, dan perancangan dasar struktur. Penilaian ini pun digunakan sebagai dasar agar proyek konstruksi bangunan seperti jembatan, gedung pencakar langit, jalan, dan bendungan, dapat berdiri dengan aman dan stabil.

BACA JUGA :  5 Cara Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Dalam melaksanakan pekerjaannya, konsultan geoteknik bekerja sama dengan insinyur sipil, kontraktor, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan bahwa proyek konstruksi berjalan dengan aman dan sesuai dengan standar teknis yang berlaku. Keselamatan dan stabilitas struktur adalah fokus utama konsultan geoteknik.

Baca juga:

Jurusan Teknik Kimia vs Kimia Murni

Konservasi Lingkungan

Lulusan Teknik Geologi nggak hanya memiliki pemahaman yang besar tentang bumi dan proses geologisnya, tetapi juga pelestarian sumber daya alam dan perlindungan lingkungan.

Oleh karena itu, lulusan Teknik Geologi bisa bekerja untuk pengelolaan sumber daya alam seperti air, tanah, dan mineral. Mereka dapat membantu dalam penilaian kualitas air dan pemantauan lingkungan untuk menjaga ekosistem yang sehat.

Lulusan geologi yang ahli dalam konservasi lingkungan juga bisa bekerja memantau dan memitigasi bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan gempa bumi. Mereka membantu dalam mengevaluasi risiko dan mengembangkan strategi mitigasi.

Selain itu, mereka juga bisa ikut dalam konservasi geositus seperti gua, formasi geologis langka, atau situs arkeologi yang memerlukan pemahaman geologi yang kuat. Pelestarian situs-situs ini penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan umat manusia.

Geotourism

Bidang selanjutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan Teknik Geologi adalah geotourism. Elo tau apa itu geotourism? Geotourism adalah pariwisata yang fokus pada pengalaman wisata untuk memahami dan melestarikan aspek geologi dan lingkungan alam suatu daerah.

Tujuan utama geotourism adalah menciptakan pemahaman tentang bumi dan lingkungan, menjaga keunikan geologi suatu lingkungan agar tetap utuh dan menarik bagi generasi mendatang, sambil memberikan manfaat ekonomi kepada komunitas lokal. 

Contoh tujuan geotourism adalah gunung api, gua-gua, formasi bebatuan unik, cagar alam geologi, dan seperti situs geologi bersejarah.

Baca juga:

Berbagai Jurusan di Fakultas Teknologi Industri ITB

Selain pilihan karir di atas, masih ada pilihan karir lain yang bisa elo explore sebagai lulusan dari jurusan Teknik Geologi. Elo juga bisa mengabdikan diri elo untuk bidang pendidikan geologi, atau membuat kebijakan terkait geologi.

Intinya, elo punya pilihan karir yang beragam. Dari lapangan hingga ruang konferensi, dari bumi hingga luar angkasa. Elo bisa berperan penting dalam pemahaman dan perlindungan lingkungan serta mengeksplorasi sumber daya alam. It’s a rock-solid choice!

Apakah Ini adalah Jurusan yang Tepat untuk Elo?

pembaca sobatcloud.com, apa pendapat elo setelah membaca seluruh penjelasan tadi? Apakah elo ngerasa bahwa jurusan desain produk adalah jurusan yang tepat untuk elo?

Kalau elo masih belum yakin, nggak apa-apa, pembaca sobatcloud.com!

Elo masih bisa cari tau dan explore berbagai jurusan lain bersama sobatcloud.com dengan Kampus 101. Klik banner di bawah ini untuk download panduan jurusan gratis!

Belajar Memahami Bumi dalam Jurusan Teknik Geologi 18

pembaca sobatcloud.com, gimana persiapan elo untuk mencapai kampus impian?

sobatcloud.com hadir di sini untuk membantu elo mencapai impian elo dengan berbagai paket belajar yang sesuai untuk elo. Paket belajar ini dilengkapi dengan materi video, live class dengan tutor-tutor sobatcloud.com, serta latihan dan pembahasan soal.

Segera klik banner di bawah ini untuk memilih paket belajar yang sesuai dengan elo, ya!

Langganan Zenius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *