Gampang Banget, Ini Cara Bayar via QRIS Gopay

Mengenal QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sistem pembayaran berupa QR Code yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI). Pembayaran melalui QR Code bukan hal baru di era digital ini. Sejak beberapa tahun lalu, QR Code sudah dipakai di sejumlah negara seperti Singapura, India, Thailand, dan Malaysia. Begitu pandemi melanda dan kontak fisik dibatasi, QR Code dianggap sebagai salah satu metode efektif untuk pembayaran nontunai. Kita hanya perlu memindai kode yang tersedia di minimarket atau merchant dan pembayaran pun bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk bisa memiliki QRIS, pemilik bisnis harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi atau situs resmi QRIS. Dengan beberapa persyaratan seperti KTP/KITAS/Paspor, izin legalitas usaha, dan NPWP, pemiliki bisnis akan memiliki QRIS pribadi yang diterbitkan oleh BI untuk memudahkan pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan metode ini.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap kepraktisan yang ditawarkan oleh QRIS, banyak platform pembayaran yang menambahkan fitur ini pada. Salah satunya adalah Gopay. Sebagaimana yang diketahui, Gopay merupakan produk dompet digital dari aplikasi Gojek. Untuk melakukan pembayaran melalui Gopay, kita perlu memiliki akun dan mengisi saldo terlebih dahulu.

Pembayaran melalui Gopay bisa dilakukan secara online maupun offline. Pada pembayaran offline inilah fitur QR Code di Gopay digunakan. Lalu, bagaimana cara bayar menggunakan QRIS Gopay?

Cara Bayar QRIS Gopay

Setidaknya ada dua jenis pembayaran yang bisa dilakukan ketika kita memanfaatkan fitur pindai QR Code di Gopay. Berikut ulasannya:

BACA JUGA :  Internet Lokal: Pengertian dan Cara Penggunaannya

1. Scan QR Code di Merchant

Untuk pembayaran di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan Gojek seperti Alfamart atau Indomaret, cara bayar menggunakan QR Code Gopay cukup mudah, yaitu:
– Buka aplikasi Gojek lalu pilih menu “Bayar”
– Setelah itu pindai QRIS yang biasanya ada di kasir
– Masukkan nominal transaksi dan pastikan nominal telah sesuai sebelum lanjut ke langkah berikutnya
– Kilik “Konfirmasi & Bayar”
– Masukkan kode PIN Gopay
– Pembayaran berhasil

2. Menunjukkan QR Code Pengguna

Selain memindai QRIS yang ada di merchant, kita juga bisa menunjukkan QR Code Gopay yang ada di aplikasi untuk melakukan pembayaran. Adapun caranya adalah:
– Buka aplikasi Gojek lalu pilih menu “Bayar”
– Klik “Kode Gopay”
– Masukkan PIN Gopay
– Selanjutnya pilih menu “QR Code” untuk memunculkan QRIS Gopay kita
– Tunjukkan QRIS pada kasir untuk dipindai
– Pembayaran pun berhasil dilakukan

Untuk kedua jenis pembayaran QRIS di Gopay ini, pengguna tidak akan dikenai biaya apapun alias gratis. Bisa dibilang, cara membayar ini cukup efektif dan efisien. Selain pembayaran di merchant, QR Code di Gopay juga bisa dipakai untuk membayar karcis parkir di sejumlah tempat yang telah bekerja sama dengan Gojek. Caranya sangat mudah, yaitu:
– Buka aplikasi Gojek dan pilih menu “Bayar”
– Scan karcis parkir
– Masukkan PIN Gopay
– Pembayaran pun berhasil

Untuk memastikan semua cara pembayaran di atas berhasil, pastikan saldo Gopay terisi dengan nominal yang memadai dan smartphone terhubung ke layanan internet aktif.

Cara Cek Apakah Pembayaran Berhasil

Seperti metode bayar lainnya, pembayaran dengan memanfaatkan fitur kode QR di Gopay akan memunculkan notifikasi ketika transaksi sukses dilakukan. Jadi jika ingin tahu apakah pembayaran berhasil, kita bisa mengecek notifikasi dari aplikasi Gojek. Apabila masih ragu, cek halaman “History” untuk melihat daftar semua transaksi baik yang sukses ataupun tidak.

BACA JUGA :  Tertarik Kuliah di Malaysia? Baca Dahulu Hal-Hal Penting Berikut!

Bagaimana, tertarik memanfaatkan fitur QRIS di Gopay? Supaya saldo Gopay selalu penuh dan bisa dipakai untuk membayar, pastikan untuk selalu mengisinya, ya! Gopay termasuk e-wallet yang fleksibel dan pengisian saldonya bisa dilakukan melalui berbagai platform.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *