Cara Menghitung Zakat Emas Perhiasan yang Tepat

Apa Itu Zakat Perhiasan Emas?

Zakat perhiasan emas merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik perhiasan emas. Zakat sendiri merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim. Zakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Sedangkan zakat mal berlaku untuk harta benda atau kekayaan yang dimiliki oleh umat Muslim.

Zakat perhiasan emas termasuk dalam kategori zakat mal. Ini berarti bahwa setiap Muslim yang memiliki perhiasan emas wajib membayar zakat atas kepemilikan tersebut. Zakat emas ini harus dibayarkan oleh mereka yang memiliki emas dalam jumlah dan kurun waktu tertentu. Syarat-syarat ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.

Syarat dan Aturan Zakat Emas

Menurut Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik perhiasan emas untuk membayar zakat. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Emas atau perak merupakan milik pribadi. Artinya, perhiasan emas yang dimiliki adalah 100% milik individu tersebut dan bukan merupakan pinjaman atau kepemilikan bersama dengan orang lain. Jika emas tersebut merupakan warisan, maka yang harus membayar zakat adalah pewaris atau pemiliknya.

2. Emas atau perak sudah sampai haulnya. Haul adalah kurun waktu satu tahun dalam kalender Hijriyah. Artinya, perhiasan emas tersebut sudah dimiliki dan disimpan oleh individu selama satu tahun lamanya sebelum wajib membayar zakat.

3. Emas atau perak sudah sampai nisabnya. Nisab adalah batas minimal berat perhiasan emas yang dikategorikan sebagai wajib zakat. Untuk emas, nisabnya adalah 85 gram, sedangkan untuk perak adalah 595 gram. Jika kepemilikan emas tidak mencapai nisab, maka tidak wajib membayar zakat.

BACA JUGA :  Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang IB BRI: Layanan Perbankan yang Familiar di Kalangan Profesional!

Syarat-syarat tersebut harus dipenuhi oleh pemilik perhiasan emas untuk menjalankan kewajiban membayar zakat. Jika semua syarat terpenuhi, maka pemilik perhiasan emas harus menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.

Cara Menghitung Zakat Emas Perhiasan

Proses menghitung zakat emas perhiasan tidaklah sulit. Pertama, pemilik perhiasan emas harus mengetahui berapa berat emas yang dimiliki. Misalnya, seorang individu memiliki 100 gram emas. Selanjutnya, pemilik perhiasan emas harus mencari tahu harga buyback emas saat ini atau saat zakat akan dibayarkan. Harga buyback emas berbeda-beda tergantung pada waktu dan tempatnya.

Misalnya, pada tanggal 4 Juli 2023, harga buyback emas saat ini adalah Rp932 ribu per gram. Artinya, nilai emas yang dimiliki adalah Rp93,2 juta. Setelah mengetahui berat emas dan nilai emas tersebut, pemilik perhiasan emas dapat menghitung zakat yang harus dibayarkan.

Dalam zakat emas, jumlah zakat yang harus dibayarkan adalah 2,5% dari total nilai emas yang dimiliki. Jadi, jika pemilik perhiasan emas memiliki emas senilai Rp93,2 juta, maka zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp2,33 juta.

Setelah menghitung jumlah zakat, pemilik perhiasan emas harus menentukan tempat atau lembaga yang akan menerima zakat tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membayar zakat perhiasan emas.

Cara Membayar Zakat Perhiasan Emas

Ada beberapa opsi yang dapat dipilih oleh pemilik perhiasan emas untuk membayar zakat. Pertama, pemilik perhiasan emas dapat datang langsung ke mitra Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) seperti Pegadaian atau ANTAM. Di sana, pemilik perhiasan emas dapat membayar zakat secara langsung.

Selain itu, pemilik perhiasan emas juga dapat membayar zakat secara transfer melalui situs resmi BAZNAS yang dapat diakses di baznas.go.id/bayarzakat. Di situs tersebut, terdapat kalkulator zakat yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.

BACA JUGA :  Swift Code Bank BRI: Cara Kerja dan Cara Mencarinya

Selain itu, pemilik perhiasan emas juga dapat membayar zakat perhiasan emas melalui aplikasi sobatcloud.com. sobatcloud.com adalah aplikasi transfer dana yang bekerja sama dengan Kitabisa.com untuk menyediakan layanan pembayaran zakat amal, termasuk zakat perhiasan emas. Melalui aplikasi ini, pemilik perhiasan emas dapat membayar zakat dengan lebih praktis dan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi sobatcloud.com, pemilik perhiasan emas tidak perlu membayar biaya admin tambahan karena dapat memilih bank tujuan sesuai dengan bank yang dimiliki. Selain itu, aplikasi sobatcloud.com juga menyediakan fitur-fitur lain seperti transfer antarbank dan pembayaran tagihan.

Dengan mengetahui cara menghitung zakat emas perhiasan dan cara membayarkannya, pemilik perhiasan emas dapat menjalankan kewajiban zakat dengan lebih mudah dan praktis. Penting bagi setiap Muslim untuk membayar zakat sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan juga sebagai sarana untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Jadi, jika kamu adalah pemilik perhiasan emas, jangan lupa untuk menghitung dan membayar zakat emas secara tepat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Gunakanlah aplikasi sobatcloud.com untuk memudahkan proses pembayaran zakat emasmu. Dengan begitu, kamu dapat menjalankan kewajiban zakat dengan lebih praktis dan efisien. Yuk, download aplikasi sobatcloud.com sekarang juga dan mulailah membayar zakat dengan mudah!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *