Jurusan Ilmu Perpustakaan: Hanya Belajar Mengatur Buku?

pembaca sobatcloud.com, apa yang terpikir ketika elo mendengar perpustakaan? Ruang penuh buku yang gelap dan pengap? Eits, nggak semua perpustakaan seperti itu!

Sekarang udah ada banyak perpustakaan yang nyaman untuk kita belajar dan membaca buku. Selain itu, sistem pencarian buku di perpustakaan juga udah lebih mudah dengan adanya OPAC (Online Public Access Library).

Semua perkembangan ini bisa terjadi karena ilmu perpustakaan berkembang. Yup, perpustakaan juga ada ilmunya, loh. Ilmu ini bisa dipelajari di jenjang pendidikan tinggi, tepatnya di Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Nah, dalam artikel ini gue akan membahas tentang jurusan ilmu perpustakaan. Gue akan membahas materi perkuliahan di jurusan ilmu perpustakaan, mata kuliah di jurusan ilmu perpustakan, universitas yang memiliki jurusan ilmu perpustakaan, dan prospek karir untuk lulusan jurusan ilmu perpustakaan.

pembaca sobatcloud.com, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca juga:

Info Jurusan & Kuliah di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Belajar Apa di Jurusan Ilmu Perpustakaan?

pembelajaran di jurusan ilmu perpustakaan
Pembelajaran di Jurusan Ilmu Perpustakaan (Arsip sobatcloud.com)

Di dalam jurusan ilmu perpustakaan, elo bisa belajar semua hal tentang dunia perpustakaan. Mulai dari pengelolaan dan penyimpanan arsip, sistem pengelolaan katalog dan pencarian informasi, teknologi perpustakaan, hingga faktor-faktor lain yang berpengaruh pada pengalaman beraktivitas di perpustakaan.

Seiring berkembangnya waktu, perpustakaan bukan hanya tempat penyimpanan arsip bersejarah dan buku masa kini. Ada banyak perpustakaan yang juga mengelola media audio visual, alat pembelajaran, dan literatur dari dunia maya, seperti jurnal online, arsip website, dan literatur digital lainnya.

Nah, tentunya jurusan ilmu perpustakaan juga ikut berkembang, pembaca sobatcloud.com! Jadi, elo juga bakal belajar teknologi informasi terkait perpustakaan. Teknologi ini bisa elo gunakan untuk mengelola atau bahkan mengembangkan sistem katalog digital yang canggih, informatif, namun tetap mudah digunakan oleh pengguna perpustakaan.

BACA JUGA :  Ekologi dan Ruang Lingkupnya – Materi Biologi Kelas 10

Di era ini, perpustakaan jadi tempat yang menyimpan berbagai arsip dari berbagai periode, mulai dari masa yang kini kita sebut sejarah hingga era digital. Nah, dengan memahami ilmu perpustakaan, elo juga jadi berkontribusi pada transformasi perpustakaan menjadi pusat informasi yang lengkap, modern, dan relevan. Menarik, ya!

Baca juga:

Kuliah di Filsafat Itu Belajar Apa?

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Pada tahun pertama elo kuliah sebagai mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan, elo akan ketemu dengan berbagai mata kuliah pengantar. Di antaranya adalah Pengantar Ilmu Informasi, Perpustakaan & Kearsipan; Pengantar Teknologi Pengelolaan Informasi; dan Dasar-dasar Organisasi Informasi.

Materi-materi kuliah pengantar ini penting banget untuk elo kuasai karena merupakan dari berbagai mata kuliah lanjutan yang akan elo pelajari di semester-semester berikutnya.

Pada tahun-tahun berikutnya, elo akan ketemu mata kuliah yang lebih advance seperti Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi, Sistem Pemberkasan, Preservasi dan Konservasi, Rekod dan Arsip Elektronik, dan Manajemen Perpustakan Digital

Nah, supaya elo lebih paham gimana pembelajaran di jurusan ilmu perpustakaan, gue akan jelasin beberapa mata kuliah yang akan elo dapatkan di jurusan ini.

mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan (Arsip sobatcloud.com)

Metadata untuk Temu Balik Informasi

pembaca sobatcloud.com, elo pernah denger temu balik informasi? Nggak? Nah, kalau information retrieval pasti pernah denger, kan? Temu balik informasi adalah sistem untuk menemukan suatu informasi atau literatur tertentu dalam suatu basis data yang besar.

Jadi, di dalam mata kuliah ini, elo akan belajar untuk mengatur informasi-informasi di suatu dokumen atau literatur, sehingga proses temu balik data atau information retrieval ini menjadi mudah dan sistematis.

Manajemen Perpustakaan Digital

Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan koleksi digital, teknologi informasi, dan strategi manajemen di era digital. Elo akan belajar konsep dasar pengelolaan perpustakaan digital, seperti pembentukan dan pengembangan koleksi digital, pengaturan metadata, dan implementasi standar yang berlaku.

Elo juga akan belajar teknologi perpustakaan digital, seperti sistem manajemen pustaka, software yang digunakan, dan gimana cara mengamankan informasi digital. Elo mungkin juga akan membahas isu-isu penting seperti hak cipta dan penggunaan data digital.

BACA JUGA :  Sejarah Rupiah dan Sebelum ada Rupiah, Dengan Mata Uang Apa Orang Indonesia Bertransaksi?

Baca juga:

Kuliah Jurusan Sejarah Harus Menghafal Seperti di Sekolah Nggak, Ya?

Psikologi Perpustakaan dan Informasi

pembaca sobatcloud.com, kebayang nggak kalau dalam jurusan ilmu perpustakaan elo akan belajar tentang psikologi juga? Tenang, elo nggak akan belajar tentang teori-teori yang rumit, kok. Hanya psikologi dasar yang dibutuhkan dalam perpustakaan aja sebagai tempat kerja elo.

Kalau elo bekerja di perpustakaan, tentu elo akan berinteraksi dengan rekan kerja dan para pengunjung perpustakaan. Nah, dasar psikologi ini dibutuhkan supaya interaksi antar pihak di perpustakaan terjadi dengan efektif dan efisien.

Desain dan Pengembangan Interior Perpustakaan

Dalam mata kuliah ini, elo akan belajar prinsip  desain ruang perpustakaan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tujuan perpustakaan.

Mulai dari strategi interior perpustakaan, supaya perpustakaan jadi tempat yang nyaman bagi pengguna dalam berkegiatan. Elo juga bisa belajar manajemen ruang dan pengaturan koleksi supaya operasional perpustakaan jadi lebih efisien.

Elo juga bisa explore penggunaan teknologi dalam perpustakaan untuk menciptakan pengalaman tertentu dan atmosfer yang nyaman bagi pengguna. Misalnya, penggunaan teknologi sebagai pusat informasi dan navigasi di dalam perpustakaan.

Baca juga:

Kupas Tuntas Jurusan Arkeologi

Universitas yang Punya Jurusan Ilmu Perpustakaan

universitas yang punya jurusan ilmu perpustakaan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

prospek karir jurusan ilmu perpustakaan
Prospek Karir Jurusan Ilmu Perpustakaan (Arsip sobatcloud.com)

Sebagai lulusan jurusan ilmu perpustakaan, ada beragam prospek karir yang bisa elo kejar. Setiap jenis pekerjaan ini tentu butuh pengetahuan dan skill yang berbeda-beda. Makanya, selain belajar materi perkuliahan, kita perlu banget mengasah soft skill kita saat kuliah nanti.

Oke, bahasan soft skill sampe situ dulu. Kita lanjut dulu ke berbagai prospek karir untuk lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan!

Pustakawan atau Librarian

Pustakawan atau librarian adalah karir utama yang bisa elo kejar sebagai lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan. Elo bisa bekerja di perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi, perpustakaan daerah, atau perpustakaan privat milik instansi tertentu.

Sebagai seorang pustakawan, elo bertugas untuk mengelola koleksi milik perpustakaan, memberikan layanan referensi kepada pengunjung perpustakaan, serta membantu pengunjung untuk mengakses semua fasilitas di perpustakaan.

BACA JUGA :  Prediksi Soal Ujian Nasional SD, SMP, SMA sesuai SKL

Arsiparis

Karir selanjutnya yang bisa elo pilih setelah lulus dari jurusan ilmu perpustakaan adalah menjadi arsiparis. Arsiparis bertugas untuk mengelola dan memelihara arsip dokumen, rekaman, atau materi lain yang memiliki nilai sejarah, administratif, atau hukum.

Secara sekilas arsiparis ini mirip dengan pustakawan, ya? Perbedaan keduanya adalah pada ruang lingkup koleksi dan tugas. Arsiparis berurusan dengan dokumen dan rekaman yang punya nilai administratif atau sejarah, sedangkan pustakawan lebih fokus pada sumber daya informasi yang untuk pembelajaran, penelitian, dan hiburan.

Nah, arsiparis bisa kerja di lembaga pemerintahan seperti pusat arsip daerah atau pusat arsip nasional, lembaga pendidikan, media, dan juga perusahaan.

Kurator

Pekerjaan selanjutnya yang bisa elo lakukan adalah menjadi kurator. Kurator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap koleksi di museum dan galeri seni. Biasanya, kurator juga bertugas memilih karya dalam perancangan pameran.

Nah, dengan pengetahuan yang elo dapat terkait manajemen informasi dan pengelolaan koleksi, elo bisa banget menjadi kurator di suatu institusi. Meski begitu, untuk mengejar karir ini, tentu elo juga perlu memiliki pengetahuan tambahan terkait seni atau karya bersejarah.

Baca juga:

Info Lengkap Kuliah di Jurusan Pariwisata

Apa Ini Jurusan yang Tepat untuk Elo?

pembaca sobatcloud.com, gimana pendapat elo setelah baca penjelasan tentang jurusan ilmu perpustakaan? Apa elo jadi tertarik dan ingin mendalami bidang ini lebih jauh?

Atau elo masih ingin coba explore pilihan jurusan yang lain?

Nggak masalah, pembaca sobatcloud.com! sobatcloud.com akan terus membantu elo sampe elo punya tujuan. Elo bisa cari tau dan explore berbagai jurusan kuliah dengan Kampus 101 dari sobatcloud.com.

Klik banner di bawah ini untuk download Kampus 101 gratis!

Jurusan Ilmu Perpustakaan: Hanya Belajar Mengatur Buku? 9

Terus, gimana persiapan elo dalam menghadapi SNBT dan Ujian Mandiri di tahun yang akan datang, pembaca sobatcloud.com?

Udah yakin banget atau masih ngerasa banyak pelajaran yang belom elo kuasai? Nggak perlu khawatir, Sob! sobatcloud.com akan membantu elo dalam belajar sampe elo mencapai kampus impian!

Dengan sobatcloud.com, elo bisa akses ribuan video materi yang kapan aja, latihan soal untuk membantu elo belajar, try out untuk menguji kemahiran elo, serta live class dengan para tutor yang super cerdas dan helpful.

Nggak hanya itu, elo juga bisa ketemu sesama pembaca sobatcloud.com yang sedang berjuang untuk mencapai prestasi mereka. Belajar elo semakin seru bersama sobatcloud.com!Yuk, segera berlangganan sobatcloud.com dengan klik banner di bawah ini.

Langganan Zenius

Semangat selalu, pembaca sobatcloud.com!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *