Contoh Soal SIMAK UI Sejarah dan Pembahasan

Halo, pembaca sobatcloud.com. Gimana kabar elo setelah mengikuti berbagai ujian buat masuk universitas? Pastinya capek dan penuh perjuangan ya.

Nah, setelah melewati beberapa jalur pendaftaran di kampus impian tapi belum membuahkan hasil, akhirnya elo sampai juga nih di jalur pendaftaran terakhir, yang namanya jalur mandiri!

Hampir semua universitas negeri membuka jalur mandiri, salah satunya yang paling tenar dikalangan anak SMA adalah SIMAK UI. 

Pas banget nih. Buat elo yang emang udah ada niat buat ikut SIMAK UI, di sini gue bakal kasih informasi seputar tes apa aja yang bakal elo ikuti. Yuk kita simak bareng-bareng.

Materi Ujian SIMAK UI
Materi Ujian SIMAK UI (Sumber: simak.ui.ac.id)
  • Kemampuan Dasar (KD). Tes yang pertama yang bakal elo ikuti adalah Tes KD, yang mana tes ini akan menguji kemampuan elo di matematika dasar, bahasa indonesia, dan juga bahasa Inggris.
  • Menulis esai. Di tes ini elo akan diminta untuk menulis esai dengan tema tertentu.
  • Kemampuan IPA (KA). Setelah itu, buat elo yang mau ambil jurusan saintek di UI, elo akan diuji beberapa mata pelajaran saintek tentunya, apa aja? Ada matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi.
  • Kemampuan IPS (KS). Buat elo yang mau mengambil jurusan Sosial, elo akan diuji beberapa mata pelajaran, seperti ekonomi, sejarah, geografi, dan juga sosiologi.

Nah, khusus buat elo yang udah mantap buat ambil jurusan sosial dan masih bingung harus mulai darimana belajar Sejarah. Gue bakal bantu elo belajar mata pelajaran Sejarah untuk TKS SIMAK UI nih! 

Soal-soal sejarah di SIMAK UI ini nggak jauh beda sama materi yang udah elo pelajari selama di bangku SMA. apa aja yah topik yang bakal muncul di tesnya?

  • Perang Dunia 
  • Kerajaan Hindu-Budha
  • Pergerakan Nasional Indonesia
  • Manusia Indonesia Pra Aksara
  • Kerajaan Islam di Indonesia
  • Masa Pendudukan Jepan di Indonesia
  • Era Reformasi, dan
  • Era Orde Baru.

Itu dia beberapa topik materi sejarah yang bakal elo temui di SIMAK UI. Supaya elo bisa ada bayangan kayak gimana model soalnya, sekarang gue bakal kasih contoh soal dari SIMAK UI tahun 2019, 2017, dan 2016. Yuk, coba ikut latihan soal bareng gue.

Topik: Perang Dunia II

Perang Dunia II salah satunya dilatarbelakangi karena adanya ‘balas dendam’, karena adanya perjanjian Versailles. 

Perjanjian ini dirasa merugikan pihak Jerman karena pada perjanjian tersebut disebutkan kalau Jerman harus merelakan satu wilayah yang dikuasainya, membayar hutang perang, hingga membatasi jumlah pasukan dan persenjataan angkatan bersenjatanya. 

Karena pada saat itu Jerman dan Amerika Serikat (AS) sedang mengalami krisis ekonomi, makanya mereka memilih untuk membalaskan dendam atas tuntutan-tuntutan tersebut.

Di perang dunia ini terdapat dua kubu, yaitu kubu Poros (Jerman, Italia, dan Jepang) dan kubu Sekutu (AS, Uni Soviet, Prancis, Inggris, dan lainnya). Namun, akhirnya peperangan ini menundukkan kubu Poros dan harus dimenangkan oleh kubu Sekutu.

Udah inget sama materi di atas? Sekarang, coba simak soal dan pembahasan di bawah ini yuk!

  1. Penandatanganan kekalahan Jepang terhadap sekutu dilakukan di atas kapal perang AS USS Missouri pada 2 September 1945 . Pada saat itu, pihak Jepang diwakili….
  1. Kaisar Hirohito
  2. Letjen Hitoshi Himamura
  3. Jenderal Koiso
  4. Letjen Kumakichi Harada
  5. Menteri Luar Negeri Jepang Mamoru Shigemitsu

Jawaban dan Pembahasan:

Pada soal di atas, elo bisa menghilangkan dua nama yang tidak berhubungan dengan soal ini, yaitu Jenderal Koiso yang merupakan jenderal Jepang yang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan Kaisar Hirohito merupakan kaisar yang menjabat pada waktu itu.

Jika dilihat dari peristiwa yang terjadi, yaitu peristiwa penandatanganan kekalahan Jepang, maka yang mungkin bisa mewakili Jepang pada peristiwa tersebut adalah menteri luar negeri dan letjen.

Letjen Hitoshi Imamura adalah jenderal angkatan darat yang memiliki kebijakan toleran saat memimpin sebagai pemerintahan militer Jepang. Sedangkan, Letjen Kumakichi Harada adalah tokoh yang membentuk PETA, Jawa Hokokai, dan BPUPKI. 

Kekalahan Jepang terhadap Sekutu pada Perang Dunia II.
Kekalahan Jepang terhadap Sekutu pada Perang Dunia II. (Sumber: Arsip sobatcloud.com)

Maka, jawaban yang paling tepat adalah yang E. karena memang pada saat itu yang menghadiri penandatanganan kekalahan Jepang terhadap sekutu adalah Menteri Luar Negeri Jepang, yaitu Mamoru Shigemitsu. 

BACA JUGA :  Panduan Belajar UN SMA Kimia 2019

Topik: Kerajaan Hindu-Buddha

Kerajaan Hindu-Budha merupakan kerajaan yang berdiri pada masa peradaban yang berpusat pada agama Hindu-Budha. Kerajaan-kerajaan tersebut tersebar di pulau-pulau terbesar, seperti pulau Sumatera, pulau Kalimantan, dan juga pulau Jawa. Kerajaan pertama yang diindikasi sebagai kerajaan Hindu adalah Kerajaan Kutai pada abad 4 Masehi.

Pada awalnya, kerajaan Hindu-Budha ditemukan karena adanya pemuka agama, penguasa atau pihak lainnya yang mengetahui ajaran agama tersebut dari negara India. Lalu, menyebarkan kedua ajaran itu di Indonesia.

Namun, ada juga yang menjelaskan bahwa berdirinya kerajaan Hindu-Budha adalah saat penguasa daerah mengirim utusan untuk mengunjungi negara India dan mempelajari ajaran Hindu-Budha lalu menerapkannya di kehidupan masyarakat Indonesia, 

Nah, gue punya satu soal tipe sebab akibat nih buat elo. Di simak yah!

  1. Kerajaan Majapahit memiliki peninggalan penting dan menjadi sumber sejarah, yaitu Kitab Negarakertagama yang diciptakan oleh Mpu Prapanca.

SEBAB

Faktor yang menyebabkan Majapahit runtuh adalah pertentangan antar keluarga yang berlarut-larut, tidak adanya raja yang kuat yang bisa mengatasi kemelut keluarga tersebut, dan munculnya kekuatan baru di pesisir utara, yaitu Kerajaan Mataram.

  1. Jika pernyataan tersebut benar, alasan benar, dan juga ada hubungan sebab akibat
  2. Jika pernyataan tersebut benar, alasan benar, namun tidak ada hubungan sebab akibat
  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah
  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar
  5. Jika keduanya salah

Jawaban dan pembahasan

Kitab Negarakertagama merupakan peninggalan terpenting yang menjadi sumber sejarah Kerajaan Majapahit adalah benar.

Juga dengan pertentangan antar keluarga yang berlarut-larut, tidak adanya raja yang bisa mengatasi masalah keluarga tersebut adalah faktor dari kehancuran Kerajaan Majapahit adalah benar.

Namun, diantara kedua pernyataan diatas tidak ada kaitannya sama sekali, dan tidak menimbulkan sebab akibat. Maka jawaban yang benar adalah B.

Topik: Pergerakan Nasional Indonesia

Pergerakan nasional Indonesia timbul karena adanya kolonialisme yang dilakukan oleh bangsa Barat. Karena itu, pahlawan nasional seperti Sultan Hasanuddin di Makassar, Sultan Ageng Tirtayasa di Banten, Pattimura di Maluku, dan masih banyak lagi melakukan perlawanan-perlawanan yang disebut pergerakan daerah.

Namun, pergerakan daerah dirasa masih kurang untuk mengusir kolonialisme di Indonesia karena kekuatan yang ada di Nusantara masih terpecah-pecah oleh daerah. 

Hingga akhirnya pada tahun 1908 dibuat berbagai organisasi yang menjadi pemrakarsa pergerakan nasional yang bertujuan untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Beberapa organisasi yang dibuat pada masa pergerakan nasional tersebut diantaranya:

  • Boedi Oetomo,
  • Pidato Indonesia Bersatu,
  • Indonesia Moeda,
  • Politik Etis,
  • Perhimpunan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Sekarang, kita coba buat bahas satu contoh soal yang udah gue sipin di bawah ini yuk!

  1. Tokoh pergerakan nasional Indonesia yang pernah menjadi ketua Perhimpunan Indonesia adalah….
  1. Mochammad Hatta
  2. Iwa Kusumasumantri
  3. Nazir Datuk Pamuntjak
  4. Soekarno
  1. Jika (1), (2), dan (3) benar
  2. Jika (1) dan (3) benar
  3. Jika (2) dan (4) benar
  4. Jika hanya (4) yang benar
  5. Jika semuanya benar

Jawaban dan pembahasan

PI merupakan organisasi perhimpunan pelajar indonesia atau PPI. Soekarno merupakan ketua dari Perserikatan Nasional Indonesia atau PNI dan tidak pernah menjabat sebagai ketua PI. maka jawaban yang benar adalah yang A.

Topik: Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Jepang menguasai Indonesia berawal dari singgahnya negara tersebut ke daerah Tarakan, Kalimantan Timur untuk mencari suplai bahan bakar minyak. Mengapa di Indonesia? Karena pada saat itu, Jepang mengalami hubungan yang tidak baik dengan Amerika Serikat dan harus merelakan wilayah kekuasaannya yang merupakan negara penyuplai minyak untuk Jepang ke tangan Amerika Serikat. 

Pada awalnya kedatangan Jepang di Indonesia pada tanggal 11 Januari 1942 disambut hangat oleh warga Indonesia. 

Namun, setelah Indonesia menyetujui untuk melakukan gerakan 3A (Jepang Cahaya Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Pelindung Asia) Indonesia berhasil dikelabui oleh Jepang. Mengapa? Karena ternyata gerakan tersebut adalah strategi Jepang untuk menguasai dan mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia.

Gimana materinya? Pasti udah inget dong? Nah, sekarang coba elo jawab contoh soal di bawah ini dan simak pembahasannya yah!

  1. Jepang berkuasa atas seluruh wilayah di Indonesia ditandai dengan….
  1. Berhasilnya Jepang mengusir Armada Sekutu pada perang di Laut Jawa
  2. Menyerahnya Belanda di wilayah Aceh
  3. Jepang berhasil menghancurkan Pelabuhan Pearl Harbour
  4. Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati
  5. Belanda menyatakan Jakarta sebagai kota terbuka
BACA JUGA :  Pengertian Garis, Ruas, dan Macam-Macam Garis

Jawaban dan pembahasan:

Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan di atas adalah D. 

Perjanjian Kalijati
Perjanjian Kalijati. (Sumber: Arsip sobatcloud.com)

Mengapa? Karena pada saat itu Belanda mulai keluar dari Indonesia dan Jepang mulai masuk dan menguasai Indonesia sejak adanya perjanjian Kalijati yang diterbitkan di tanggal 6 maret 1942.

Topik: Peradaban Islam di Nusantara

Sampai saat ini, menentukan secara akurat kapan Islam masuk ke Indonesia masih sangat sulit untuk diteliti. Namun, beberapa peneliti mengatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13 SM.

Masuknya agama Islam ke Indonesia akhirnya melahirkan kerajaan-kerajaan yang berlandaskan dengan syariat islam, seperti Kerajaan Perlak, Kerajaan Ternate, Kerajaan Demak, Kesultanan Malaka, Kerajaan Samudera Pasai, dan masih banyak lagi. 

Berbagai kerajaan islam tersebut pun akhirnya menghasilkan berbagai peninggalan, seperti:

Sekarang, simak contoh soal dan pembahasannya di bawah ini yuk!

  1. Berikut adalah ciri-ciri masjid pada masa Kerajaan Islam
  1. Terletak di sebelah barat alun-alun
  2. Bergaya arsitek bangunan masa Hindu-Buddha
  3. Terdapat tempat khusus bagi sultan jika ingin bersembahyang
  4. Berlantai banyak
  1. Jika (1), (2), dan (3) benar
  2. Jika (1) dan (3) benar
  3. Jika (2) dan (4) benar
  4. Jika hanya (4) yang benar
  5. Jika semuanya benar

Jawaban dan pembahasan

Salah satu masjid peninggalan kerajaan Islam yang masih bisa digunakan hingga saat ini adalah Masjid Agung Demak. Hampir semua masjid pada masa itu memiliki ciri yang sama. Apa saja?

Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak. (Sumber: Arsip sobatcloud.com)

Ciri-ciri masjid peninggalan kerajaan islam adalah:

  1. Atap masjid tumpang dan berjumlah ganjil.
  2. Terletak di barat alun-alun (arah kiblat).
  3. Masih menerapkan akulturasi dan masjid bergaya bangunan Hindu-Budha.
  4. Memiliki tempat khusus bagi sultan untuk sembahyang.

Aka jawaban yang paling tepat adalah A. 

Topik: Peristiwa Era Reformasi

Peristiwa yang terjadi pada era reformasi dipicu karena adanya dampak krisis moneter yang menyerang sektor ekonomi di Asia pada tahun 1997. 

Tapi nggak cuma itu, faktor lainnya yang menyebabkan rasa ketidakpuasan terhadap pemerintah yang menjabat kala itu adalah karena adanya penyelewengan Pancasila, KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), dan pemerintahan yang sangat jawasentris

Kebebasan berpendapat juga sangat dibatasi pada masa itu, makanya banyak sekali media berita yang dibredel dan dikontrol sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu, ada juga kesenjangan sosial yang sangat tajam tumbuh ditengah masyarakat, baik itu pada bidang ekonomi, agama, hingga ras dan suku. 

Kekacauan itu akhirnya menimbulkan satu peristiwa paling bersejarah di Indonesia, yaitu tragedi trisakti 1998. Peristiwa ini terjadi karena adanya demo besar-besaran yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai universitas di tanggal 12 Mei 1998 dan menewaskan sebanyak empat mahasiswa.

Tak lama dari peristiwa tersebut, akhirnya Soeharto yang merupakan presiden pada masa itu mengajukan pengunduran diri dan posisinya dilanjutkan oleh wakil presidennya, yaitu B.J. Habibie. Semenjak pergantian kekuasaan tersebut, akhirnya pemerintahan menjadi lebih terbuka dan dapat mengontrol krisis moneter yang sempat terjadi.

Gue punya satu contoh soal SIMAK UI yang pas nih buat materi ini, yuk di simak!

  1. Setelah peristiwa era reformasi, BJ Habibie maju untuk menggantikan Soeharto sebagai presiden, hal ini bertujuan untuk?
  1. Mengatasi krisis ekonomi yang melanda Indonesia di pertengahan tahun 1997
  2. Melanjutkan kebijakan presiden sebelumnya di bidang ekonomi
  3. Melanjutkan pembangunan di Indonesia tanpa dana pinjaman dari IMF atau World Bank
  4. Mengamankan para koruptor sesuai dengan tuntutan dan gerakan reformasi yang dilakukan oleh mahasiswa
  5. Menyatukan pihak yang mendukung dan menolak kebijakan yang dikeluarkan di masa Presiden Soeharto menjabat

Jawaban dan pembahasan:

Pada saat itu BJ Habibie harus menggantikan Soeharto sebagai Presiden karena pada saat itu beliau menjabat sebagai Wakil Presiden. Pada saat itu masalah yang terjadi adalah krisis moneter karena pada saat itu Soeharto kehilangan dukungan dari para petinggi yang menyebabkan program kerja bernama REPELITA VI diberhentikan. 

BACA JUGA :  Persiapan SBMPTN Matematika, Pelajari Materi KTSP atau K-13?

Karena itu, B.J. Habibie fokus untuk mengatasi krisis moneter yang melanda sektor keuangan di tahun 1997-1998 yang menyebabkan Soeharto mengundurkan diri sebagai presiden saat itu. Setelahnya, Indonesia meminjam uang untuk menutupi krisis moneter ini ke IMF yang selesai terbayar di tahun 2006 atau pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjabat. 

Jawaban yang paling benar adalah yang A.

Topik: Manusia Indonesia Masa Praaksara

Masa praaksara sering juga dikenal dengan masa prasejarah, di mana manusia yang hidup di zaman ini adalah manusia yang belum mengenal tulisan.

Kehidupan pada masa ini dibagi ke dalam tiga masa, yaitu:

  • Masa berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa ini, manusia mengumpulkan makanan bergantung pada alam sekitar. 
  • Masa bercocok tanam. Pada masa ini, manusia tidak hanya hidup dan makan dengan mengandalkan bercocok tanam saja. Mereka juga melakukan pengembang biakkan hewan untuk dipelihara.
  • Masa kehidupan perundagian. Di masa ini, manusia sudah berada di peradaban yang lebih tinggi. Beberapa kelompok manusia memiliki keahlian tertentu, seperti membuat gerabah, perahu, dan juga membuat barang-barang berbahan dasar logam.

Ada tiga kepercayaan yang dianut oleh manusia pra aksara, yaitu:

  • Animisme
  • Dinamisme, dan
  • Totemisme.

Sejauh ini masih aman dong materinya? Sekarang lihat lagi contoh soal dan pembahasan di bawah yah!

  1. Pada masa praaksara masyarakat Indonesia masih mempercayai kepercayaan animisme, hal ini bisa dilihat dengan…
  1. Tata cara upacara galungan
  2. Tata cara penguburan mayat dengan menggunakan waruga
  3. Masih menganut konsep dewa-raja
  4. Tradisi menyembah tugu
  5. Mempercayai adanya dewa-dewi

Jawaban dan pembahasan:

Kepercayaan animisme merupakan kepercayaan yang mempercayai bahwa segala sesuatu memiliki ruh. Jika dilihat dari opsi di atas, tugu batu, kepercayaan terhadap dewa, raja, dan tata cara penguburan mayat tidak memiliki kaitan dengan ruh, melainkan memiliki kekuatan spiritual saja. 

Sedangkan tata cara upacara galungan adalah peringatan kisah antara dharma dan adharma atau kebaikan melawan keburukan. Dikisahkan ada sebuah monster bernama Mayadenawa yang ingin semua manusia menyembah monster tersebut da menimbulkan kerusuhan dan kerusakan, lalu ditunjuk utusan langit bernama Ida Bhatara Indra untuk melawan monster tersebut.

Kisah tersebut juga menciptakan satu tradisi baru, yaitu hari berpulangnya arwah. Oleh karena itu, karena adanya dua peristiwa yaitu dharma dan adharma dan hari berpulangnya arwah, dibuatkan upacara galungan. 

Dari beberapa opsi di atas, yang memiliki latar cerita yang berkaitan dengan ruh adalah A.

Topik: Indonesia Era Orde Baru

Era Orde Baru di Indonesia dimulai sejak tanggal 11 Maret 1965 – 21 Mei 1998. Nama Orde Baru ini dicetuskan untuk membedakan era sebelumnya yang dipimpin oleh Ir. Soekarno (Orde Lama).

Beberapa ciri khas yang paling menonjol pada Orde Baru, yaitu: 

  • Adanya praktik “Dwifungsi ABRI”. Konsep ini diterapkan saat para prajurit militer Indonesia dari berbagai angkatan, jabatan, hingga pangkat ikut bekerja dalam pemerintahan.
  • Adanya kestabilan politik di Indonesia, dan
  • Keberhasilan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.

Terakhir nih, kita simak lagi contoh soal dan pembahasan yang udah gue siapin di bawah yah!

  1. Keberhasilan Orde Baru dalam membangun Indonesia dapat dilihat dari…
  1. Hak asasi dijadikan landasan untuk menyelesaikan masalah konflik sosial
  2. Kebebasan berpendapat terjamin
  3. Kesenjangan sosial semakin menyempit
  4. Keberhasilan pertumbuhan penduduk semakin meningkat karena adanya program keluarga berencana
  5. Banyak rakyat Indonesia yang merasa puas

Jawaban dan pembahasan:

Orde Baru memiliki keberhasilan yang sangat jelas adalah dari segi pertumbuhan penduduk. Sejak tahun 1970-1980, peserta Keluarga Berencana semakin bertambah. 

Sedangkan di opsi lain, HAM  masih menjadi isu sampai sekarang. Kebebasan berpendapat juga bukan menjadi hal yang berhasil pada masa Orde Baru, karena pada masa itu banyak media yang dibredel. Selain itu, kesenjangan sosial masih dirasakan oleh masyarakat Indonesia di masa itu yang berarti rasa puas terhadap Orde baru belum merata.

Jawaban yang tepat adalah yang D. 

Itu dia beberapa contoh soal sejarah yang bisa elo jadikan bahan belajar untuk SIMAK UI nanti. Jangan lupa rajin latihan ya! Kalau gitu, sekarang elo mau menguji kemampuan dalam ngerjain soal sejarah SIMAK UI? Yuk, ikutan Try Out dari sobatcloud.com! Langsung aja klik banner yang ada di bawah ini.

try out SIMAK UI online Zenius

Referensi:

Materi Belajar Sejarah – sobatcloud.com Education

Soal SIMAK UI Sejarah – sobatcloud.com Education

Dimulainya Masa Pergerakan Nasional di Tanah Air – kemdikbud.go.id

Tentang SIMAK UI – simak.ui.ac.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *