Cara Mudah Bayar Denda BPJS dan Cek Statusnya

Perhitungan Denda BPJS

Dalam hal memiliki BPJS, sangat penting bagi kita untuk membayar premi bulanan dengan tepat waktu. Hal ini karena jika kita menunggak pembayaran premi, kita akan dikenakan denda BPJS. Denda ini harus dibayar agar kita dapat terus mengakses layanan medis yang dibutuhkan.

Perhitungan denda BPJS sebenarnya cukup sederhana. Denda yang harus dibayar adalah 5% dari biaya diagnosis kesehatan awal untuk rawat inap. Selain itu, denda juga dikalikan dengan jumlah durasi penunggakan hingga 12 bulan. Contohnya, jika kita menjalani perawatan inap dengan biaya Rp6 juta dan sudah menunggak selama enam bulan, maka besaran denda yang harus dibayarkan adalah 5% dari Rp6 juta, yaitu sebesar Rp300 ribu. Kemudian, Rp300 ribu ini dikalikan dengan enam bulan, sehingga total denda yang harus dibayarkan adalah Rp1,8 juta.

Denda BPJS ini harus dibayarkan agar kita tidak kehilangan akses ke layanan medis yang kita butuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memeriksa dan membayar premi BPJS tepat waktu.

4 Cara Cek Denda BPJS

Untuk mengetahui apakah kita harus membayar denda BPJS, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah empat cara cek denda BPJS dengan mudah:

1. Melalui aplikasi smartphone

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk cek denda BPJS adalah dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN di smartphone. Setelah kita login, kita bisa membuka menu “Premi” pada tampilan home screen aplikasi Mobile JKN. Di menu tersebut, kita dapat melihat rincian tagihan dan denda yang harus dibayar.

BACA JUGA :  Mau Transfer dari LinkAja ke DANA, Begini Caranya!

2. Melalui SMS

Selain menggunakan aplikasi smartphone, kita juga dapat mengecek denda BPJS melalui SMS. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke Pusat Bantuan BPJS Kesehatan. Kita perlu mengetik NIK (spasi) Nomor induk pada KTP atau NOKA (spasi) Nomor BPJS. Kemudian, SMS tersebut dikirimkan ke nomor 08777-5500-400. Setelah itu, kita akan mendapatkan informasi mengenai status pembayaran secara otomatis.

3. Melalui chatbot WhatsApp

Jika kita tidak memiliki pulsa, kita bisa mencoba cek denda BPJS melalui chatbot BPJS Kesehatan di WhatsApp. Caranya adalah dengan mengirim pesan ke nomor 08118750400 dan menunggu balasan otomatis dari CHIKA. Setelah itu, kita perlu memilih menu “Cek Tagihan Iuran” dengan mengetik angka 2. Kemudian, kita harus memasukkan nomor NIK atau keanggotaan BPJS serta tanggal lahir dalam format yyyy-mm-dd untuk verifikasi data.

4. Melalui website BPJS

Jika kita hanya bisa mengakses laptop, kita dapat memeriksa status denda BPJS melalui website resmi BPJS. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs di browser komputer. Setelah itu, kita perlu klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” di sisi kanan halaman website. Setelah masuk ke halaman cek iuran, kita perlu memasukkan 13 digit nomor keanggotaan BPJS, tanggal lahir, dan hasil captcha. Setelah itu, kita tinggal klik tombol “Cek” dan rincian denda akan muncul.

3 Cara Bayar Denda BPJS

Jika kita memiliki denda BPJS, penting bagi kita untuk segera membayarnya agar kita dapat terus menggunakan layanan kesehatan dengan mudah. Berikut ini adalah tiga cara bayar denda BPJS yang dapat kita lakukan:

1. Via minimarket

Salah satu cara yang paling mudah untuk membayar denda BPJS adalah melalui minimarket terdekat. Saat kita berbelanja di minimarket, kita hanya perlu menyampaikan kepada staf kasir bahwa kita ingin membayar denda BPJS. Setelah itu, kita perlu memberikan nomor kepesertaan BPJS dan membayar nominal yang disebutkan. Setelah membayar, kita akan mendapatkan struk pembayaran dari kasir.

BACA JUGA :  Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Pakai Flip Globe Aja!

2. Via ATM bank

Jika kita tidak ingin pergi ke minimarket, kita juga dapat membayar denda BPJS melalui ATM bank. Caranya adalah dengan memasukkan kartu ATM dan PIN, kemudian memilih menu “Pembayaran”. Setelah itu, kita perlu memilih BPJS Kesehatan dan memasukkan kode virtual account bank serta 11 digit nomor kartu BPJS. Setelah mengecek informasi di layar, kita perlu memasukkan jumlah denda yang ingin dibayar.

3. Via aplikasi Tokopedia

Selain itu, kita juga dapat membayar denda BPJS melalui aplikasi Tokopedia. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Tokopedia di smartphone dan memilih menu “Top-up dan Tagihan”. Setelah itu, kita perlu memilih opsi “Bayar” dan memilih menu “BPJS”. Kemudian, kita perlu memasukkan nomor keanggotaan BPJS Kesehatan dan memilih bulan tagihan. Setelah mengecek kebenaran data, kita perlu memilih metode pembayaran yang diinginkan dan melunasi denda sebelum waktu habis.

Dengan mengetahui cara cek dan cara bayar denda BPJS, kita dapat memastikan bahwa kita selalu membayar premi BPJS tepat waktu. Hal ini akan membantu kita menghemat biaya berobat ke rumah sakit dan tetap mendapatkan layanan medis yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memeriksa status pembayaran BPJS dan membayar denda jika diperlukan. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa kita selalu dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *