5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

Penyebab Listrik Boros

1. Lupa Cabut Colokan Listrik

Salah satu penyebab listrik menjadi boros adalah sering kali kita lupa mencabut colokan listrik setelah menggunakan alat elektronik. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, namun colokan yang tetap terhubung pada stop kontak akan terus menggunakan daya listrik. Meskipun daya yang dikeluarkan relatif kecil, jika banyak alat elektronik yang masih terhubung seperti ini, maka tidak heran jika token listrik cepat habis. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencabut colokan setelah selesai menggunakan alat elektronik.

2. Lupa Mematikan Lampu

Penyebab listrik boros selanjutnya adalah kebiasaan lupa mematikan lampu. Meskipun lampu menggunakan daya yang relatif kecil, namun jika banyak lampu yang lupa dimatikan, maka daya yang digunakan akan menjadi lumayan besar. Terlebih lagi jika jenis lampu yang digunakan bukanlah lampu hemat energi. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengingat untuk mematikan lampu setelah tidak digunakan.

3. Tidak Mematikan AC ketika Keluar Rumah

Seringkali kita ingin agar rumah tetap sejuk ketika pulang, sehingga terkadang kita meninggalkan AC dalam posisi on ketika sedang keluar rumah. Namun, kebiasaan ini dapat membuat listrik menjadi boros. AC membutuhkan daya yang cukup besar, bahkan bisa mencapai 1,5-2 pK (1.920-2.570 watt). Jika AC digunakan dalam waktu yang lama tanpa dimatikan, maka tidak heran jika token listrik cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya selalu mematikan AC ketika keluar rumah atau tidak sedang digunakan.

BACA JUGA :  Investasi Adalah Hal Penting yang Perlu Anda Miliki, Berikut Manfaatnya!

Selain tiga hal di atas, masih banyak lagi hal-hal lain yang dapat menyebabkan listrik menjadi boros. Beberapa di antaranya adalah menyalakan TV tanpa ditonton, menyalakan rice cooker dalam waktu yang lama, menyalakan dispenser air seharian, sering membuka tutup kulkas, terlalu banyak menyimpan barang di kulkas, memasukkan makanan panas langsung ke kulkas, menyalakan AC dengan suhu di bawah 24-25oC, menggunakan microwave, air fryer, atau kompor listrik dengan daya yang besar, dan menggunakan pompa air yang tidak bisa mati otomatis.

Cara Menghemat Listrik Prabayar

1. Matikan Lampu jika Tidak Perlu

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat listrik prabayar maupun pascabayar adalah dengan mematikan lampu jika tidak diperlukan. Manfaatkanlah pencahayaan dari luar ruangan saat siang hari untuk mengurangi penggunaan lampu. Di malam hari, pastikan untuk mematikan lampu setelah meninggalkan ruangan. Jika memang membutuhkan pencahayaan tambahan, gunakanlah lampu hemat energi. Namun, jangan lupa untuk tetap mematikan lampu setelah selesai digunakan.

2. Lepas Colokan yang Tidak Terpakai

Selalu lepas colokan yang tidak terpakai merupakan langkah penting dalam menghemat listrik. Meskipun colokan yang tidak terhubung ke alat elektronik memakan daya listrik yang lebih sedikit daripada ketika terhubung, namun jika dibiarkan terlalu lama, daya yang terbuang bisa cukup besar. Selain itu, jika kebiasaan ini juga dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, maka penggunaan listrik akan semakin boros. Oleh karena itu, selalu lepas colokan yang tidak terpakai agar tidak ada daya listrik yang terbuang percuma.

3. Ganti Lampu Rumah dengan Lampu Hemat Energi

Salah satu cara efektif untuk menghemat listrik prabayar adalah dengan menggunakan lampu hemat energi. Lampu hemat energi dirancang khusus untuk mengonsumsi daya lebih rendah tanpa mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan. Ada beberapa jenis lampu hemat energi yang dapat digunakan, seperti lampu LED, lampu halogen, dan CFL. Dengan mengganti lampu rumah dengan lampu hemat energi, penggunaan listrik dapat dikurangi secara signifikan.

BACA JUGA :  Punya Keluhan? Ini Nomor Call Center Bank Indonesia

4. Kurangi Penggunaan AC yang Berlebihan

AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang mengonsumsi daya listrik cukup besar. Oleh karena itu, penggunaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan listrik menjadi boros. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan AC adalah dengan menyetel suhu AC yang tidak terlalu dingin, memastikan ruangan tertutup saat AC sedang menyala, mematikan AC ketika keluar rumah atau tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan mematikan AC selama beberapa jam setelah digunakan dalam waktu yang lama.

5. Pakai Alat Elektronik yang Hemat Energi

Selain menggunakan lampu hemat energi, kita juga dapat menghemat penggunaan listrik prabayar dengan menggunakan alat elektronik yang memiliki daya listrik rendah. Alat elektronik dengan daya rendah akan mengurangi konsumsi listrik, asalkan penggunaannya normal. Dengan menggunakan alat elektronik yang hemat energi, penggunaan token listrik dapat dikurangi.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik prabayar. Dengan menghindari penyebab listrik boros dan menerapkan langkah-langkah penghematan energi, penggunaan token listrik dapat lebih efisien. Jadi, jangan lagi beranggapan bahwa penggunaan listrik prabayar akan membuat boncos. Dengan sedikit perubahan kebiasaan dan penggunaan energi yang bijak, kita dapat menghemat listrik dan mengurangi pengeluaran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *