Contoh Soal SIMAK UI dan Pembahasannya – Geografi

Hai, pembaca sobatcloud.com! Wah, nggak kerasa nih, sebentar lagi pelaksanaan SIMAK UI akan segera dimulai. Gimana nih, sudah sampai mana persiapan elo?

Tentunya, elo harus punya persiapan yang matang dong ya! Apalagi, Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, pasti peminatnya banyak banget!

Nah, pas banget nih buat elo yang mau ngambil kelompok ujian soshum, gue mau bagiin beberapa contoh soal yang bakal bantu elo untuk mempersiapkan diri ngadepin SIMAK UI nanti. Tenang aja, nggak cuma contoh soalnya aja kok, tapi lengkap sama pembahasannya. Gimana? Seneng kan elo? Hehehe…

Yuk, nggak usah banyak basa-basi lagi, simak artikel berikut ya!

Alt: Contoh Soal  Persiapan SIMAK UI
Daftar Program Studi Rumpun Soshum UI (Arsip sobatcloud.com) 

Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAK UI Matematika

Materi SIMAK UI Geografi 

Sebelum gue masuk ke contoh soal, tentunya elo harus tau dulu dong, materi apa aja sih yang sering banget keluar di soal-soal SIMAK UI Geografi? 

Kalau dilihat dari tahun ke tahun, soal-soal untuk SIMAK UI materi Geografi ini secara umum lebih menekankan keterkaitan antar konsep. Nah, kalau udah gitu tentu aja elo harus benar-benar paham konsep dasarnya ya! Jadi, nggak cuman sekedar menghafal aja, elo harus bisa mengaitkan antara konsep satu dengan konsep yang lain. 

Nah, materi apa aja sih yang sering keluar dalam SIMAK UI Geografi ini? Kalau dilihat dari soal-soal yang diujikan dalam rentang waktu beberapa tahun ini, materi-materi yang sering muncul antara lain mencakup materi atmosfer, litosfer, hidrosfer, perwilayahan, interaksi desa-kota, penginderaan jauh, dan konsep dasar geografi. 

Sedangkan materi-materi yang beberapa kali muncul adalah masalah kependudukan, mitigasi bencana, sistem informasi geografis, unsur cuaca, dan perubahan iklim. 

Wah, kelihatannya banyak banget ya? Makanya, gue saranin buat elo untuk jangan menunda-nunda lagi buat belajar, dan pahami konsep dengan baik secara matang. Kalau elo bingung mau mulai dari mana, gue ada nih solusinya. Elo bisa nonton live class bareng tutor-tutor kece sobatcloud.com, di sini!

Next, karena elo udah tahu materi apa aja yang kemungkinan bakal keluar di SIMAK UI nanti, sekarang waktunya gue nampilin beberapa contoh soal dan pembahasan SIMAK UI untuk materi Geografi. Cekidot!

Alt: Contoh Soal SIMAK UI 2022
Ilustrasi gedung Universitas Indonesia (Dok. Arsip sobatcloud.com)

Info Pendaftaran SIMAK UI 2022 – Kuota, Jadwal, dan Biaya 

Contoh Soal dan Pembahasan SIMAK UI: Geografi

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, dalam SIMAK UI nanti, elo akan menemukan tiga bentuk soal. 

Soal pertama adalah soal dalam bentuk pilihan ganda yang biasa elo temukan di sekolah. Elo bisa memberi jawaban untuk soal ini dengan memilih salah satu jawaban yang paling tepat. 

Bentuk soal kedua yang akan elo temukan adalah soal yang terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. 

Untuk soal ini elo akan diminta untuk memilih dengan cara seperti ini: 

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah.
  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Dan bentuk soal terakhir, akan disajikan  pernyataan dan elo harus memilih dengan cara sebagai berikut:

(A) Jika (1), (2), dan (3) yang benar.

(B) Jika (1) dan (3) yang benar.

(C) Jika (2) dan (4) yang benar.

(D) Jika hanya (4) yang benar.

(E) Jika semuanya benar.

Oke, biar makin kebayang gimana bentuk soalnya, di bagian ini gue akan kasih tau elo contoh soal-soal dan pembahasan SIMAK UI untuk materi Geografi. Yuk, mari kita bahas…

Soal 1 

Topik: Konsep Geografi 

Konsep yang mengkaji jenis kegiatan penduduk di dataran tinggi dan rendah adalah ….

BACA JUGA :  Contoh Soal PTS Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan

A. ketergantungan

B. keterjangkauan

C. keterkaitan area

D. diferensiasi area

E. Aglomerasi

Pembahasan dan jawaban:

Soal di atas, membahas tentang konsep geografi, dalam soal tersebut elo diminta untuk mencari konsep yang tepat untuk mengkaji jenis kegiatan penduduk di dataran tinggi dan rendah. 

Masih inget nggak sih elo apa saja konsep geografi? oke , kalau lupa gue ingetin deh. Konsep geografi antara lain:

  • Konsep lokasi, terdiri atas lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut adalah lokasi yang ditentukan berdasarkan letak astronomis. 
  • Konsep jarak, jarak berkaitan erat dengan lokasi karena jarak menjadi suatu ukuran yang menjadi pemisah antar wilayah atau tempat.
  • Konsep keterjangkauan, berhubungan dengan kondisi medan yang berkaitan dengan sarana angkutan dan transportasi yang digunakan. Suatu tempat yang tidak memiliki jaringan transportasi dan komunikasi yang memadai maka dapat dikatakan daerah tersebut terisolasi atau terpencil.
  • Konsep morfologi, merupakan perwujudan bentuk daratan muka bumi sebagai hasil tenaga eksogen maupun endogen
  • Konsep aglomerasi, aglomerasi atau pemusatan adalah kecenderungan persebaran penduduk yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah yang relatif sempit dan bersifat menguntungkan karena kesamaan gejala ataupun faktor-faktor tertentu yang menguntungkan.
  • Konsep nilai kegunaan, nilai kegunaan suatu fenomena di muka bumi bersifat relatif, artinya nilai kegunaan itu tidak sama, tergantung dari kebutuhan penduduk yang bersangkutan. 
  • Konsep pola, pola berkaitan dengan susunan, bentuk, dan persebaran fenomena dalam ruang muka bumi. Fenomena yang dipelajari adalah fenomena alami dan fenomena sosial. 
  • Konsep diferensiasi areal, konsep untuk membeda-bedakan antar wilayah dan menjelaskan keterkaitannya. 
  • Konsep interaksi, setiap tempat mengembangkan potensi sumber daya alamnya dan kebutuhan yang tidak selalu sama dengan tempat lain. 
  • Konsep keterkaitan keruangan atau asosiasi keruangan adalah derajat keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena lain di suatu tempat atau ruang. 

Dari beberapa pilihan jawaban di atas, yang termasuk dalam konsep geografi adalah keterjangkauan, keterkaitan area, diferensiasi area, dan aglomerasi. Terus apa dong jawaban yang tepat untuk soal di atas? 

Dalam soal di atas terdapat kalimat “mengkaji jenis kegiatan penduduk di dataran tinggi dan rendah” sehingga di situ elo bisa tahu kalau kita diminta untuk membandingkan antara kegiatan penduduk di dataran tinggi dan rendah, sehingga jawaban yang tepat adalah D. Diferensiasi area. 

Fyi nih, soal dengan topik ini pernah muncul di tahun 2019 hlo. 

Soal 2

Topik: Masalah Kependudukan

Ciri piramida penduduk Indonesia telah mendekati bentuk stasioner yang ditandai oleh ….

A. kelahiran dan kematian tinggi

B. kelahiran dan kematian rendah

C. kelahiran tinggi dan kematian rendah

D. kelahiran rendah dan kematian tinggi

E. kelahiran tetap dan kematian rendah

Pembahasan dan jawaban: 

Untuk menjawab soal tersebut, berarti elo harus tahu dulu dong apa aja sih ciri-ciri piramida penduduk stasioner? Ciri-ciri piramida penduduk stasioner adalah usia muda dan tua seimbang, kelahiran tidak terlalu tinggi (seimbang) dan tingkat kematian rendah, pertumbuhan penduduk rendah. 

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, pilihan jawaban yang paling tepat adalah E. kelahiran tetap dan kematian rendah.

Tahu nggak sih, soal dengan materi ini pernah masuk dalam SIMAK UI tahun 2019 lho. 

Kalau elo masih penasaran tentang piramida penduduk ini, elo bisa lihat video pembahasan tentang piramida stasioner ini di sini ya! 

Alt: Materi SIMAK UI Geografi
Gambar piramida penduduk stasioner (Arsip sobatcloud.com)

Soal 3

Topik: Sistem Informasi Geografis

SIG merupakan sistem yang dirancang untuk dapat melaksanakan berbagai jenis analisis khususnya analisis keruangan. Akan tetapi output dalam SIG akan selalu bergantung pada….

A. analisis input yang dilakukan dalam SIG

B. luasan wilayah yang direkam pada SIG

C. ukuran data yang diproses oleh SIG

D. besaran output ideal dalam SIG

E. waktu pengolahan SIG

Pembahasan dan Jawaban:

Nah, masih inget nggak nih tentang Sistem Informasi Geografis atau SIG? Disadur dari blog sobatcloud.com, SIG adalah sistem informasi berbasis komputer yang mengolah data spasial (berkenaan dengan ruang atau tempat) baru dengan mendapatkan gambaran pola atau perubahan fenomena suatu wilayah. SIG ini merupakan satu kesatuan perangkat yang berangkai satu sama lain. 

BACA JUGA :  Latar Belakang Peristiwa Merah Putih di Manado dan Tokohnya – Materi Sejarah Kelas 11

Output SIG seperti, hasil peta yang telah diolah akan sangat bergantung pada masukan (input) sebagai basis datanya. Kalo inputnya jelek, outputnya bakal jelek juga. Sehingga jawaban yang tepat adalah A. analisis input yang dilakukan dalam SIG. 

Soal 4

Topik: Prinsip geografi 

Wilayah sekitar gunung api biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Hal ini disebabkan oleh abu vulkanik yang dikeluarkan oleh proses vulkanisme kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah….

A. interelasi

B. distribusi

C. korologi

D. deskripsi

E. keruangan

Pembahasan: 

Distribusi → menjelaskan mengenai persebaran fenomena di permukaan bumi yang tidak merata. gejala atau fenomena ga bakal ada yang tersebar merata. Jadi dengan prinsip ini kita melihat persebarannya.

Interelasi →  gejala atau fenomena pasti akan saling terkait antara aspek fisik dan nonfisik

Deskripsi → harus dijelaskan dalam bentuk data (tabel, grafik, peta) 

Korologi → setiap tempat itu unik, saling terhubung, dan saling mempengaruhi. Gabungan dari semua prinsip. 

Soal menekankan pada wilayah gunung api dan abu vulkaniknya (benda mati) dengan keuntungannya untuk tanaman (makhluk hidup). Adanya keterkaitan aspek fisik dan nonfisik menunjukkan prinsip interelasi. Sehingga jawabannya adalah A. interelasi.

Soal 5

Lapisan ozon yang ditemukan di stratosfer memiliki peran yang penting pada kehidupan di bumi dengan mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk. Tanpa lapisan ozon kemungkinan besar yang terjadi adalah….

A. pemanasan global

B. maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia

C. berkurangnya pasokan oksigen di udara

D. hujan asam

E. gelombang panas

Pembahasan:

Lapisan ozon berperan sebagai penghalang radiasi ultraviolet masuk ke permukaan bumi. Tanpa lapisan ozon, radiasi UV bebas masuk ke permukaan bumi dan akan menyerang lapisan kulit yang berakibat pada berbagai jenis penyakit kulit di manusia. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B. maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia. (Jangan lupa pakai sunscreen guys!)

Soal 6

Flora endemik di Indonesia dapat diidentifikasi secara umum melalui pembagian wilayah berdasarkan garis Wallace.

SEBAB

Garis Wallace membagi wilayah Kepulauan Indonesia berdasarkan perbedaan jenis tanaman.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat
  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat
  3. jika pernyataan benar dan alasan salah
  4. jika pernyataan salah dan alasan benar
  5. jika keduanya salah

Pembahasan dan jawaban:

Yuk, kita liat kedua pernyataan pada soal tersebut!

Pernyataan pertama: “Flora endemik di Indonesia dapat diidentifikasi secara umum melalui pembagian wilayah berdasarkan garis Wallace”. Menurut elo, apakah pernyataan tersebut benar? 

Hmm, Yap, pernyataan tersebut salah. Kenapa? Karena, untuk mengidentifikasi flora endemik di Indonesia, kita juga memerlukan garis yang lain yaitu garis Weber, karena garis Weber diperlukan untuk memahami flora Indonesia di daerah peralihan. Sehingga pernyataan tersebut salah

Kemudian kita lihat Alasannya: “Garis Wallace membagi wilayah Kepulauan Indonesia berdasarkan perbedaan jenis tanaman”. Apakah alasan tersebut benar? Wah, ternyata salah juga nih! Karena, garis Wallace nggak hanya membagi berdasarkan jenis tanaman aja, tapi juga berdasarkan jenis fauna. Sehingga alasan tersebut salah.  

Nah, kalau pernyataan salah dan alasan salah, maka jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E. jika keduanya salah.

Yuk, lihat juga video pembelajaran untuk materi ini di sini!

Soal 7

Dampak dari fenomena La Nina yang kuat terhadap bidang pertanian di Jawa adalah….

(1) mutu produksi tembakau meningkat

(2) jumlah produksi padi gogo menurun

(3) mutu produksi tebu meningkat

(4) jumlah produksi jagung menurun

A. jika (1), (2), dan (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

BACA JUGA :  Dukungan Zenius untuk Kebijakan Belajar di Rumah di Tengah Penanggulangan Virus Corona

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Pembahasan dan jawaban:

Masih inget nggak sih tentang La Nina? La Nina adalah sebuah fenomena alam yang terjadi ketika suhu permukaan laut Samudera Pasifik bagian tengah menurun. Kondisi ini menyebabkan dampak bagi pertanian, kesehatan, hingga bencana alam. Salah satu contohnya adalah banjir. 

Alt: Materi SIMAK UI 2020 Geografi
Dampak La Nina (Dok. Pixabay) 

Wah, kalau kayak gitu kira-kira pernyataan mana ya yang benar pada soal tersebut?

Yap, bener banget, La Nina menyebabkan jumlah produksi padi gogo menurun dan jumlah produksi jagung menurun. Jadi pernyataan yang benar adalah nomor 2 dan 4. Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah C. jika (2) dan (4) benar. 

Soal 8

Penginderaan jauh merupakan ilmu, seni, dan teknik untuk merekam suatu objek atau fenomena dari jarak jauh tanpa kontak langsung. Tetapi terdapat objek atau data yang tidak terekam pada lembar citra foto hasil penginderaan jauh, yaitu ….

A. daratan dan lautan

B. luas areal hitam

C. areal persawahan

D. bentuk bangunan

E. jumlah dan persebaran penduduk

Pembahasan: 

Citra foto hasil penginderaan jauh dapat merekam fenomena fisik keruangan seperti:

  • daratan dan lautan
  • luas areal hitam
  • areal persawahan
  • bentuk bangunan

Sementara itu, jumlah dan persebaran penduduk adalah fenomena non-fisik (sosial) sehingga tidak akan dapat terekam langsung oleh penginderaan jauh, sehingga jawaban yang benar adalah E. jumlah dan persebaran penduduk.

Soal 9

Peningkatan laju migrasi dari desa maupun kota-kota lain ke Jakarta disebabkan oleh tingginya….

A. kepadatan penduduk Jakarta

B. harga tanah di Jakarta

C. pendapatan di Jakarta

D.  proporsi usia produktif

 E. kualitas pekerjaan

Pembahasan dan jawaban:

Migrasi merupakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Dalam soal tersebut secara khusus adalah perpindahan penduduk dari desa ke Jakarta. Nah, di sini elo harus tahu nih, faktor apa sih yang bisa menarik penduduk daerah lain untuk pindah ke Jakarta? 

Apakah kepadatan penduduknya? Hmm, kayaknya nggak ya, siapa sih yang tertarik dengan kepadatan penduduk? Harga tanah? Wah, harga tanah di Jakarta kan mahal banget, emang iya itu bikin masyarakat daerah lain tertarik? Kalau gitu, pendapatan di Jakarta? Wah, bisa jadi sih. Hal ini terjadi karena pendapatan di Jakarta lebih tinggi dari daerah-daerah lain di Indonesia. 

Terus gimana sama proporsi usia produktif dan kualitas pekerjaan? sayangnya , kedua hal tersebut bukan penarik adanya perpindahan penduduk ke Jakarta sih.

Nah, kalau udah gitu berarti jawaban yang paling tepat adalah C. Pendapatan di Jakarta. 

Dalam menjawab materi ini, elo harus paham juga konsep dasar urbanisasi. Nah, biar belajarnya makin enak, elo bisa juga lihat video pembelajarannya di sini ya!

Soal 10 

Berikut ini yang merupakan ciri-ciri utama kehidupan masyarakat desa adalah ….

A. memiliki pola pikir yang rasional

B. mata pencaharian heterogen

C. bersifat materialistis

D. hubungan kekerabatan erat (gemeinschaft)

E. individual

Pembahasan dan Jawaban: 

Berikut adalah ciri-ciri kehidupan masyarakat desa:

  1. Hubungan kekerabatan erat atau disebut juga paguyuban (gemeinschaft)
  2. Memiliki pola pikir yang irasional
  3. Bersifat tradisional (tradisi masih kuat)
  4. Mata pencaharian di bidang agraris

Sehingga jawaban yang tepat adalah D. hubungan kekerabatan erat (gemeinschaft).

Nah, itu tadi beberapa contoh soal dan pembahasan SIMAK UI Biologi. Loh, kok cuman 10? Tenang aja dong, elo masih bisa belajar dari latihan soal yang lain dengan klik banner di bawah ini ya! Semoga artikel ini bisa bantu persiapan SIMAK UI elo supaya lebih mantab!

Contoh Soal SIMAK UI dan Pembahasannya - Geografi 9

Eitts, jangan lupa matengin pemahaman konsep elo dengan nonton live class dari sobatcloud.com yang bakal bikin elo semakin tercerahkan. 

Biar persiapan elo makin mantap, sobatcloud.com punya fitur spesial nih yang bisa bantu fundamental konsep elo makin mantap buat persiapan SIMAK UI nanti. 

Fitur spesial ini adalah Zencore. Melalui fitur ini, elo bisa banget menutupi kekurangan fundamental konsep. Kenapa? Karena kemampuan fundamental konsep yang kuat itu sangat penting dalam mengikuti SIMAK UI. 

Sip deh, good luck guys!

MAKIN SIAP IKUT SIMAK UI! – YouTube


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *