Mengenal Jurusan Pariwisata: Info Kuliah & Prospek Karir

Zen, pasti enak banget kalau ada jurusan kuliah yang materinya adalah tentang jalan-jalan ke berbagai tempat wisata. Belajar tapi ambil healing!

Eits, tentu aja ada, pembaca sobatcloud.com! Kali ini gue mau ngajak elo berkenalan dengan jurusan pariwisata.

Gue akan bahas apa aja yang dipelajari di jurusan pariwisata, universitas yang punya jurusan pariwisata, serta prospek karir untuk jurusan pariwisata. Simak, ya!

Apa Itu Jurusan Pariwisata?

Program studi atau jurusan pariwisata adalah jurusan yang fokusnya adalah melakukan penelitian, menganalisis, dan mengembangkan aktivitas di industri pariwisata. 

Selama kuliah, kita akan belajar strategi mengelola destinasi wisata. Nah, destinasi wisata ini jenisnya beragam, guys. Ada wisata sejarah, ada wisata buatan manusia, juga ada wisata alam. Setiap jenis wisata ini tentu membutuhkan tata kelola yang berbeda-beda.

Misalnya, pengelolaan destinasi wisata alam biasanya juga mempertimbangkan kondisi ekosistem lingkungan di sekitarnya. Materi ini akan dibahas secara khusus di dalam mata kuliah jurusan pariwisata ini.

Baca juga:

Belajar tentang Manusia dalam Jurusan Antropologi

Mempelajari Berbagai Aspek Pendukung Wisata

Selain itu, industri wisata ini kompleks banget, guys. Ada banyak aspek pendukungnya, misalnya hotel, hospitality, event organizing, dan biro perjalanan. Nah, semua hal ini juga akan dipelajari secara mendalam di jurusan pariwisata.

Kalau elo kuliah di jurusan pariwisata, elo nggak hanya akan belajar teori. Biasanya elo juga akan mendapat kesempatan magang supaya bisa merasakan langsung industri pariwisata. Elo bisa magang di travel agency, maskapai penerbangan, atau hotel.

Wah, ilmu di jurusan ini sepertinya bisa ngebuat liburan kita jadi lebih seru, ya!

Penelitian dan Kebijakan dalam Pariwisata

Berarti belajar di jurusan pariwisata, kita akan praktik terus, Zen?

Mata kuliah praktik tentu aja ada, karena jurusan ini dekat banget dengan dunia industri. Tapi, ada juga materi yang membahas tentang teori, pembaca sobatcloud.com. Misalnya, mata kuliah yang membahas kebijakan dan regulasi dalam dunia pariwisata.

BACA JUGA :  Perkembangan Teori Evolusi Darwin, Lamarck, dll – Materi Biologi Kelas 12

Selain itu, biasanya juga ada mata kuliah yang membahas penelitian-penelitian di dalam dunia pariwisata. Yup, you hear it right! Pariwisata juga punya banyak riset.

Riset pariwisata ini justru penting banget karena hasilnya bisa jadi insight yang bagus untuk penentuan strategi baru dalam pengembangan bisnis pariwisata. Hasil riset ini juga bisa jadi dasar untuk pembuatan kebijakan oleh pemerintah.

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Mata kuliah jurusan pariwisata
Mata kuliah jurusan pariwisata (Arsip sobatcloud.com)

pembaca sobatcloud.com, supaya kita bisa memahami lebih jelas tentang jurusan pariwisata, gue akan kasih tau beberapa mata kuliah yang akan elo dapat jika elo bergabung dengan jurusan pariwisata.

Pariwisata Maritim dan Kepulauan

Mata kuliah ini membahas tentang wisata dan kegiatan rekreasi di daerah pesisir dan laut. Kita akan belajar tentang konsep dasar wisata bahari, misalnya potensi wisata bahari di berbagai ekosistem pesisir dan laut.

pembaca sobatcloud.com, wisata bahari ini adalah salah satu contoh wisata yang ekosistemnya perlu dilindungi. Jadi, bahasan mata kuliah ini nggak akan jauh-jauh dari strategi perencanaan kawasan wisata bahari yang eco-friendly dan sustainable untuk wilayah pesisir dan laut.

Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas tentang dampak dan peran wisata dalam bagi masyarakat lokal sekitar pesisir. Bahasannya menarik banget, ya!

Manajemen Komplain dan Kualitas Layanan

pembaca sobatcloud.com, industri pariwisata itu adalah industri yang dekat banget dengan keluhan pelanggan. Nah, keluhan ini justru harus dikelola dengan baik, karena bisa jadi sarana untuk meningkatkan kualitas dari industri kita.

Makanya, ada mata kuliah khusus yang membahas tentang strategi dan teknik untuk mengelola keluhan pelanggan. Di mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari standar layanan, alat pengukuran, serta cara menilai kualitas layanan.

Baca juga:

Jurusan Arkeologi: Mata Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerja

Manajemen Operasi Hotel dan Resort

pembaca sobatcloud.com, seperti yang gue kasih tau di awal, jurusan pariwisata juga akan mempelajari aspek-aspek pendukung pariwisata, misalnya hotel dan resort. Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang cara mengelola hotel dan resort dengan efisien dan efektif.

BACA JUGA :  Bagaimana Orang Kesurupan Menurut Ilmu Kedokteran?

Jadi, kita akan membahas aspek-aspek penting dalam industri perhotelan, misalnya pelayanan front office, housekeeping, serta food and beverage. Selain itu, pekerjaan “di balik layar” dari dunia perhotelan seperti marketing juga dibahas di mata kuliah ini.

Manajemen MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)

pembaca sobatcloud.com, elo pernah mendengar tentang acara pertemuan dan konvensi yang diadakan di negara dan tempat tertentu? Atau pernah tau pameran yang diadakan dengan meriah? Kegiatan-kegiatan ini juga bagian dari pariwisata, lho.

Mata kuliah ini akan mempelajari cara merencanakan dan mengorganisasi berbagai jenis acara bisnis dan pertemuan. Kita akan belajar strategi perencanaan, pemilihan lokasi yang tepat, manajemen anggaran, promosi, dan logistik dalam konteks MICE.

Baca juga:

Info Kuliah, Akreditasi, dan Daftar Jurusan di FISIP UNAIR

Universitas yang Memiliki Jurusan Pariwisata

Ada berbagai universitas di Indonesia yang punya jurusan pariwisata. Program studi ini ada yang jenjangnya D3, D4, dan juga S1. Bahkan, ada pula sekolah pascasarjana untuk jurusan ini. Nah, berikut ini adalah beberapa universitas yang memiliki jurusan pariwisata.

Universitas yang memiliki jurusan pariwisata

Prospek Karir Jurusan Pariwisata

pembaca sobatcloud.com, setelah elo membaca beberapa mata kuliah di atas, apakah elo udah kebayang prospek karir untuk jurusan pariwisata? Prospek karir jurusan ini ada banyak banget. Kita coba lihat beberapa, ya!

Konsultan Pariwisata

Konsultan pariwisata biasanya memberikan saran dan rekomendasi kepada organisasi pariwisata, destinasi, atau perusahaan untuk pengembangan bisnis mereka. Konsultan pariwisata ini bekerja dengan menganalisis data pasar, tren perjalanan, dan kebutuhan pelanggan.

Tugas utama dari konsultan pariwisata adalah merancang strategi pemasaran, mengembangkan rencana bisnis, memberikan saran tentang manajemen operasional, dan membantu destinasi atau perusahaan mencapai tujuan pariwisata mereka.

Pengembang Pariwisata

Prospek karir lainnya dari jurusan pariwisata adalah pengembang pariwisata. Pengembang pariwisata adalah orang yang mengidentifikasi, merancang, dan mengelola proyek-proyek pengembangan pariwisata seperti resor, taman hiburan, atau objek wisata baru.

Pengembang pariwisata bertugas untuk membuat rencana bisnis, melakukan studi kelayakan, mengelola perizinan proyek, serta memastikan proyek berjalan sesuai rencana. Nah, karena tugasnya yang rumit ini, pengembang pariwisata kudu punya pemahaman mendalam tentang industri, manajemen proyek, dan keuangan.

BACA JUGA :  Pembahasan Lengkap Mata Pelajaran Ekonomi

Baca juga:

Jurusan Sastra Indonesia: Kampus Hingga Prospek Kerjanya

Manajer Food & Beverage

Guys, seperti yang tadi udah kita baca, aspek pendukung dari pariwisata seperti hotel dan restoran juga dipelajari di dalam jurusan ini. Makanya, elo bisa bekerja di bidang yang nggak langsung berkaitan dengan destinasi wisata.

Manajer food & beverage biasanya bekerja di restoran dan bertanggung jawab atas operasi harian restoran. Meskipun pekerjaannya berkaitan dengan makanan, biasanya manajer ini juga bertugas untuk mengelola staf, mengelola stok bahan baku, dan memastikan kualitas produk tetap terjaga.

Agen Perjalanan

Nah, sebagai lulusan jurusan pariwisata, tentu elo juga bisa bekerja sebagai agen perjalanan. Agen perjalanan bertugas membantu pelanggan merencanakan dan mengatur perjalanan mereka.

Tugas agen perjalanan itu memastikan wisata kliennya berlangsung dengan smooth dari pemesanan tiket. Agen perjalanan akan mengurus kebutuhan perjalanan, melakukan reservasi, dan memastikan layanan pelanggan yang berkualitas.

Dinas & Lembaga Pariwisata

Seorang lulusan jurusan pariwisata bisa bekerja di pemerintahan, nggak? Bisa, dong! Di Indonesia ada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang khusus mengatur tentang bidang pariwisata.

Kementerian pariwisata bertugas untuk membuat kebijakan terkait pariwisata. Jadi, elo akan merancang strategi promosi wisata secara nasional, mengelola regulasi pariwisata, memberikan dukungan ke destinasi wisata, serta mengumpulkan dan menganalisis data tentang kunjungan wisatawan.

Baca juga:

Info Kuliah, Syarat Masuk, dan Jurusan di FIKOM UNPAD

pembaca sobatcloud.com, masih ada banyak peluang kerja lain di luar semua yang baru aja gue sebutkan. Nah, penting banget untuk mulai merencanakan cita-cita elo dari sekarang. Kalau elo udah punya tujuan, elo juga jadi bisa menentukan apakah jurusan ini sesuai untuk elo.

Apakah Ini adalah Jurusan yang Tepat untuk Elo?

pembaca sobatcloud.com, apa pendapat elo setelah membaca seluruh penjelasan tadi? Apakah elo ngerasa bahwa jurusan pariwisata adalah jurusan yang tepat untuk elo?

Kalau elo masih belum yakin, nggak apa-apa, pembaca sobatcloud.com!

Elo masih bisa cari tau dan explore berbagai jurusan lain bersama sobatcloud.com dengan Kampus 101. Klik banner di bawah ini untuk download panduan jurusan gratis!

Mengenal Jurusan Pariwisata: Info Kuliah & Prospek Karir 9

pembaca sobatcloud.com, gimana persiapan elo untuk mencapai kampus impian?

sobatcloud.com hadir di sini untuk membantu elo mencapai impian elo dengan berbagai paket belajar yang sesuai untuk elo. Paket belajar ini dilengkapi dengan materi video, live class dengan tutor-tutor sobatcloud.com, serta latihan dan pembahasan soal.

Segera klik banner di bawah ini untuk memilih paket belajar yang sesuai dengan elo, ya!

Langganan Zenius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *