Info Kuliah, Tips Masuk, dan Biaya FK UNDIP

FK UNDIP merupakan salah satu fakultas primadona di UNDIP. Apa saja, sih, yang dipelajari di FK UNDIP? Penasaran gimana perkuliahannya? Yuk, simak info kuliah, tips masuk, sampai biaya FK UNDIP buat mahasiswa baru!

“Belajar yang pintar, ya, Nak. Biar bisa jadi dokter!”

Waktu kecil elo pernah dikasih pesan kayak di atas, nggak? Entah oleh orang tua elo, nenek elo, atau orang terdekat. Memang sejak kecil, cita-cita menjadi dokter sepertinya sudah hal umum bagi anak-anak. Alasannya pun bermacam-macam, seperti ingin menyembuhkan orang yang sakit maupun terinspirasi dari karakter dokter dalam film animasi. 

Memang, semisal elo tanya anak-anak kecil di sekitar elo cita-cita mereka apa, nggak selalu dokter jawabannya. Apalagi, sekarang banyak profesi baru yang bikin tergiur, kan. Kayak content creator yang mungkin otomatis bikin sebagian orang mikir, “Kerjaannya nggak sulit, tapi duitnya cepet!” Padahal, semua profesi ada tantangannya, lho.

Nah, profesi dokter ini nggak bakal lekang oleh zaman, sih. Karena itulah sampai sekarang cita-cita jadi dokter tuh masih tinggi pamornya. 

Apakah elo termasuk salah satu yang bercita-cita menjadi dokter sejak kecil? Sering banget ngebayangin rasanya pakai jaket putih terus bawa stetoskop ke mana-mana? Elo bisa mulai belajar ilmunya setelah lulus SMA nanti.

Gue mau ngobrolin salah satu fakultas terbaik buat tempat elo belajar, yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP). 

Selain persiapan belajar untuk tes masuk perguruan tinggi, elo juga perlu ketahui informasi fakultas yang satu ini, nih. Kenapa, tuh? Supaya, elo lebih mantap dalam menentukan pilihan dan memiliki bayangan kegiatan perkuliahan yang akan elo jalani. Yuk, langsung aja!

Kenalan dengan FK UNDIP

Sejarah panjang pendirian FK UNDIP dimulai pada awal kemerdekaan Indonesia. Minimnya tenaga dokter profesional menjadi faktor utama pendirian FK UNDIP yang mulai diusulkan pada Juni 1960. Hingga akhirnya perjuangan panjang membuahkan hasil, nih. Pada 1 Oktober 1961,  FK UNDIP resmi berdiri. 

Hingga kini, FK UNDIP terus mengalami perkembangan termasuk departemen dan program studi di bawah naungannya. Terdapat 4 departemen yang bernaung di FK UNDIP, yaitu

  • Departemen Kedokteran
  • Departemen Ilmu Keperawatan
  • Departemen Ilmu Gizi
  • Departemen Kedokteran Spesialis 

Selain itu, ada 5 program studi sarjana di bawah keempat departemen tersebut. Nah, kelima prodi ini yang nanti bisa elo pilih waktu pendaftaran ujian masuk. Buat daftar prodi selengkapnya, langsung cek info di bawah ini, yuk! 

Daftar Program Studi di Bawah Naungan FK UNDIP
Program Studi di FK UNDIP (Sumber: fk.undip.ac.id)

Selain itu, FK UNDIP juga menyediakan pendidikan, internship, koas, dan residen spesialis yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang. Rumah sakit ini sebelumnya telah berpengalaman mendidik mahasiswa kedokteran UGM, terutama dalam kepaniteraan klinik sejak sebelum FK UNDIP didirikan. 

Sedikit informasi, Rumah Sakit Dr. Kariadi juga merupakan rumah sakit terbesar sekaligus rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Tengah, lho. Wih, bayangin betapa kayanya pengalaman yang akan elo dapet kalau praktik di rumah sakit ini!

BACA JUGA :  Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya – Materi Biologi Kelas 12

Program Studi di FK UNDIP

Seperti yang udah gue jelasin sebelumnya, terdapat 5 program studi di FK UNDIP. Apa saja yang dipelajari, ya? Yuk, kita bedah satu per satu!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

Program Studi Kedokteran UNDIP

Pada jenjang sarjana, Program Studi Kedokteran akan membekali elo dengan materi terkait  histologi (struktur jaringan), mikrobiologi (makhluk hidup berukuran kecil), hingga anatomi (susunan tubuh makhluk hidup). 

Nggak hanya itu, sebagai garda terdepan di bidang kesehatan, tentu bekal pemahaman tentang kesehatan manusia dan berbagai jenis penyakit juga nggak kalah penting. 

Buat dapetin ilmu dan keterampilan soal itu, elo akan dapet mata kuliah yang sesuai, yaitu:

  • Biologi Kedokteran
  • Farmakologi dan Terapi
  • Gizi Kedokteran
  • Kimia Kedokteran
  • Manajemen Rumah Sakit
  • Patologi Anatomi

Selain itu, elo pasti pernah denger ada dokter malpraktik, dong? Dalam dunia kedokteran, penanganan dengan tindakan yang salah dan kurang terampilnya dokter bisa menyebabkan hal fatal. Untuk itulah, Program Studi Kedokteran UNDIP menyediakan fasilitas buat memastikan tiap calon dokter yang mereka didik udah siap sebelum terjun ke masyarakat. Ada fasilitas apa saja, ya?

  • Laboratorium Medik Dasar
  • Laboratorium Keterampilan Klinik
  • Rumah Sakit Pendidikan Utama (RSUP dr. Kariadi)
  • Rumah Sakit Lahan Jejaring
  • Program Pertukaran Pelajar dengan Fakultas Kedokteran Belanda, Jepang, maupun Perancis

Program Studi Farmasi UNDIP

Berbeda dengan Program Studi Kedokteran, Program Studi Farmasi lebih fokus pada peracikan obat. Nggak cuma meracik, sih, elo juga akan mempelajari pengujian keamanan obat, bahan-bahan yang digunakan, maupun distribusi obat tersebut. 

Sebagai gambaran, elo akan berjumpa dengan beberapa mata kuliah berikut:

  • Kimia Organik
  • Farmasi Fisika
  • Farmakologi
  • Imunologi
  • Biokimia

Selain itu, Program Studi Farmasi UNDIP juga menawarkan 4 program keahlian, di antaranya:

Daftar Program Keahlian pada Program Studi Farmasi UNDIP
Program Keahlian Farmasi UNDIP (Sumber: farmasi.fk.undip.ac.id)

Oh iya, obat yang diracik nggak melulu untuk menyembuhkan pasien dari penyakit, lho. Di Program Studi Farmasi UNDIP, elo juga akan belajar peracikan obat untuk kecantikan. Elo punya modal buat bikin kosmetik sendiri pas lulus nanti. Menarik banget, ya!

Program Studi Kedokteran Gigi UNDIP

Lanjut, program studi selanjutnya adalah Kedokteran Gigi. Program studi ini baru resmi berdiri 8 tahun yang lalu, lho. Lebih tepatnya pada tahun 2016 dan bersamaan dengan pendirian Program Studi Farmasi.

Di program studi ini, elo akan menjumpai beberapa mata kuliah, di antaranya:

  • Biologi Mulut
  • Material dan Medikamen Kedokteran Gigi
  • Kedokteran Gigi Kuratif
  • Manajemen Rumah Sakit dan Praktek Klinik

Program Studi Gizi UNDIP

Tingginya tingkat persaingan di Program Studi Kedokteran membuat Program Studi Gizi sering menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang tertarik pada bidang kesehatan. Padahal program studi ini nggak kalah keren, lho. 

Di Program Studi Gizi, elo akan mempelajari proses munculnya penyakit yang disebabkan oleh faktor pangan. Maka, nggak heran jika di sini, elo juga akan belajar masak-memasak. Selain itu, beberapa mata kuliah Program Studi Kedokteran akan elo pelajari juga, lho. 

BACA JUGA :  Ibu Kota Baru: Nusantara, Kenapa Harus Pindah ke Kalimantan?

Selain itu, Program Studi Gizi FK UNDIP mengusung perkuliahan berbasis problem-based learning. Maksudnya gimana, tuh? Artinya, elo akan banyak belajar lewat studi kasus nyata.

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah yang akan elo jumpai di antaranya:

  • Kimia Dasar
  • Ilmu Bahan Pangan
  • Ilmu Gizi Dasar
  • Anatomi Fisiologi
  • Kimia Pangan

Gimana? Makin nggak sabar untuk berkuliah di Program Studi Gizi FK UNDIP, dong?

Program Studi Ilmu Keperawatan UNDIP

Pada awal pendiriannya di tahun 1998, Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNDIP merupakan jenjang D4, lho, pembaca sobatcloud.com. Namun, lewat pengalaman yang lama dan panjang, FK UNDIP bisa ngebuktiin kalau mereka layak membuka program studi untuk jenjang sarjana. 

Di program studi ini, elo akan mempelajari berbagai teori. Mulai dari teori keperawatan dasar, praktik keperawatan, hingga praktik klinik yang dilakukan di laboratorium.

Selain itu, elo juga akan menjumpai beberapa mata kuliah jika berkuliah di Program Studi Ilmu Keperawatan UNDIP, di antaranya:

  • Falsafah Keperawatan
  • Komunikasi
  • Keperawatan Holistik
  • Ilmu Dasar Keperawatan

Dan masih banyak lagi. So, gimana? Makin tertarik dengan program studi yang satu ini? 

Biaya Kuliah FK UNDIP

“Gue pengen masuk FK UNDIP, Zen. Kira-kira berapa biaya kuliah yang harus gue siapin, ya?”

Nah, terkait penetapan biaya kuliah FK UNDIP dibagi menjadi 8 golongan, pembaca sobatcloud.com. Penggolongan tersebut didasarkan atas beberapa pertimbangan seperti penghasilan orang tua, jumlah saudara yang masih menjadi tanggungan orang tua, dan masih banyak lagi. Lebih jelasnya bisa elo lihat di bawah ini. 

Rincian Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) FK UNDIP
Biaya Kuliah FK UNDIP (Sumber: pmb.undip.ac.id)

“Apa bedanya UKT dan SPI, Zen?”

Gini, sesuai namanya, UKT merupakan uang kuliah tunggal yang harus elo bayar per semesternya. Sedangkan, SPI merupakan uang pangkal yang dikenakan bagi calon mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri. Karena merupakan uang pangkal, jadi biaya SPI hanya perlu elo bayarkan sekali saja, ya.

Seperti yang bisa elo lihat pada informasi di atas, SPI di FK UNDIP dibagi menjadi dua golongan. Hal ini menyesuaikan dengan beberapa pertimbangan seperti halnya penyesuaian golongan UKT. 

Akreditasi FK UNDIP

Sepenting apa, sih, akreditasi? Penting banget, dong. Siapa, sih, yang nggak pengen kuliah di fakultas yang memiliki kualitas yang bagus? Sama hal dengan elo, orang tua elo juga pasti ingin anaknya berkuliah di fakultas terbaik. 

Akreditasi bisa dikatakan sebagai tolok ukur baik universitas maupun program studi apakah telah memenuhi kriteria  yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi atau tidak. Lalu, bagaimana dengan akreditasi FK UNDIP? 

Dari 5 program studi sarjana di FK UNDIP, dua di antaranya telah terakreditasi A dari BAN-PT, lho, yaitu Program Studi Kedokteran dan Program Studi Gizi. Sedangkan akreditasi tertinggi, yakni akreditasi Unggul, diraih oleh Program Studi Keperawatan!

Sedangkan 2 lainnya, yaitu Program Studi Farmasi dan Program Studi Kedokteran Gigi terakreditasi B. 

Daya Tampung dan Passing Grade FK UNDIP 

Mengetahui jam terbang dan mutu program studi di FK UNDIP, nggak heran jika jurusan di FK UNDIP menjadi fakultas yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2021. 

Melansir dari kompas.com, dua program studi FK UNDIP, yaitu Program Studi Kedokteran dan Keperawatan masuk dalam 5 besar prodi yang paling diminati di UNDIP pada SBMPTN 2021, lho. Nah, elo penasaran berapa, sih, daya tampung FK UNDIP? Cek infografis di bawah, ya!

Info Daya Tampung dan Jumlah Peminat FK UNDIP di Tahun 2021
Daya Tampung FK UNDIP (Sumber: pmb.undip.ac.id)

Selain informasi daya tampung, hal yang nggak kalah sering ditanyakan adalah terkait passing grade FK UNDIP. Padahal, sejak awal, nggak ada universitas yang membagikan informasi passing grade, lho. Informasi passing grade baru akan diketahui setelah selesai seleksi.  Selengkapnya bisa elo baca di artikel ini, ya, untuk lebih jelasnya. Oke?  

Tips Masuk FK UNDIP

Karena ketatnya persaingan masuk FK UNDIP, gue udah siapin beberapa tips masuk FK UNDIP buat elo, nih. Kali aja bisa meningkatkan peluang masuk FK UNDIP buat elo. Catat informasinya, ya.

  • Yakinkan diri kalo elo udah mantep memilih prodi yang elo tuju. Mengapa? Karena kalau elo masih labil dalam menentukan prodi, hal ini bisa menghambat persiapan belajar, lho. Kan enak kalau elo udah tau, misal jurusan inceran elo itu masuk ranah Saintek. Elo bisa langsung gas belajar materi UTBK buat kelompok ujian Saintek, deh. Jadi, cara belajar elo bisa lebih terarah. 
  • Catat alur pendaftaran, baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri. Jangan salah, hal ini akan sangat membantu elo dalam mempersiapkan strategi belajar, lho. 
  • Pelajari materi yang diujikan di tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jangan hanya mengandalkan jalur SNMPTN yang menggunakan nilai rapor. Elo juga harus memaksimalkan tiga jalur pendaftaran yang dibuka. Mengapa? Supaya elo lebih siap jika nantinya elo nggak lolos SNMPTN, elo nggak ketar-ketir karena belum mempersiapkan diri menghadapi tes tulis seperti tes UTBK dan seleksi mandiri. 
  • Pelajari soal-soal tahun sebelumnya. Hal ini berguna supaya elo terbiasa dengan tipe soal tes PTN. Nggak hanya itu, ketahui juga jumlah soal, sistem penilaian, dan atur strategi pengerjaan terbaik versi elo, ya. 
  • Mengikuti try out masuk PTN. Sesekali, elo perlu uji pemahaman materi dengan mengikuti try out, lho. Dengan itu, elo bisa mengevalusi materi mana yang perlu elo pelajari ulang. Selain itu, try out juga bisa menjadi salah satu latihan elo untuk mengatur waktu pengerjaan soal tes PTN, lho.
BACA JUGA :  Contoh Soal PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 10 dan Pembahasan

Oh iya, buat elo yang mengikuti tes UTBK SBMPTN 2022 gelombang satu jangan lupa jaga kesehatan, ya! Gue harap kerja keras elo selama ini menghasilkan keberhasilan! Fighting!

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah sobatcloud.com siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Setelah tes UTBK, masih ada jalur terakhir untuk masuk PTN impian, lho, yaitu jalur mandiri. Supaya persiapan elo makin mantep, elo bisa mengikuti try out ujian masuk kampus di sobatcloud.com, lho. Sama halnya dengan pisau yang makin diasah makin tajam, penguasaan materi belajar juga demikian. Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjutnya, ya!

CTA Zenius ultima plus
sobatcloud.com Ultima Plus

Referensi:

Sejarah – FK UNDIP (https://fk.undip.ac.id/)

Informasi – Program Studi Kedokteran FK UNDIP (https://psked.fk.undip.ac.id/)

Informasi – Program Studi Farmasi FK UNDIP (https://farmasi.fk.undip.ac.id/)

Informasi – Program Studi Gizi FK UNDIP (https://gizi.fk.undip.ac.id/)

Informasi – Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNDIP (https://skep.fk.undip.ac.id/)

Daya Tampung – FK UNDIP (https://pmb.undip.ac.id/)

Undip Buka 34.000 Kursi di SBMPTN 2022, Cek Jurusan Terfavorit – Kompas.com (2022)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *