Cara Menghitung Kredit Mobil agar Tidak Boncos

## Apa Itu Kredit Mobil?

Kredit mobil adalah salah satu cara membeli kendaraan impian dengan cara mencicil pembayarannya. Kamu hanya perlu membayarkan uang muka untuk bisa membawa pulang mobil impian. Selanjutnya, tiap bulannya kamu harus mencicil pembayaran kredit mobil sesuai dengan harga yang sudah disepakati dengan dealer. Cicilan tersebut harus dibayarkan dengan tertib tiap bulannya sampai dengan waktu jatuh tempo. Oleh karena itu, kamu harus sudah punya perencanaan keuangan matang ke depan agar tidak macet pembayaran cicilan kreditnya.

Saat mengajukan kredit kendaraan, terdapat skema pembayaran yang akan ditawarkan padamu. Skema pembayaran ini mulai dari besar uang muka hingga cicilan dan tenor pembayaran. Pihak pemberi pinjaman, dalam hal ini lembaga multifinance, mengajukan persyaratan hingga pengecekan berkas administrasi calon debitur (penerima pinjaman). Kalau debitur memenuhi syarat dan dianggap layak, maka kredit akan diberikan.

## Cara Menghitung Kredit Mobil

Demi menghindari keuangan boncos gara-gara kredit kendaraan bermotor, ketahui cara menghitung kredit mobil. Sebagai informasi, biaya yang kamu bayarkan saat kredit bukan cuma harga mobil, namun termasuk biaya lain seperti asuransi dan administrasi. Jangan lupakan pula bunga kredit sesuai tenor yang kamu pilih. Berikut contoh cara menghitung kredit mobil untuk memberikan gambaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.

### Contoh Perhitungan Kredit Mobil

Misalnya kamu ingin membeli mobil dengan harga Rp300 juta dan kamu memiliki uang muka sebesar 25% atau Rp75 juta. Maka, pokok kredit yang harus kamu bayarkan adalah Rp225 juta. Selanjutnya, kamu harus mempertimbangkan suku bunga yang akan dikenakan. Jika suku bunga adalah 6% per tahun dan kamu memilih masa cicilan selama 24 bulan atau 2 tahun, maka kamu harus membayar cicilan sebesar Rp10.500.000 per bulan.

BACA JUGA :  FOB Shipping Point: Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

Dalam perhitungan tersebut, kamu harus memastikan bahwa jumlah cicilan tersebut sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jika cicilan tersebut terlalu tinggi dan melebihi kemampuanmu, bisa jadi kamu akan kesulitan membayar cicilan setiap bulan dan mengalami masalah keuangan.

### Tips Atur Keuangan Saat Kredit Mobil

Setelah tahu cara menghitung kredit mobil, kini kamu tahu kan, bahwa besar cicilan per bulannya juga tidak murah? Apalagi kamu harus konsisten membayarkan jumlah tersebut setiap bulan sampai dengan waktu jatuh tempo. Oleh karena itu, simak tips mengatur keuangan saat punya kredit kendaraan berikut ini!

#### 1. Lakukan survei harga

Tiap dealer di satu kota mungkin menawarkan harga kredit mobil yang variatif. Ada yang lebih murah dan lebih mahal. Begitu pun dengan dealer di kota lain yang punya penawarannya sendiri. Agar kamu tidak boncos keluar uang banyak, lakukan survei harga mobil yang kamu mau. Cek berapa harga pasarannya, kemudian cari tahu penawaran dari dealer maupun dari lembaga multifinance.

#### 2. Pilih mobil yang tepat

Mobil yang tepat tidak selalu yang harus sesuai dengan keinginan atau ego pribadi. Mobil yang tepat idealnya sesuai dengan bujet kamu miliki saat itu dan kebutuhan pribadi maupun keluarga. Singkirkan ego untuk membeli mobil mahal kalau memang bujetmu belum mencukupi. Hindari juga membeli mobil sport untuk gaya hidup kalau yang kamu butuhkan sebenarnya adalah mobil MPV. Pada intinya, sesuaikan mobil dengan bujet dan kebutuhan alih-alih tren gaya hidup.

#### 3. Pastikan sumber pembiayaan

Mengingat cicilan kredit mobil harus dibayarkan setiap bulan sampai dengan waktu jatuh tempo, maka pastikan sumber pembiayaan, apakah itu dari bank atau perusahaan multifinance. Masing-masing pihak pastinya menawarkan keunggulan berbeda. Maka, jangan ragu mencari informasi dari keduanya dan memutuskan mana yang lebih sesuai dengan kondisi finansialmu.

BACA JUGA :  Daftar Call Center Bank BRI, Bisa Dihubungi 24 Jam

#### 4. Jangan pilih tenor terlalu lama

Membeli mobil dengan sistem kredit memang kadang terasa ringan sebab cicilan per bulannya relatif terjangkau jika kamu memilih tenor lama. Namun, ingat, di balik tenor lama yang kamu pilih, ada bunga bulanan yang semakin tinggi. Prinsipnya, semakin lama tenor, maka semakin tinggi bunga cicilan. Awalnya memang kredit dengan tenor lama terasa ringan. Namun, jika ditotal, biayanya bisa mencapai dua kali lipat harga asli mobil.

#### 5. Hindari meminjam uang

Kalau kamu sudah mengajukan kredit mobil, hindari meminjam uang dari pihak lain untuk dipakai membayar cicilan per bulan maupun uang muka di awal. Cara ini hanya akan membawamu dalam jebakan lingkaran utang. Pastikan uang muka dan cicilan per bulan kamu dapat dari kantong pribadi, bukan uang pinjaman dari pihak lain. Kalau kamu harus membayar cicilan kredit mobil tiap bulan dan uang muka di awal, maka pastikan dananya sudah ada. Hindari berutang untuk membayar cicilan kredit kendaraan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kamu bisa mengatur keuangan dengan baik saat memiliki kredit kendaraan. Jangan sampai kamu terjebak dalam masalah keuangan akibat kredit kendaraan yang tidak terkelola dengan baik.

## Kesimpulan

Membeli mobil dengan kredit bisa menjadi solusi untuk memiliki kendaraan impian. Namun, perlu diingat bahwa kredit mobil juga memiliki risiko keuangan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil dengan kredit, kamu perlu menghitung dengan cermat cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan dan memastikan bahwa kamu mampu membayarnya. Selain itu, mengatur keuangan dengan baik juga penting agar tidak terjebak dalam masalah keuangan yang disebabkan oleh kredit mobil. Dengan melakukan survei harga, memilih mobil yang tepat, mempertimbangkan sumber pembiayaan, tidak memilih tenor terlalu lama, dan menghindari meminjam uang, kamu dapat mengatur keuangan dengan baik saat memiliki kredit mobil.

BACA JUGA :  Mengenal Kredit Modal Kerja: Definisi dan Contohnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *