Cara Ubah No KK BPJS Kesehatan Edabu, Gampang!

Sekilas Tentang Edabu

Sistem Elektronik Data Badan Usaha alias Edabu BPJS Kesehatan adalah sistem yang dikembangkan dan disediakan oleh BPJS Kesehatan khusus untuk badan usaha maupun organisasi. Lewat sistem ini, badan usaha maupun organisasi dapat mengelola data BPJS Kesehatan karyawan lebih mudah, seperti memproses pendaftaran, pembayaran iuran, melakukan perubahan data, dan lain sebagainya.

Edabu BPJS Kesehatan pertama kali diluncurkan pada 2015 silam. Namun tentunya, untuk meningkatkan kenyamanan, sistem senantiasa dipelihara dan diperbaharui. Versi terbarunya adalah New Edabu 4.2 yang dirilis pada 2019 silam dan masih digunakan sampai saat ini.

Cara Ubah No KK di BPJS Kesehatan Edabu

Perubahan data karyawan dalam sebuah perusahaan atau organisasi sangat mungkin terjadi. Misal saja, seorang karyawan yang baru menikah atau mempunyai anak mengharuskannya memiliki Kartu Keluarga yang baru dan melaporkannya pada perusahaan. Tak cuma sebatas menerima laporan, perusahaan atau organisasi pun perlu melakukan perubahan data kependudukan ini pada beberapa database, termasuk BPJS Kesehatan. Dengan begitu, hak-hak seluruh anggota keluarga yang berhak mendapat layanan BPJS Kesehatan dapat terpenuhi.

BACA JUGA :  Ingin Tarik Uang di ATM Mandiri? Cek Dulu Limit Tarik Tunai Mandiri

Berita baiknya, cara merubah no KK di BPJS Kesehatan Edabu tidak sulit. Kamu bahkan bisa menyelesaikannya hanya dalam beberapa menit saja. Berikut adalah langkah selengkapnya cara merubah no KK di BPJS Kesehatan Edabu.

    Langkah 1: Masuk ke aplikasi Edabu dengan username dan password yang sudah kamu daftarkan.

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi Edabu menggunakan username dan password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Pastikan bahwa username dan password yang kamu masukkan benar agar dapat masuk ke dalam aplikasi dengan lancar.

    Langkah 2: Pilih menu Data Peserta, pilih submenu Edit Data Peserta.

    Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Edabu, langkah selanjutnya adalah memilih menu Data Peserta yang terdapat pada halaman utama aplikasi. Setelah itu, pilih submenu Edit Data Peserta untuk masuk ke halaman pengeditan data peserta.

    Langkah 3: Klik tombol Edit di sebelah data peserta.

    Pada halaman pengeditan data peserta, kamu akan melihat daftar data peserta yang terdaftar. Cari data peserta yang ingin kamu ubah nomor KK-nya, kemudian klik tombol Edit yang terletak di sebelah data peserta tersebut.

    Langkah 4: Sistem akan menampilkan formulir untuk perubahan data.

    Setelah mengklik tombol Edit, sistem akan langsung menampilkan formulir untuk melakukan perubahan data. Pada formulir ini, kamu dapat mengubah nomor KK peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan nomor KK yang baru.

    Langkah 5: Edit data yang diperlukan.

    Pada formulir perubahan data, kamu dapat mengedit data peserta yang diperlukan. Fokuskan perhatianmu pada kolom nomor KK, dan isi dengan nomor KK yang baru. Pastikan nomor KK yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai dengan Kartu Keluarga yang baru.

    Langkah 6: Klik Simpan.

    Setelah selesai mengedit data, pastikan untuk mengklik tombol Simpan agar perubahan data yang kamu lakukan dapat tersimpan dengan baik. Setelah mengklik tombol Simpan, sistem akan memproses perubahan data yang kamu lakukan.

Tak cuma mengubah nomor KK, kamu juga bisa melakukan penambahan maupun penghapusan anggota keluarga yang akan diikutsertakan dalam BPJS Kesehatan karyawan. Karyawan yang perlu melakukan perubahan lokasi fasilitas kesehatan alias faskes pun dapat diakomodasi oleh Edabu selain aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses secara mandiri.

Jenis Data BPJS Kesehatan yang Dapat Diubah

Selain nomor kartu keluarga, ada data-data lain yang dapat diubah pada database BPJS Kesehatan untuk menyesuaikan dengan identitas setiap peserta. Perubahan data ini pun terbagi ke dalam dua jenis, yakni perubahan yang memerlukan persetujuan dari BPS dan perubahan yang memerlukan persetujuan dari BPJS.

Perubahan Data BPJS Kesehatan yang Perlu Persetujuan BPJS

  1. Perubahan segmen peserta dari Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) menjadi Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU); kepesertaan PPU PN dinonaktifkan terlebih dahulu oleh kantor cabang setempat.
  2. Perubahan segmen peserta Penerima Bantuan Iuran APBN (PBI APBN) menjadi PPU BU; kepesertaan PBI APBN dinonaktifkan terlebih dahulu oleh kantor cabang setempat.

Perubahan Data BPJS Kesehatan yang Tidak Perlu Persetujuan BPJS

  1. Menambahkan karyawan baru yang sebelumnya sama sekali tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  2. Menambahkan anggota keluarga karyawan peserta yang sudah terdaftar.
  3. Mutasi karyawan selaku peserta BPJS beserta anggota keluarganya.
  4. Menggabungkan anggota keluarga yang terdaftar dalam satu KK (dalam satu KK yang sama) menjadi tanggungan PPU BU.
  5. Mengubah segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) jadi PPU BU.
  6. Mendaftarkan ulang peserta PPU BU yang sudah nonaktif pada BU yang sama.
  7. Mengubah gaji karyawan peserta PPU BU.
  8. Menonaktifkan peserta PPU BU.

Nah, itulah cara rubah no KK di BPJS Kesehatan Edabu serta data-data apa saja yang bisa diubah lewat aplikasi ini, baik yang harus melalui persetujuan BPJS Kesehatan maupun tidak. Dengan adanya aplikasi ini, kamu tak perlu lagi repot jika harus mengelola data dan tanggung jawab terkait BPJS Kesehatan karyawan terutama untuk data-data yang cukup banyak.

Adapun untuk mengelola data dan akun BPJS Kesehatan pribadi, kamu bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN. Kamu dapat mengunduh secara gratis aplikasi ini di Play Store maupun App Store.

Cukup dengan Mobile JKN, kamu dapat mengurus berbagai administrasi kepesertaan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Satu aplikasi pun dapat kamu gunakan untuk mengelola hingga beberapa orang peserta yang terdaftar dalam satu KK sama.

Nah, untuk urusan bayar tagihan BPJS Kesehatan, kamu bisa pakai aplikasi sobatcloud.com saja. Cukup masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan, sistem akan menampilkan besarnya tagihan yang harus kamu bayar. Tenang, kamu bisa bayar pakai rekening bank yang kamu miliki, kok. Tak repot, bukan?

BACA JUGA :  Biaya hidup di Korea, Jepang, Inggris, dan 10 Negara lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *