Cara Mengunci WhatsApp Di iPhone Dengan Touch ID/Face ID

Fitur kunci biometrik pada WhatsApp tersedia untuk semua model iPhone dengan sensor Touch ID atau Face ID. Jadi, baik Anda memiliki iPhone dengan pemindai sidik jari atau pemindai wajah, Anda dapat mengaktifkan fitur ini di aplikasi WhatsApp Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunci WhatsApp menggunakan Touch ID atau Face ID di iPhone:

1. Pastikan Anda telah memperbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi 2.19.20 atau yang lebih baru dari App Store.

2. Buka WhatsApp di iPhone Anda.

3. Pergi ke menu Pengaturan dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan bawah layar.

4. Pilih opsi “Pengaturan Akun”.

5. Di dalam Pengaturan Akun, pilih opsi “Privasi”.

6. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Kunci Layar”. Ketuk opsi ini.

7. Di menu Kunci Layar, Anda akan melihat semua opsi pemindai biometrik yang tersedia di iPhone Anda – Touch ID atau Face ID, tergantung pada model iPhone yang Anda gunakan.

8. Untuk mengaktifkan fungsi kunci biometrik, aktifkan tombol geser di samping opsi yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan Touch ID, geser tombol di sebelah opsi “Gunakan Touch ID” ke posisi aktif.

9. Setelah Anda mengaktifkan opsi yang diinginkan, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan sidik jari atau memindai wajah Anda sebagai tindakan keamanan.

10. Setelah Anda berhasil melakukan verifikasi biometrik, fitur kunci biometrik akan diaktifkan dan aplikasi akan terkunci setiap kali Anda keluar dari WhatsApp atau jika layar iPhone Anda mati.

Dengan menjalankan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil mengunci WhatsApp menggunakan Touch ID atau Face ID di iPhone Anda. Setiap kali Anda ingin membuka kembali aplikasi, Anda harus memverifikasi sidik jari atau wajah Anda terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Cara Membuat Kartu Nama Bisnis Secara Online Gratis

Selain mengunci akses ke aplikasi WhatsApp secara keseluruhan, fitur ini juga memiliki opsi tambahan untuk mengatur waktu pengunciannya. Misalnya, Anda dapat mengatur aplikasi untuk terkunci setelah waktu tertentu meninggalkan aplikasi. Anda dapat mengakses pengaturan ini di menu Kunci Layar dengan mengklik opsi “Ubah Pengaturan Kunci Otomatis”. Pilih waktu yang Anda inginkan dan aplikasi akan terkunci setelah waktu yang ditentukan.

Fitur kunci biometrik sangat berguna bagi mereka yang memiliki privasi penting dalam percakapan mereka di WhatsApp. Ini mencegah orang lain melihat pesan pribadi meskipun mereka memiliki akses ke iPhone Anda. Hal ini juga berguna jika Anda kehilangan iPhone Anda atau jika iPhone Anda dicuri, karena pencuri tidak akan dapat membuka aplikasi WhatsApp tanpa verifikasi biometrik Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun fitur ini memberikan tingkat tambahan keamanan, tidak ada sistem keamanan yang sempurna. Jadi, selalu penting untuk memastikan bahwa Anda juga melindungi iPhone Anda secara keseluruhan dengan kode akses yang kuat dan melakukan cadangan data secara teratur.

Dalam kesimpulan, WhatsApp telah menambahkan fitur kunci biometrik pada aplikasi iOS mereka yang memungkinkan pengguna mengunci WhatsApp di iPhone menggunakan Touch ID atau Face ID. Fitur ini dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi percakapan Anda di WhatsApp. Menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di atas, pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dan memilih antara menggunakan Touch ID atau Face ID untuk mengunci akses ke aplikasi. Tetapi, selalu penting untuk diingat bahwa tidak ada sistem keamanan yang sempurna, jadi tetap berhati-hati dan lindungi iPhone Anda secara keseluruhan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *