4 Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Mudah: Bisa Pakai SMS Hingga USSD

Alasan Mengapa Perlu Unreg Kartu Telkomsel

Saat ini, ada banyak orang yang memiliki smartphone lebih dari satu buah. Tujuannya pun bermacam-macam. Biasanya, orang-orang memisahkan smartphone untuk kerja dan untuk kegiatan pribadi. Supaya smartphone tersebut tetap fungsional, kamu perlu memasukkan kartu operator seluler. Dengan begitu, kamu bisa telepon, SMS, bahkan berselancar di internet menggunakan layanan dari operator tersebut.

Nah, supaya kartu operator bisa berfungsi sebagaimana umumnya, kamu perlu meregistrasikan nomor tersebut. Masalahnya, nih, kadang ada orang yang menggunakan lebih dari 3 kartu dari satu operator yang sama. Ini membuat proses registrasi nomor keempatmu (dengan operator yang sama) jadi bermasalah. Berdasarkan Surat Edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) nomor 01/2018 serta Surat Ketetapan BRTI nomor 3/2008, tiap pengguna hanya diperbolehkan melakukan registrasi 3 nomor untuk satu operator yang sama. Karena alasan inilah orang perlu unreg kartunya jika sudah menggunakan 3 nomor dari satu operator yang sama. Untuk mendaftarkan nomor baru, kamu perlu ‘mengorbankan’ satu nomor untuk di-unreg. Bagaimana cara unreg Telkomsel? Cara menonaktifkan kartu Telkomsel bisa kamu lihat di penjelasan berikut.

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Sumber : Wigatoz
Penasaran bagaimana cara unreg Telkomsel? Hingga saat ini, ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk berhenti menggunakan layanan dari operator terbesar di Indonesia ini. Empat cara unreg kartu Telkomsel itu akan dijelaskan di bawah ini.

BACA JUGA :  Khusus Pengguna Baru, Begini Cara Daftar DANA yang Benar

1. Cara Unreg Melalui SMS

Untuk unreg kartu Telkomsel melalui SMS, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:
– Gunakan nomor Telkomsel yang ingin kamu unreg.
– Buka aplikasi Pesan/Message di handphone kamu. Lalu, pilih fitur untuk membuat pesan baru.
– Ketik UNREG#Nomor Kartu Keluarga.
– Isikan 4444 di kolom nomor penerima.
– Pastikan nomor kartu keluarga terisi dengan benar, lalu kirim SMS tersebut.
– Unreg melalui SMS selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi status nomor Telkomsel yang di-unreg.

2. Cara Unreg Melalui Dial-Up

Ingin unreg dengan cara yang lebih mudah? Kamu bisa melakukan dial-up USSD sebagai alternatif cara unreg Telkomsel melalui SMS. Begini caranya.
– Gunakan nomor Telkomsel yang ingin kamu unreg. Siapkan KTP dan KK.
– Lalu, buka menu Panggilan pada handphone. Tekan *444# pada keypad. Lalu, buatlah panggilan ke nomor USSD tersebut.
– Ketikkan ‘3’ lalu kirim balasan tersebut. Kode ‘3’ adalah kode yang kamu gunakan untuk memproses menu unreg.
– Masukkan nomor KK yang kamu gunakan pada saat registrasi nomor tersebut.
– Kirim balasan, lalu tunggu notifikasi status unreg dari kartu Telkomsel kamu.

3. Mendatangi Kantor GraPARI

Cara unreg kartu Telkomsel selanjutnya adalah dengan langsung mendatangi kantor GraPARI. Pastikan membawa Kartu Keluarga pada saat mengunjungi GraPARI. Lalu, sampaikan kepada petugas GraPARI bahwa kamu ingin melakukan unreg kartu SIM Telkomsel. Ikuti prosesnya hingga akhir.

4. Melalui Call Center Telkomsel

Kamu bisa menghubungi 188 dari handphone untuk menghubungi call center Telkomsel. Seperti halnya melakukan unreg di GraPARI, kamu hanya perlu menyampaikan keinginan untuk melakukan unreg kepada petugas. Jangan lupa siapkan KTP dan Kartu Keluarga yang kamu gunakan saat melakukan registrasi, ya!

BACA JUGA :  Mengenal Apa Itu Sukuk Tabungan dan 7 Keuntungannya

Kartu Hilang/Rusak?

Begini Cara Unreg-nya Ingin melakukan unreg Telkomsel, tapi kartu SIM Telkomsel sudah hilang atau rusak? Tak perlu khawatir. Masih ada cara yang bisa dilakukan jika kartu SIM Telkomsel hilang atau rusak hingga tidak bisa digunakan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
– Pertama, kunjungi kantor GraPARI terdekat. Pastikan membawa KTP dan Kartu Keluarga.
– Temukan mesin MyGraPARI. Lalu, pilih menu ‘Kartu SIM Hilang/Rusak’.
– Masukkan nomor Telkomsel yang rusak/hilang tadi.
– Masukkan nomor KTP beserta nomor Kartu Keluarga. Ini perlu dilakukan sebagai bentuk proses validasi data pengguna Telkomsel.
– Ketika seluruh data sudah diisi, mesin akan mengeluarkan kartu baru dengan nomor yang sama dengan kartu kamu yang rusak/hilang tadi.
– Setelah mendapatkan kartu baru, lakukan salah satu cara unreg kartu Telkomsel yang sesuai dengan keinginanmu. Jika GraPARI di domisilimu tidak memiliki mesin MyGraPARI, maka kamu bisa langsung menghadap customer service. Sampaikan keinginanmu untuk unreg kartu SIM Telkomsel dan ikuti prosedurnya.

Ternyata cara menonaktifkan kartu Telkomsel gampang banget, ya! Kamu hanya perlu memilih salah satu cara berikut: SMS, dial-up, menelepon call center, atau langsung ke GraPARI untuk unreg nomor Telkomselmu.

Keuntungan Menggunakan Kartu Telkomsel

Selain cara unreg kartu Telkomsel yang mudah, menggunakan kartu Telkomsel juga memiliki keuntungan tersendiri. Telkomsel merupakan salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan jangkauan sinyal yang luas. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan kartu Telkomsel.

1. Jaringan Luas

Telkomsel memiliki jaringan sinyal yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini membuat pengguna kartu Telkomsel bisa tetap terkoneksi dengan mudah di mana pun berada. Baik di kota besar maupun di daerah terpencil, sinyal Telkomsel tetap bisa diandalkan.

BACA JUGA :  Kuliah di Universitas Stanford Butuh Biaya Berapa? Intip Penjelasannya di Sini

2. Paket Data Terbaik

Telkomsel menyediakan berbagai macam paket data dengan harga yang kompetitif. Pengguna kartu Telkomsel bisa memilih paket data yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mulai dari paket data harian, mingguan, hingga bulanan, Telkomsel memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget pengguna.

3. Layanan Pelanggan yang Baik

Telkomsel juga dikenal dengan layanan pelanggan yang baik. Jika pengguna mengalami kendala atau masalah dengan kartu Telkomsel, mereka bisa menghubungi call center Telkomsel yang siap membantu 24 jam sehari. Layanan pelanggan yang responsif dan ramah membuat pengguna merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

4. Program Loyalty

Telkomsel juga memiliki program loyalty yang memberikan berbagai macam keuntungan bagi pengguna setia. Program seperti Telkomsel Poin, Telkomsel POIN XTRA, dan berbagai program lainnya memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan hadiah menarik seperti pulsa gratis, diskon belanja, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dalam menggunakan kartu operator seluler seperti Telkomsel, terkadang kita perlu melakukan unreg kartu jika sudah menggunakan batas maksimal nomor yang diizinkan. Namun, cara unreg kartu Telkomsel sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui SMS, dial-up USSD, mendatangi kantor GraPARI, atau menghubungi call center Telkomsel. Selain itu, menggunakan kartu Telkomsel juga memiliki keuntungan seperti jaringan luas, paket data terbaik, layanan pelanggan yang baik, dan program loyalty yang menguntungkan. Jadi, jika kamu pengguna kartu Telkomsel dan perlu melakukan unreg, jangan khawatir karena prosesnya sangatlah mudah dan cepat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *