Apa Itu DELF Test; Pengertian, Kegunaan, dan Biayanya

Pengertian DELF

DELF atau Diplome d’Etude en Langue Francaise adalah salah satu jenis ujian bahasa yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Prancis. Ujian ini diperlukan bagi mereka yang bukan orang asli Prancis namun ingin menetap di Prancis, baik untuk bekerja maupun belajar. Hasil dari DELF test memiliki tingkatan yang sama dengan ijazah diploma dan diakui secara internasional. Ijazah atau sertifikat yang diperoleh juga dapat digunakan seumur hidup tanpa harus mengulang ujian. Ujian ini diterbitkan oleh lembaga bernama CIEP atau Centre International d’Etudes Pedagogiques yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional Prancis. Lembaga ini bertanggung jawab dalam mengesahkan kompetensi bahasa Prancis bagi orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Prancis.

DELF Test

DELF test memiliki beberapa kegunaan. Salah satunya adalah menjadi syarat untuk mendaftar kuliah di perguruan tinggi Prancis. Selain itu, ijazah DELF test juga dapat digunakan untuk mendaftar kerja di Prancis dan negara lainnya yang menggunakan bahasa Prancis. Artinya, kegunaan tes DELF ini tidak jauh berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang menjadi standar kemampuan dalam bahasa Inggris. Jika TOEFL dan IELTS menjadi standar kemampuan dalam bahasa Inggris, DELF adalah standar kemampuan dalam bahasa Prancis. Oleh karena itu, bagi yang berminat mengikuti tes ini, perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Tes DELF menguji beberapa kemampuan penggunaan bahasa Prancis, yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Hal-Hal yang Diujikan dalam DELF

Saat mengikuti ujian DELF, setidaknya ada empat kemampuan yang diuji, yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Ujian kemampuan membaca dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami bacaan yang disusun dengan bahasa Prancis. Ujian ini bertujuan untuk melihat apakah peserta bisa mengambil informasi yang tepat dari suatu bacaan atau tidak. Ujian kemampuan menulis diperlukan untuk menilai sejauh mana pemahaman peserta terhadap kaidah penulisan dalam bahasa Prancis. Peserta diuji apakah bisa menulis kata-kata bahasa Prancis dengan ejaan yang tepat dan menyusun kalimat berbahasa Prancis dengan struktur yang benar. Ujian kemampuan mendengarkan diperlukan untuk mengetahui apakah peserta bisa memahami informasi bahasa Prancis yang disampaikan secara lisan. Ujian ini menguji kemampuan peserta dalam menyimpulkan informasi dari suara yang didengar. Ujian kemampuan berbicara dilakukan dengan mewawancarai peserta secara langsung menggunakan bahasa Prancis. Peserta akan diuji kemampuannya dalam menjawab pertanyaan seputar identitas diri, menanyakan lokasi atau jalan, membuat janji dengan seseorang, dan sebagainya. Ujian ini dilakukan dengan bercakap-cakap seperti biasa, tetapi dengan bahasa Prancis. Setiap kemampuan dalam DELF test akan dinilai dan untuk lulus dalam DELF test, peserta harus mendapatkan nilai minimal 50 dari maksimal 100 poin untuk semua kategori, baik membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara.

BACA JUGA :  Bagaimana Cara Beli Emas Antam Online yang Mudah?

Level Sertifikasi

DELF test memiliki empat level atau tingkatan, yaitu A1, A2, B1, dan B2. Level A1 artinya peserta baru memahami bahasa Prancis secara sederhana, seperti baru bisa memperkenalkan diri atau mengidentifikasi nama benda. Level A2 artinya peserta sudah bisa memberikan dan menerima informasi melalui percakapan sederhana. Level B1 artinya peserta bisa melakukan percakapan secara lebih mengalir dan mengatasi kendala dalam kehidupan sehari-hari dengan mengandalkan kemampuan berbahasa Prancis. Level B2 adalah level tertinggi dalam DELF test, di mana peserta bisa mempertahankan pendapat hingga melakukan negosiasi. Pada level ini, kemampuan berbahasa Prancis peserta sudah selevel dengan penutur asli.

Biaya DELF Test

DELF test tidak diselenggarakan secara gratis, sehingga peserta harus membayar biaya untuk mengikuti ujian. Biaya tes DELF bervariasi tergantung pada level yang diikuti. Untuk level A1, biayanya sebesar Rp305 ribu. Untuk level A2, biayanya sebesar Rp340 ribu. Untuk level B1, biayanya sebesar Rp375 ribu. Sedangkan untuk level B2, biayanya sebesar Rp410 ribu.
Dengan begitu, bagi siapa saja yang berminat mengikuti tes DELF, perlu mempersiapkan diri dengan baik dan mengeluarkan biaya yang sesuai dengan level yang diikuti. Semoga penjelasan ini dapat membantu bagi yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes DELF dan semoga sukses dalam ujiannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *