Cara Mewujudkan Masyarakat Multikultural Indonesia – Materi Sosiologi Kelas 11

Hai, pembaca sobatcloud.com! Elo semua pasti tahu kan, kalau Indonesia itu terbentuk dari berbagai macam suku, budaya, dan agama? So, nggak heran kalau Indonesia disebut sebagai masyarakat multikulturalisme. 

Umumnya, yang namanya masyarakat multikulturalisme rentan terhadap konflik, terutama yang menyangkut hak-hak minoritas. Oleh karena itu, pemerintah perlu mencari cara untuk mengatasi masalah masyarakat multikultural. Sehingga, masyarakatnya bisa saling berinteraksi secara harmonis. 

Lantas, adakah cara mewujudkan masyarakat multikultural yang bisa dilakukan? Yuk, baca sampai selesai!

Cara Pemerintah Mewujudkan Masyarakat Multikultural

Cara Pemerintah Mewujudkan Masyarakat Multikultural
Ilustrasi multikultural. (Dok. Freepik)

Adapun cara pemerintah mewujudkan masyarakat multikultural yakni melalui kebijakan-kebijakannya. Nah, berikut ini merupakan beberapa upaya yang dilakukan pemerintah:

1. Mengakui dan Menjamin Hak-Hak Masyarakat

Elo masih ingat kan semboyan negara kita, kan? Yap, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Nah, tanpa elo sadari, semboyan ini berperan penting lho, dalam mewujudkan masyarakat multikultural. 

Selain itu, UUD 1945 pasal 28-29 juga mengatakan kalau tiap-tiap individu mempunyai hak untuk memeluk agama dan kepercayaannya. Sehingga, setiap warga punya hak dan negara menjaminnya. 

Okey, tadi kan kita udah bahas kalau semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945 sudah mengakui adanya keberagaman. Ada pula beberapa undang-undang lainnya yang mendukung multikulturalisme. Sekarang pun, kolom agama di KTP boleh diisi di luar dari lima agama resmi. 

Nah, kalau semboyan dan UUD 1945 sudah mengakui adanya keberagaman, maka akan muncul undang-undang lainnya, nih. Contohnya sekarang kolom agama di KTP diperbolehkan diisi “Penghayat” bagi mereka yang menganut kepercayaan di luar enam agama resmi di Indonesia. 

BACA JUGA :  Ultah Jakarta 22 Juni, Yakin Nih?

2. Inklusif dan Setara

Beberapa contoh hak minoritas di Indonesia antara lain memiliki hak yang sama dan mendapatkan perlindungan dari mayoritas. Sehingga, untuk melindungi hak-hak minoritas pemerintah harus inklusif dan setara. 

Maksudnya yakni pemerintah harus peduli terhadap kelompok-kelompok yang rentan terhadap diskriminasi, terutama kelompok-kelompok minoritas.

Cara Masyarakat Mewujudkan Masyarakat Multikultural

Cara Masyarakat Mewujudkan Masyarakat Multikultural
Ilustrasi multikultural. (Dok. Freepik)

Untuk mewujudkan masyarakat multikultural, tidaklah cukup hanya mengandalkan pemerintah. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat juga harus ikut berperan. 

Nah, berikut ini merupakan cara mewujudkan masyarakat multikultural:

1. Mendukung Pemerintah

Salah satu upaya mewujudkan masyarakat multikultural yang bisa elo lakukan adalah dengan mendukung pemerintah. Misalnya dengan mendukung kebijakan dan aturan yang telah dibuat pemerintah.

2. Sikap dan Tindakan Harus Sadar akan Multikulturalisme

Sebagai masyarakat yang ingin mewujudkan masyarakat multikultural, sikap dan tindakan elo pun harus sadar akan keberagaman. Maksudnya adalah elo harus mempunyai rasa toleransi nih, guys. 

Selain itu, sikap yang harus dihindari masyarakat multikultural adalah sikap prejudice. Prejudice merupakan cara pandang yang menggeneralisir dan belum tentu benar terhadap suatu kelompok. Adapun sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural yakni inklusif. Inklusif merupakan usaha untuk memahami suatu masalah dari sudut pandang orang lain. 

3. Menjadi Aktivis

Cara mewujudkan masyarakat multikultultural selanjutnya adalah dengan menjadi aktivis. Sebagai contoh elo bisa menjadi peneliti yang fokus terhadap multikulturalisme. Selain itu, elo juga bisa membuat sebuah gerakan yang menjunjung tinggi multikulturalisme.

Contoh Soal Cara Mewujudkan Masyarakat Multikultural

Cara mewujudkan masyarakat multikultural
Ilustrasi multikultural. (Dok. Pixabay)
  1. Hal yang dapat diupayakan oleh pemerintah dalam menanggapi keberagaman etnis di Indonesia adalah ….

A. menjamin hak setiap kelompok etnis untuk melangsungkan hidup sesuai adat istiadatnya

B. membangun fasilitas umum secara merata

BACA JUGA :  Metode Penalaran Deduktif dan Induktif – Deduksi VS Induksi

C. menerima kritik dan masukan dari salah satu kelompok etnis saja

D. membiarkan perbedaan yang ada tanpa ada pengaturan

E. menghapus perbedaan etnis agar seluruh kelompok menjadi sama

Jawaban dan Pembahasan:

Pemerintah dapat berperan sebagai pelindung dan mendorong persatuan masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang. Sehingga, jawaban yang tepat adalah A.

Jadi, itu dia guys cara mewujudkan masyarakat multikultural. Adapun, upaya-upaya lainnya yang bisa elo tonton di video pembelajaran sobatcloud.com. Untuk mengakses videonya elo bisa klik banner di bawah ini, ya!

Belajar sosiologi di video materi Zenius


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *