Contoh Soal PTS Sejarah Kelas 11 Semester 1

Inget-inget masa lalu tuh emang kadang menyedihkan ya. Eh tapi masa elo ikut sedih tiap belajar mata pelajaran sejarah, mungkin kalau ini sedih karena nggak hafal tahun kejadian suatu peristiwa. Mumpung menjelang penilaian tengah semester alias PTS sejarah kelas 11 semester 1, gue mau bagi-bagi contoh soalnya nih.

Sebelum langsung loncat ke contoh soal PTS Sejarah kelas 11 semester 1, kita cek dulu yuk di semester 1 ini ada materi apa aja baik untuk sejarah wajib dan sejarah peminatan. Simak berikut ini!

Sejarah Wajib

Imperialisme dan Kolonialisme Bangsa

Perjuangan Kedaerahan Melawan Penjajahan

Sejarah Peminatan

Kerajaan Maritim Hindu-Buddha

Kerajaan Maritim Islam

Evolusi Peradaban Eropa

Nah materi-materi di atas adalah materi yang akan diujikan di PTS Sejarah kelas 11 semester 1 baik wajib ataupun peminatan. Materinya beragam ya, mulai dari kolonialisme, perjuangan bangsa Indonesia hingga peradaban Eropa. 

Tenang aja kalau elo udah belajar dari contoh soal PTS Sejarah kelas 11 Semester 1 di bawah ini, yakin soal PTS bisa elo tebas deh. Langsung simak berikut ini yuk!

Oh iya gue akan bagi contoh soal menjadi 2 ya, 5 soal pertama untuk sejarah wajib dan 5 soal lainnya untuk sejarah peminatan.

Sejarah Wajib

Contoh soal PTS Sejarah Kelas 11 Semester 1 (Arsip Zenius)
Contoh soal PTS Sejarah wajib kelas 11 (Arsip sobatcloud.com)

Contoh Soal 1: Era Eksplorasi

Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa yang pertama kali sampai ke Indonesia pada tahun 1509. Hal ini dikarenakan beberapa alasan – alasan di bawah ini, kecuali ….

A. hanya bangsa Portugis dan Spanyol yang menjelajah di zaman tersebut  

B. baru Portugal yang menemukan jalan baru ke Asia pada saat itu

C. Portugal sudah memiliki pelabuhan yang mendukung mereka ke Asia

D. banyaknya pelaut dan navigator yang kompeten dari Portugis

E. mereka lebih memiliki ketertarikan kepada Asia dibandingkan Amerika

Pembahasan:

Elo harus jeli nih, jawaban yang diminta adalah jawaban yang kecuali ya. Okay, jadi pada tahun 1509 itu Portugis masuk ke perairan nusantara lewat Selat Malaka, jalur perdagangan rempah-rempah.

Kita lihat pilihannya satu-satu ya. Pilihan A ini alasan yang benar karena memang hanya Portugis dan Spanyol yang sudah mulai menjelajah karena bangsa lain masih berada di masa transisi dari abad pertengahan dan eksplorasi.

Lalu opsi B juga alasan yang tepat karena baru mereka yang mendapatkan jalan menuju Asia dikarenakan banyaknya pelaut mereka yang kompeten kayak contohnya Bartholomeus Diaz. Ini membenarkan opsi yang D juga nih.

Opsi C juga nggak salah. Portugis juga udah meletakkan beberapa pelabuhan di berbagai daerah. Contohnya pelabuhan Mozambik, sehingga semakin memudahkan akses mereka ke Asia.

Nah, maka jawabannya adalah E. Ini juga dibuktikan dengan adanya koloni di Amerika yang didapat dari jalur diplomasi pada tahun 1500-an yaitu Brazil. Bahkan sampai sekarang di Brazil masih menggunakan bahasa Portugis, lho bukan Spanyol. 

Jawaban: E

Baca juga: Eksplorasi Portugis-Spanyol

Contoh Soal 2: Era Kolonialisme

Sistem tanam paksa sudah jelas merugikan rakyat Indonesia. Namun jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya sistem tanam paksa juga memberikan keuntungan bagi Indonesia yang efeknya masih kita rasakan hingga sekarang. Keuntungan tersebut adalah  ….

A. sistem penanaman dengan persentase lahan ternyata efektif dan masih dipakai

BACA JUGA :  Konsep Dwifungsi ABRI Era Orde Baru – Materi Sejarah Kelas 12

B. Indonesia melimpah akan beras

C. petani diajarkan cara menanam dan merawat tanaman yang bernilai tinggi

D. sistem bahwa pemerintah juga turut membantu penjualan petani 

E. penggunaan pupuk kimia yang diperkenalkan oleh Belanda ke Indonesia

Pembahasan:

Elo perlu tahu nih banyak tanaman yang kita kenal sekarang nggak semuanya berasal dari Indonesia. Meskipun rempah merupakan tanaman asli Indonesia namun tanaman seperti kopi, teh atau kentang sebenarnya dibawa oleh bangsa Eropa.

Bahkan sekarang kita punya daerah-daerah dengan perkebunan tanaman-tanaman tersebut. Kayak misalnya kebun teh di Bandung, kentang di Dieng, atau kopi di Gayo.

Jawaban A dan D salah ya, karena dari segi keuntungan tanam bangsa Indonesia lebih banyak dirugikan karena kebijakannya yang ada. Opsi B juga salah karena tanaman yang wajib di tanam adalah kopi, teh, tebu dan rempah-rempah. Opsi pun salah karena penggunaan pupuk kimia sendiri baru terjadi di era orde baru.

Jawaban: C

Baca juga: Kupas Tuntas Sistem Cultuurstelsel atau Tanam Paksa

Contoh Soal 3: Era Transisi

Berikut adalah kontribusi Thomas Stamford Raffles di bidang ilmu pengetahuan, kecuali ….

A. memetakan monumen-monumen kuno di Jawa

B. menemukan Singapura

C. menulis buku The History of Java

D. menemukan bunga bangkai yang berdiri tegak

E. meneliti spesimen baru tumbuhan parasit yang bunganya berukuran 1 meter

Pembahasan:

Thomas Stamford Raffles adalah Gubernur Jenderal di Indonesia sebagai perwakilan Inggris pada abad ke 19. Nggak cuma memerintah, Raffles juga punya kontribusi terhadap Indonesia, lho.

Pada tahun 1817, ia menulis buku The History of Java yang menceritakan banyak hal tentang pulau Jawa, kayak tradisinya, mahluk hidupnya, hingga monumen kuno yang ada. Pilihan A dan C berarti termasuk kontribusi nya ya, yang mana bukan jawaban di soal ini. Inget yang elo cari yang bukan kontribusi Raffles ya.

Lalu pada tahun 1818, Raffles berlayar ke Malaka dan menemukan tanah baru yang kini dikenal sebagai Singapura. Pada tahun yang sama pula bersama Dr. Arnold, Raffles menemukan spesies baru yaitu Rafflesia Arnoldi, tumbuhan parasit dengan bunga yang berukuran besar. 

Jadi yang ditemukan Raffles adalah tumbuhan parasit ya. Banyak yang salah kira Rafflesia Arnoldi adalah bunga bangkai yang berdiri tegak. Padahal bunga bangkai tersebut bernama Amorphophallus titanum dan tidak ditemukan oleh Raffles.

Jawaban: D

Pelajari juga: Benarkah Penjajahan Inggris Lebih Baik Dibandingkan Belanda?

Contoh Soal 4: Perjuangan Pasca-Belanda

Penangkapan Pangeran Diponegoro (Dok. Wikimedia Commons)
Penangkapan Pangeran Diponegoro (Dok. Wikimedia Commons)

Jika kita melihat taktik perang yang digunakan oleh Pangeran Diponegoro, taktik ini mirip dengan taktik yang digunakan oleh ….

A. Jenderal Soedirman saat perang gerilya

B. Soeharto saat Operasi Trikora

C. Yos Sudarso saat pertempuran Laut Aru

D. Soeharto dalam taktik diplomasi

E. Kopassus saat melawan pemberontak

Pembahasan:

Pangeran Diponegoro ini menggunakan taktik unik sehingga Belanda susah menangkapnya. Jika ia menyerang dilakukan secara kecil-kecilan misalnya saat Belanda lagi konvoi. 

Nah ini tuh namanya taktik gerilya karena dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan cepat meskipun dalam kelompok kecil. Inilah alasan Pangeran Diponegoro sulit ditangkap pihak Belanda. 

Begitupun dengan Jendral Soedirman yang sudah tahu daerah tempat Ia tinggal dan membuat susah untuk ditangkap. Namun Pangeran Diponegoro tertangkap pada akhirnya karena taktik licik Belanda yang mengatakan akan melakukan negosiasi namun berakhir dengan penangkapan.

Jenderal Soedirman sama seperti Pangeran Diponegoro adalah seorang gerilyawan.

Jawaban: A

Pelajari juga: Perang Diponegoro Jawa

Contoh Soal 5: Latar Belakang Perlawanan dan Perjuangan Daerah

Perbedaan utama antara Kaum Adat dan Kaum Padri di Minangkabau yang kelak akan dimanfaatkan Belanda untuk taktik Devide et Impera adalah ….

BACA JUGA :  Rumus Energi Potensial, Contoh Soal & Penerapannya

A. Baju Kaum Padri putih sedangkan Kaum Adat hitam

B. Kaum Padri berdarah asli Minang sedangkan Adat campuran

C. Kaum Adat lebih tinggi derajatnya dibandingkan Padri

D. Kaum Adat pro-Belanda sedangkan Padri anti-Belanda

E. Padri menjalankan Islam murni sedangkan Adat tidak

Pembahasan:

Elo tau nggak nih Devide et Impera nih taktik apa. Jadi taktik ini merupakan taktik adu domba yang dapat memecah belah lawan. Belanda akan mendukung salah satu pihak kemudian dia akan menghasut perbedaan yang ada sebagai senjata untuk melawan satu sama lain.

Kaum Padri yang dipimpin Tuanku Imam Bonjol menjalankan Islam murni sedangkan kaum adat masih menjalankan budaya Minang yang waktu itu nggak 100% Islam murni. Inilah yang kemudian digunakan Belanda sebagai alat pemecah belah kedua kaum ini.

Jawaban: E.

Elo udah ngerjain contoh soal sejarah wajib, belajar terus latihan soal PTS sejarah kelas 11 dengan klik banner di bawah ini ya!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius
Yuk kerjain lagi latihan soalnya!

Sejarah Peminatan

Contoh Soal 6: Konsep Dasar Kerajaan Maritim

Jika kita mempertimbangkan lokasi geografis dari mayoritas kerajaan Maritim, hal paling penting yang harus dimiliki kerajaan tersebut agar dapat menjadi kuat adalah ….

A. mengontrol jalur perdagangan penting di jalur perdagangan internasional

B. memiliki rempah yang melimpah

C. memiliki skill diplomasi yang tinggi

D. berlokasi di hulu sungai

E. memiliki sultan yang kompeten

Pembahasan:

Kalau kita lihat dari kerajaan Maritim seperti Kerajaan Majapahit, Kerajaan Aceh, atau Kerajaan Banten. Mereka memiliki kesamaan yaitu mengontrol jalur perdagangan penting yang berarti banyak kapal yang melewati daerah tersebut. 

Majapahit memiliki daerah-daerah penting tempat kapal biasa melewatinya, Kerajaan Banten menguasai Selat Sunda dan Kerajaan Aceh menguasai Selat Malaka. 

Karena sering dilewati jalur perdagangan ini mereka memiliki dana yang banyak sehingga menjadikan mereka kerajaan yang kuat dan berkuasa. Jadi fokus di sini bukan komoditas yang mereka punya melainkan karena jalur yang menguntungkan kerajaan-kerajaan ini.

Jawaban: A

Baca juga: Silsilah Kerajaan Majapahit

Contoh Soal 7: Contoh Kerajaan Maritim Islam

Persamaan kerajaan Samudra Pasai dengan Sriwijaya dalam hal lokasi strategis dan penyebaran agama adalah ….

A. sama-sama menyebarkan agama ke seluruh nusantara

B. sama-sama menyediakan pelabuhan untuk bertemu dengan bangsa asing

C. sama-sama menjadi tempat singgah bagi para cendekiawan

D. sama-sama menjadi pusat studi dari agama yang dianut

E. sama-sama menganut agama dari luar nusantara

Pembahasan:

Apa sih hubungan dua kerajaan beda zaman ini? Elo perlu fokus di bagian lokasi strategis dan penyebaran agamanya nih sebagai poin utamanya.

Coba lihat opsi pilihannya satu-satu. Opsi A kurang tepat nih soalnya dibandingkan menyebarkan agama, kedua daerah ini malah menerima agama yang masuk dan mengembangkannya.

Lalu opsi B, ini nggak ada hubungannya dengan agama ya karena semua kerajaan mungkin aja bisa membangun pelabuhannya sendiri. Opsi C nih hampir bener, karena memang benar dijadikan sebagai tempat persinggahan tapi ini nggak menjelaskan terjadinya penyebaran agama di situ. Kalau opsi E malahan terlalu umum, karena semua kerajaan juga memungkinkan tanpa harus memiliki lokasi strategis.

Ini menjadikan opsi D merupakan pilihan yang tepat. Karena lokasinya strategis dan menerima agama lalu dikembangkan, maka banyak pemuka agama menjadikannya pusat belajarnya di kedua daerah ini.

Jika Samudera Pasai merupakan pusat studi Islam, kerajaan Sriwijaya menjadi pusat studi Buddha.

Jawaban: D

Baca juga: 10 Kerajaan Maritim Islam di Indonesia

Contoh Soal 8: Pendahuluan Evolusi Peradaban Eropa

Di masa sekarang, kalimat sapere aude dari Immanuel Kant dapat kita refleksikan agar kita ….

BACA JUGA :  George W. Bush, Presiden Amerika Serikat yang Berperang Melawan Terorisme

A. menjadi pintar dalam berdebat

B. dapat menerima masukan dari orang lain

C. dapat dengan mudah menghargai pendapat orang lain

D. dapat memfilter informasi tentang mana info yang benar dan mana yang merupakan hoaks

E. dapat menggunakan sejarah sebagai alat untuk mengetahui masa lalu kita secara komunal

Pembahasan:

Sapere aude ini berasal dari abad pencerahan yang dicetuskan oleh Immanuel Kant, seorang filsuf asal Jerman. Kalau dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai Dare to Know alias memiliki keberanian untuk tahu.

Ini muncul karena sebelum abad pencerahan, orang-orang lebih banyak didikte kaum-kaum agama. Nah ungkapan ini hadir untuk melawan sifat itu. 

Jadi kalau di zaman sekarang, kita diharapkan untuk dapat ikut berpikir atas informasi yang kita dapat. Intinya jangan mau didikte aja, perlu untuk kritis juga. Maka opsi D pilihan yang tepat.

Jawaban: D.

Pelajari juga: Pengantar Evolusi Peradaban Eropa 

Contoh Soal 9: Zaman Renaisans 

ilustrasi masa Renaisans (Dok.Rawpixel)
ilustrasi masa Renaisans (Dok. Rawpixel)

Masa renaisans dimulai di Italia tepatnya di Kota Florence. Hal ini disebabkan karena berbagai macam alasan di bawah ini, kecuali ….

A. Italia lebih mengalami sedikit korupsi dibandingkan tempat lainnya

B. Italia menjadi tempat tujuan kabur para filsuf dan ilmuwan Yunani 

C. Adanya dukungan yang kuat dari keluarga Medici untuk para humanis 

D. peninggalan bangsa Romawi paling banyak ditemukan di Italia

E. Jalur perdagangan di Italia sudah cukup berkembang 

Pembahasan:

Pertanyaan di atas adalah mencari yang salah ya, elo harus teliti nih.

Jawabannya adalah opsi A. ini salah banget ya kalau ada yang bilang Italia lebih sedikit mengalami korupsi. Padahal pada masa itu ada seorang paus bernama Rodrigo Borgia yang terkenal melakukan korupsi yang parah.

Ia memiliki banyak skandal dan memberlakukan indulgensi atau penghapusan hukuman atau dosa dengan cara membayar. Ini juga yang menyebabkan munculnya gerakan protestan.

Jawaban: A

Pelajari juga: Pengantar Era Renaisans 

Contoh Soal 10: Merkantilisme

Dalam sistem ekonomi merkantilisme, transaksi ekonomi adalah Zero-sum game yang artinya ….

A. kedua belah pihak dirugikan dalam setiap transaksi

B. satu pihak dirugikan sedangkan pihak lainya tidak rugi maupun untung

C. kedua belah pihak mendapat untung

D. kedua belah pihak tidak mendapat untung maupun rugi

E. satu pihak diuntungkan dan satunya lagi dirugikan

Pembahasan:

Konsep Zero-sum game kayak gini misalnya satu orang menodong dan satu orang menyerah duit. Jadi, hanya satu yang diuntungkan.

Berbeda dengan transaksi jual beli, misalnya elo punya uang 20rb elo ingin beli makanan. Nah si penjual makanan memberi makan ke elo dan elo menukarnya dengan uang. Kalau gini kan sama-sama diuntungkan ya. 

Intinya Zero-sum game hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Ini sejalan dengan sistem merkantilisme yang menginginkan lebih banyak ekspor daripada impor agar lebih untung tentunya.  Selain itu sistem ini juga ingin menguasai sebanyak mungkin daerah yang ada di dunia.

Sistem ini pada akhirnya dikritik oleh sistem kapitalisme.

Jawaban: E

Pelajari juga: Cara Kerja Merkantilisme

Okay pembaca sobatcloud.com, sekarang udah lebih paham dan siap menghadapi contoh soal UTS Sejarah kelas 11 kan. Selama elo belajar materi-materi di atas dan juga mengerjakan latihan soal dengan benar, gampang deh ngerjain ujian besok.

Mau lanjut ngerjain soal PTS sejarah peminatan ini? Langsung klik banner di bawah ini aja ya!

Contoh Soal PTS Sejarah Kelas 11 Semester 1 17

Mau belajar lebih seru lagi? Cobain yuk langganan paket belajar sobatcloud.com. Elo bisa tanya jawab soal pas lagi Live Class tuh, bakal dijawab dan diajarin oleh Zen Tutor langsung.

Kalau butuh latihan soal elo juga bisa akses langsung dan juga disertai video pembahasannya juga. Nggak lupa dapetin akses ke video-video premium khusus yang udah beli paket belajar. Untuk info selengkapnya simak dibawah ini ya!

Contoh Soal PTS Sejarah Kelas 11 Semester 1 18

Sekian dulu ya latihan soal PTS Sejarah kelas 11 Semester 1 ini. Jangan lupa belajar ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *