Cara Mengubah Warna Folder Windows 10 /8 /7

Siapa bilang menggunakan Windows harus terlihat biasa dan membosankan? Ada banyak cara untuk menyesuaikan tampilan komputer Anda, salah satunya adalah dengan mengubah warna folder di Windows. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengubah warna folder di Windows 10, 8, dan 7 dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Mari kita mulai!

Langkah 1: Buatlah Folder Baru
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat folder baru di komputer Anda. Folder ini akan menjadi folder yang akan Anda ubah warnanya, jadi beri nama folder tersebut sesuai keinginan Anda.

Langkah 2: Menggunakan Properties
Setelah membuat folder baru, langkah berikutnya adalah dengan mengklik kanan pada folder tersebut dan pilih “Properties” di menu dropdown. Pilihan “Properties” akan membuka jendela dengan beberapa tab yang berbeda.

Langkah 3: Pilih Tab “Customize”
Di dalam jendela “Properties”, cari tab yang bertuliskan “Customize”. Klik tab ini untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Klik Tombol “Change Icon”
Di bagian bawah tab “Customize”, Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “Change Icon”. Klik tombol ini untuk membuka jendela “Change Icon”.

Langkah 5: Pilihlah Warna Folder
Di dalam jendela “Change Icon”, Anda akan melihat berbagai pilihan ikon yang tersedia. Cari dan pilihlah ikon dengan warna yang Anda inginkan untuk folder Anda. Klik pada ikon tersebut dan kemudian klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 6: Selesai!
Setelah menjalankan semua langkah di atas, Anda akan melihat bahwa warna folder yang Anda pilih sudah berubah. Selamat! Anda telah berhasil mengubah warna folder di Windows 10/8/7.

Catatan: Ubah Warna Folder Bawaan

Selain mengubah warna folder secara manual, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga untuk mengubah warna folder dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu software yang populer untuk mengubah warna folder di Windows adalah Folder Painter. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

BACA JUGA :  Apa Itu E Commerce Dan Pengertian E-commerce Adalah?

Langkah 1: Unduh dan Instal Folder Painter
Pertama-tama, Anda perlu mendownload software Folder Painter dari situs web resminya. Setelah selesai mengunduh, buka file installer dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk proses instalasi.

Langkah 2: Buka Folder Painter
Setelah selesai menginstal Folder Painter, buka software tersebut. Anda akan melihat antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Langkah 3: Pilih Folder yang Ingin Diubah Warna
Di dalam Folder Painter, Anda akan melihat daftar folder yang ada di komputer Anda. Cari dan pilihlah folder yang ingin Anda ubah warnanya.

Langkah 4: Pilih Warna Folder
Setelah memilih folder yang ingin diubah warnanya, Anda akan melihat beberapa pilihan warna di bagian bawah jendela Folder Painter. Klik pada warna yang Anda inginkan untuk folder tersebut.

Langkah 5: Klik “Paint”
Setelah memilih warna folder, klik tombol “Paint” di bagian bawah jendela Folder Painter. Perubahan warna pada folder akan segera terlihat.

Langkah 6: Selesai!
Setelah mengikuti semua langkah di atas, Anda akan melihat bahwa warna folder yang Anda pilih sudah berubah. Selamat! Anda telah berhasil mengubah warna folder di Windows 10/8/7 dengan menggunakan Folder Painter.

Catatan Penting: Sebelum menggunakan software pihak ketiga, pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan dan kebijakan privasi yang dimilikinya. Beberapa software mungkin memerlukan akses ke sistem Anda atau dapat mengubah pengaturan yang lebih dalam di komputer Anda.

Kesimpulan

Mengubah warna folder di Windows 10, 8, dan 7 tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat memberikan tampilan yang berbeda pada folder-folder di komputer Anda. Apakah itu dilakukan secara manual atau dengan menggunakan software pihak ketiga, pilihan ada di tangan Anda. Jadi, mulailah berkreasi dan buatlah komputer Anda menjadi lebih menarik dan terorganisir dengan cara yang Anda suka!

BACA JUGA :  Aplikasi foto efek di windows 10 lebih dari 170 art filters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *