Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya

Kali ini, kita akan ngulik materi Kimia untuk Kelas 12 tentang pengertian fraksi mol dan rumus fraksi mol. sobatcloud.com udah nyiapin materi selengkapnya. Yuk, baca sampai habis dan catat poin-poin pentingnya, ya!

Gue yakin pasti elo termasuk orang yang sering atau minimal pernah nongkrong bareng teman-teman sepermainan di kedai kopi.

Kayaknya sih, itu udah bukan hal yang aneh lagi. Soalnya kedai kopi udah menjamur banget di mana-mana. Saking menjamurnya, elo ngesot bentar dari kedai kopi A aja pasti udah nyampe di kedai kopi B.

Tiap datang dan beli minuman di kedai kopi, gue rajin banget merhatiin baristanya. Gue suka aja tiap ngeliat espresso yang terlarut di dalam air kemudian berubah menjadi larutan americano.

Larutan kopi terdiri atas gabungan zat pelarut dan zat terlarut.
Ilustrasi larutan es kopi. (Dok. Rawpixel)

FYI, di pelajaran Kimia hal itu juga dipelajari, lho!

Espresso disebut sebagai zat terlarut, sedangkan air disebut sebagai zat pelarut. Gabungan antara keduanya pun menghasilkan yang namanya larutan berupa americano.

Dalam hitung-hitungannya, banyaknya zat terlarut di dalam zat pelarut itu disebut konsentrasi. Konsentrasi dari larutan ini bisa berupa macam-macam, salah satunya yaitu fraksi mol.

Elo tahu nggak apa itu fraksi mol? BTW, fraksi mol ini nggak ada kaitannya dengan fraksi DPR ya, tolong dibedakan.

Nah, kalau elo nggak tahu, kebetulan banget kali ini gue mau kupas tuntas tentang si fraksi mol ini. Mulai dari pengertian, rumus, sampai ke contoh soalnya.

Hey Ho, let’s go!

Pengertian Fraksi Mol

Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, fraksi mol dengan fraksi DPR itu nggak sama dan nggak ada kaitannya. Fraksi yang dimaksud di sini bukan perkumpulan orang-orang seperti di fraksi DPR, bukan juga sarana transportasi umum karena itu namanya taksi.

BACA JUGA :  Menghitung Luas Juring dan Tembereng Pada Lingkaran

Dikutip dari Britannica, fraksi mol adalah salah satu satuan konsentrasi larutan selain molalitas dan molaritas. Fraksi mol ini bisa dibilang merupakan bagian dari zat terlarut atau zat pelarut dari mol totalnya.

Dengan kata lain, fraksi mol itu berfungsi untuk menyatakan suatu konsentrasi larutan dengan cara membandingkan jumlah mol sebagian zat, baik itu zat terlarut (nt) atau zat pelarut (np), terhadap jumlah mol dari total keseluruhan komponen larutan (nt + np).

Materi fraksi mol ini wajib banget buat elo kuasai, soalnya satuan fraksi mol adalah salah satu satuan yang penting dalam larutan karena digunakan dalam perhitungan sifat koligatif larutan.

Nah, biar elo bisa makin ngerti dan menguasai, kayaknya paling enak kalau kita lanjut ngomongin rumus dari materi ini.

Rumus Fraksi Mol

Untuk menghitung fraksi mol, tentu kita memerlukan cara mencari fraksi mol. Caranya udah pasti menggunakan rumus-rumus yang udah ditemukan.

Rumus atau cara menghitung fraksi mol terbagi menjadi dua nih, yaitu:

  1. Fraksi Mol Zat Terlarut (XT)

Pertama, ada rumus untuk mencari fraksi mol dari zat terlarut. Caranya gimana? Gampang banget!

Elo cukup memasukkan jumlah dari mol zat terlarut (nt), kemudian elo bagi dengan jumlah dari mol keseluruhan alias mol zat terlarut (nt) ditambah dengan mol zat pelarut (np).

Untuk lebih jelasnya, elo bisa liat ilustrasi yang udah gue buat di bawah.

Rumus untuk mencari fraksi mol dari zat terlarut.
Rumus fraksi mol dari zat terlarut. (Arsip sobatcloud.com)
  1. Fraksi Mol Zat Pelarut (XP)

Selanjutnya ada rumus untuk mencari fraksi mol dari zat pelarut. Caranya mirip banget dengan yang tadi.

Elo cukup memasukkan jumlah dari mol zat pelarut (np), kemudian elo bagi dengan jumlah dari mol keseluruhan alias mol zat terlarut (nt) ditambah dengan mol zat pelarut (np).

BACA JUGA :  Narrative Text – Pengertian, Struktur, dan Contoh Soal – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Biar lebih jelas, gue juga udah buat ilustrasinya di bawah ini.

Rumus untuk mencari fraksi mol dari zat terlarut.
Rumus fraksi mol dari zat pelarut. (Arsip sobatcloud.com)

Selain kedua rumus di atas, ada lagi rumus yang terbentuk dari penjumlahan fraksi mol zat terlarut (XT) dengan fraksi mol zat pelarut (XP). Fun fact-nya adalah, ketika XT ditambah dengan XP maka hasilnya udah pasti 1.

Atau bisa kita tulis seperti ini: XT + XP = 1

Kalau elo nggak percaya, elo bisa hitung sendiri sekarang juga.

Contoh Soal Fraksi Mol dan Pembahasannya

Nah, kalau elo udah ngerasa cukup menguasai materi ini baik dari segi definisi maupun rumusnya, mungkin kita udah bisa uji pemahaman elo lewat dua soal di bawah ini.

1. Suatu larutan, memiliki fraksi mol zat terlarut sebesar 0,2. Jika ke dalam larutan tersebut ditambahkan lagi zat terlarut yang sama sebanyak 0,2 mol, fraksi mol zat terlarutnya menjadi 1/3. Maka banyaknya mol zat pelarut dalam larutan tersebut adalah….

a. 0,4 mol

b. 0,5 mol

c. 0,6 mol

d. 0,8 mol

e. 1,0 mol

Jawaban:

Diketahui:

Xt awal = 0,2

nt akhir = (nt awal + 0,2 ) mol

Xt akhir = 1/3

Ditanya:

np = ?

Jawab:

Pertama, kita cari nilai nt dulu.

Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 57Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 58

nt + 0,2 + np = 3nt + 0,6

Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 59

Selanjutnya, kita cari nilai np

note: Kita substitusi ke persamaan XT awal.

Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 60

Maka, jawabannya adalah np = d. 0,8 mol

2. Suatu larutan, memiliki fraksi mol zat terlarut sebesar 0,2. Jika ke dalam larutan tersebut ditambahkan lagi zat terlarut yang sama sebanyak 0,2 mol, fraksi mol zat terlarutnya menjadi 1/3. Maka banyaknya mol zat terlarut awal dalam larutan tersebut adalah….

a. 0,1 mol

b. 0,2 mol

c. 0,3 mol

d. 0,4 mol

e. 0,5 mol

Jawaban:

Diketahui:

Xt awal = 0,2

nt akhir = (nt awal + 0,2 ) mol

BACA JUGA :  Konsep Perang Dingin atau Cold War – Materi Sejarah Kelas 12

Xt akhir = 1/3

Ditanya:

nt = ?

Jawab:

Pertama, kita cari tahu dulu nilai dari np

Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 57Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 58

nt + 0,2 + np = 3nt + 0,6

np = 2nt + 0,4

Selanjutnya tinggal kita cari deh nilai dari nt

note: Kita substitusi ke persamaan XT awal

Fraksi Mol – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya 63

Maka, jawabannya adalah nt = b. 0,2 mol

Gimana, gampang kan belajar tentang fraksi mol? Jelas dong ya haha. Kalau elo mau tahu materinya lebih jelas, elo bisa banget tonton videonya dengan klik banner di bawah ini.

Materi belajar fraksi mol.

*****

Oke, barangkali itu aja yang bisa gue jelaskan. Semoga apa yang udah gue tulis bisa bermanfaat buat kita semua.

So, sampai ketemu di materi-materi berikutnya!

Referensi

Mole Fraction – Britannica (2010)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *