Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya

Yuk, belajar integral lebih dalam lagi melalui contoh soal integral dan pembahasannya! Kayak gimana aja bentuk-bentuk soalnya? Langsung aja simak, ya!

Loading ... Loading …

Suatu hari, gue pernah baca quote Bruce Lee, aktor hits spesialis bela diri. Bruce Lee bilang:

“Practice makes perfect. After a long time of practicing, our work will become natural, skillful, swift, and steady.”
Gue rasa, quote di atas cocok buat para pejuang UTBK (termasuk elo, mungkin) yang lagi struggle dalam belajar Matematika. Kalau kayak yang Bruce Lee bilang di atas, itulah kenapa berlatih bisa menyempurnakan belajar elo.

Dengan banyak ngerjain soal Matematika, makin lama tuh materi bakal “mendarah daging”, elo jadi lebih terampil dan cepat dalam menghadapi soal, hasilnya pun mantap.

Nah, kali ini gue ngasih beberapa contoh soal integral dan jawabannya. Soalnya, integral jadi salah satu materi yang bakal keluar dalam soal Matematika Saintek UTBK.

Sebelumnya, gue udah pernah ngebahas serba-serbi integral, dari konsep, sifat, rumus, sampai contoh soal integral. Elo bisa baca di sini buat ngepoin materinya.

Di bawah ini, gue kasih elo paket lengkap, dari contoh soal integral tak tentu, tentu, trigonometri, penggunaan integral substitusi dan parsial, sampai contoh aplikasi integral, beserta pembahasannya. Langsung aja cekidot, lah.

Contoh Soal Integral Tak Tentu

Soal 1

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 225

Contoh soal integral tak tentu.

Pembahasan

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 226

Pembahasan soal integral tak tentu.

Soal 2

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 227

Soal integral tak tentu.

BACA JUGA :  Tips Persiapan Belajar UN SMA Matematika IPA

Pembahasan

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 228Pembahasan soal integral tak tentu.

Contoh Soal Integral Tentu

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 229Contoh soal integral tentu.

Pembahasan

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 230
Soal integral tentu dan jawabannya.
Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 231
Soal integral tentu dan jawabannya.

Soal 2

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 232

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 6

Pembahasan

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 233

Kita pecah dulu persamaan pertama.

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 234

Pembahasan soal integral tentu.

Sekarang, kita pecah persamaan kedua.

Kumpulan Contoh Soal Integral Beserta Jawabannya 235Pembahasan soal integral tentu.

Yuk, dijumlah.

Contoh Soal Integral Substitusi

Soal 1

Pembahasan

Karena substitusi, dx diubah menjadi d(x-1), yang mana turunannya adalah 1.

Soal 2

Pembahasan

Contoh Soal Integral Parsial

Berapa jawabannya?

Pembahasan

Buat tabel parsial.

Jadi, kalau dimasukin ke dalam rumus sederhananya, hasilnya adalah:

Contoh Soal Integral Trigonometri

Pembahasan

Jadi, jawabannya adalah C.

Contoh Soal Aplikasi Integral

Soal 1

Pembahasan

Diketahui, f’(x) = 5x-2 dan f(2) = 12.

Yang ditanya adalah f(x), maka:

Kalau f(2) = 12, maka:

Soal 2

Pembahasan

Kalau dibikin persamaan, maka:

Elo bisa mempelajari lebih lanjut tentang contoh aplikasi integral dalam menghitung luas daerah di sini, ya.

Yuk, Belajar UTBK Bareng sobatcloud.com!

Gimana, udah mantap belum sama contoh-contoh soal integral di atas? Kalau elo mau belajar lebih dalam tentang integral, elo bisa akses video-video materi sobatcloud.com dengan klik gambar di bawah ini. Pastikan elo udah punya akun sobatcloud.com, ya.

Elo juga bisa latihan soal secara mandiri dengan ngerjain soal-soal dari sobatcloud.com di LATIHAN SOAL MATEMATIKA UTBK

Sekian dulu dari gue. Gaskeun lah, buat latihan soal-soal integral.

Beli ketupat bawa boneka, malah jatuh di stadion GBK. Tetap semangat belajar Matematika, biar lolos UTBK. Ganbatte!

Guys, di aplikasi sobatcloud.com ada banyak materi yang bisa elo pelajarin! Selain itu, ada sobatcloud.com punya beberapa paket belajar yang sesuai sama kebutuhan elo. Belajar bareng sobatcloud.com nggak sekedar menghafal, tetapi juga belajar konsepnya sampai paham. Yuk, segera berlangganan sobatcloud.com dengan klik banner di bawah ini!

BACA JUGA :  Luas dan Batas Wilayah Laut Indonesia – Materi Geografi Kelas 10


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *