Dikenal Sebagai Kampus Elite, Berapa Sih, Biaya Masuk Universitas Oxford?

Profil Singkat Oxford University

Universitas Oxford adalah salah satu perguruan tinggi tertua di dunia. Banyak yang masih mempertanyakan kapan tanggal pastinya perguruan tinggi ini berdiri, tetapi diperkirakan Oxford sudah ada sejak abad ke-11. Universitas ini terdiri dari empat divisi keilmuan yang menjadi rumah bagi banyak jurusan di Oxford.

1. Divisi Ilmu Kedokteran

Divisi ilmu kedokteran di Oxford memiliki reputasi yang sangat baik. Jurusan kedokteran di Oxford adalah salah satu yang paling diminati dan diakui secara internasional. Program pendidikan kedokteran di Oxford didukung oleh fasilitas dan teknologi terkini, serta staf pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

2. Divisi Ilmu Sosial

Divisi ilmu sosial di Oxford mencakup berbagai jurusan seperti ekonomi, politik, sosiologi, antropologi, dan psikologi. Jurusan-jurusan ini menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi dan membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang dinamika sosial dan politik dalam masyarakat.

3. Divisi Matematika, Fisika, dan Ilmu Hitung

Divisi matematika, fisika, dan ilmu hitung di Oxford terkenal dengan program-programnya yang sangat kompetitif dan berkualitas tinggi. Jurusan-jurusan ini menawarkan peluang belajar dan riset di bidang ilmu pengetahuan alam yang sangat menarik. Banyak ilmuwan terkemuka dunia berasal dari Oxford dan telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

4. Divisi Humaniora

Divisi humaniora di Oxford meliputi bidang seni, budaya, dan bahasa. Jurusan-jurusan di divisi ini menawarkan pendidikan yang mendalam tentang sejarah, sastra, seni rupa, dan bahasa-bahasa dunia. Mahasiswa di divisi humaniora memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan memperdalam pemahaman mereka tentang warisan budaya dan intelektual manusia.

BACA JUGA :  Trik Transfer Kuota Indosat Mudah dan Cepat

Baca Juga : 7 Pilihan Jurusan di Oxford University yang Paling Banyak Peminat

Keunggulan Oxford

Oxford University memiliki sejarah panjang sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Berbagai peringkat dunia menempatkan Oxford dalam peringkat teratas dan sebagai salah satu universitas terbaik di Eropa.

QS World University Ranking 2023 menempatkan Oxford sebagai salah satu dari lima universitas top dunia dan peringkat kedua di Eropa. Beberapa jurusan di Oxford juga masuk ke dalam peringkat atas. Jurusan arts and humanities di Oxford bahkan masuk sebagai jurusan terbaik di seluruh dunia. Selain itu, jurusan-jurusan lain seperti natural sciences, engineering and technology, life science and medicine, dan social sciences and management juga masuk dalam peringkat lima teratas.

Times Higher Education (THE) World University Rankings 2023 juga memberikan penghargaan dan predikat untuk Universitas Oxford. Universitas ini telah menjadi universitas terbaik di dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Pengakuan ini menunjukkan kualitas pendidikan dan riset yang tinggi yang ditawarkan oleh Oxford.

Program Pendidikan di Oxford

Oxford University membuka kesempatan studi bagi masyarakat luas, termasuk dari negara di luar Inggris. Perguruan tinggi ini menawarkan pendidikan terbaik untuk jenjang S1, S2, dan S3. Selain itu, Oxford juga menyelenggarakan beberapa program lain seperti short courses dan summer schools.

Pendidikan di Oxford University sangat cocok bagi mereka yang tertarik dengan bidang humaniora dan sosial. Universitas ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang ini dan menawarkan program-program yang berkualitas tinggi.

Selain itu, Oxford juga memungkinkan mahasiswa untuk mengambil program double degree. Banyak mahasiswa di Oxford yang menempuh dua studi berbeda sekaligus dalam satu waktu. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas.

BACA JUGA :  Catat! Ini Cara Cek Bantuan Subsidi Upah atau BSU

Biaya Masuk Oxford

Oxford University sering dikaitkan dengan anggapan bahwa kuliah di sana memerlukan biaya yang mahal. Namun, seberapa besar sebenarnya biaya masuk Universitas Oxford?

Ada dua jenis biaya yang harus dikeluarkan jika akan melanjutkan studi di Oxford. Pertama adalah biaya perkuliahan (tuition fee) dan yang kedua adalah biaya untuk kebutuhan hidup selama masa studi (living cost).

Biaya pendidikan di Oxford dibedakan antara home students dan overseas students. Biaya ini biasanya didasarkan pada kewarganegaraan, lokasi tempat tinggal, dan tingkat pendidikan sebelumnya.

Secara umum, jika kamu termasuk dalam kelompok mahasiswa overseas, maka besarnya dana yang harus dikeluarkan cenderung lebih besar. Berdasarkan tingkat pendidikan yang diambil, biaya Oxford University dalam rupiah adalah antara Rp280 juta hingga Rp400 juta untuk program pendidikan sarjana dan Rp150 juta hingga Rp400 juta untuk program pendidikan pascasarjana.

Namun, perlu dicatat bahwa nominal tersebut adalah untuk kebutuhan setiap tahun dan kemungkinan terjadi kenaikan sesuai kurs maupun beberapa situasi lain. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk living cost yang rerata berkisar antara Rp200 juta sampai Rp350 juta per tahun.

Biaya tersebut memang relatif tinggi jika dibandingkan dengan berkuliah di dalam negeri. Namun, jika dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas-universitas terbaik di dunia lainnya, biaya masuk Oxford tidak terlalu jauh berbeda.

Bagi mereka yang berminat melanjutkan studi di Oxford namun memiliki keterbatasan dana, ada beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan untuk meminimalkan atau menekan pengeluaran.

Dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com, kamu dapat mengirim uang ke UK kapan saja dan dari mana saja tanpa harus repot pergi ke bank atau offline outlet lainnya.

BACA JUGA :  5 Fakta Menarik Tentang Sejarah Australia

Oleh karena itu, biaya masuk Universitas Oxford memang tergolong tinggi, namun dengan perencanaan yang matang dan pemilihan layanan yang tepat, impian kuliah di Oxford dapat terwujud.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *