Cara mengubah atau convert PowerPoint menjadi video

Ada beberapa cara untuk mengubah PowerPoint menjadi video, di antaranya adalah menggunakan fitur bawaan PowerPoint, menggunakan program pihak ketiga, atau menggunakan situs web pengonversi online. Di artikel ini, saya akan menjelaskan cara mengubah PowerPoint menjadi video menggunakan versi PowerPoint 2010 ke atas, dan juga memberikan rekomendasi untuk beberapa program pihak ketiga yang dapat digunakan.

Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video Menggunakan PowerPoint Itself:

Langkah 1: Buka presentasi PowerPoint yang ingin Anda ubah menjadi video.

Langkah 2: Klik tab “File” di bagian atas jendela PowerPoint, kemudian pilih “Ekspor”.

Langkah 3: Di panel “Ekspor” di sebelah kiri jendela, pilih opsi “Buat Video”.

Langkah 4: Di panel “Buat Video”, Anda dapat memilih beberapa pengaturan, seperti resolusi video, kualitas audio, dan transisi antar slide. Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 5: Setelah Anda selesai mengatur pengaturan, klik tombol “Ciptakan Video” di bagian bawah panel. Anda akan diminta untuk memilih nama dan lokasi file video yang akan disimpan.

Langkah 6: Setelah Anda memilih lokasi penyimpanan, klik “Simpan”. Proses pengonversian akan dimulai. Tunggu hingga selesai.

Langkah 7: Setelah proses pengonversian selesai, Anda akan mendapatkan file video dengan format MP4.

Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video Menggunakan Program Pihak Ketiga:

Selain menggunakan fitur bawaan PowerPoint, ada beberapa program pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengubah presentasi PowerPoint menjadi video. Berikut adalah beberapa program yang direkomendasikan:

1. Movavi PowerPoint to Video Converter
Movavi PowerPoint to Video Converter adalah program yang bisa Anda gunakan untuk mengkonversi presentasi PowerPoint menjadi video dengan cepat dan mudah. Program ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Movavi PowerPoint to Video Converter juga menyediakan banyak pilihan format video yang dapat Anda pilih, seperti MP4, AVI, WMV, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Manfaat Internet Of Things (IoT) di Bidang Pertanian

Langkah 1: Buka program Movavi PowerPoint to Video Converter.

Langkah 2: Klik tombol “Tambahkan Presentasi” untuk memilih file presentasi PowerPoint yang ingin Anda ubah menjadi video.

Langkah 3: Pilih format output video di bagian “Pengaturan Output”. Anda juga dapat mengatur resolusi, bitrate, dan parameter lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 4: Setelah Anda selesai mengatur pengaturan, klik tombol “Mulai Konversi”. Proses pengonversian akan dimulai. Tunggu hingga selesai.

Langkah 5: Setelah proses pengonversian selesai, Anda akan mendapatkan file video dengan format yang Anda tentukan.

2. Leawo PowerPoint to Video Pro
Leawo PowerPoint to Video Pro adalah program lain yang dapat Anda gunakan untuk mengkonversi presentasi PowerPoint menjadi video. Program ini menawarkan berbagai pilihan format video yang dapat Anda pilih, termasuk MP4, AVI, MOV, dan lain-lain. Leawo PowerPoint to Video Pro juga dilengkapi dengan banyak fitur tambahan, seperti pengaturan waktu, pemotongan video, dan pilihan latar belakang musik.

Langkah 1: Buka program Leawo PowerPoint to Video Pro.

Langkah 2: Klik tombol “Tambahkan” untuk memilih file presentasi PowerPoint yang ingin Anda ubah menjadi video.

Langkah 3: Pilih format output video di bagian “Format Output”. Anda juga dapat mengatur pengaturan lainnya, seperti resolusi, bitrate, dan parameter lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 4: Setelah Anda selesai mengatur pengaturan, klik tombol “Ubah”. Proses pengonversian akan dimulai. Tunggu hingga selesai.

Langkah 5: Setelah proses pengonversian selesai, Anda akan mendapatkan file video dengan format yang Anda tentukan.

Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video Menggunakan Situs Web Pengonversi Online:

Selain menggunakan program pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan layanan pengonversi PowerPoint online untuk mengubah presentasi PowerPoint menjadi video. Berikut adalah beberapa situs web pengonversi PowerPoint online yang direkomendasikan:

BACA JUGA :  5 Mesin Pencari Ilmu Pendidikan Akademis Untuk Siswa

1. Smallpdf
Smallpdf adalah situs web yang menyediakan berbagai layanan pengonversian file, termasuk pengonversian PowerPoint ke video. Situs ini mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif.

Langkah 1: Buka situs web Smallpdf di browser Anda.

Langkah 2: Klik opsi “PowerPoint ke PDF” di halaman utama situs.

Langkah 3: Pilih file presentasi PowerPoint yang ingin Anda ubah menjadi video. Anda dapat mengunggah file dari komputer Anda atau memasukkan URL file yang ingin diubah.

Langkah 4: Setelah file berhasil diunggah, klik tombol “Ubah” untuk memulai proses pengonversian. Tunggu hingga selesai.

Langkah 5: Setelah proses pengonversian selesai, Anda akan mendapatkan opsi untuk mengunduh file video tersebut.

2. Online Convert
Online Convert adalah situs web lain yang dapat Anda gunakan untuk mengubah presentasi PowerPoint menjadi video. Situs ini mendukung berbagai format file, termasuk PPT, PPTX, dan PDF. Online Convert juga menyediakan opsi untuk mengatur resolusi, bitrate, dan parameter lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 1: Buka situs web Online Convert di browser Anda.

Langkah 2: Pilih opsi “Convert to Video” di halaman utama situs.

Langkah 3: Pilih format output video yang Anda inginkan di daftar format yang disediakan.

Langkah 4: Klik tombol “Pilih File” untuk memilih file presentasi PowerPoint yang ingin Anda ubah menjadi video.

Langkah 5: Setelah file berhasil diunggah, klik tombol “Konvert” untuk memulai proses pengonversian. Tunggu hingga selesai.

Langkah 6: Setelah proses pengonversian selesai, Anda akan mendapatkan opsi untuk mengunduh file video tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengubah presentasi PowerPoint menjadi video. Dengan menggunakan fitur bawaan PowerPoint, program pihak ketiga, atau situs web pengonversi online, Anda dapat dengan mudah membuat video dari file PowerPoint dengan berbagai format yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda dapat lebih fleksibel dalam membagikan presentasi Anda kepada orang lain dan memperluas jangkauannya melalui media sosial atau platform lainnya. Selamat mencoba!

BACA JUGA :  Cara Mengubah Tampilan File Explorer Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *