Jurusan Sastra Inggris: Mata Kuliah, Kampus, Hingga Prospek Kerjanya

Siapa yang cita-citanya nonton film berbahasa Inggris tapi nggak pake subtitle? Atau bikin puisi buat gebetan ala-ala William Shakespeare? Nah, mungkin Jurusan Sastra Inggris bisa jadi pilihan yang cocok buat elo!

Dalam artikel ini, gue akan membahas serba-serbi Jurusan Sastra Inggris. Mulai dari mata kuliah, info universitas, hingga prospek kerjanya. Nah, kalau elo lagi mempertimbangkan untuk memilih Sastra Inggris sebagai jurusan saat kuliah, gas baca artikel ini sampe akhir!

Apa itu Jurusan Sastra Inggris?

pembaca sobatcloud.com, coba ingat-ingat lagi gimana materi pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Di sekolah kita banyak belajar teknis berbahasa. Mulai dari arti kata-kata dalam bahasa Inggris, gimana cara menyusun suatu kalimat dan paragraf untuk tujuan tertentu, serta memahami dan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Nah, pembelajaran di sekolah itu masih dasar. Di jurusan Sastra Inggris, elo bakalan mendalami bahasa Inggris dengan lebih luas dan dalam. Elo akan diajak untuk memahami gimana bahasa membentuk budaya manusia dan digunakan sebagai sarana komunikasi.

Baca juga:

Informasi Lengkap Fakultas Ilmu Pendidikan

Jadi, elo akan diajak untuk ngulik gimana bahasa Inggris terbentuk, ngulik sisi linguistik, sastra, ciri artistik, keaslian, dan keindahan dari karya-karya sastra Inggris. Tentu elo juga akan mengkaji banyak karya sastra Inggris. Mulai dari puisi, novel, drama, maupun film. Selain itu, elo juga akan belajar tentang budaya dan sejarah bahasa Inggris.

Nah, setelah lulus dari jurusan Sastra Inggris, elo akan mendapatkan gelar S.S alias Sarjana Sastra. Selain punya seluruh ilmu tadi, tentunya seorang Sarjana Sastra Inggris juga kudu bisa berkomunikasi dengan mahir dalam Bahasa Inggris, baik dengan komunikasi lisan (speaking and listening), maupun non-lisan (writing and listening). 

Untuk Masuk Jurusan Ini, Gue Harus Lancar Bahasa Inggris, Zen?

Tenang, Sob!

Elo nggak harus jago banget bahasa Inggris, kok, untuk masuk jurusan ini. Punya modal yang lebih emang bisa ngebantu kita beradaptasi lebih cepat. Tapi, punya basic Bahasa Inggris aja juga udah oke kok. Toh, nantinya kita bakal belajar juga di perkuliahan.

BACA JUGA :  Latihan Soal Lengkap SBMPTN Kimia

Tapi, sebenarnya secara umum, memang elo harus punya pemahaman yang baik tentang literasi. Apalagi, literasi adalah salah satu materi yang diujikan saat SNBT. So, nggak ada salahnya untuk elo memperlengkapi diri dari sekarang dengan belajar literasi Bahasa Inggris sejak dari sekarang.

Baca juga:

Kuliah Akuntansi, Apa Saja Prospek Kerjanya?

Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

mata kuliah di jurusan sastra inggris
Beberapa mata kuliah di jurusan Sastra Inggris (Arsip sobatcloud.com)

Pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa Sastra Inggris akan ketemu berbagai mata kuliah dasar. Mata kuliah dasar ini perlu banget dipahami, karena ngebuka pintu untuk mata kuliah yang lebih advance nantinya.

Contoh beberapa mata kuliah dasar dari Jurusan Sastra Inggris adalah Pengantar Kesusastraan Inggris, Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Inggris, Paragraph Writing, Reading for General Interest, dan Metode Penelitian Linguistik.

Di semester-semester berikutnya, bakal lebih banyak lagi mata kuliah yang menarik dan kompleks. Elo bakal belajar tentang Sintaksis Bahasa Inggris, Penulisan Kreatif dalam Bahasa Inggris, Sejarah Literatur Inggris, Kajian Drama dan Teater Inggris, Kajian Film dan Media Berbahasa Inggris, Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, dan lainnya. 

Supaya elo lebih kebayang dengan pembelajaran di jurusan Sastra Inggris, gue mau kasih liat elo beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Sastra Inggris.

Baca juga:

Informasi Lengkap Kuliah Ilmu Hukum

Survey of English Literature

Mata kuliah ini asik banget, sih. Soalnya, elo bakal ngerasa kaya jalan-jalan ke dalam dunia sastra Inggris dari zaman Old English sampe zaman modern. Bahas mulai dari all about Shakespeare, zaman Romantis, era Victoria, sampe ke abad ke-20.

Intinya, di mata kuliah ini, kita bakal belajar dan kenalan dengan teks-teks penting, tokoh, dan aliran-aliran sastra dalam literatur Inggris. Nggak hanya itu, kita juga diajak untuk membuat analisis kreatif tentang teks-teks ini. Penasaran banget nggak, sih?!

Technology in Translation

Di jurusan Sastra Inggris, kita nggak hanya belajar cara berbahasa, tapi juga aspek dan faktor pendukung dari bahasa. Misalnya, di negara non-berbahasa Inggris tentu ada alat atau software untuk translasi. Nah, surprisingly, ini juga dibahas dalam kuliah Sastra Inggris!

Dalam mata kuliah Technology in Translation, elo bakal belajar berbagai teknologi untuk membuat penerjemahan jadi lebih rapi, seamless, dan efisien. Diskusi di mata kuliah ini pasti menarik banget, mengingat teknologi translasi ini makin berkembang dari masa ke masa.

Poetry and Contemporary Music

Mata kuliah ini basically ngajarin elo gimana puisi dalam bahasa Inggris berhubungan sama musik zaman sekarang, terutama lirik lagu. Elo bakal belajar cara penulis puisi dan lirik mengolah kata-kata dan ritme untuk membuat karya seni.

BACA JUGA :  Mengenal Perbudakan Modern dan Dampaknya

Terus, kita juga akan lihat gimana cara musik bisa memperdalam pesan dalam puisi. Kita mungkin akan bahas lagu-lagu tertentu buat lihat gimana puisi dan musik bisa gabung jadi satu.

Baca juga:

Jurusan Desain Kok Banyak Banget? Apa Bedanya?

Kampus yang Punya Jurusan Sastra Inggris

ptn yang punya jurusan sastra inggris
PTN yang memiliki jurusan Sastra Inggris (Arsip sobatcloud.com)

Universitas Indonesia

Di Universitas Indonesia, jurusan Sastra Inggris disebut juga sebagai Program Studi Inggris. Nah, Program Studi Inggris ini berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya, ya! Oh iya, program studi Inggris ini terbuka untuk siswa dari berbagai jurusan SMA maupun SMK.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta juga punya jurusan Sastra Inggris dengan akreditasi A, loh. Fokus kurikulum jurusan Sastra Inggris UGM ditekankan pada tiga hal, yaitu linguistik, linguistik terapan, dan sastra. 

Universitas Padjajaran

Di Universitas Padjajaran, jurusan Sastra Inggris juga termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Bedanya, lulusan dari kampus ini akan mendapat gelar S.Hum atau Sarjana Humaniora. 

Kalau elo memilih jurusan Sastra Inggris di universitas ini, elo akan diminta untuk memilih mata kuliah pengutamaan sesuai minat pribadi pada semester 7. Ada dua mata kuliah yang bisa dipilih, yaitu Pengutamaan Linguistik dan Pengutamaan Sastra. Bedanya apa, ya?

Pengutamaan Linguistik fokus pada gejala kebahasaan di masyarakat penutur bahasa Inggris. Gejala ini dilihat melalui film, surat kabar, dan percakapan, lalu dianalisis menggunakan teori-teori kebahasaan. Selain itu, interaksi dengan bidang ilmu lain juga dilakukan agar ada penelitian kebahasaan lintas disiplin ilmu. 

Sementara, pembahasan di mata kuliah Pengutamaan Sastra adalah karya sastra berbahasa Inggris dalam berbagai genre. Karya-karya ini dianalisis menggunakan beberapa teori atau pendekatan kajian karya sastra dan dikaitkan dengan isu sosiokultural global.

Baca juga:

Berkenalan dengan Jurusan Filsafat

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

prospek karir jurusan sastra inggris
Prospek karir jurusan Sastra Inggris (Arsip sobatcloud.com)

Mengingat bahasa Inggris udah seperti bahasa kedua kita, jelas jurusan Sastra Inggris ini punya prospek kerja yang luas banget. Tapi, gue udah pilihin beberapa karir yang cocok banget untuk lulusan Sastra Inggris.

Berikut beberapa prospek kerja yang populer dan banyak diminati untuk lulusan jurusan Sastra Inggris.

Copywriter dan Content Writer

Belakangan ini, dua profesi di atas diminati banget. Elo udah tau bedanya?

Content writer adalah penulis konten dengan bentuk narasi. Tujuannya untuk mengedukasi atau menghibur pembacanya. Sedangkan, copywriter adalah penulis yang fokus untuk merancang kata-kata supaya orang mau membeli suatu produk atau jasa tertentu.

BACA JUGA :  https://www.zenius.net/blog/wp-content/uploads/2019/07/Catatan-Perjuangan-Zenius-SBMPTN-2019-Part-1-compressed.pdf

Kedua profesi ini harus bisa menulis dengan baik, sesuai dengan logika bahasa, tata bahasa, dan pemilihan kata.

Nah, artikel ini adalah salah satu contoh hasil pekerjaan content writer. Tulisan ini tentu harus berfaedah supaya elo bisa mendapatkan informasi dari sini. Sedangkan, hasil dari copywriter bisa elo temuin di slogan atau kata-kata promo produk.

Translator dan Interpreter

Elo pasti pernah denger Lebah Ganteng atau Pain Akatsuki, kan? Mereka berdua ini termasuk translator film, Sob! Eh, tapi jangan contoh mereka, ya. Ilegal. Hehehe.

Translator adalah penerjemah teks tertulis, seperti buku, artikel, atau dokumen. Seorang penerjemah harus memahami tata bahasa dan budaya dari bahasa sumber dan bahasa target. 

Translator ini beda sama interpreter. Interpreter adalah juru bahasa yang kerjanya menerjemahkan percakapan atau pidato secara lisan dan langsung. Interpreter biasanya bekerja di konferensi internasional, pertemuan bisnis, atau wawancara imigrasi.

Interpreter harus punya kemampuan mendengarkan dengan teliti, menangkap semua detail, dan menerjemahkan dengan cepat.

Baca juga:

Jurusan Hubungan Internasional (HI) Belajar Apa, Sih?

Public Relations (Humas)

Selain kedua pekerjaan di atas, seorang lulusan dari Jurusan Sastra Inggris juga bisa bekerja sebagai Public Relation. Untuk bekerja sebagai PR, tentu elo juga perlu mengembangkan skill lain, misalnya terampil berbicara di depan umum serta membuat tulisan untuk publik.

PR bertugas mengelola citra dan reputasi perusahaan di mata publik dengan menerapkan strategi komunikasi yang baik. PR akan membangun hubungan antar banyak pihak untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Makanya, seorang PR harus punya citra positif dan terampil berkomunikasi. 

Travel Agency

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Sastra Inggris, nggak lain dan nggak bukan adalah bekerja di travel agency. Elo bisa bekerja sebagai tour leader atau duduk di kantor dan berkoordinasi untuk mengatur perjalanan ke banyak tempat.

Kemampuan elo untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris akan berguna banget, terutama ketika elo harus mengatur perjalanan-perjalanan ke negeri asing. Selain itu, tentu elo juga butuh mendalami skill manajemen dan memahami dasar tentang pariwisata untuk bisa bekerja di bidang ini.

Baca juga:

Info Lengkap Jurusan Sejarah

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, prospek kerja jurusan Sastra Inggris masih banyak banget. Tentu elo bisa juga jadi tutor Bahasa Inggris atau bekerja di Kementerian Luar Negeri.

Elo nggak perlu bingung milih pekerjaan setelah lulus, karena opsinya sangat banyak. Yang penting, perbanyak dan perdalam berbagai skill selama elo kuliah nanti. Supaya, waktu elo lulus, elo nggak hanya punya banyak ilmu, tapi juga mahir dalam melakukan sesuatu.

Baca juga:

Berkenalan Lebih Jauh dengan Pendidikan Vokasi

Mau Explore Jurusan Lainnya?

Gimana, pembaca sobatcloud.com? Elo merasa tertarik dengan jurusan Sastra Inggris? Atau mau cari-cari tahu jurusan lainnya? 

No worries, Sob! sobatcloud.com udah siapin panduan jurusan kuliah buat elo lewat Kampus 101.  elo bisa download file-nya gratis dengan klik banner di bawah ini ya. Selamat mengeksplorasi, guys!

Jurusan Sastra Inggris: Mata Kuliah, Kampus, Hingga Prospek Kerjanya 9

Penulis: Aurora Gracia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *