Cara Import Kelas dari Google Classroom ke ZenRu sebagai Media Pembelajaran Daring – Zenius untuk Guru

Halo Bapak dan Ibu Guru, bagaimana kegiatan belajar mengajarnya? Masih semangat dong menghadirkan pembelajaran yang bermakna?

Pastinya, banyak cara yang sudah Bapak dan Ibu Guru lakukan untuk menciptakan pembelajaran bermakna. Apalagi saat pembelajaran daring. Kita jadi mencoba berbagai media pembelajaran kreatif untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

Sekarang, banyak banget aplikasi pembelajaran daring yang bisa kita manfaatkan. Mulai dari yang mudah sampai sulit, dan dari yang gratis sampai berbayar.

Meskipun sekarang sekolah sudah kembali tatap muka, nggak ada salahnya kalau kita memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Kita bisa menggabungkan media tradisional dan teknologi. Tujuannya, agar siswa nggak cepat bosan dan tetap tertarik sama pelajaran yang diberikan.

Salah satu media pembelajaran daring yang bisa digunakan adalah LMS (Learning Management System) ZenRu (sobatcloud.com untuk Guru). Nggak cuma mudah, video materi dan latihan soalnya bisa diakses secara gratis, lho.

Hmm, apa saja ya fitur yang ada di LMS ZenRu? Sebelum menjelaskannya lebih lanjut, yuk kita bahas media pembelajaran yang ada saat ini.

Media Pembelajaran Masa Kini

Segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan materi pelajaran disebut sebagai media pembelajaran. Media itu harus bisa menyampaikan pengetahuan dan mengembangkan pemikiran dalam prosesnya.

Bisa dibilang, sekarang zaman sudah cukup canggih ya, Bapak dan Ibu Guru. Adanya perkembangan teknologi membuat kita bisa bergerak lebih cepat dan bekerja lebih mudah. Termasuk, munculnya berbagai aplikasi media pembelajaran. 

Tapi, saya penasaran nih. Apakah sebelumnya Bapak dan Ibu Guru pernah terpikirkan hal ini? Kalau kita bisa melakukan kegiatan pembelajaran semudah ini?

BACA JUGA :  Skala Peta, Rumus, dan Jenisnya – Materi Geografi Kelas 10

Saya jadi teringat film Stand By Me Doraemon (2014). Saat menonton film ini, rasanya saya melihat contoh kehidupan masa depan. Salah satunya adalah kendaraan yang melintas di atas, sementara orang-orang berjalan di bawah.

kota masa depan yang digambarkan film Doraemon
Cuplikan Trailer film Stand By Me Doraemon yang menggambarkan kota masa depan. (Dok. YouTube Movie&New)

Nah, gambaran itu sama halnya dengan kondisi Jakarta saat ini. Ada MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit) yang beroperasi di atas, berbeda dengan kendaraan lain.

Jadi, mungkin saja kota yang ada di film Doraemon ini bisa benar-benar terjadi seiring kemajuan zaman. Nggak menutup kemungkinan juga teknologi komputer dapat membantu pendidikan dalam memudahkan proses pembelajaran.

Coba kita ingat-ingat lagi ya, Bapak dan Ibu Guru. Sekarang kita bisa menggunakan kelas virtual untuk bertemu dan berinteraksi sama siswa. Ya, meskipun semuanya masih terbatas di balik layar.

data internet di kalangan siswa setiap tahun
Penggunaan internet yang semakin meningkat di kalangan siswa menjadi contoh perkembangan teknologi dalam pembelajaran. (Arsip sobatcloud.com, Dok. Databoks Katadata)

Nggak hanya itu, kita juga bisa memberikan materi, membagikan soal, bahkan melakukan ulangan secara daring. Semua kegiatan pembelajaran ini bisa dilakukan salah satunya melalui LMS sobatcloud.com untuk Guru.

Sebagai salah satu contoh media pembelajaran yang menarik, LMS ZenRu memberikan kemudahan bagi guru dan siswa untuk berkomunikasi lewat kelas virtual. Ada banyak video materi kreatif yang bisa mendukung dan meningkatkan semangat belajar.

Selain video materi dan latihan soal, apa saja hal yang bisa dilakukan di kelas virtual LMS sobatcloud.com untuk Guru?

Berkenalan dengan LMS sobatcloud.com untuk Guru

LMS sobatcloud.com untuk Guru merupakan media pembelajaran daring yang bisa mempercepat tugas Bapak dan Ibu Guru. Cara mengakses kelas virtualnya juga beragam, mulai dari website guru.zenius.net sampai aplikasi sobatcloud.com.

cara impor kelas google classroom ke lms zenius untuk guru
Cara impor kelas Google Classroom ke kelas sobatcloud.com untuk Guru. (Arsip sobatcloud.com)

Lewat berbagai fiturnya, LMS ZenRu mendukung proses pembelajaran tatap muka atau daring. Fitur-fitur itu di antaranya:

  1. Ribuan video materi pembelajaran yang bisa dibagikan secara mudah ke siswa.
  2. Bank soal yang dilengkapi pembahasannya.
  3. Fitur penilaian dengan sistem yang bersifat otomatis.
  4. Kemudahan melihat progres belajar dan laporan penilaian siswa secara langsung.
  5. Impor kelas Google Classroom ke dalam ZenRu.
BACA JUGA :  Sifat & Rumus Integral Tak Tentu – Materi Matematika Kelas 11

Informasi selengkapnya tentang fitur-fitur sobatcloud.com untuk Guru bisa dibaca di artikel Cara Mudah Memberi Penilaian | Fitur ZenRu.

Oh iya, semua fitur di atas bisa dilakukan di dalam kelas virtual ZenRu. Jadi, pastikan Bapak dan Ibu Guru sudah membuat kelasnya, ya.

Untuk mengetahui cara membuat kelas di sobatcloud.com untuk Guru, silakan klik link di bawah ini!

Nah, dari sekian banyak fitur yang ada, saya ingin membahas satu fitur paling menarik, yaitu impor kelas Google Classroom. Apakah Bapak dan Ibu Guru sudah menggunakan fitur ini?

Impor Kelas Google Classroom ke sobatcloud.com untuk Guru

Sebagian besar Bapak dan Ibu Guru pasti sudah nggak asing lagi dengan Google Classroom. Sebagai produk dari Google, platform ini juga mempunyai kelas virtual seperti LMS ZenRu. Nah, di sinilah kemudahan yang diberikan.

Bagi Bapak dan Ibu Guru yang sudah punya kelas Google Classroom, pastinya proses pembelajaran lebih cepat kalau kelasnya terintegrasi dengan LMS ZenRu. Sehingga nantinya, ribuan materi dan bank soal bisa diakses secara mudah.

Dengan fitur impor kelas, Bapak dan Ibu Guru nggak perlu repot menambahkan kelas Google Classroom satu per satu. Cukup integrasikan keduanya, lalu materi dan penilaian yang ada di sobatcloud.com untuk Guru akan terhubung ke Google Classroom.

Langkah Impor Kelas Google Classroom

Untuk mengimpor kelas Google Classroom ke LMS sobatcloud.com untuk Guru, Bapak dan Ibu Guru perlu mengaksesnya lewat website. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka sobatcloud.com untuk Guru melalui website guru.zenius.net
  2. Klik tombol “Impor Kelas Google Classroom” di pojok kanan atas.
  3. Pilih akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk masuk ke LMS ZenRu.
  4. Klik tombol “Allow” atau ijinkan.
  5. Pilih Tingkat Kelas, masukkan Mata Pelajaran, lalu klik tombol “Simpan”.
  6. Kelas Google Classroom berhasil diimpor ke LMS ZenRu.
BACA JUGA :  Hari Olahraga Nasional, Tengok Fakta Menariknya, Yuk!

Gimana, Bapak dan Ibu Guru? Jadi semakin semangat ya memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Nggak cuma lewat metode-metode yang menarik, manfaatkan juga LMS ZenRu sebagai media pembelajarannya.

Ingin menggunakan LMS sobatcloud.com untuk Guru dalam pembelajaran? Yuk, klik gambar di bawah ini!

lms zenru

Referensi

Cara Mudah Memberi Penilaian | Fitur ZenRu – sobatcloud.com untuk Guru – Blog sobatcloud.com (2022)

Cara Membuat dan Login Classroom Google – Katadata (2021)

Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat – Databoks Katadata (2021)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *