Contoh Soal UM UGM Ekonomi dan Pembahasan

Halo pembaca sobatcloud.com yang lagi mempersiapkan UM (Ujian Mandiri) UGM (Universitas Gadjah Mada)! Sejauh mana materi yang udah elo pelajari? Udah coba latihan soal UM UGM Ekonomi belum?

Kalau belum ngerjain atau masih cari-cari contoh soal, pas banget, nih. Di artikel kali ini, gue akan kasih beberapa contoh soal UM UGM Ekonomi yang paling sering keluar.

Bagi elo yang punya cita-cita buat kuliah di UGM, ujian mandiri memang jadi jalur pendaftaran alternatif. Secara istilah, ujian mandiri di UGM lebih dikenal dengan UTUL UGM yang merupakan singkatan dari Ujian Tulis UGM.

UTUL UGM dilakukan menggunakan sistem komputer. Di mana, penilaiannya dilihat dari skor Computer Based Test (CBT)-UM UGM Tahun 2022 dan skor UTBK-SBMPTN Tahun 2022. Jadi, saat daftar UTUL UGM, kelompok ilmu yang elo pilih harus sama dengan saat UTBK.

Nah, di kelompok Soshum (Sosial dan Humaniora), elo akan dihadapkan dengan mata pelajaran Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi. Tapi kali ini, gue nggak akan bahas semuanya. Sekarang kita fokus dulu ke mata pelajaran Ekonomi, ya.

Materi UM UGM Ekonomi 

Materi UM UGM Ekonomi sebenarnya tidak jauh beda sama apa yang udah elo pelajari di sekolah. Di sini, elo perlu mengulang dan memperdalam setiap materi yang bakal keluar nanti.

Di bawah ini, gue coba tuliskan persebaran topik UM UGM Ekonomi. Coba elo perhatikan lagi, mana materi yang kurang atau belum dikuasai.

Persebaran topik bidang Soshum mata pelajaran Ekonomi UM UGM.
Persebaran topik Ekonomi di UM UGM. (Arsip sobatcloud.com)

Namanya juga mata pelajaran Ekonomi, pastinya materi yang diujikan dalam UM UGM berkaitan sama harga barang, teori ekonomi, sampai perdagangan. Intinya, nggak jauh-jauh dari bagaimana perilaku manusia dalam mengelola dan menyalurkan sumber daya.

Kalau persebaran topiknya sudah tahu, sekarang lanjut kita bahas contoh soal UM UGM Ekonomi yang paling sering muncul, yuk! 

Contoh Soal UM UGM Ekonomi Berdasarkan Topik

Kalau dilihat sebelumnya, materi yang bakal muncul di UM UGM Ekonomi memang cukup banyak. Tapi, gue hanya akan bahas beberapa topik aja. Simak di bawah ini, ya!

Topik: Badan Usaha dan Koperasi

Contoh soal UM UGM Ekonomi yang pertama gue bahas adalah tentang badan usaha dan koperasi. Koperasi sendiri merupakan salah satu contoh badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip tertentu.

Mengenal empat prinsip koperasi dalam ekonomi.
Empat prinsip koperasi. (Arsip sobatcloud.com)

Gue yakin, elo udah nggak asing lagi sama istilah koperasi. Karena, beberapa sekolah juga udah punya koperasinya sendiri untuk membantu kebutuhan alat-alat sekolah siswa. Kalau sekolah elo sendiri gimana?

Buat pembaca sobatcloud.com yang mau mempelajari materi koperasi lebih dalam, elo bisa baca informasinya di sini Koperasi Indonesia, Struktur & Jenisnya. Langsung aja lanjut ke contoh soal UM UGM Ekonomi berikut.

Contoh Soal 

Koperasi adalah lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai nilai dan prinsip sebagai berikut….

(1) Kekeluargaan

(2) Bertanggung jawab

(3) Demokrasi

(4) Kemandirian

a. Jika (1), (2), dan (3) benar

b. Jika (1) dan (3) benar

c. Jika (2) dan (4) benar

d. Jika hanya (4) yang benar

e. Jika semuanya benar

Pembahasan

Kalau dihadapkan dengan soal seperti ini, ada baiknya kalau elo melihat pilihan jawabannya satu per satu.

(1) Kekeluargaan → termasuk nilai dan prinsip koperasi sesuai UU Dasar 1945.

(2) Bertanggung jawab → termasuk nilai dan prinsip koperasi karena uang yang dikumpulkan dari anggota harus digunakan dengan penuh tanggung jawab.

(3) Demokrasi → termasuk nilai dan prinsip koperasi karena pengambilan keputusan dalam koperasi berdasarkan RAT (Rapat Anggota Terbuka) di mana semua anggota diikutsertakan.

BACA JUGA :  Fungsi Hormon Tiroksin pada Kelenjar Tiroid – Materi Biologi Kelas 11

(4) Kemandirian → termasuk nilai dan prinsip koperasi karena konsep koperasi adalah dari anggota dan untuk anggota, serta nggak bergantung dengan pihak lain.

Nah, sudah keliatan kan, mana jawaban yang sesuai? Pilihan yang tepat adalah e. jika semuanya benar.

Topik: Pajak dan APBN

Ngomongin soal mata pelajaran Ekonomi, rasanya nggak lengkap kalau tidak membahas soal pajak. Pantas aja, materi pajak dan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) termasuk salah satu topik yang bakal muncul di UM UGM Ekonomi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pajak diartikan sebagai pungutan wajib yang harus dibayar oleh penduduk kepada negara atau pemerintah. Pajak ini bersifat memaksa, aturannya tertulis dalam Undang-Undang, dan balas jasanya tidak bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Contohnya, saat makan di restoran atau belanja di supermarket, biaya yang elo bayar itu udah meliputi biaya pajak.

Terus, kemana uang pajak yang kita bayarkan? Nah, hasil pajak itu diantaranya akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan fasilitas umum seperti jalan raya, atau untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembahasan pajak selengkapnya bisa elo lihat di artikel Pengertian, Unsur-unsur, dan Fungsi Pajak.

Dalam praktiknya, pajak dan APBN punya kaitan yang cukup erat. Karena, pembayaran pajak jadi salah satu sumber pendapatan negara yang paling besar. 

Elo bisa memperdalam materi tentang APBN lewat artikel berikut APBN – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Struktur, dan Penyusunan. Sekarang, waktunya kita masuk ke contoh soal UM UGM Ekonomi tentang pajak dan APBN.

Contoh Soal

Gunakan informasi berikut ini (dalam ribuan):

Pendapatan penjualan
Rp300.000
Keuntungan (gain) penjualan peralatan
Rp90.000
Kos barang terjual
Rp164.000
Biaya bunga
Rp16.000
Biaya penjualan
Rp30.000
Tarif pajak penghasilan
30%

Hitunglah laba sebelum pajak!

a. Rp90.000

b. Rp126.000

c. Rp136.000

d. Rp180.000

e. Rp226.000

Pembahasan

Satuan rupiah di soal tertulis dalam ribuan. Jadi supaya lebih gampang semua satuannya kita tulis dalam jutaan rupiah.

Nah, hal yang diminta dalam soal adalah laba sebelum pajak. Otomatis, informasi tentang tarif pajak penghasilan bisa elo abaikan.

Laba didapatkan dari hasil pengurangan antara penjualan dan biaya atau beban. Dari data di atas, elo udah tahu belum, mana yang termasuk penjualan, biaya, atau beban? Coba cek di bawah ini.

Penjualan = pendapatan penjualan dan keuntungan (gain) penjualan peralatan.

Biaya/beban= kos barang terjual, biaya bunga, dan biaya penjualan.

Laba = penjualan – biaya/beban

= (300 juta + 90 juta) – (164 juta + 16 juta + 30 juta)

= 390 juta – 210 juta

= 180 juta

Jadi, jawaban dari contoh soal UM UGM Ekonomi ini adalah Rp180 juta atau d. Rp180.000.

Topik: Permintaan dan Penawaran

Seperti yang gue bilang sebelumnya, contoh soal UM UGM Ekonomi pasti ada kaitannya sama materi permintaan dan penawaran. Materi ini udah elo pelajari di kelas 10, lho. Kalau mau baca-baca lagi materinya, elo bisa lihat di artikel Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran.

Permintaan (demand) adalah jumlah barang yang akan dibeli pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran (supply) adalah jumlah barang yang akan dijual pada suatu harga dan waktu tertentu.

Dalam rumus ekonomi permintaan dan penawaran, ada satu hukum yang menyatakan, “Jika harga naik maka permintaan akan turun dan jika harga turun maka permintaan akan naik”. Karena itu, digunakanlah fungsi permintaan dan penawaran untuk mengetahui hubungan antara harga barang dan jumlah barang yang diminta, atau hubungan antara harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan.

Rumus fungsi permintaan dan rumus fungsi penawaran.
Rumus fungsi permintaan dan penawaran. (Arsip sobatcloud.com)

Contoh Soal 1

Jika A dan B saling melengkapi, peningkatan harga barang A akan….

a. Tidak berpengaruh pada kuantitas barang B yang diminta

BACA JUGA :  KONZEP, Learning Zine Terbaru dari Zenius

b. Menyebabkan peningkatan permintaan terhadap barang B

c. Menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang B

d. Menyebabkan peningkatan permintaan terhadap barang A dan B

e. Tidak ada pernyataan yang terkait dengan pernyataan ini yang benar

Pembahasan

Dari pernyataan di soal, diketahui kalau A dan B saling melengkapi. Artinya, barang A dan B merupakan barang komplementer.

Nah, berikut cara gampang yang bisa elo terapkan buat ngerjain bentuk soal seperti ini, yakni dengan mengubah barang A dan B menjadi barang yang lebih riil. 

Di sini, gue bakal mengubah barang A menjadi bensin dan B menjadi motor. Kenapa? Karena bensin dan motor memang termasuk jenis barang komplementer.

Sekarang, kita umpakan harga Bensin naik dari Rp7.000 menjadi Rp50.000. Dari kenaikan ini, apa dampak yang terjadi terhadap motor?

Coba elo bayangkan, pas harga bensin naik, pasti elo jadi malas buat pergi naik motor. Akibatnya, penjualan motor juga ikut berkurang karena cuma sedikit orang yang bisa menerima kenaikan harga bensin.

Dengan kata lain, harga bensin yang naik menyebabkan penurunan permintaan terhadap motor. Jadi, jawaban yang tepat adalah c. Menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang B.

Contoh Soal 2

Diagram di bawah ini menunjukkan kurva permintaan dan penawaran Pertalite di pasar. Apakah yang terjadi seandainya pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi sebesar Rp6.000/liter?

Contoh soal diagram kurva permintaan dan penawaran.

a. Surplus Pertalite 5 juta galon

b. Kekurangan Pertalite 5 juta galon

c. Surplus Pertalite 10 juta galon

d. Kekurangan Pertalite 10 juta galon

e. Tidak akan terjadi surplus atau kekurangan Pertalite di pasar

Pembahasan

Dari kurva keseimbangan pasar di atas, terlihat harga barang di titik Rp7.000 dan permintaan keseimbangannya adalah 55 juta galon. Karena harga Rp7.000 dinilai terlalu tinggi, maka pemerintah menetapkan harga eceran tertingginya sebesar Rp6.000.

Dalam Ekonomi, harga eceran tertinggi disebut Ceiling Price atau kondisi di mana ketika harga yang ditetapkan oleh pemerintah lebih kecil daripada harga ekuilibriumnya (harga keseimbangannya).

Sekarang, elo perlu lihat dari sisi permintaan atau konsumen. Sesuai hukum permintaan, saat harga turun, maka permintaannya bakal naik. Kalau dari grafik, tertulis ada penambahan permintaan menjadi total 60 juta galon.

Contoh soal UM UGM Ekonomi tentang permintaan dan penawaran. Di mana, harga barang yang turun diikuti dengan permintaan yang naik. Sementara, dari sisi produsen, harga barang yang turun akan membuat penawaran ikut turun.
Pembahasan contoh soal UM UGM Ekonomi tentang permintaan dan penawaran. (Arsip sobatcloud.com)

Sementara itu, dari sisi penawaran atau produsen, saat harga turun, otomatis penawarannya juga turun. Karena sebagai produsen, elo akan merasa rugi saat harga barang berkurang. Dalam grafik, terlihat ada penurunan penawaran menjadi 50 juta galon.

Jadi, dari sisi konsumen akan bertambah sampai angka 60 juta galon, sementara produsen hanya ingin menyediakan barang 50 juta. Di sini, ada kekurangan Pertalite sebesar 10 juta galon (60 juta galon – 50 juta galon). 

Sehingga, jawaban dari soal ini adalah d. Kekurangan Pertalite 10 juta galon.

Topik: Kebijakan Moneter dan Fiskal

Selama belajar, elo pasti beberapa kali dengar istilah kebijakan moneter dan fiskal. Tapi, masih ingat nggak sama pengertiannya?

Untuk mengatur keuangan negara, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan kebijakan moneter dan fiskal. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang mengatur pasokan uang dalam perekonomian negara, sementara kebijakan fiskal adalah kebijakan yang mengelola pengeluaran dan pendapatan negara.

Tanpa adanya kebijakan moneter dan fiskal, suatu negara bisa mengalami yang namanya inflasi. Akibatnya, harga barang bisa naik drastis sementara pendapatan masyarakat masih tetap.

Pengertian inflasi adalah periode di mana harga barang meningkat tinggi karena peredaran uang melebihi yang dibutuhkan masyarakat.
Pengertian inflasi yang menjadi akibat dari tidak terlaksananya kebijakan moneter dan fiskal. (Arsip sobatcloud.com)

Contoh Soal 1

Instrumen kebijakan moneter meliputi:

(1) Operasi pasar terbuka

(2) Pasar uang antarbank

(3) Kebijakan suku bunga

(4) Relaksasi atau pengetatan rasio loan-to-value kredit perumahan atau otomotif

a. Jika (1), (2), dan (3) benar

b. Jika (1) dan (3) benar

c. Jika (2) dan (4) benar

d. Jika hanya (4) yang benar

e. Jika semuanya benar

Pembahasan

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang mengatur jumlah uang yang beredar. Kebijakan ini terdiri dari beberapa hal, di antaranya:

  • Operasi Pasar Terbuka atau Open Market Policy, di mana Bank Indonesia bisa melakukan jual beli SBI (Surat Berharga Bank Indonesia).
  • Kebijakan suku bunga atau politik diskonto
  • Cadangan wajib minimum, di mana semua uang yang masuk ke bank umum nggak boleh diserahkan sepenuhnya tetap harus ada uang mengendap yang menjadi cadangan wajib minimum tersebut.
BACA JUGA :  Rumus Momen Inersia dan Contoh Soal – Materi Fisika Kelas 11

Jadi, jawaban untuk soal ini adalah b. jika (1) dan (3) benar.

Contoh Soal 2

Pada daerah classical range, perpotongan antara kurva IS dan kurva LM, menyebabkan kebijakan fiskal ….

a. Afektif

b. Tidak efektif

c. Kontraktif

d. Tidak memiliki efek

e. Tergantung pada faktor lain

Pembahasan

Classical range merupakan bagian dari kurva LM yang sejajar dengan tingkat suku bunga. Kurva LM sendiri menunjukkan hubungan antara i (tingkat suku bunga) dan Y (pendapatan nasional). Elo bisa lihat detailnya di gambar berikut.

Kurva LM adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat suku buku dengan pendapatan nasional.
Kurva LM yang menunjukkan posisi classical range. (Arsip sobatcloud.com)

Dari kurva di atas, elo bisa lihat bagaimana kebijakan fiskal yang diberlakukan nggak berdampak efektif. Karena, Y atau pendapatan nasionalnya tidak mengalami kenaikan sama sekali. Justru, i atau tingkat suku bunganya yang bisa naik atau juga turun.

Dengan begitu, jawaban yang benar adalah b. tidak efektif.

Topik: Manajemen

Selanjutnya, gue akan kasih contoh soal UM UGM Ekonomi dengan topik manajemen. Materi ini sempat elo pelajari di bangku kelas 10 dulu.

Dalam ekonomi, konsep manajemen dibutuhkan dalam organisasi atau perusahaan. Karena, manajemen meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian kegiatan organisasi, dan penggunaan sumber daya organisasi.

Biar lebih jelas, langsung saja masuk ke contoh soalnya, yuk!

Contoh Soal 1

Manajer di dalam organisasi yang memberikan perhatian khusus terhadap lingkungan eksternal, mencari permasalahan-permasalahan dan kesempatan-kesempatan, serta menemukan bagaimana cara untuk menghadapinya adalah….

a. Manajer tingkat atas

b. Manajer tingkat menengah

c. Manajer tingkat bawah

d. Manajer tingkat pertama

e. Manajer staf

Pembahasan

Kata kunci dari soal di atas adalah adanya kata lingkungan eksternal, di mana dalam organisasi lingkungan dibagi ke menjadi internal dan eksternal. 

Lingkungan internal organisasi meliputi tenaga kerja atau karyawan, produksi atau biaya, dan administrasi. Sedangkan, bagian eksternal meliputi kondisi ekonomi secara global, politik, sosial, budaya, dan hukum.

Terus pertanyaannya, manajer tingkat apa yang menangani masalah-masalah eksternal seperti yang udah gue tuliskan di atas? Yang jelas, tingkat manajernya harus semakin tinggi karena berhubungan dengan pihak luar. 

Lingkungan organisasi dibagi menjadi dua yaitu lingkungan internal dan eksternal.
Pembagian lingkungan dalam suatu organisasi. (Arsip sobatcloud.com)

Nah, dari penjelasan itu, pilihan yang benar adalah a. manajer tingkat atas, yang meliputi CEO (Chief Executive Officer) , COO (Chief  Operating Officer), atau CTO (Chief Technology Officer).

Contoh Soal 2

Pemilik bisnis memiliki tanggung jawab besar untuk menyediakan dana untuk operasi bisnis yang dimilikinya.

SEBAB

Tanggung jawab utama pemilik bisnis adalah menyediakan sumber daya keuangan bagi bisnis- nya.

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat.

b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat.

c. Jika pernyataan benar dan alasan salah.

d. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

e. Jika keduanya salah.

Pembahasan

Pemilik bisnis memiliki tanggung jawab untuk mengurus berbagai hal untuk keperluan perusahaannya, diantaranya adalah menyediakan dana untuk bisnis yang dijalankan. Mulai dari gaji karyawan, sewa gedung, atau kebutuhan operasional lainnya. 

Jadi, pernyataan “Pemilik bisnis memiliki tanggung jawab besar untuk menyediakan dana untuk operasi bisnis yang dimilikinya” adalah benar.

Selanjutnya, “Tanggung jawab utama pemilik bisnis adalah menyediakan sumber daya keuangan bagi bisnisnya” juga merupakan sebab yang benar. Karena, pemilik bisnis juga mendapatkan bagian paling besar dari bisnis yang dimiliki. Itulah kenapa sumber keuangan perusahaan juga menjadi tanggung jawabnya.

Jawaban yang tepat dari contoh soal UM UGM Ekonomi berikut adalah a. jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat.

*****

Oke deh, segitu dulu pembahasan kita tentang contoh soal UM UGM Ekonomi. Gimana? Jadi semakin semangat buat belajar dan latihan soal lainnya, dong? Kalau elo masih mau ngerjain contoh soal UM UGM Ekonomi lainnya, elo bisa langsung klik gambar di bawah ini. Semangat, pembaca sobatcloud.com!

contoh soal um ugm

Referensi

Contoh Soal UM UGM – sobatcloud.com

Materi Belajar Ekonomi – sobatcloud.com

Kumpulan Contoh Soal UTUL UGM Soshum dan Pembahasannya – Blog sobatcloud.com (2022)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *