Cerita Tiga Sekawan: Web Series Belajar Sambil Bertualang

Halo ZenParents! Dalam buku Belajar dan Pembelajaran (2016), disebutkan tentang suatu teori belajar yaitu Konstruktivisme. Teori ini menjelaskan bahwa belajar merupakan suatu proses pengembangan pemikiran, di mana hasil belajar itu sendiri dipengaruhi oleh pengalaman anak dengan keadaan fisik dan lingkungannya.

Dari pengalaman yang dirasakan secara langsung, pengetahuan akan lebih mudah dipahami dan diingat. Selain menambah motivasi, cara belajar seperti ini juga meningkatkan rasa ingin tahu kita akan sesuatu.

Nah, hal seperti itulah yang juga diinginkan oleh anak-anak. Si kecil pastinya lebih senang jika belajar tidak hanya sekadar menghafal, tapi juga mengetahui kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, kalau pengetahuannya disampaikan dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Karena itu, sobatcloud.comLand hadir dengan video web series Cerita Tiga Sekawan yang mengajak ZenKids untuk belajar dengan cara yang baru. Apa aja, sih, yang bisa didapatkan anak dari menonton Cerita Tiga Sekawan? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Cerita Tiga Sekawan?

Cerita Tiga Sekawan adalah web series produksi Zenius Studios yang menceritakan petualangan tiga karakter ZeniusLand.
Web series Cerita Tiga Sekawan dari sobatcloud.com Studios. (Arsip sobatcloud.com)

Cerita Tiga Sekawan merupakan web series original yang diproduksi oleh sobatcloud.com Studios. Seri cerita ini dirancang dalam format animasi yang menarik. Sehingga, anak tertarik untuk menonton, belajar, dan mendapatkan ilmu yang baru.

Season pertama Cerita Tiga Sekawan berisikan 12 episode yang sudah tayang di kanal YouTube sobatcloud.comLand. Melalui seri video ini, anak Ayah dan Ibu bisa bertualang bersama tiga anak yang tinggal di sebuah kota bernama Cibiner.

Di setiap episodenya, Tiga Sekawan selalu dihadapkan dengan masalah sederhana yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Tapi, ketiganya mengajarkan bahwa semua masalah itu bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan ilmu pengetahuan.

Siapa saja karakter di balik Cerita Tiga Sekawan?

zeniusland

Download sobatcloud.comLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore
icon download appstore

Berkenalan dengan Karakter Tiga Sekawan

Tiga Sekawan berkisah tentang Gika, Aksa, dan Maji yang merupakan karakter dari sobatcloud.comLand. Masing-masing karakter mewakilkan tiga kemampuan dasar yang perlu digali anak sejak dini, yaitu logika, aksara dan literasi, serta imajinasi.

1. Gika

Gika adalah karakter ZeniusLand dalam video Cerita Tiga Sekawan yang mewakilkan kemampuan logika.
Karakater Gika yang mewakilkan logika. (Arsip sobatcloud.com)

Sesuai namanya, Gika merupakan representasi dari logika atau kemampuan beralasan yang mencakup dialektikal, argumentatif, dan intelektual. Dia mempunyai ketertarikan untuk mengumpulkan fakta secara terpisah, kemudian menghubungkannya menjadi sebuah kesimpulan yang logis.

Gika adalah karakter anak perempuan yang cerdas. Dalam seri video Cerita Tiga Sekawan, dia digambarkan sebagai anak yang periang, selalu membantu teman, dan mampu menyelesaikan masalah berdasarkan logika.

BACA JUGA :  Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa – Zenius untuk Guru

2. Aksa

 Aksa adalah karakter ZeniusLand dalam video Cerita Tiga Sekawan yang mewakilkan kemampuan baca, tulis, dan berbahasa.
Karakater Aksa yang mewakilkan aksara. (Arsip sobatcloud.com)

Aksa adalah representasi dari aksara atau tulisan. Tapi, karakternya tidak hanya terbatas pada kemampuan baca dan tulis saja. Dia juga mewakili keterampilan literasi yang berarti kemampuan berbahasa.

Karakter Aksa terinspirasi dari kemampuan berbahasa dan memahami sebuah sistem bahasa. Hal inilah yang kemudian menunjang kemampuan membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah berdasarkan pemahaman.

Dalam seri video Cerita Tiga Sekawan, Aksa menunjukkan ketertarikannya pada berbagai hal, terutama teknologi. Bahkan, dia mempunyai impian untuk merakit roket dan terbang ke luar angkasa.

3. Maji

Maji adalah karakter ZeniusLand dalam video Cerita Tiga Sekawan yang mewakilkan kemampuan berimajinasi dan pemikiran kreatif.
Karakater Maji yang mewakilkan imajinasi. (Arsip sobatcloud.com)

Karakter Maji mewakilkan imajinasi, kemampuan untuk membayangkan gambar-gambar abstrak menjadi sebuah bentuk yang lengkap dengan sensasi, rasa, dan emosi dalam pikiran. Kemampuan ini berperan penting dalam mengembangkan pemikiran kreatif.

Di web series Cerita Tiga Sekawan, Maji menampilkan karakter anak laki-laki yang hobi menggambar. Baginya, melukis adalah cara untuk mengekspresikan diri. Lewat gambar, Maji bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya.

Nah, Ayah dan Ibu sekarang sudah kenal masing-masing karakter Tiga Sekawan. Jadi semakin penasaran, ya, bagaimana petualangan mereka. 

Yuk, ajak anak untuk menonton seri video Cerita Tiga Sekawan bersama-sama! Cek daftar episodenya di bawah ini, ya.

Web Series Cerita Tiga Sekawan Season Pertama (12 Episode)

Ayah dan Ibu ingin tahu kisah dan petualangan selengkapnya dari Tiga Sekawan? Berikut ini adalah daftar episode web series Cerita Tiga Sekawan yang wajib ZenParents tonton bersama anak.

Daftar episode (ketuk link di bawah untuk langsung menuju ke episode tertentu):

Episode 1: Hari Pertama Sekolah

Episode pertama Cerita Tiga Sekawan mengisahkan Gika yang harus pindah ke Kota Cibiner. Sang Mama mendapat tugas penelitian ke Jepang sehingga Gika terpaksa tinggal bersama neneknya.

Di hari pertama sekolah, Gika bertemu dengan teman-teman baru, di antaranya Olis, Maji, dan Aksa. Kejadian apa saja yang dialami Gika di sekolah barunya?

Tonton kisah Gika dalam Episode 1 Cerita Tiga Sekawan melalui video di bawah ini.

Cerita Tiga Sekawan | Hari Pertama Sekolah | Episode 1

Ayah dan Ibu juga bisa membaca rangkuman ceritanya dalam artikel berikut: Hari Pertama Sekolah (Episode 1) – Cerita Tiga Sekawan.

Episode 2: Istana Rahasia

Di episode kedua, Tiga Sekawan mengajak anak bertualang dalam misi mencari istana rahasia untuk Maji. Istana tersebut akan dijadikan tempat persembunyian lukisan Maji yang terpaksa dibuang oleh orang tuanya.

Dalam perjalanannya mencari tempat rahasia bersama Gika, Maji justru bertemu Aksa dan terlibat pencarian burung peliharaan Pak RT yang hilang. Bagaimana kisah ketiganya?

ZenParents bersama anak bisa saksikan Cerita Tiga Sekawan Episode 2 melalui video di bawah ini.

Cerita Tiga Sekawan | Istana Rahasia | Episode 2

Untuk tahu ceritanya secara singkat, Ayah dan Ibu bisa klik link artikel berikut: Istana Rahasia (Episode 2) – Cerita Tiga Sekawan.

Episode 3: Hutang Pak Kepeng

Cerita Tiga Sekawan berlanjut ke episode 3. Sepulang sekolah, Gika dan Maji bermain ke rumah Aksa. Di sana, Aksa menceritakan rencananya untuk ikut sebuah kompetisi.

BACA JUGA :  Ini yang Harus Elo Ketahui Sebelum Ikut Psikotes Penjurusan SMA – Seputar Psikotes

Sepulangnya dari rumah Aksa, Gika dan Maji tidak sengaja bertemu Pak Kepeng yang terlibat masalah rumit dengan Bu Nana, pemilik warung kelontong. Karena ada selisih catatan hutang, Bu Nana jadi marah kepada Pak Kepeng.

Bagaimana cara Gika dan Maji membantu Pak Kepeng dalam memecahkan masalah selisih hutangnya? Cari tahu di video berikut ini, yuk, ZenParents!

Cerita Tiga Sekawan | Hutang Pak Kepeng | Episode 3

Baca juga rangkuman cerita Gika dan Maji dengan klik link berikut: Hutang Pak Kepeng (Episode 3) – Cerita Tiga Sekawan.

Episode 4: Berita Bohong

Episode 4 Cerita Tiga Sekawan menggambarkan kehebohan warga Kota Cibiner atas informasi yang disebarkan Bang Odin. Menurut berita yang dia dapatkan, akan ada gelombang radiasi yang menyebabkan bencana hebat dan berdampak negatif bagi tubuh.

Salah satu warga yang paling panik adalah Olis. Bahkan, dia melarang teman-temannya untuk menggunakan gawai sebagai salah satu bentuk pencegahan gelombang radiasi.

Wah, apakah benar di Kota Cibiner terjadi bencana gelombang radiasi? Temukan jawabannya di video berikut ini, ya, ZenParents.

Cerita Tiga Sekawan | Berita Bohong | Episode 4

Episode 5: Bengkel Mendadak Tutup

Di episode 5, Cerita Tiga Sekawan fokus pada oven Nenek Aida yang rusak. Padahal, Nenek harus membuat kue ulang tahun untuk seseorang yang spesial di hari itu.

Satu-satunya yang bisa membantu Nenek hanya Bang Ucok. Tapi, Bang Ucok terlihat sibuk dan menolak permintaan Gika untuk memperbaiki oven Nenek. 

Ternyata, ada alasan lain yang dirahasiakan Bang Ucok. Menyadari hal itu, Gika, Aksa, dan Maji langsung menelusurinya.

Ingin tahu hal apa yang disembunyikan Bang Ucok? Penasaran bagaimana Tiga Sekawan mengungkap rahasia tersebut? Ayah dan Ibu bisa saksikan ceritanya di Episode 5 Cerita Tiga Sekawan berikut ini.

Cerita Tiga Sekawan | Bengkel Mendadak Tutup | Episode 5

Episode 6: Cat Lukis Berbahan Alami

Episode 6 Cerita Tiga Sekawan tidak kalah seru dengan episode sebelum-sebelumnya, lho, Ayah dan Ibu. Di episode ini, cat lukis Maji tiba-tiba berantakan dan kering. Padahal, tiga hari lagi Kemah Seni Lukis Anak diselenggarakan.

Maji harus mendapatkan cat lukis baru. Tapi, tidak mungkin dia meminta Ayah untuk membelikannya. Beruntung, ada Gika dan Aksa yang langsung membantunya.

Bagaimana cara Tiga Sekawan mendapatkan cat lukis untuk Maji? Apakah Maji tetap bisa mengikuti Kemah Seni Lukis Anak? Jawabannya ada di video di bawah ini.

Cerita Tiga Sekawan | Cat Lukis Berbahan Alami | Episdoe 6

Episode 7: Kejutan untuk Maji

Setelah menghadapi berbagai tantangan di episode 6, Maji akhirnya berhasil mendaftarkan diri dan lolos seleksi Kemah Seni Lukis Anak. Perjalanannya untuk ikut lomba berlanjut di episode 7 Cerita Tiga Sekawan.

Sayangnya, meskipun lolos seleksi, Papa Maji tetap melarangnya untuk menggambar. Dia ingin Maji bisa fokus belajar untuk persiapan Ulangan Tengah Semester (UTS).

Melihat Maji yang sedih, Gika dan Aksa kemudian mencari cara untuk membantunya. Bersama Kak Mita dan warga kota, mereka menyusun sebuah rencana yang bisa menyelamatkan impian Maji.

Wah, jadi penasaran, rencana apa yang mereka susun? Apakah rencana itu berhasil membantu Maji untuk mengikuti lomba Kemah Seni Lukis Anak? Simak ceritanya dalam video berikut ini, yuk!

BACA JUGA :  Perbankan – Pengertian, Prinsip, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Cerita Tiga Sekawan | Kejutan Untuk Maji | Episode 7

Episode 8: Mesin Hoverboard Rusak

Hujan deras yang mengguyur Kota Cibiner membuat mesin hoverboard Aksa basah dan rusak. Padahal, mesin ini harus diselesaikan agar Aksa bisa ikut Kompetisi Teknologi Anak.

Tiga Sekawan kemudian segera membawa mesin hoverboard ke bengkel Bang Ucok. Apakah mesin itu bisa diperbaiki?

Di samping itu, nilai Ulangan Tengah Semester sudah dibagikan sekolah. Bagaimana hasil ulangan Tiga Sekawan? ZenParents dan ZenKids bisa tonton ceritanya di video di bawah ini.

Cerita Tiga Sekawan | Mesin Hoverboard Rusak | Episode 8

Episode 9: Retaknya Persahabatan

Episode 9 Cerita Tiga Sekawan mengisahkan perubahan perilaku Gika. Dia jadi lebih cuek dan tidak ingin bermain bersama Aksa dan Maji. Bahkan, saat pekan olahraga sekolah, Gika memilih untuk ada di kelompok lain.

Kira-kira, kenapa Gika berubah? Apakah Tiga Sekawan masih bisa berteman? Temukan jawabannya dalam video di bawah ini, ya, ZenParents!

Cerita Tiga Sekawan | Retaknya Persahabatan | Episode 9

Episode 10: Hoverboard Aksa Hilang

Episode 10 Cerita Tiga Sekawan melanjutkan kisah Aksa yang berhasil menyelesaikan mesin hoverboard-nya untuk Kompetisi Teknologi Anak. Tapi, saat dibawa ke sekolah, hoverboard itu justru hilang.

Bersama Maji, Aksa mengelilingi sekolah dan Kota Cibiner untuk mencari hoverboard miliknya. Sayangnya, alat itu tidak berhasil ditemukan.

Ada di mana hoverboard Aksa? Bisakah Aksa mengikuti Kompetisi Teknologi Anak? Ayo, cari tahu cerita lengkapnya bersama ZenKids dalam video berikut ini!

Cerita Tiga Sekawan | Hoverboard Aksa Hilang | Episode 10

Episode 11: Memperbaiki yang Rusak

Cerita hoverboard Aksa berlanjut di episode 11 Cerita Tiga Sekawan. Di episode ini, Gika berhasil juara kelas dan mendapat nilai ujian tertinggi di sekolah.

Meskipun begitu, Gika masih menyendiri. Saat melihat Aksa mencoba hoverboard bersama Maji, Galah, dan Olis di bengkel Bang Ucok, Gika menyadari ada sesuatu yang aneh dengan alat itu. Sehingga, Gika menyiapkan sebuah rencana untuk mereka.

Apa yang direncanakan Gika untuk Aksa dan Maji, ya? Apa yang akan terjadi setelah Gika berhasil jadi juara kelas?

ZenParents bersama anak bisa tonton lanjutan Cerita Tiga Sekawan dalam video di bawah ini, ya.

Cerita Tiga Sekawan | Memperbaiki yang Rusak | Episode 11

Episode 12: Kepergian Gika

Cerita Tiga Sekawan season pertama berakhir di episode 12. Episode ini menceritakan Gika yang akan ikut Mama ke Jepang setelah berhasil menjadi juara kelas.

Di satu sisi, Gika senang karena impiannya untuk bertemu Mama akan tercapai. Tapi, di sisi lain, Gika merasa sedih karena harus meninggalkan Kota Cibiner, Aksa, dan Maji.

Bagaimana kelanjutan Cerita Tiga Sekawan? Apakah Gika, Aksa, dan Maji masih bisa berteman? Yuk, tonton ceritanya di bawah ini.

Cerita Tiga Sekawan | Kepergian Gika | Episode 12

Itulah 12 episode Cerita Tiga Sekawan yang bisa Ayah dan Ibu saksikan bersama anak di rumah. Menurut ZenParents dan ZenKids, episode mana yang paling seru?

Tidak hanya menonton Cerita Tiga Sekawan, masih banyak kegiatan menyenangkan yang bisa ZenParents dan ZenKids lakukan bersama sobatcloud.comLand. Ayah dan Ibu bisa temani si kecil belajar sambil menonton video pembelajaran, menyelesaikan misi penuh kejutan, dan mengamati progres belajarnya setiap waktu.

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya tentang sobatcloud.comLand dengan klik banner di bawah ini!

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Referensi

Belajar dan Pembelajaran – Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, Puji Sumarsono (2016)

Constructivism as a theory for teaching and learning – Simply Psychology (2019)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *