Apa itu Cash Flow: Pengertian, Jenis dan Cara Menganalisisnya

Pengertian Cash Flow

Cash flow dalam bahasa Indonesia disebut dengan arus kas. Arus kas sendiri merupakan jumlah bersih kas yang diterima dan dikeluarkan oleh sebuah entitas (baik individu maupun perusahaan) pada periode tertentu. Cash flow bisa positif, bisa juga negatif. Ini dihitung dengan mengurangkan saldo kas pada awal periode (dikenal sebagai saldo awal) dari saldo kas pada akhir periode atau saldo akhir. Jika selisihnya positif, artinya cash flow positif dan Anda memiliki lebih banyak uang tunai selama periode tersebut.

Sebaliknya, jika selisihnya negatif, artinya Anda memiliki lebih sedikit uang cash pada akhir periode tertentu jika dibandingkan dengan saldo pada awal periode.

Tingkat cash flow yang positif harus dipertahankan agar entitas tetap bertahan. Di sisi lain, arus kas yang positif juga diperlukan untuk menghasilkan keuntungan bagi para investor. Secara khusus, investor biasanya ingin melihat arus kas yang positif bahkan setelah pembayaran untuk belanja modal dilakukan (ini dikenal dengan arus kas bebas).

Periode waktu saat arus kas dilacak biasanya adalah periode pelaporan standar seperti periode bulanan, kuartalan atau tahunan.

Jenis-jenis Cash Flow Bisnis

Ada beberapa jenis arus kas. Penting bagi Anda untuk memahami dengan baik masing-masing cash flow tersebut. Beberapa jenis arus kas itu adalah:

Cash flow dari aktivitas operasional

Cash flow dari aktivitas operasional adalah kas yang dihasilkan dari aktivitas usaha inti di suatu perusahaan, dan tidak termasuk dalam investasi. Jenis kas ini biasanya juga ditemukan pada laporan arus kas.

BACA JUGA :  7 Pilihan Komunitas Bisnis untuk Menambah Relasi

Free Cash Flow to Equity (FCFE)

FCFE mewakili jumlah uang tunai yang tersedia setelah digunakan untuk investasi kegiatan operasional bisnis (pengeluaran modal).

Arus kas bebas perusahaan

Arus kas bebas perusahaan adalah ukuran yang mengasumsikan bahwa perusahaan tidak punya utang (leverage). Arus kas bebas perusahaan digunakan dalam pemodelan penilaian keuangan.

Net Change in Cash

Net Change in Cash merupakan perubahan jumlah arus kas yang terjadi dari satu periode akuntansi ke periode selanjutnya. Keterangan ini juga bisa ditemukan pada bagian bawah, pada laporan arus kas.

Cara Melakukan Analisis Cash Flow

Melakukan analisis arus kas memungkinkan Anda untuk melihat secara detail pergerakan uang yang terjadi dalam bisnis Anda. Analisis arus kas akan memberi gambaran apakah bisnis Anda mendapatkan uang yang cukup untuk menutupi kewajiban keuangan dan apakah Anda punya sisa uang setelah tagihan dibayar.

Untuk melakukan analisis arus kas, Anda membutuhkan laporan arus kas yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran bisnis secara bulanan atau tahunan. Adapun langkah-langkah melakukan analisis cash flow adalah sebagai berikut:

Identifikasi Semua Sumber Pendapatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi semua sumber pendapatan yang masuk secara teratur dalam bisnis Anda. Hitung semua pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis Anda selama periode tertentu termasuk barang yang dijual, uang yang dihasilkan dari investasi atau penjualan aset.

Identifikasi Semua Pengeluaran Anda

Selanjutnya, Anda perlu memahami dengan baik semua pengeluaran perusahaan dalam periode tertentu. Ini termasuk pembelian inventaris, pendapatan yang ditangguhkan untuk layanan atau proyek yang akan datang, serta kewajiban lain yang ada dalam pembukuan Anda. Biaya lain yang mungkin perlu dimasukkan adalah penyusutan aset tetap serta biaya pajak penghasilan. Sama dengan total pendapatan, Anda juga perlu membatasinya dengan periode waktu tertentu.

BACA JUGA :  Mengenal Pengertian Biaya, Klasifikasi, dan Jenis-jenisnya

Buat Cash Flow Statement

Setelah mengumpulkan informasi mengenai pendapatan dan pengeluaran bisnis, Anda bisa menyusunnya menjadi cash flow statement atau laporan arus kas. Laporan arus kas biasanya memiliki 3 komponen penting yang mencerminkan pendapatan dan pengeluaran operasional, investasi perusahaan, serta pengaturan pembiayaan.

Lakukan Analisis terhadap Laporan Arus Kas yang Ada

Setelah laporan arus kas selesai, Anda bisa melihat dengan jelas ke mana uang perusahaan Anda mengalir selama periode tertentu. Anda bisa melihat berapa banyak dana yang terikat dalam utang atau investasi serta berapa banyak uang yang dihasilkan oleh bisnis Anda setelah memperhitungkan biaya operasional. Lembar ini juga memungkinkan Anda membandingkan jumlah kas awal dan akhir.

Perlu diingat bahwa yang menjadi prioritas utama Anda adalah arus kas bebas. Memiliki arus kas yang positif dari aktivitas operasional tentu merupakan hal yang bagus. Tapi penting juga untuk mempertahankan investasi dan melakukan pembelanjaan yang strategis untuk mengembangkan bisnis Anda. Setelah Anda mendapatkan angka positif dari bagian pertama laporan arus kas Anda, pastikan untuk membuat rencana mengembalikan sebagian surplus tersebut untuk mengembangkan bisnis lebih jauh.

Mengapa Cash Flow Penting untuk Bisnis?

Memahami arus kas dengan baik adalah hal yang penting, tidak hanya bagi individu tapi juga bagi perusahaan. Ini memungkinkan Anda memenuhi kewajiban keuangan saat ini sembari merencanakan masa depan. Banyak perusahaan yang mengalami masalah pelik karena pengelolaan arus kas yang salah.

Dengan menyeimbangkan arus kas masuk dan keluar, Anda bisa memastikan kelancaran bisnis Anda sehari-hari. Di saat yang sama, Anda juga membangun cadangan dana yang cukup untuk menghadapi berbagai risiko di masa depan seperti penurunan angka penjualan, pembayaran faktur yang terlambat serta biaya tak terduga.

BACA JUGA :  Akuntansi Anggaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, beserta Contohnya

Itulah berbagai hal penting yang harus Anda pahami mengenai cash flow perusahaan. Dengan pemahaman yang baik, Anda bisa mengetahui cara mengatur cash flow perusahaan dengan lebih baik. Untuk membantu Anda melakukan transaksi bisnis secara efisien, sobatcloud.com for Business dapat menjadi salah satu solusi. Temukan berbagai hal yang bisa dilakukan oleh sobatcloud.com for Business untuk bisnis Anda di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *